10 Tempat Wisata di Kediri Paling Keren (Review Lengkap)

10 Tempat Wisata di Kediri Paling Keren (Review Lengkap)

Tempat Wisata di Kediri – Secara umum, Kediri merupakan sebuah kota kecil nan indah yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, kawasan yang terkenal dengan sebutan kota penghasil tahu ini menawarkan beragam tempat wisata di Kediri yang menarik dan ramai diminati wisatawan.

Lantas, ada apa di Kediri? Artikel ini akan mengulas tentang beragam tempat wisata Kediri baik yang sedang hits, yang sudah buka setelah tutup sementara akibat pandemi Covid 19, dan yang perlu Anda kunjungi jika bertandang ke kota kecil ini.

Deretan Tempat Wisata di Kediri yang Unik, Hits, dan Menarik

Tempat Wisata di Kediri
Tempat Wisata di Kediri

Kota Kediri sendiri memiliki berbagai jenis daya tarik tersendiri khususnya di bidang pariwisata. Belakangan ini, para traveller juga sudah banyak yang telah atau berencana memasukkan kota di Jawa Timur ini sebagai destinasi wisata mereka saat musim liburan tiba.

Sebenarnya, Kediri tempatnya di mana sih? Bagi Anda yang belum tahu, Kediri terletak di dekat Kota Surabaya tepatnya di sebelah barat dayanya. Untuk dapat mencapai kota Kediri, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Surabaya. Sudah lebih paham, kan sekarang?

Saat berkunjung ke kota Kediri nanti, silakan catat dan pilih beberapa deretan tempat wisata di Kediri yang akan jadi rencana tamasya Anda di hari libur mendatang, antara lain :

1. Taman Agro Kediri

Selain dikenal dengan sebutan Taman Agro Kediri, nama tempat wisata ini juga sering diketahui sebagai Taman Agro Margomulyo (TAM). Taman Agro Kediri merupakan objek wisata edukasi dengan konsep taman buatan yang dipenuhi dengan banyak koleksi bunga cantik dan warna-warni.

Secara umum, tempat wisata di Kediri ini hampir selalu dipenuhi oleh wisatawan baik setiap akhir pekan maupun musim liburan panjang. Salah satu alasan mengapa Taman Agro Kediri selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah karena lokasinya yang berada di jalur wisata populer Gunung Kelud.

Dengan begitu, Anda juga dapat melanjutkan rencana wisata Kediri yang terletak di jalur Gunung Kelud. Jangan lupa siapkan memori penyimpanan kamera yang longgar untuk menambah koleksi foto keindahan Taman Agro Kediri dan kegagahan Gunung Kelud.

Tertarik mengunjungi surganya spot fotografi ini? Siapkan dulu kocek sebesar Rp7.000 untuk membayar tiket masuk wisata per satu orang. Murah, bukan! Apalagi harga tiket masuk tersebut sudah meliputi paket wisata Taman Agro Kediri dan Gunung Kelud.

Kalau ini sih ibarat sekali mendayung, dua tempat wisata hits terlampaui. Cuma sekali bayar, dapat combo menjelajah dua objek wisata secara sekaligus. Namun, bagi para wisatawan yang membawa kendaraan akan dimintai biaya parkir tambahan sebesar Rp5.000 saja.

Di samping itu, Taman Agro Kediri akan siap menerima kunjungan Anda pada hari Senin – Ahad dengan jam operasional antara pukul 08.00 – 16.00 WIB.

2. Kampung Anggrek Kediri

 

Kampung Anggrek Kediri
https://www.instagram.com/annisa_lesley/

Tempat wisata di Kediri kali ini sangat cocok untuk kalangan wisatawan yang suka dengan tanaman bunga-bungaan, khususnya bunga anggrek. Sama seperti tempat wisata sebelumnya, lokasi Kampung Anggrek Kediri ini ternyata masih satu arah dengan wisata Gunung Kelud.

