Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo dari Wisata Alam Sampai yang Edukatif

Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo – Tidak banyak orang tahu bahwa ada banyak tempat wisata di Kabupaten Probolinggo bisa menjadi destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan liburan. Bahkan, Kabupaten Probolinggo memiliki berbagai destinasi wisata dengan konsep yang berbeda.

Mulai dari para pengunjung yang menyukai wisata alam dan petualangan yang menyenangkan, sampai wisata edukatif yang ramah anak-anak dan segala usia. Semua itu bisa Anda temukan di Kabupaten Probolinggo.

Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo dengan Nuansa Alam dan Edukasi

Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo
Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo

Ada banyak tempat wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Mulai dari gunung, air terjun, sampai danau bisa ditemukan di Kota ini. Meski begitu, tempat wisata di kota ini ternyata tidak hanya sekadar wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan saja.

Ada juga destinasi wisata Probolinggo yang memiliki tujuan edukasi. Destinasi wisata tersebut sangat ideal untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Dengan banyaknya pilihan destinasi wisata, Anda hanya tinggal memilih sesuai keinginan.

Tempat wisata di Kabupaten Probolinggo ini beberapa sudah sangat terkenal di mancanegara. Bahkan, wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata di Probolinggo itu tidak hanya wisatawan lokal saja.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Untuk Anda yang mungkin saja bingung mencari destinasi wisata yang tepat, berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Probolinggo. Lokasi wisata ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu wisata alam dan wisata edukatif.

1. Gunung Legendaris, Gunung Bromo

Bicara tentang wisata alam di Kabupaten Probolinggo, maka lokasi Gunung Bromo wajib menempati nomor satu dari daftar tempat wisata di kota ini. Gunung Bromo bukan hanya sekedar gunung tempat wisata bagi warga Probolinggo.

Gunung ini merupakan gunung yang sangat legendaris bahkan di negara Indonesia sendiri. Bagi Suku Tengger, suku asli yang tinggal di Gunung Bromo, gunung ini merupakan tempat yang sakral dan sangat suci.

Tidak heran, dari keindahan alamnya sampai legenda di dalamnya, Gunung Bromo menjadi salah satu ikon dari Provinsi Jawa Timur. Sebenarnya, gunung ini tidak hanya ada di Kabupaten Probolinggo saja, tapi juga mengambil bagian di Kabupaten Malang, Pasuruan, dan Lumajang.

Karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi Gunung Bromo, ada berbagai rute yang bisa Anda lewati. Gunung Bromo menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler. Banyak wisatawan lokal sampai internasional yang mengincar pemandangan matahari terbit dari puncak gunung satu ini.

Karena merupakan destinasi wisata yang sangat populer, Anda dan pengunjung lainnya tidak perlu merasa khawatir tentang akses dan wajana. Karena Gunung Bromo memiliki beragam fasilitas, mulai dari transportasi, penginapan, sampai spot wisata yang terbaru.

2. Pantai Paling Populer di Probolinggo, Pantai Bentar

Pantai Bentar
https://www.instagram.com/ridwan_mochammad/

Jika Anda tidak ingin ke tempat wisata alam gunung dan ingin bersenang-senang di pantai saja, maka Pantai Bentar adalah salah satu pilihan yang ideal untuk Anda. Pantai Bentar adalah pantai yang sangat populer di Probolinggo.

Pantai ini terkenal dengan panorama matahari terbit dan matahari terbenamnya yang sangat spektakuler. Ketika pandemik COVID-19 dan lonjakan wisatawan, pantai ini sempat ditutup untuk umum. Namun, seiring berjalannya waktu pantai ini akhirnya bisa dibuka kembali.

Karena, merupakan tujuan destinasi yang populer, Pantai Bentar sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Bahkan, ada banyak wahana yang ramah anak sehingga bisa dinikmati dengan aman.

Selain itu, untuk memasuki serta menikmati berbagai wisata di Pantai Bentar, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Anda dan para pengunjung yang datang hanya perlu membayar untuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi pantai ini, Anda harus mengetahui bahwa Pantai Bentar terletak di Jalan Pantura Mayangan di Kecamatan Gending.

3. Sensasi Petualangan di Gunung Argopuro

Tempat wisata di kota yang memiliki nama lain Bayuangga ini selanjutnya adalah Gunung Argopuro. Gunung ini menawarkan sensasi petualangan seru pada para pengunjungnya.

