Tempat Wisata di Kabupaten Madiun Lengkap dan Terbaru 2022

Tempat wisata di Kabupaten Madiun – memang tak henti-hentinya menjadi tempat yang dicari para wisatawan. Tidak bisa dipungkiri, kota yang dijuluki Kota Gadis atau singkatan dari ‘perdagangan dan industri’ ini memiliki banyak tempat wisata favorit dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Selain tempatnya yang elok dan menawan, wisata di Kabupaten Madiun pun didominasi dengan kulinernya yang legendaris. Tentu, kuliner-kuliner itu tidak bisa dilepaskan dari ciri khas kota Madiun. Sehingga, Kabupaten Madiun bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata terbaik untuk Anda.

Tempat Wisata di Kabupaten Madiun Terbaik

Tempat wisata di Kabupaten Madiun
Tempat wisata di Kabupaten Madiun

Dari banyaknya tempat wisata yang beredar di Kabupaten Madiun, Anda perlu memilih tempat terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Dari mulai akses, fasilitas, keamanan, kenyamanan, kebersihan, jam operasional, bahkan sampai segala hal pembiayaannya.

1. Wana Wisata Grape

Wisata ini menyuguhkan pemandangan hutan asri yang berpadu dengan pemandangan bukit-bukit dan pegunungan yang menjulang tinggi. Tempatnya bisa Anda tempuh sekitar lima belas kilometer dari pusat kota Madiun, atau lebih tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Wana Wisata Grape, dari mulai bermain sepeda, hiking, menikmati segarnya air sungai, hingga berkemah. Untuk jam operasionalnya sendiri ialah mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore dengan biaya tiket masuk hanya sebesar 3 ribu rupiah saja.

2. Situs Bersejarah Nglambangan

Bagi Anda yang ingin melihat tempat wisata di Kabupaten Madiun yang erat kaitannya dengan sejarah, Situs Nglambangan bisa menjadi jawabannya. Situs ini terletak di desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, dan bisa ditempuh sekitar 10 kilometer dari pusat kota.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Selain pesona keindahannya yang bisa menjadi spot selfie, Anda juga akan disambut baik oleh para penduduk lokal Situs Nglambangan yang sangat ramah tamah. Anda pun bisa bebas mengunjungi tempat wisata ini karena dibuka 24 jam tanpa harus membayar biaya masuk sepeserpun.

3. Air Terjun Serondo Seweru

Jika Anda penggemar air terjun, Serondo Seweru bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kabupaten Madiun yang tepat bagi Anda. Walaupun lokasinya 25 km jauhnya dari pusat kota, yakni di Dusun Seweru, Desa Kare, Kabupaten Madiun, rasa lelah Anda dijamin akan terbayarkan dengan eloknya pemandangan air terjun.

Cukup merogoh kocek 2 ribu rupiah saja, Anda bisa langsung bisa menjelajahi perkebunan kopi dengan suara burung berkicau yang menambah suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, wisata Air Terjun Serondo Seweru ini pun buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

4. Gunung Kendil

 

Gunung Kendil
https://www.instagram.com/rizki_fajar77/

Gunung Kendil menjadi salah satu wisata gunung terfavorit di Kabupaten Madiun. Tak ayal, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sama indahnya dengan Sanata Monica di Los Angeles. Anda hanya perlu mengarungi persawahan di Pilangrejo, Wungu, Kabupaten Madiun tanpa biaya tiket sedikitpun.

Dari pukul 7 pagi sampai 6 sore, Anda bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia, seperti toilet, mushola, gazebo, rumah makan, kolam pemancingan, area kemah, hingga arena balap kendaraan. Maka tak heran Gunung Kendil menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Madiun terfavorit.

5. Waduk Bening Widas Saradan

Panorama Perbukitan Gunung Wilis dan Gunung Pandan yang bisa dilihat dari waduk ini menjadi kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Tak heran jika objek tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi tanpa batasan waktu. Anda bisa melihat ikan-ikan air tawar yang dikelola oleh Jasa Tirta.