Untuk lokasi tepatnya, Kampung Anggrek Kediri terletak di kawasan perkebunan Sumber Sari Petung yang berada di Ringinsari, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Di objek wisata ini, Anda juga akan menemukan koleksi bunga anggrek langka maupun bunga anggrek unik hasil hibridisasi atau persilangan.

Bagi kaum pecinta bunga anggrek, Kampung Anggrek Kediri akan jadi tempat yang menyajikan kesempatan berharga untuk menyaksikan spesies-spesies unik anggrek yang sulit ditemukan di tempat-tempat lain.

Selain bisa menikmati indahnya anggrek dan pemandangan lereng Gunung Kelud, wisatawan juga dapat membawa pulang tanaman Anggrek favorit dengan harga jual yang relatif terjangkau. Harga tiap pot anggreknya sendiri juga bervariasi yakni sekitar Rp25.000 – Rp100.000 tergantung jenisnya.

Untuk harga tiket masuk ke Kampung Anggrek Kediri sendiri terbilang cukup murah yakni sebesar Rp12.000/orang. Tempat wisata di Kediri ini buka setiap hari dengan pembagian jadwal operasional sebagai berikut:

  • Senin – Jumat    : 08.00 – 15.40 WIB
  • Sabtu – Ahad    : 08.00 – 16.00 WIB

Tak sekedar menikmati bunga Anggrek, wisatawan juga bisa bermain dengan kelinci-kelinci lucu di wahana Taman Kelinci.

3. Wisata Gunung Kelud

Sebelumnya, wisata Gunung Kelud memang sempat tutup semenjak diberlakukannya aturan pembatasan aktivitas masyarakat atau PPKM dalam rangka memutus rantai penularan kasus covid 19.

Namun sekarang, wisatawan sudah bisa berkunjung ke objek wisata Gunung Kelud dengan tetap menaati protokol kesehatan yang masih berlaku. Untuk dapat memasuki Gunung Kelud, Anda perlu menunjukkan bukti keterangan vaksin melalui pemindaian barcode kartu vaksin.

Saat memasuki wisata Gunung Kelud nanti, Anda akan kagum dengan keindahan alam yang luar biasa sampai-sampai Anda dibuat menganga terpana dalam waktu lama. Di tempat wisata di Kediri ini, Anda dapat menikmati 3 objek wisata seru dan menarik yaitu:

  • Sirkuit Kelud untuk memacu semangat adrenalin wisatawan
  • Agrowisata Margomulyo dengan hamparan bunga-bunga cantik yang memanjakan mata
  • Produksi sebagai sentra kuliner dan oleh-oleh lezat khas Kediri

Menariknya lagi, wisata Gunung Kelud terletak di perbatasan tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang. Serasa berada di tiga lokasi berbeda dalam satu tempat, ya.

Secara umum, objek wisata Gunung Kelud dibuka selama 24 jam nonstop mulai dari Senin sampai hari Ahad. Untuk biaya tiket masuknya sendiri dibanderol sebesar Rp10.000/orang.

Selama di Gunung Kelud, Anda juga dapat menikmati beragam wahana wisata seru antara lain:

  • Kawah Gunung Kelud, batas kunjungan sampai pukul 17.00 WIB
  • Puncak Gunung Kelud, terdiri dari Puncak Kelud, Puncak Gajah Mungkur, dan Puncak Sumbing
  • Mystery Road Gunung Kelud, jalanan misterius dengan sistem gravitasi yang tidak biasa
  • Air terjun panas
  • Flying Fox
  • Kampung durian
  • Agrowisata Gunung Kelud

Banyak pilihannya, ya!

4. Monumen Simpang Lima Gumul

Tempat wisata di Kediri ini terbilang cukup populer di kalangan masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia. Pasalnya, Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) ini terlihat seperti kembaran dari Monumen Arc de Triomphe yang ada di negara Perancis.

Kalau Anda punya mimpi bertandang ke Perancis, objek wisata ini mungkin dapat menjadi langkah awal yang menarik sekaligus pemacu semangat juang untuk mewujudkan impian besar tersebut.