Gunung Argopuro sendiri merupakan kompleks gunung berapi. Namun, kompleks gunung berapi ini sudah dinyatakan tidak aktif. Hal ini membuat gunung tersebut sangat aman untuk Anda melakukan pendakian sampai ke puncak gunung.

Bagi Anda yang masih muda atau berjiwa muda harus menjajal petualangan di gunung satu ini. Karena, jalur pendakian di Gunung Argopuro ini sudah dinyatakan sebagai jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Perjalanan selama pendakian mungkin akan terasa melelahkan. Namun, selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang spektakuler dan masih sangat terjaga di gunung ini.

4. Air Terjun Legendaris di Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
https://www.instagram.com/lusymainaky/

Probolinggo memang bisa dibilang kota penuh legenda yang mengagumkan. Salah satu legendanya ada di tempat wisata Air Terjun Madakaripura. Legenda di balik air terjun ini berhubungan dengan salah satu patih Kerajaan Majapahit yang sangat terkenal.

Sosok patih terkenal itu adalah Gajah Mada. Air terjun ini disebut sebagai persemayaman terakhir dari mahapatih Majapahit tersebut.

Meski begitu, daya tarik tempat wisata air di Probolinggo ini tidak terbatas pada legendanya saja. Pesona keindahan dari pemandangan di Air terjun ini tidak akan bisa Anda tolak.

Air terjun Madakaripura berakhir di sebuah kolam kecil dengan warna kehijauan yang sangat indah. Hal tersebut yang menjadi salah satu daya tarik utama dari air terjun ini. Pesona yang indah dari air terjun ini membuatnya sangat pas untuk menghiasi feed instagram Anda.

5. Pemandangan Alam yang Eksotis di Danau Ranu Agung

Tempat wisata selanjutnya yang terkenal di kota penghasil anggur Prabu Bestari ini yaitu Danau Ranu Agung yang memamerkan suasana alam luar biasa menawan. Karena itu, daya tarik utama dari Danau Ranu Agung ini tentu saja, pada pemandangannya.

Karena keindahan dan keasriannya, tempat ini bisa menjadi tempat wisata yang ideal bagi Anda untuk mencari ketenangan. Lokasi wisata ini cocok bagi Anda yang sedang mencari kedamaian dan ketentraman.

Danau ini memiliki pemandangan unik, di mana pada sisi danaunya terdapat gugusan tebing batu. Gugusan tebing batu ini terlihat sangat kokoh dan kuat menghiasi pinggiran danau. Pemandangan seperti ini yang jarang ditemukan di danau yang lainya.

Danau Ranu Agung Probolinggo memiliki warna air yang kehijauan selaras dengan alam sekitarnya. Kedalaman danau yang hanya mencapai 40 meter ini membuatnya tidak terlalu berbahaya.

6. Menyelam di Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang
https://www.instagram.com/giliketapang_/

Bagi Anda yang memiliki hobi menyelam di laut, Anda wajib berwisata di Pulau Gili Ketapang. Pulau cantik yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Madura ini bisa Anda akses melalui Probolinggo.

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Probolinggo, panorama laut di sekitar pantai ini masih asli dan sangat terjaga. Hal inilah yang membuat Pantai Gili Ketapang menarik banyak wisatawan untuk menyelaminya.

Bahkan, seorang pemula yang tidak memiliki pengalaman menyelam bisa menyelam dengan aman di Pantai ini. Selain menyelam, para pengunjung juga bisa berenang bebas di laut Gili Ketapang. Apalagi, ombak di Pantai Gili Ketapang ini terbilang sangat tenang.

Para pengunjung juga bisa memilih alternatif wisata air yang lainnya, misalnya snorkeling, banana boat, dan berbagai wahana air yang lainnya. Untuk masuk dan menikmati wisata di Pulau Gili Ketapang, ada sejumlah biaya yang perlu Anda keluarkan.

Cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar untuk transportasi kapal menuju pulau. Selain itu, ada pula biaya untuk tiket masuk ke Pulau Gili Ketapang sebesar Rp 90.000. Tentu saja, harga ini tidak termasuk dengan harga wahana yang ada di Gili Ketapang.

7. Berkunjung di Air Terjun Umbulan

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung di Air Terjun Madakaripura, maka Anda jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Air Terjun Umbulan Probolinggo. Karena jarak air terjun Madakaripura dan Air Terjun Umbulan tidaklah jauh.

