24 Pilihan Tempat Wisata di Kota Batu Jawa Timur yang Kece Abis!

Tempat Wisata di Kota Batu – Kota Batu merupakan salah satu kota yang memiliki udara sejuk dan terkenal akan objek wisatanya yang menawan. Adapun tempat wisata di Kota Batu meliputi kawasan bersejarah, situs budaya, air terjun, hingga kumpulan spot foto yang kekinian.

Setiap tahunnya, sektor pariwisata di Kota Batu terus berkembang. Hal inilah yang mampu menarik wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan luar negeri untuk singgah. Selain objek wisatanya yang menarik, untuk berwisata di Kota Batu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Daftar Tempat Wisata di Kota Batu 

Tempat Wisata di Kota Batu
Tempat Wisata di Kota Batu

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, Kota Batu Malang ada apa? Kota Batu menawarkan banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi sebagai penghilang rasa penat. Disini, Anda bisa menjelajahi alam yang indah sampai bermacam-macam lokasi hiburan yang meriah.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

1. Flower Garden

Flower Garden bisa dikatakan sebagai sebuah tempat wisata di Kota Batu yang masih baru. Tempat wisata ini dibangun pada tahun Desember 2016. Objek wisata ini menyuguhkan hawa sejuk dari Gunung Panderman dan banyak spot foto menarik.

Beberapa spot foto yang ada di kawasan wisata ini diantaranya gardu pandang, sky bike, hammock, flower garden, sky swing, dan macam-macam spot foto lainnya yang tidak kalah kekinian.

Tempat wisata ini berlokasi di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kota Batu. Jam operasional tempat ini untuk hari kerja dimulai jam 08.00 sampai 17.00, sedangkan untuk akhir pekan jam 07.00 sampai 17.00. Untuk harga tiketnya cukup murah yakni Rp25 ribu  saja.

2. Jatim Park 2

Kawasan wisata ini memiliki suasana yang sejuk karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Panderman, lebih tepatnya di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa area seperti Museum Satwa, Eco Game Park, dan Secret Zoo.

Di sini Anda akan melihat tingkah berbagai macam satwa yang lucu dan menggemaskan. Koleksi satwa yang ada di sini diantaranya singa, badak, jaguar, zebra, gajah sumatera, reptil, unta, jerapah, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Oro-oro Ombo, Temas, Kota Batu ini dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore. Harga tiket untuk hari kerja Rp90 ribu per orang, sementara akhir pekan Rp120 ribu per orang.

3. Museum Angkut

Objek wisata yang pertama ada Museum Angkut. Museum ini memiliki berbagai macam jenis transportasi yang cantik, seperti mobil sport, pesawat, hingga dokar yang semuanya tertata rapi layaknya movie set.

Pengunjung bisa mengakses kawasan museum yang telah dikelompokkan menjadi beberapa zona.Museum Angkut berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Batu, Ngaglik, Kota Batu.

Ada banyak sudut di museum ini yang bisa dijadikan latar foto yang cantik. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari mulai dari jam 12.00 sampai 20.00 dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 100 ribu.

4. Wisata Pujon Kidul

Jika Anda tertarik dengan wisata alam pegunungan, tempat ini tidak boleh dilewatkan. Kawasan ini dibangun di tengah persawahan, sehingga menyuguhkan pemandangan sejuk yang indah.

Selain berswa foto, di sini Anda juga dapat menikmati bermacam-macam kuliner yang khas dan ditemani oleh panorama alam. Ada juga cafe sawah yang memiliki beberapa saung dan dipisahkan dengan adanya petak-petak sawah.

Tak hanya itu, di lokasi ini terdapat kebun, gunung, dan perpaduan bunga yang dijamin kekinian dijadikan sebagai latar belakang selfie. Lokasi wisata ini terletak di Pujon Kidul, Pujon. Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 10 ribu untuk bisa memasukinya.

5. Museum D’Topeng

Museum D’Topeng
https://www.instagram.com/dtopengkingdommuseum/

Tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata jika Anda datang ke Kota Batu. Selain sebagai tempat wisata, Museum D’Topeng juga bisa menjadi edukasi karena menyediakan bermacam-macam koleksi karya seni.

Karya seni yang tersedia seperti keris, patung pewayangan, topeng, patung Tau-Tau Toraja, Al-Qur’an yang berusia 400 tahun lebih, dan masih banyak lagi. Lokasi Museum D’Topeng terletak di Jalan Kartika, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Anda bisa datang ke tempat wisata budaya ini pada jam 11.00 sampai 20.00 dengan membayar tiket sebesar Rp 50 ribu per orang pada saat hari kerja, dan Rp 70 ribu per orang pada saat akhir pekan.

