Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Blitar yang Bisa Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Kota Blitar – Travelling tidak melulu harus pergi ke luar negeri. Indonesia menawarkan keindahan alam yang mempesona untuk dikunjungi para wisatawan. Tentunya destinasi wisata di Nusantara tidak kalah bagus dari luar negeri. Salah satu kota di Jawa Timur, menawarkan tempat wisata di Kota Blitar yang menarik.

Blitar adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan memiliki destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Anda bisa membuat kenangan indah di tempat wisata sambil bermain dan mengamati sekitar. Berikut daftar tempat wisata yang perlu Anda kunjungi ketika di Blitar.

Bacaan Lainnya

15 Tempat Wisata di Kota Blitar

"> <a href=

1. Taman Pecut

Saat Anda ingin berwisata tetapi tetap ingin menghemat budget, maka Taman Pecut Kota Blitar bisa jadi pilihan tepatnya. Pengunjung nantinya bisa menikmati area taman dengan air mancur berbentuk menarik dan berbeda-beda setiap harinya.

Selengkapnya >> Informasi Tempat Wisata di Jawa Timur

Didukung pula dengan permainan lampu yang sangat unik sehingga cocok menjadi tempat melepas penat bersama keluarga terdekat. Tidak heran jika ingin berkunjung ke lokasinya, kurang lengkap jika tidak membawa si kecil.

  • Alamat            : Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kota  Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Gratis
  • Jam operasional    : Setiap hari selama 24 jam
  • Fasilitas         : Spot foto, kursi taman, toilet

2. Gardu Pandang Perkebunan

Tempat wisata ini menjadi favorit para pengunjung terutama apabila Anda menyukai pemandangan alam hijau. Pemerintah setempat sendiri terus memberikan dukungan terhadap destinasi mengagumkan satu ini. Wisatawan bahkan bisa menikmati keindahan Gunung Kelud dari arah jauh.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kota Madiun

Adapun yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini adalah wahana balon udara. Nantinya pengunjung juga berkesempatan untuk mengambil foto sepuasnya ketika berwisata di Gardu Pandang Perkebunan tersebut. Soal tiket masuknya juga tidak perlu khawatir karena tersedia secara gratis.

  • Alamat            : Sumbersari 2, Sumbersari, Kecamatan Nglego, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Gratis
  • Jam operasional    : Buka 24 Jam

3. Oemah Djadoel

Merupakan sebuah museum terkenal yang menjadi tempat bersejarah di Kota Blitar. Memiliki nama Oemah Jadul, pengunjung tidak akan mudah merasa bosan karena akan disuguhkan dengan banyak barang antik dan bernilai pada masanya.

Saat berkunjung ke ke Oemah Djadoel, maka para wisatawan akan mendapatkan banyak wawasan baru. Tentunya semakin menambah pengetahuan tentang kekayaan yang ada di tanah air. Nantinya juga sudah tersedia pemandu wisata yang siap membantu mengarahkan perjalanan menjelajah barang bersejarah ini.

  • Alamat        : Jalan Borobudur Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 10.000

4. Kampung Afrika

Tidak hanya terdapat museum bersejarah, Anda juga bisa berwisata di Kota Blitar tepatnya bernama Kampung Afrika. Tentu saja sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Yaitu sebuah wisata keluarga dengan konsep edukasi tetapi tetap bisa rekreasi bersama.

Kampung Afrika sendiri hadir pertama kali di tahun 2018 lalu. Meski masih tergolong baru, tetapi sudah ada banyak wisatawan yang mengunjunginya. Terlebih, lokasinya juga sangat strategis pasalnya pengunjung hanya memerlukan waktu 5 menit saja dari kawasan makam Bung Karno.

Anda nantinya juga akan melihat banyak koleksi rumah tradisional milik suku Afrika. Tidak hanya itu, terdapat bangunan dengan tambahan corak menarik sehingga dijamin sangat seru saat menjelajah wisata ini. Belum lagi adanya banyak wahana yang tersedia. Mulai dari flying fox hingga mini ATV.

  • Alamat        : Jalan Sultan Ageng Tirtoyoso, Santren, Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 10.000 per orang

5. Kolam Renang Telaga Nirmala Kemplak

Apabila Anda ingin berlibur tetapi dengan suasana menyegarkan sekaligus menyalurkan hobi berenang, maka jangan lewatkan berkunjung ke kolam renang Telaga Nirmala Klampok Kota Blitar. Lokasinya sendiri sangat mudah ditemukan tepatnya di sisi selahan serta cukup dekat dengan terminal.