Jarak waduk dengan pusat kota sekitar 40 km, atau lebih tepatnya di Desa Pajajaran, Saradan, Kabupaten Madiun. Pengunjungnya dikenakan tarif 7.500 rupiah per 2 orang. Anda bisa menikmati objek wisata yang tak hanya berupa waduk, tetapi juga kolam pemancingan dan taman bermain.

6. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman rekreasi juga tidak luput menjadi rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Madiun. Lokasinya berada di Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun dengan jarak tempuh 20 km dari pusat kota. Tempat ini merupakan tempat bersejarah yang banyak diminati.

Dengan berbagai fasilitas lengkap dan wahana permainan yang seru, seperti roller coaster, kincir ria, kora-kora, kolam renang, dan kebun binatang mini, Anda hanya tinggal mempersiapkan 10 ribu rupiah saja. Adapun untuk jam operasionalnya dimulai dari pukul 8 pagi hingga 11 malam.

7. Hutan Pinus Nongko Ijo

Tempat wisata di Kabupaten Madiun yang hits ini tidak boleh ketinggalan dari list daftar wisata yang akan Anda kunjungi. Lokasinya berada di kaki Gunung Wilis, yakni di Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kabupaten Madiun. Wisatanya pun masih gratis dan dibuka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Selain dapat mengabadikan panorama hutan pinus yang sejuk dan rindang, Anda juga bisa melihat fenomena sungai tempuran, yakni ketika dua mata air sungai bertemu menjadi satu. Ada pula bendungan kuno peninggalan Belanda yang penduduk manfaatkan sebagai sumber penghidupan.

8. Sekar Arum

Sekar Arum merupakan sarana wisata edukatif yang berlokasi di Desa Kare, Kabupaten Madiun. Obyek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas-fasilitas yang menyenangkan, diantaranya adalah, arung jeram, luncur gantung, dan permainan berbasis alam lainnya.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mendapat pengalaman outbound menyenangkan setiap hari dengan dipandu instruktur yang profesional. Anda juga dapat memilih paket-paket yang tersedia di tempat wisata ini, dari mulai pilihan paket wisata satu hari dan 2 hari dengan biaya dari mulai 100 ribu rupiah.

9. Desa Wisata Brumbun

Desa Wisata Brumbun
https://www.instagram.com/desa_wisata_brumbun/

 

Desa Wisata Brumbun atau Brumbun Tubing Adventure bisa menjadi pilihan destinasi tempat wisata di Kabupaten Madiun untuk sarana relaksasi Anda. Lokasinya yakni di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Suasananya yang instagramable bisa dinikmati setiap hari dengan gratis.

Di desa wisata ini, Anda dapat menikmati berbagai macam fasilitas dan wahana-wahana yang mengasyikkan, seperti arung jeram, kolam khusus anak, kolam seluncur, kolam air mancur, dan ember tumpah. Selain itu, Anda bisa mengunjunginya dari mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore.

10. Monumen Kresek

Tak ayal, monumen bersejarah juga bisa dijadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di daerah Sewu, Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, atau berjarak 8 km dari pusat kota, Anda bisa langsung menikmati kentalnya sejarah monumen itu dari pukul 5 pagi sampai 9 malam.

Selain monumen yang dibangun untuk mengenang peristiwa PKI pada masa lampau, Anda juga bisa menikmati keindahan panorama tempat wisata di Kabupaten Madiun ini yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Terlebih, semua akses dan fasilitas-fasilitasnya gratis dan bisa dikunjungi setiap hari.

11. Kali Krangkeng

Kesegaran kali yang bersih dan terawat bisa Anda nikmati kapan saja di Madiun ini. Lokasi tempat wisata ini yakni di Jalan Lawu, Balong, Sidorejo, Wungu, Kabupaten Madiun. Dengan tanpa tiket masuk, Anda bisa langsung merasakan sejuknya panorama niagara versi mini ini dari atas tebing.