Hanya cukup berjalan sejauh beberapa kilometer lagi dari air terjun Madakaripura, Anda sudah sampai di Air Terjun Umbulan. Tidak jauh berbeda dengan Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Umbulan menawarkan panorama yang asri dan masih terjaga.

Selain itu, air terjun ini juga sangat bersih dan terjaga. Karena, Air Terjun Umbulan semakin dekat dengan mata air yang asli. Namun, fasilitas di lokasi wisata ini belum terlalu memadai. Hal tersebut karena lokasi ini masih jarang wisatawan kunjungi.

Meski begitu, tiket yang masuk yang ditawarkan ke destinasi wisata air terjun Umbulan ini sangat murah, yaitu hanya sekitar Rp 5000 saja untuk setiap pengunjungnya.

8. Wisata Bersama Keluarga di BJBR Probolinggo

BJBR adalah singkatan dari Bee Jay Bakau Resort yang merupakan sebuah resort wisata. Lokasi ini terletak di Kabupaten Probolinggo. Sebagai resort wisata, BJBR Probolinggo sudah memiliki fasilitas yang super lengkap. Mulai dari kolam renang untuk anak sampai berbagai wahana permainan.

Ada pula wahana-wahana permainan yang seru dan edukatif. Fasilitas yang lengkap dan aman membuat BJBR Probolinggo menjadi tempat ideal untuk berwisata bersama keluarga. Terutama jika Anda mencari wisata yang edukatif yang menyenangkan bagi keluarga.

Untuk menikmati wisata di BJBR Probolinggo, tentu saja Anda harus membayar biaya untuk tiket masuk. Biaya tiket masuk wahana BJBR Probolinggo ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp 30.000 saja untuk hari biasa.

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Anda bisa mengunjungi BJBR Probolinggo yang beralamat di Kecamatan Mayangan. Lokasi tersebut berdekatan dengan Pelabuhan Mayangan.

9. Belajar di Museum Probolinggo

Museum Probolinggo
https://www.instagram.com/metro.tama/

Tempat wisata edukasi yang pertama di kota ini adalah Museum Probolinggo. Wisata museum memang merupakan wisata yang tepat untuk mengajarkan dan memberikan edukasi pada anak-anak.

Perjalanan wisata pun bisa menjadi kegiatan mencari ilmu pengetahuan yang baru dengan mengunjungi Museum Probolinggo. Karena di museum ini, para pengunjung bisa belajar mengenai banyak hal. Mulai dari budaya, arkeologi, sejarah, sampai hal-hal yang bernilai historis.

Para pengunjung termasuk anak-anak juga bisa mencoba berbagai alat peraga yang berada di Museum Probolinggo ini. Untuk menikmati seluruh fasilitas tersebut, Anda hanya perlu membayar Rp15.000 saja untuk orang dewasa.

Sedangkan, untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun, biaya tiket masuk bisa digratiskan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tiket gratis atau potongan harga jika Anda menunjukan kartu pelajar atau kartu identitas asli Probolinggo.

10. Belajar Tentang Alam dan Tanaman di Agrowisata Sumberbendo

tempat wisata di Kabupaten Probolinggo dengan konsep agrowisata merupakan destinasi yang tepat untuk wisata keluarga. Tidak hanya bersenang-senang, para pengunjung juga bisa belajar mengenal tanaman dan alam sekitar. Karena itu Agrowisata Sumberbendo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mungkin belum banyak orang yang menyadari bahwa Kabupaten Probolinggo ini terkenal juga sebagai Kota Anggur. Pada Agrowisata Sumberbendo ini, para pengunjung akan diberitahu apa alasan julukan kota Anggur pada Kabupaten Probolinggo.

Di sini Anda dan keluarga akan mempelajari cara menanam buah Anggur. Anda juga bisa membeli oleh-oleh Buah Anggur maupun olahan buah Anggur lainnya yang menjadi khas Kabupaten Probolinggo.

Untuk biaya masuk ke Agrowisata Sumberbendo ini sangatlah terjangkau. Anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 50.000 saja. Namun, jika Anda ingin membeli souvenir atau oleh-oleh di Agrowisata Sumberbendo ini, tentu saja akan dikenakan biaya yang berbeda.