6. Taman Wisata Selecta

Kawasan wisata ini cocok dijadikan sebagai lokasi piknik keluarga. Selain memiliki taman bunga yang mempesona, tempat wisata di Kota Batu ini telah mendapatkan beberapa fasilitas tambahan seperti flying fox, kolam renang, berkuda, dan lain-lain.

Objek wisata ini telah ada semenjak zaman Belanda, namun meskipun usianya sudah tua, tempat wisata ini masih ramai dikunjungi dan masih menjadi tempat liburan favorit. Lokasinya terletak di Tulungrejo, tepatnya di Jalan Raya Selecta, Kecamatan Bumiaji.

Anda bisa berlibur di sini bersama keluarga dengan membeli harga tiket Rp 40 ribu per orang. Taman ini dibuka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

7. Kusuma Agrowisata

Destinasi wisata ini juga menjadi salah satu kawasan agrowisata yang cukup terkenal di Kota Batu. Di sini Anda bisa memetik buah jeruk, strawberry, apel, serta buah naga langsung dari pohonnya.

Menariknya, Anda bisa membawa pulang buah yang telah dipetik setelah membayar biaya yang sudah ditetapkan. Tidak hanya itu, Kusuma Agrowisata juga menyuguhkan beberapa fasilitas lain bagi anak-anak seperti berkeliling kebun dengan ATV dan wahana seru lainnya.

Lokasi tempat ini berada di Ngaglik, tepatnya di Jalan Batu Atas, Kota Batu. Untuk harga tiketnya sendiri sangat murah, yakni sebesar Rp 20 ribu saja dengan jam operasional antara pukul 08.00 sampai 16.00.

8. Labirin Coban Rondo

Tempat wisata ini terletak di kawasan wisata air terjun. Namun, di area ini Anda akan menemukan sebuah labirin raksasa yang mengusung konsep tanaman hijau dengan tinggi sekitar 2 meter. Labirin ini berada di atas tanah seluas 2400 meter persegi.

Tempat wisata di Kota Batu ini cocok dikunjungi pada saat akhir pekan bersama keluarga. Anda yang memiliki jiwa petualang dan merasa tertantang bisa datang ke tempat ini menaklukan Labirin Coban Rondo. Harga tiketnya sendiri sangat murah, hanya sebesar Rp 10 per orang.

Selain labirin, di tempat ini juga menawarkan wahana seperti flying fox yang bisa Anda coba. Objek wisata ini berlokasi di Sebaluh, Pandesari, tepatnya di Jalan Coban Rondo. dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB.

9. Coban Talun

Coban talun menjadi salah satu pilihan wisata yang mempesona di Batu. Lokasi ini juga cukup sering dijadikan sebagai tempat perkemahan serta outbond anak sekolah, mahasiswa atau komunitas tertentu.

Selain memiliki pemandangan air terjun yang indah, kawasan ini juga mempunyai spot foto yang instagramable seperti spot foto bunga matahari, Pagupon Camp, area kebun bunga, Apache Camp, dan lain-lain.

Destinasi wisata ini ada di lereng Gunung Arjuna, tepatnya di Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Anda yang tertarik cukup merogoh kocek sebesar Rp10 ribu dengan jam operasi dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

10. Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang Batu
https://www.instagram.com/travelingpincom/

Paralayang Batu menjadi tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan jika Anda mengunjungi Kota Batu. Objek wisata yang satu ini memiliki pesona keindahan baik di pagi ataupun malam hari.

Jika Anda mengunjungi tempat ini pada malam hari, maka Anda akan mendapatkan pemandangan berupa lampu kota yang kelap-kelip. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba wahana paralayang, Anda bisa datang ke kawasan ini di siang maupun sore hari.

Anda bisa terjun dari ketinggian dengan parasut, sehingga bisa menikmati keindahan Kota Batu dari atas. Lokasinya berada di Songgokerto, lebih tepatnya di Jalan Gn. Banyak, Kota Batu. Harga tiket kawasan wisata ini sebesar Rp 10 ribu.

11. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo mempunyai tinggi sekitar 84 meter dengan pesona yang eksotis. Lokasi air terjun ini berada di di Kecamatan Pujon. Sumber mata air di sini berasal dari kaki lereng gunung Kawi yang tidak begitu jauh dari kawasan Coban Rondo.

Tempat ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing dan pinus yang tumbuh di sekelilingnya, sehingga membuat kawasan ini semakin rindang dan sejuk dinikmati di saat-saat penat dengan aktivitas sehari-hari yang padat.

Objek wisata alam ini dapat dikunjungi setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 17.00. Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket sebesar Rp15 ribu sampai Rp 18 ribu per orang. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah saat pagi atau sore hari.