Pemandangan alamnya yang masih sangat alami dengan dikelilingi air terjun menambah elok tempat ini untuk dinikmati. Terlebih, Anda bisa mengunjunginya tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun. Sehingga, Kali Krangkeng bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Madiun.

12. Bumi Perkemahan Kare Kandangan

Jika Anda merasa bosan mengunjungi lokasi wisata di Madiun, lantas Bumi Perkemahan Kare Kandangan bisa menjadi solusinya. Lokasinya berada di Kandangan, Suweru, Kare, Kabupaten Madiun. Anda juga dapat mengunjunginya setiap hari dengan biaya masuknya gratis.

Tak hanya tempat berkemah saja, tempat ini menyuguhkan pemandangan perkebunan kopi, pinus, dan Gunung Wilis yang membuat suasana terasa semakin indah. Anda juga tak hanya bisa sekadar berlibur, tetapi juga menginap di villa yang terdapat kebun binatang mini dan kolam ikan di dalamnya.

13. Wisata Alam Pesanggrahan

Bagi Anda yang menyukai selfie, Wisata Alam Pesanggrahan menjadi pilihan tempat wisata di Kabupaten Madiun yang tepat untuk Anda. Lokasinya berada di Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Anda akan menemukan spot-spot unik untuk diabadikan.

Selain itu, ada juga beberapa gubuk beratap jerami yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai ria. Anda bisa menikmati semua spot-spot di lokasi wisata ini setiap hari dan tanpa batasan waktu. Tiket masuknya pun tidak dipungut biaya.

14. Waduk Dawuhan

Selain sebagai sarana irigasi, Waduk Dawuhan menjadi tempat wisata yang kerap kali orang-orang kunjungi. Luasnya diperkirakan mencapai 1.200 m2 lebih sampai-sampai mencakup 9 sawah yang ada di 3 kecamatan. Anda bisa dengan bebas menikmati panoramanya dan mengabadikannya dalam foto.

Adapun untuk lokasinya yakni di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Anda bisa mengunjunginya kapan saja setiap harinya dan tanpa membayar sepeserpun harga tiket masuk. Sehingga, tempat wisata di Kabupaten Madiun ini cocok untuk Anda kunjungi.

15. Air Terjun Banyulawe

Sebagai salah satu wisata air favorit, Air Terjun Banyulawe bisa Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya jika berkunjung ke Madiun, atau lebih tepatnya di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Suasana alamnya yang sejuk membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama di wisata air terjun ini. Anda juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas lain, seperti area parkir, mushola, MCK, gazebo dan warung makan kapan saja dan tanpa memungut biaya sedikitpun.

16. Kolam Renang Sendang Biru

Wisata kolam renang ini termasuk tempat wisata di Kabupaten Madiun yang terbilang cukup populer di kalangan domestik masyarakat Madiun, khususnya. Tak ayal, selain fasilitas kolam renang, Sendang Biru juga dilengkapi dengan berbagai wahana lain yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang berminat bisa langsung mengunjungi lokasi wisata ini, yakni di Jalan Kantil, Munggut, Wungu, Kabupaten Madiun setiap harinya dari pagi sampai sore hari. Tarif tiketnya cukup terjangkau, yaitu 10 ribu rupiah untuk hari Senin sampai Jum’at dan 15 ribu rupiah saat hari libur.

17. Palang Mejayan

Palang Mejayan merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Madiun yang amat bersejarah. Bagaimana tidak, tempat ini memiliki koleksi-koleksi arca dari masa peninggalan Kerajaan Jawa Kuno yang kondisinya masih terjaga dengan baik.

Lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman No. 79 A, Mejayan, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Anda bisa mengunjungi tempat yang tersimpan banyak pengetahuan tentang sejarah Indonesia ini setiap hari dari mulai pukul 4 pagi sampai dengan pukul 11 malam dengan gratis.