11. Air Terjun Jaran Goyang

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi jika memang menyukai keindahan alam. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter. Sedangkan aliran airnya cukup deras serta mengalir diantara bagian tebingnya.

Pengunjung Nantinya tidak hanya akan melihat keindahan air terjunnya saja. Anda juga bisa berenang ataupun bermain air. Untuk fasilitasnya sendiri sangat lengkap seperti kolam ikan dan kolam renang. Terdapat pula pintu masuk dengan taman beraneka buah dan bunga.

Anda juga bisa memanfaatkan gazebo untuk beristirahat setelah lelah menelusuri keindahan air terjunnya. Kunjungi tempat wisata alam dengan pesona menakjubkan ini di Jalan Goyangan Nomor Timur, Krajan, Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Sebelum berkunjung ke lokasi, pastikan mengetahui dahulu jam operasionalnya. Wisata ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Tentu sangat cocok menjadikannya destinasi liburan rombongan bersama orang terdekat.

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi jika memang menyukai keindahan alam. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter. Sedangkan aliran airnya cukup deras serta mengalir diantara bagian tebingnya.

Pengunjung Nantinya tidak hanya akan melihat keindahan air terjunnya saja. Anda juga bisa berenang ataupun bermain air. Untuk fasilitasnya sendiri sangat lengkap seperti kolam ikan dan kolam renang. Terdapat pula pintu masuk dengan taman beraneka buah dan bunga.

Anda juga bisa memanfaatkan gazebo untuk beristirahat setelah lelah menelusuri keindahan air terjunnya. Kunjungi tempat wisata alam dengan pesona menakjubkan ini di Jalan Goyangan Nomor Timur, Krajan, Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Sebelum berkunjung ke lokasi, pastikan mengetahui dahulu jam operasionalnya. Wisata ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Tentu sangat cocok menjadikannya destinasi liburan rombongan bersama orang terdekat.

12. Air Terjun Kali Pedati

Tempat wisata Probolinggo selanjutnya adalah Air Terjun Pedati. Walaupun akses pada air terjun ini terbilang sulit untuk dijangkau, tapi Anda tidak boleh melewatkan destinasi wisata satu ini untuk pengalaman petualangan yang baru.

Anda dan para wisatawan lain yang ingin mengunjungi air terjun satu ini, Anda harus menyiapkan energi yang ekstra. Karena medan yang jauh, terjal, dan juga sulit harus dilalui untuk mencapai air terjun ini. Hal ini yang membuat destinasi wisata ini dirasa kurang tepat untuk wisata keluarga.

Namun, jika Anda ingin mencari tempat wisata di Kabupaten Probolinggo yang belum banyak diketahui orang dan masih asli dengan sensasi petualangan dalam perjalanannya, maka air terjun satu ini bisa menjadi destinasi wisata yang sangat ideal.

Walaupun begitu, perjuangan Anda tidak akan sia-sia. Karena, begitu sampai di Lokasi Anda bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Pedati yang masih asli dan terjaga kemurniannya. Untuk biaya masuk, Anda cukup membayar Rp 5.000 saja untuk sekali masuk ke Air Terjun Pedati.

Sayangnya, fasilitas yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini belum cukup lengkap. Untuk Anda yang sedang bingung untuk berlibur ke mana, tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda.

Anda bisa memilih salah satu, sesuai dengan tujuan wisata Anda. Apakah Anda ingin berwisata dengan berpetualangan di alam bebas, atau mungkin Anda ingin berwisata di destinasi wisata edukatif bersama keluarga? Semua pilihan itu, ada di Kabupaten Probolinggo dan bisa Anda kunjungi.

13. Bermi Eco Park

Merupakan tempat wisata berkonsep keluarga di Kabupaten Probolinggo. Letaknya sendiri berada di daerah dataran tinggi sekitar 50.000 meter di atas lahan. Untuk pemandangan alamnya pun sangat hijau dan sejuk sehingga pengunjung pun betah berlama-lama di lokasinya.

Anda bisa menikmati liburan dengan konsep edukatif bertemakan pedesaan. Wisata ini sendiri juga menawarkan banyak kegiatan alam terbuka. Seperti naik sepeda bebek air, bermain di taman anak-anak, camping, flying fox, wisata kebun buah dan bunga, mini waterboom, dan masih banyak lagi.