12. BNS (Batu Night Spectacular)

Destinasi wisata ini masih tergabung menjadi bagian dari Jatim Park Group. Tempat ini memberikan suasana dan sensasi yang berbeda dari objek wisata lain. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai macam jenis wahana permainan.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda coba seperti cinema 4D, sepeda udara, rumah hantu, dan lainnya. Tidak hanya itu, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto kekinian karena memiliki tempat-tempat yang instagramable.

Batu Night Spectacular berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Oro-oro Ombo, Kota batu. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 35 ribu saja. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 3 sore hingga 11 malam.

13. Batu Secret Zoo

Tempat wisata ini berdiri di area seluas 17 hektar dengan jumlah koleksi satwa sebanyak 300 spesies lebih hewan dari belahan dunia. Objek wisata ini cocok sebagai tempat liburan bersama buah hati sekaligus menjadi edukasi mengenai dunia satwa.

Kebun binatang ini masih menjadi bagian dari kawasan Jatim Park 2. Selain sebagai kebun binatang, kawasan wisata ini juga merupakan lembaga konservasi satwa yang berfungsi sebagai perkembangbiakan dan penyelamatan.

Jika Anda tertarik untuk berlibur ke tempat ini, Anda cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 75 ribu saat hari kerja dan Rp 105 ribu saat akhir pekan. Batu Secret Zoo beroperasi mulai dari jam 11.00 sampai jam 17.00 WIB.

14. Museum Satwa

Museum ini mengusung konsep modern dengan koleksi satwa yang sangat lengkap, mulai dari zaman purba sampai satwa yang hidup di zaman sekarang. Di museum ini terdapat hewan terkecil hingga hewan terbesar, baik di darat maupun di air.

Ada banyak area menarik dalam museum ini seperti area hewan purba, sangkar raksasa, koleksi satwa, sampai spot edukatif. Museum ini bertempat di Jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu, masih satu kawasan dengan Jatim Park 2.

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata ini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 30 ribu per orang. Jam operasi museum ini pada hari senin sampai jumat dibuka mulai jam 09.00 sampai 18.00, dan pada akhir pekan dibuka jam 10.00 hingga 18.00.

15. Eco Green Park

Eco Green Park
https://www.instagram.com/ecogreenpark/

Bagi Anda yang ingin liburan bersama keluarga, destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur. Eco Green Park berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo, Sisir, Kecamatan Batu.

Eco Green Park memiliki 10 zona yang meliputi zona world parrots, zona walking bird, zona rumah terbalik, zona animal farm, zona insectarium, zona jungle adventure, zona duck kingdom, zona music plaza, dan zona lainnya.

Tempat menjadi destinasi wisata yang populer, sehingga selalu ramai oleh pengunjung. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari mulai jam 08.30 hingga 16.30 dengan membayar harga tiket sebesar Rp 55 ribu saat hari kerja dan Rp75 ribu saat akhir pekan.

16. Rumah Terbalik Batu

Tempat wisata ini bisa dikatakan unik karena mengusung gaya rumah yang terbalik. Semua hal yang berada di kawasan ini mempunyai posisi yang unik, mulai dari furnitur hingga perabotan rumah.

Semua benda di rumah ini dalam posisi terbalik yang tentunya semakin meningkatkan ketertarikan pengunjung. Menariknya, di rumah ini juga terdapat atraksi sensor yang seolah-olah membuat perabotan bergerak seperti akan jatuh padahal sebenarnya tidak.

Lokasinya berada di Desa Temas, tepatnya di Jalan Raya Oro-oro Ombo, Kota Batu. harga tiket masuk ke Rumah Terbalik ini sebesar Rp40 ribu saat hari kerja dan Rp60 ribu saat akhir pekan.

17. Wisata Petik Apel Bumiaji

Kawasan ini merupakan agrowisata dimana Anda bisa memetik buah apel secara langsung dari kebunnya. Di tempat ini Anda bisa memetik buah apel berdasarkan keinginan sendiri dan merasakan bagaimana serunya memetik buah apel langsung dari pohonnya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa langsung mencicipi buah apel bahkan membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Kota Batu. Wisata Petik Apel Bumiaji terletak di Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu.

Objek wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai 16.45 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 25 ribu saja per orangnya.

18. Goa Pinus

Lokasi ini adalah bekas kawasan penambangan Jepang zaman dahulu yang telah diubah menjadi tempat wisata dengan mengusung nuansa alam kekinian. Tempat ini dilengkapi dengan banyak jenis spot foto yang instagramable.

Goa Pinus terletak di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Di kawasan ini juga terdapat goa yang memiliki panjang sekitar 5 meter dan tingginya sekitar 1,5 meter. Objek wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.30 WIB.

Jika Anda berminat mengunjungi tempat ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu untuk satu orang dan parkir sebesar Rp 5 ribu. Anda juga harus membayar Rp 5 ribu jika ingin berfoto di kawasan tersebut.

19. Predator Fun Park

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menggunakan konsep predator seperti buaya. Di sini Anda bisa melihat banyak galeri buaya dengan bermacam-macam ukuran dan jenis. Selain buaya hidup, tempat ini juga memiliki buaya yang telah diawetkan dan fosil buaya.

Tidak hanya galeri buaya, kawasan ini juga menyediakan wahana permainan yang bisa dicoba. Fasilitas yang tersedia di lokasi ini cukup lengkap, diantaranya seperti food court, pasar wisata, bike station serta mushola.

Predator Fun Park berada di Junrejo, tepatnya di Jalan Raya Tlekung, Tlekung. Anda bisa mengunjungi objek wisata ini dengan membeli tiket sebesar Rp 40 ribu di jam 08.30 hingga 16.30 WIB.

20. Coban Rais

 

coban rais
https://www.instagram.com/penginapanmurahmalang/

Objek wisata yang satu ini tidak kalah populer dengan wisata lain yang berada di Kota Batu. Kawasan ini merupakan air terjun dengan tinggi sekitar 20 meter dan mempunyai air yang sangat jernih. Di tempat ini juga menyediakan spot foto yang kekinian.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini saat cuaca sedang cerah, karena akses jalan menuju lokasi merupakan tanah gunung yang bisa becek serta berlumpur jika hujan.

Lokasi Coban Rais terletak di Oro-oro Ombo, lebih tepatnya di Jalur Lkr. Bar, Kota Batu. Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10 ribu saja untuk bisa masuk ke kawasan tersebut.

21. BALOGA (Batu Love Garden)

Kawasan wisata ini memiliki bermacam-macam jenis bunga, sayur, dan buah. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, yang berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo, Kota batu, dengan 1.500 kapasitas wisatawan.

Objek wisata ini dikemas dengan dua gaya yakni outdoor dan indoor yang dipenuhi dengan berbagai bentuk. Di tempat ini juga terdapat sudut-sudut menarik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang selfie.

Jika Anda tertarik mengunjungi kawasan wisata ini, Anda bisa membeli tiket masuk seharga Rp 60 ribu saat hari kerja dan Rp 80 ribu saat akhir pekan. Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat ini dibuka mulai pukul 08.30 hingga jam 16.30 WIB.

22. Pemandian Air Panas Cangar

Lokasi tempat ini terletak di Tulungrejo, Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Destinasi wisata alam ini sangat cocok untuk didatangi karena menyediakan sumber air hangat yang patut dicoba.

Anda bisa datang ke tempat ini bersama keluarga di akhir pekan. Tempat ini juga memiliki tempat khusus yang bisa dijadikan tempat berendam dan menghangatkan diri di tengah suhu dinginnya Kota Batu.

Bagi Anda yang ingin merilekskan tubuh, Anda bisa datang ke tempat ini dengan membeli tiket seharga Rp12 ribu saja. Kawasan wisata alam ini dapat dikunjungi pada jam 08.00 hingga 15.00 WIB.

23. Batu Wonderland

Wisata ini menjadi tujuan berlibur yang tepat bagi Anda yang ingin bermain dan menghabiskan waktu dengan keluarga serta buah hati. Kawasan ini merupakan waterpark dan menyediakan bermacam-macam wahana air.

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba, salah satunya yaitu perosotan berbentuk kuda nil. Sebetulnya, Batu Wonderland merupakan area resort dan hotel, hanya saja di tempat ini juga menyediakan wisata air yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Batu Wonderland terletak di Jalan Imam Bonjol, Temas, Kota Batu. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 10 ribu per orang, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati serunya permainan air.

24. The Onsen Hot Spring Resort

Tempat wisata di Kota Batu ini merupakan kawasan penginapan yang menyediakan pemandian air panas yang mengangkat tema ala-ala Jepang. Di sini Anda bisa merasakan suasana khas Jepang yang mirip dengan aslinya.

Selain pemandian air panas, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan pegunungan. Destinasi wisata yang satu ini juga menyediakan aneka kuliner khas Jepang seperti aneka sushi, ramen, sashimi, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuknya sebesar Rp50 ribu jika tidak ingin menginap, namun jika Anda ingin mencoba menginap di resort ini, Anda perlu membayar Rp 3 juta untuk dua kamar, dan Rp 3,9 juta untuk tiga kamar. Lokasinya berada di Jalan Arumdalu, Songgokerto, Kecamatan Batu.

Demikian beberapa rekomendasi VisitPare.com tempat wisata di Kota Batu yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan bersama keluarga. Kota Batu terus meningkatkan sektor pariwisatanya sehingga ada banyak objek wisata yang menarik yang ditawarkan di Kota ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.