Saat tiba di sana nanti, Anda akan terpukau dengan kemewahan dan kemegahan Monumen SLG yang ada di Kediri ini. Itulah mengapa, Monumen SLG telah menjadi spot foto unik dan ikonik milik kota Kediri.

Untuk bisa menikmati dan berfoto ria dengan latar belakang kembaran Arc de Triomphe ini, Anda tak akan dikenai biaya tiket apapun alias gratis.

Yang perlu Anda persiapkan adalah badan yang sehat, penampilan menawan, teman atau kerabat, kamera yang mumpuni, dan biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi.

Berhubung letaknya berada di tengah-tengah persimpangan Kediri, Anda dapat mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul sepanjang hari baik itu pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Selain itu, tak sedikit orang yang datang pada malam hari untuk menikmati keindahan arsitektur Monumen SLG di bawah sorot lampung kuning. Di samping itu, Anda juga dapat menikmati beragam keunikan lain di sekitaran tempat wisata di Kediri ini yakni:

  • Pahatan relief indah yang mengisahkan sejarah berdirinya Kota Kediri
  • Ruang hijau terbuka
  • Terowongan bawah jalan raya

Hendak berkunjung ke Monumen SLG? Lokasinya terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kediri.

5. Bukit Kura-Kura Ongakan

 

Bukit Kura-Kura Ongakan
https://www.instagram.com/zidan_bhatian/

Bisa dibilang, Kota Kediri memiliki banyak kawasan pegunungan dan bukit-bukit yang indah. Adapun, salah satu bukit wisata yang perlu Anda kunjungi saat mampir ke Kediri adalah Bukit Kura-Kura Ongakan.

Hanya dari melihat gambarnya saja, Anda sudah bisa menangkap keindahan alam yang dimiliki oleh kawasan perbukitan hijau ini. Pada dasarnya, Bukit Ongakan ini merupakan kenampakan alam yang muncul akibat adanya peristiwa erupsi Gunung Kelud.

Lokasi tempat wisata di Kediri ini terletak di lereng Gunung Kelud sebelah utara tepatnya Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Bukit wisata yang dikelola oleh Perhutani sendiri memiliki ketinggian sekitar 860 mdpl.

Bentuk Bukit Ongakan ini terdiri dari gugusan bukit berpunuk dan berjajar bagaikan tempurung kura-kura yang diselimuti dengan hamparan warna hijau dari pepohonan dan dedaunan. Keindahan ini sangat epik jika Anda jadikan sebagai latar belakang foto diri maupun spot utama fotografi.

Selain dimanjakan dengan hijaunya hamparan perbukitan, wisatawan juga berkesempatan untuk menyaksikan keindahan alam lainnya yakni Waduk Selorejo yang biru dan Air Terjun Gajah Mungkur. Kalau mampir ke objek wisata ini, jangan lupa bawa kamera ya!

Melansir dari laman Jejak Piknik terkait keterangan biaya masuk wisatanya, pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk jam operasional wisatanya berlangsung mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

6. Gumul Paradise Island

Ingin mencari tempat wisata di Kediri yang seru dan menyegarkan? Gumul Paradise Island bisa menjadi salah satu opsi rencana liburan saat berkunjung ke Kota Kediri.

Jika dilihat secara sekilas, Gumul Paradise Island memang lebih tampak seperti tempat wisata waterpark dengan beragam wahana permainan air.

Namun secara umum, objek wisata ini menawarkan wahana seru yang super lengkap, menyenangkan, dan juga menenangkan bak berada di dalam surga tamasya.

Selain wahana permainan air atau kolam renang yang luas, Gumul Paradise Island juga banyak menyediakan wahana-wahana lainnya yang diperuntukkan untuk segala jenis kalangan baik anak-anak, orang dewasa, laki-laki, maupun perempuan.