18. Air Terjun Krecekan Danu

 

Air Terjun Krecekan Danu
https://www.instagram.com/___ffiff___/

Mencari wisata air yang segar-segar? Air Terjun Krecekan Danu bisa menjadi destinasi tepat bagi Anda. Lokasinya sekitar 20 km dari pusat kota, atau lebih tepatnya di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Kabupaten Madiun ini, Anda harus berjalan sekitar 15 menit dari tempat parkir. Adapun untuk harga tiket masuknya ialah 2 ribu rupiah. Sedangkan, biaya parkirnya sebesar 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat.

19. Waduk Kedungbrubus

Yang tak kalah elok nan menawan, Waduk Kedungbrubus bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya. Aksesnya pun cukup mudah dikunjungi, yakni terletak di Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Selain terdapat fasilitas-fasilitas untuk berselfie dan bersantai ria, para pengunjung juga bisa mengamati sajian wisata yang kental akan sejarah, seperti fosil-fosil purbakala. Anda juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Kabupaten Madiun ini kapan saja dan tanpa mengeluarkan biaya apapun.

20. Air Terjun Kucur

Meskipun tergolong air terjun buatan, Air Terjun Kucur menjadi tempat wisata air andalan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi 4 tingkat air terjun yang berbeda-beda; 15 meter, 3 meter, dan 3 meter. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aktivitas menantang lain, salah satunya yakni sepeda jelajah.

Lokasinya berada di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Anda bisa mengunjunginya setiap hari dengan tanpa biaya tiket masuk. Namun, Anda harus membayar parkir sebesar 2 ribu rupiah. Meskipun akses masuknya yang cukup mudah, Anda tetap harus hati-hati.

21. Waduk Widas

Waduk Widas adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Madiun yang digemari karena menyediakan fasilitas-fasilitas yang menyenangkan. Dengan membayar 7.500 rupiah, Anda bisa menikmati semua fasilitasnya, seperti kolam pemancingan, spot foto instagramable, hingga camping.

Lokasi Waduk Widas berada di Setren, Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Anda bisa mengunjunginya kapan saja setiap harinya, namun alangkah lebih baik jika Anda mengunjungi tempat elok nan menawan ini pada pagi dan sore hari agar mendapat sensasi yang lebih tak terlupakan.

22. Gunung Wilis

 

Gunung Wilis
https://www.instagram.com/sofyan_____/

Wisata gunung tak kalah pamornya dengan tempat wisata di Kabupaten Madiun lainnya, salah satunya adalah Gunung Wilis. Anda bisa mendaki gunung dan berkemah dengan teman satu tim Anda tanpa batasan waktu. Apalagi mengingat gunung ini termasuk gunung berapi yang sudah tidak aktif.

Anda juga bisa beristirahat di setiap pos peristirahatan yang tersedia sembari menikmati lingkungan sekitar yang sejuk nan segar. Panorama pepohonannya yang tumbuh subur akan membuat perjalanan Anda terasa semakin mengesankan. Sehingga, Anda bisa menjepret momennya dalam kamera.

23. Gunung Wilis

Waduk Notopuro menjadi salah satu waduk untuk irigasi sawah penduduk yang tidak berasal dari saluran air, melainkan termasuk waduk tadah hujan. Tempatnya berada di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Anda tak perlu khawatir, waduk ini tidak memungut biaya tiket masuk sedikitpun dan dibuka 24 jam. Jadi, Anda bebas menggunakan fasilitas-fasilitasnya, seperti warung jajanan, tempat parkir, dan toilet. Yang pasti, pikiran Anda akan kembali segar setelah menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Demikianlah rekomendasi dari VisitPare.com tempat wisata di Kabupaten Madiun terlengkap yang bisa Anda jadikan referensi. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan tempat wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *