10 Tempat Wisata di Kediri Paling Keren (Review Lengkap)

Tempat Wisata di Kediri – Secara umum, Kediri merupakan sebuah kota kecil nan indah yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, kawasan yang terkenal dengan sebutan kota penghasil tahu ini menawarkan beragam tempat wisata di Kediri yang menarik dan ramai diminati wisatawan.

Lantas, ada apa di Kediri? Artikel ini akan mengulas tentang beragam tempat wisata Kediri baik yang sedang hits, yang sudah buka setelah tutup sementara akibat pandemi Covid 19, dan yang perlu Anda kunjungi jika bertandang ke kota kecil ini.

Deretan Tempat Wisata di Kediri yang Unik, Hits, dan Menarik

Tempat Wisata di Kediri
Tempat Wisata di Kediri

Kota Kediri sendiri memiliki berbagai jenis daya tarik tersendiri khususnya di bidang pariwisata. Belakangan ini, para traveller juga sudah banyak yang telah atau berencana memasukkan kota di Jawa Timur ini sebagai destinasi wisata mereka saat musim liburan tiba.

Sebenarnya, Kediri tempatnya di mana sih? Bagi Anda yang belum tahu, Kediri terletak di dekat Kota Surabaya tepatnya di sebelah barat dayanya. Untuk dapat mencapai kota Kediri, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Surabaya. Sudah lebih paham, kan sekarang?

Saat berkunjung ke kota Kediri nanti, silakan catat dan pilih beberapa deretan tempat wisata di Kediri yang akan jadi rencana tamasya Anda di hari libur mendatang, antara lain :

1. Monumen Syu Kediri

Destinasi wisata ini hadir di tengah-tengah Kota Kediri tentunya sangat cocok apabila Anda ingin mengenal sejarah daerah tersebut lebih lengkap. Monumen Syu sendiri berlokasi di depan bekas hunian dinas residen. Tepatnya berupa patung burung garuda yang mengepakkan sayapnya.

Untuk arti Syu sendiri yaitu sebuah bentuk pemerintahan paling tinggi di tanah Jawa setingkat karisidenan. Yakni saat masa Jepang menjajah Indonesia dahulu. Sampai saat ini pun kehadirannya masih berguna untuk mengenang jasa-jasa para pasukan PETA.

Apabila Anda menyukasi bidang sejarah, maka jangan ragu untuk berkunjung ke wilayah monumen ini karena sangat menarik. Lokasinya juga sering dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan dari luar daerah. Setiap pengunjung nantinya bebas melihat maupun mengambil gambar di sekitarnya.

Adapun harga tiket masuknya gratis sehingga setiap pengunjung bisa datang kapan saja sesuai keinginan mereka tanpa perlu lagi terbebani dengan biaya. Anda bisa langsung mengunjungi lokasinya tepatnya di Jalan KH. Wachid Hasyim, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

2. Air Terjun Dolo

Merupakan wisata alami yang sangat direkomendasikan apabila Anda ingin berkunjung ke Kota Kediri. Suasananya benar-benar asri sehingga cocok jika ingin menikmati waktu liburan dengan suasana segar dan menyenangkan bersama rombongan orang-orang terdekat.

Tentu saja setiap pengunjung akan dimanjakan dengan sensasi dinginnya air terjun. Adapun ketinggiannya mencapai 1.800 mdpl serta hampir mencapai 25 meter. Tidak heran jika sampai saat ini masih menjadi favorit wisatawan. Terutama untuk melepas penat dari berbagai aktivitas padat sebelumnya.

Anda bisa puas menikmati sensasi kesegaran air terjun yang ada di depan mata. Soal tiket masuknya sendiri tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau. Tidak lain yaitu hanya sekitar Rp 7.500 saja. Kemudian alamatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kota Kediri, Jatim.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

3. Candi Surowono Kediri

Destinasi wisata Kediri satu ini adalah salah satu pilihan menarik karena berupa cagar budaya dengan ukuran cukup besar. Tidak lain yaitu Candi Surowono. Terdapat banyak keunikan pada bagian reliefnya sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Destinasi wisata ini hadir dengan relief candi unik dan menarik karena ada alur-alur cerita tersendiri dengan simbol tertentu. Tidak heran jika sampai saat ini sangat menarik minat para wisatawan baik itu dari luar kota maupun warga setempat yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Anda juga bebas mengambil gambar di area candinya. Para wisatawan sendiri sudah sering memanfaatkannya sebagai latar belakang pengambilan foto yang tidak hanya bersejarah tetapi juga keren. Kunjungi lokasinya di Surowono, Canggu, Kecamatan Badas, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

4. Kolam Renang Tirtoyoso

Tidak hanya berwisata di tempat-teman yang masih alami hingga bersejarah, setiap pengunjung juga bisa menikmati destinasi liburan lainnya di Kota Kediri. Salah satunya seperti Kolam Renang Tirtoyoso. Kehadirannya sendiri tentu bisa menjadi pilihan paling tepat untuk menyegarkan tubuh.

Terlebih, wisata ini juga sudah menjadi salah satu destinasi rekreasi bersama keluarga paling favorit di Kota Kediri. Setiap pengunjung lainnya bisa menikmati kesegaran berenang di kolam renang. Lokasinya sendiri cukup strategis sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan rute menuju tempatnya.

Soal suasana kolam renangnya juga nyaman sehingga hal ini menjadi keunggulan tersendiri saat Anda ingin berkunjung ke sana. Tidak hanya sampai disitu, pengunjung juga akan puas dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia secara lengkap.

Lokasinya sendiri selalu ramai akan pengunjung sehingga tidak perlu ragu mengajak keluarga atau prang-orang terdekat lainnya untuk datang langsung ke kolam renang satu ini. Wisatawan nantinya juga bisa mengajak anak-anak agar bisa berlibur bersama secara rombongan.

Soal harga tiket masuknya sendiri tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 20.000 per orang. Oleh karena itu, segera kunjungi wisatanya di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 123, Banjaran, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

5. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong

Tahukah Anda, bahwa di Kota Kediri juga menyimpan destinasi wisata bersejarah yang sudah dibangun dari tahun 1985. Yakni Kelenteng Tjoe Hwie Kiong. Tentu ada banyak daya tarik pada bangunannya sehingga menjadikan tempat tersebut ingin dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah.

Terlebih, lokasinya juga memiliki pesona yang sangat indah sehingga bisa jadi tempat terbaik untuk mengambil gambar.  Perlu Anda ketahui juga bahwa wisata ini dibangun sendiri oleh masyarakat Kediri, Khususnya mereka dari keturunan Tionghoa.

Apabila Anda penasaran mengenai keindahan bangunan kelentengnya, maka jangan ragu berkunjung langsung ke tempatnya. Alamatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 148, Pakelan, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

6. Alun-alun Kediri

Saat berkunjung ke Kota Kediri, tentu kurang lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Alun-alun Kediri. Hingga saat ini pun lokasinya masih menjadi favorit masyarakat setempat maupun wisatawan dari daerah lain saat ingin liburan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Nantinya setiap pengunjung bisa menyusuri setiap jalan di alun-alun Kota Kediri tersebut kemudian bisa melihat langsung suasana sekitar dengan aman dan nyaman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas masyarakat setempat di sekitar tepi jalan perkotaan.

Lokasi Alun-alun Kota Kediri sendiri sangat strategis sehingga tidak perlu menunda lagi datang ke lokasinya. Tempat ini juga termasuk yang paling sering masyarakat kunjungi terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Terlebih, soal fasilitasnya juga sudah cukup memadai bagi para pengunjung.

Untuk tiket masuk ke wisatanya sendiri gratis tanpa ada pungutan biaya. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengunjungi lokasinya tanpa menguras banyak uang. Adapun alamatnya di Jalan Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

7. Kebun Bunga Matahari

Apakah Anda ingin menikmati liburan di tengah-tengah perkebunan bunga? Tidak salah lagi, pilihan tepatnya adalah Kebun Bunga Matahari. Tempat wisata ini hadir dengan pemandangan menarik seluas mata memandang. Kunjungi lokasinya di sekitar daerah Mojoroto, Kota Kediri.