Bagi pecinta foto tentunya bisa mengunjungi spot wisata Instagramable yang sudah tersedia. Manfaatkan juga gazebo di sekitarnya untuk beristirahat sembari menikmati keindahan alam di lingkungan sekitar. Tentunya sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga termasuk anak-anak.

Anda bisa mengunjungi lokasinya di Jalan Ayerdingin, Dusun Selatan, Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisata ini selalu buka setiap hari tepatnya mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Tidak perlu khawatir juga mengenai harga tiketnya karena tersedia secara gratis.

14. Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Terdapat banyak keunikan dan daya tarik yang bisa Anda peroleh saat berkunjung ke air terjun satu ini. Pemandangan yang ada bahkan termasuk langka. Ada 16 titik mata air di bagian puncak tebingnya. Selain itu, tersedia gugusan stalaktit dengan bentuk dan ukuran bervariasi.

Salah satunya seperti goa yang berupa lorong panjang. Saat pagi maupun sore harinya, maka Anda bisa puas melihat pemandangan alam di sekitarnya. Jika beruntung lihat pada bagian air terjunnya akan terpancarkan bias-bias pelangi sehingga sangat indah.

Selain bisa menikmati air terjunnya, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti rafting. Terlebih spot wisata tersebut menjadi paling favorit bagi masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar kota. Untuk alamatnya di Curah Gadung, Jangkang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jatim.

15. Candi Jabung

Candi Jabung merupakan salah satu tempat wisata bersejarah sekaligus bukti peninggalan Kerajaan Majapahit. Candinya sendiri mempunyai struktur bangunan berwarna merah. Hal tersebut karena didirikan dengan material bata berkualitas bagus.

Anda juga akan melihat sendiri seperti apa keindahan reliefnya yang tentunya mengandung nilai sejarah dan filosofis sangat tinggi. Kunjungi tempat wisata ini di Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Candi Jabung sendiri diketahui dibangun pada tahun 1354 Masehi. Tidak perlu khawatir jika ingin langsung ke tempatnya karena harga tiket masuknya gratis. Tentu saja bisa mengajak si kecil juga untuk berwisata sekaligus mengenal sejarah kerajaan zaman dahulu.

16. Puncak Pundak Lembu P30

Wisata ini berada di Jalan Wonokerso, Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya sekitar Rp 20.000 saja sehingga sangat terjangkau bagi semua kalangan. Tentu wajib untuk meluangkan waktu ke tempat ini.

Tentu ada banyak pesona keindahan yang tersedia sehingga sangat sayang untuk melewatkannya. Pengunjung nantinya akan dimanjakan dengan pesona keindahan Gunung Semeru, khususnya pada bagian selatan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat sendiri seperti apa keindahan Gunung Lemongan serta Gunung Argopuro pada bagian timurnya. Tidak heran jika sangat cocok bagi pecinta wisata alam. Belum lagi di daerah baratnya akan terlihat Gunung Bromo dan Gunung Batok.

17. Puncak Seruni Point

Saat berkunjung ke Puncak Seruni Point, pengunjung bisa melihat langsung seperti apa keindahan Gunung Bromo. Lokasi wisatanya sendiri berada di sebelah utara gunungnya. Tentunya tidak jauh jaraknya dari Penanjakan serta Kingkong Hills Pasuruan.

Pengunjung juga akan menikmati keindahan alam dari arah ketinggian. Saat menuju lokasi sendiri Anda akan melihat keindahan hutan yang alami di sekelilingnya. Lokasinya sendiri berada di daerah Ngadisari, Sukapura, Keduwung, Kecamatan Puspo, Kota Probolinggo, Jatim. Untuk tiket masuknya hanya Rp 35.000.

18. Wisata Kebun Teh Andung Biru

Rekomendasi wisata lainnya adalah Kebun The Andung Biru. Tempatnya sendiri berada di daerah Gunung Gambir. Yaitu perbatasan wilayah selatan sehingga tidak terlalu jauh dari Kabupaten Jember. Tentunya ada banyak sensasi keindahan ditawarkan.

Pasalnya, kebun teh ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Anda nantinya bisa menikmati area perkebunan yang sangat indah dengan struktur daerah bergelombang hingga terasering berundak. Adapun alamatnya di daerah Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Probolinggo dari VisitPare.com yang bisa menjadi tujuan destinasi Anda. Tidak hanya sekadar wisata alam, ada pula tempat wisata edukasi yang ideal untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tinggalkan komentar