Berikut adalah wahana-wahana yang tersedia di Gumul Paradise Island Kediri yang bisa pengunjung nikmati:

    • Wahana atraksi air
    • Rumah hantu Scary House
    • Bioskop 4D
  • 3D Art Studio 
  • Flying fox

Untuk lokasinya, objek wisata terletak di dekat kawasan Monumen Simpang Lima Gumul Kediri tepatnya di Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Harga tiket masuknya pun juga beragam yakni sebesar Rp35.000/orang pada hari biasa (weekdays) dan Rp40.000/orang saat akhir pekan (weekend). Anda dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari pada pukul:

  • 09.00 – 17.00 WIB pada hari Senin – Kamis
  • 10.00 – 17.00 WIB pada hari Jumat
  • 08.00 – 17.00 WIB setiap akhir pekan dan hari libur nasional

Jangan lupa catat jadwal bukanya ya!

7. Kediri Waterpark

 

Kediri Waterpark
https://www.instagram.com/bukitpodangresidence/

Masih seputar tempat wisata di Kediri yang menyegarkan, kali ini Kediri Waterpark juga bisa menjadi pilihan objek wisata Kediri yang harus dikunjungi bersama kerabat maupun keluarga tercinta.

Bisa dibilang, Waterpark Kediri merupakan salah satu objek wisata hits yang ramai didatangi oleh para pengunjung baik dari warga lokal maupun masyarakat luar kota.

Meskipun judulnya adalah Kediri Waterpark, objek rekreasi satu ini juga menyediakan jenis wahana yang lain yakni wahana edukasi dan wahana ekstrem. Jika Anda butuh penjabaran lengkapnya, berikut adalah deretan wahana-wahana asyik yang dapat Anda temukan di Kediri Waterpark, antara lain:

Wahana AirModernTempoe Doeloe
Kolam AnakGajah TerbangMini Coaster
Kolam ArusKomedi Putar MiniSepeda Udara
Kolam TerompetHelicopter TunggalKereta Mini
Kolam SeluncurHelicopter MiniOntang Anting
Tower SlideTootherBianglala Mini
Kolam PlazaCinemea 3DPermainan Ketangkasan
Kolam UmumGokart
Kolam SkociOutbond
Space Ball

 

Jika Anda punya rencana liburan bersama keluarga di Kediri Waterpark, silakan kunjungi alamatnya di Perumahan Bukit Podang Residence, Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Untuk tarif tiket masuknya, terdapat beberapa kelompok harga yang ditetapkan oleh pengelola wisata Kediri Waterpark antara lain:

  • Tarif untuk orang dewasa pada hari biasa = Rp35.000 – Rp45.000/orang
  • Biaya untuk orang dewasa pada akhir pekan = Rp49.000 – Rp69.000/orang
  • Harga untuk anak-anak dengan kriteria tinggi kurang dari 120 cm = Rp15.000 – Rp35.000

Anda dapat mengunjungi Kediri Waterpark pada hari Sabtu sampai Kamis (Jumat tutup) mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

8. Kebun Bunga Matahari

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Anda juga bisa mengunjungi Kebun Bunga Matahari Kediri untuk menikmati indahnya ladang bunga matahari yang cerah dan meriah. Pasalnya, tempat wisata di Kediri satu ini merupakan objek wisata hits dan banyak mencuri perhatian para traveler.

Nah, bagi Anda hobi mengambil foto atau swafoto estetik, jangan lupa masukkan objek wisata Kebun Bunga Matahari Kediri ke dalam daftar rencana liburan Anda. Berdiri di tengah ladang bunga matahari akan memberikan pengalaman unik tersendiri bak di dunia fantasi.

Jika Anda hendak mengunjungi Kebun Bunga Matahari Kediri, alangkah baiknya Anda datang pada saat pagi atau sore hari. Mengapa demikian? Pada saat-saat tersebut, bunga matahari sedang mekar dengan sempurna sehingga tampak lebih merekah.