Saat Anda sudah sampai ke Kebun Bunga Matahari, maka akan melihat langsung pemandangan padang rumput yang sangat luas. Di dalamnya juga tumbuh berbagai bunga matahari sangat indah dan cantik. Tidak heran jika banyak wisatawan ingin berkunjung ke lokasinya.

Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai destinasi liburan dengan spot foto menarik karena bisa langsung berada di tengah-tengah perkebunan bunga. Tentu saja hal ini dapat memberikan sensasi tersendiri bagi masyarakat setempat dan wisatawan luar daerah.

Soal tiket masuknya juga tidak perlu pusing. Pasalnya, tempat wisata ini tersedia secara gratis tanpa ada pungutan biaya. Oleh karena itu, jangan sampai ragu untuk mengunjungi lokasinya bersama orang-orang terdekat Anda. Tepatnya di Jalan Selomangleng, Nomor 143, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

8. Museum Airlangga

Museum Airlangga bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin berkunjung ke wisata paling bersejarah di Kediri. Tentunya pengunjung bisa melihat langsung seperti apa pesona keindahan salah satu tokoh kerajaan yang hidup di pada masa Kerajaan Mataram Hindu zaman dahulu.

Para pengunjung juga bisa mendapat banyak informasi tentang berbagai seluk beluk kerajaan lampau yang berdiri di tanah air. Oleh karenanya, jangan ragu berkunjung ke lokasinya karena memang dapat memberikan banyak informasi sejarah.

Setiap pengunjung juga bisa melihat langsung seperti apa bentuk benda-benda peninggalan bersejarah dari kerajaan kuno tersebut. Soal harga tiket masuknya pun tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau. Tentunya bisa jadi pilihan tepat untuk wisata secara rombongan karena hemat biaya.

Anda bisa langsung mengunjungi lokasinya di Jalan Lingkar Maskumambang, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

9. Museum Fotografi

Wisata alam ini sangat cocok jadi pilihan apabila Anda ingin menikmati keindahan Kota Kediri serta melihat berbagai foto-foto bersejarah perkembangan daerah tersebut. Tidak heran jika termasuk tempat berlibur paling unik dan menarik yang wajib pengunjung datangi.

Wisatawan nantinya akan mengetahui langsung berbagai tempat paling bersejarah di daerah Kediri lewat informasi di museum tersebut. Harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yaitu sekitar 10.000 saja. Tentu tidak akan menguras banyak biaya ketika ingin berliburan secara rombongan.

Sampai saat ini pun Museum Fotografi masih menjadi pilihan masyarakat setempat dan warga luar kota untuk mempelajari sejarah Kota Kediri secara lebih detail. Oleh karenanya, tidak perlu ragu datang ke alamatnya. Yaitu Jalan Kapten Tendean Nomor 60/160, Ngronggo, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Jatim.

10. Goa Selomangleng

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang masih sangat alami dan asri, maka pilih Goa Selomangleng. Destinasi wisata tersebut termasuk sangat unik dan menarik. Pasalnya, pengunjung bisa melihat langsung seperti apa pesona keindahan batu miring di sekitarnya.

Tidak heran jika wisatanya memiliki nama Goa Selomangleng. Hal tersebut karena Selong berarti batu serta Mangleng adalah miring. Tentu saja hal ini menjadikan banyak orang penasaran sehingga wisatawan kerap berkunjung ke lokasinya langsung. Tepatnya di Jalan Selomangleng, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

10. Gunung Maskumambang

Apabila Anda ingin berlibur dengan destinasi wisata alami yang indah, maka rekomendasinya adalah Gunung Maskumambang. Lokasinya sendiri termasuk sangat unik. Pasalnya, ada anak tangga memanjang berfungsi untuk area tracking ke sekitar gunung tersebut.

Apabila Anda berhasil melalui trackingnya, maka akan dimanjakan dengan pemandangan alam menarik. Keasriannya pun masih sangat terjaga sehingga jangan ragu datang ke lokasinya. Yaitu area Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Yuk Berwisata ke Kediri!

Dari kesepuluh tempat wisata di Kediri yang telah dilansir VisitPare.com, objek wisata manakah yang paling ingin Anda kunjungi pertama kali? Apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk tetap menjaga diri sendiri dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tinggalkan komentar