Untuk bisa menikmati indahnya bunga matahari, pengunjung hanya perlu merogoh kocek murah yakni sebesar Rp2.000. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, jangan lupa sediakan uang parkir kendaraan yakni sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Agar tidak kena prank, sebaiknya Anda perhatikan waktu kunjung Anda berdasarkan musim mekar bunga matahari. Adapun, waktu yang tepat untuk datang ke tempat wisata di Kediri ini adalah mulai bulan Juni sampai dengan Agustus.

Tertarik mampir ke sini? Silakan kunjungi alamat Kebun Bunga Matahari Kediri tepatnya di Jl. Selomangleng 143, Pojok Mojoroto, Kabupaten Kediri mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

9. Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo

Anda suka berwisata ke tempat yang sejuk, damai, dan tenang? Coba pertimbangkan Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo untuk destinasi piknik di waktu liburan mendatang.

Faktanya, objek wisata bukit ini terbilang masih sangat baru tetapi sudah sangat digemari oleh banyak wisatawan. Tempat tersebut akan menyuguhkan pemandangan alam majestic yang dijamin bisa membuat tangan Anda merasa gatal untuk menjepret keindahannya.

Untuk mendapat pengalaman menikmati pemandangan alam yang lebih baik, Anda bisa manfaat gardu pandang Bukit Gandrung dan saksikan betapa indahnya deretan bukit hijau dari atas.

Selama di gardu pandang, rasakan hembusan sejuk dari angin semilir perbukitan yang akan membuat Anda bisa melupakan dengan segala beban dan masalah untuk sesaat.

Jika Anda merasa mengantuk akibat semilir angin lembut di Bukit Gandrung, Anda juga bisa mengambil waktu istirahat sejenak di bangunan gazebo yang tersedia. Agar lebih mantap, jangan lupa bawa bekal makanan enak dan hidangkan bersama pesona kecantikan Bukit Gandrung.

Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo sendiri terletak di kawasan Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Di samping itu, Anda hanya perlu membayar karcis penitipan kendaraan untuk memasuki kawasan wisata tersebut.

Perlu Anda ketahui, setiap wisatawan perlu melewati medan jalur Bukit Gandrung yang cukup ekstrem untuk bisa mencapai tempat wisata di Kediri yang indah ini. Bagaimana, apakah Anda tertantang untuk pergi ke sana?

10. Air Terjun Irenggolo

 

Air Terjun Irenggolo
https://www.instagram.com/airterjun_waykalam/

Objek wisata gunung sudah, bukit sudah, taman juga sudah. Sekarang, saatnya Anda beralih ke jenis wisata alam yang lain yaitu Air Terjun Irenggolo. Objek wisata Kediri terbilang sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim liburan.

Di sini, Anda akan menjumpai suasana alam yang masih sangat asri dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, kenampakan air terjun yang menjulang tinggi ini juga terletak di lereng Gunung Wilis Kediri sehingga nuansa alaminya akan lebih terasa natural dan fenomenal.

Pasalnya, Air Terjun Irenggono terletak di ketinggian daratan sekitar 1200 mdpl. Air terjun tersebut mengalir dengan deras dari tebing batu berundak setinggi 80 meter. Dari sini, bisa Anda bayangkan betapa indahnya dan sejuknya tempat wisata di Kediri yang satu ini.

Mau healing di tempat wisata sedamai Air Terjun Irenggolo? Anda bisa mengunjungi alamat objek wisata tersebut yakni di kawasan Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Mengenai tarif masuknya, wisatawan cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat. Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu bertamasya di Air Terjun Irenggono sepuas hati tanpa dibatasi jam operasional khusus.

Dengan kata lain, wisatawan dapat berkunjung dan beranjak kapan pun yang mereka mau karena Air Terjun Irenggono akan tetap dibuka selama 24 jam. Berhubung sistem penerangan di air terjun tersebut belum ada, sebaiknya Anda langsung meninggalkan lokasi saat sudah menjelang malam.

Yuk Berwisata ke Kediri!

Dari kesepuluh tempat wisata di Kediri yang telah dilansir VisitPare.com, objek wisata manakah yang paling ingin Anda kunjungi pertama kali? Apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk tetap menjaga diri sendiri dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.