Kolam renang ini sendiri bisa jadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Pasalnya, sudah tersedia area khusus anak-anak dan orang dewasa. Tentunya Anda akan lebih leluasa ketika ingin mengajak si kecil berekreasi. Harga tiket masuknya juga sangat bersahabat di kantong.

  • Alamat        : Jalan Halmahera Nomor 131, Klampok, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional    : 07.00 s.d. 16.30

6. Water Park Sumber Udel

Masih bertema wisata air, Waterpark Sumber Udel merupakan sebuah kolam renang yang memiliki berbagai fasilitas. Anak-anak pastinya senang diajak berenang di sini karena terdapat berbagai hiasan yang dibangun di sekitar kolam.

Tenang saja, orang dewasa juga bisa berenang di Sumber Udel sebab terdapat tiga kolam renang dengan ukuran kedalaman yang berbeda. Untuk anak-anak yang ingin berlatih lomba renang, bisa mendatangi Waterpark Sumber Udel sebagai tempat latihannya.

  • Alamat        : Jalan Kalibrantas, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 15.000 untuk akhir pekan
  • Jam operasional    : 07.00 s.d. 17.00
  • Fasilitas         : Kolam renang, spot kuliner, spot selfie

7. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
https://www.instagram.com/bukannajwan_/

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno? Presiden pertama RI dimakamkan di Blitar dan telah dijadikan wisata edukatif. Tidak heran julukan kota Blitar sendiri adalah Kota Proklamator. Makam presiden Soekarno dijadikan tujuan ziarah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Tempat wisata di Kota Blitar satu ini dibangun dengan ukiran arsitektur yang unik. Di atas makam ditutupi sebuah payungan yang memiliki bentuk seperti Joglo. Anda bisa sekaligus belajar mengenai sejarah ketika liburan. Jadi, waktu yang Anda habiskan lebih bermanfaat.

  • Alamat        : Jalan Ir. Soekarno, Bendogerit, Kec. Sanawetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 3.000
  • Jam operasional    : 07.00 s.d. 16.00
  • Fasilitas         : –

8. Kolam Renang Tirto Kembar

Apabila ingin berwisata sekaligus berenang, maka jangan lupa untuk berkunjung ke kolam renang Tirto Kembar. Tempat wisata ini menyediakan banyak fasilitas sehingga sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga besar ataupun teman-teman terdekat.

Anda bisa sekaligus menikmati Kota Blitar dan berenang di kolam yang bersih dan terawat. Tidak ada salahnya juga untuk mengajak si kecil agar pengalaman liburan ini semakin menyenangkan.

  • Alamat        : Jalan Jati Gang XI Nomor 37 Sukorejo, Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur

9. Istana Gebang

Apabila Anda masih belum puas dalam menjelajah makam Bung Karno, maka tidak perlu khawatir. Pastikan melanjutkan perjalan wisatanya ke Istana Gebang. Adapun cara menuju lokasi sangat mudah sekali karena bisa memanfaatkan becak atau alat transportasi umum lainnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa Istana Gebang sendiri adalah salah satu rumah bekas Bung Karno dahulu ketika beliau tinggal di Kota Blitar. Nantinya pengunjung bisa melihat sendiri seperti apa furniture di dalamnya serta barang-barang peninggalannya.

  • Alamat        : Jalan Sultan Agung Nomor 59, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 2.000 per orang
  • Jam operasional    : Setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB

10. Monumen PETA

Merupakan destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi dengan konsep edukasi sejarah. Dengan begitu, cobalah mengajak si kecil datang ke tempat ini. Monumen PETA sendiri termasuk destinasi terbaik karena menjadi bukti perjuangan masyarakat di Blitar zaman dahulu sebelum merdeka.

Anda bisa mengunjunginya kapan saja karena wisatanya tersedia selama 24 jam penuh. Tentu bisa jadi destinasi wisata terbaik ketika ingin mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak-anak terutama yang ada di Kota Blitar.

  • Alamat : Jalan Sudanco Supriyadi, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional    : Setiap hari selama 24 jam

11. Agrowisata Karangsari Blitar

Agrowisata Karangsari Blitar termasuk salah satu pilihan wisata terbaik ketika Anda ingin berlibur sekaligus menikmati keindahan alamnya. Tempat ini sendiri menawarkan keseruan budidaya belimbing sehingga sangat cocok jika menyukai buah tersebut.

Oleh karena itu, cobalah untuk datang ke lokasinya dengan mengajak si kecil. Pengunjung nantinya juga memiliki kesempatan untuk memetik buahnya secara langsung jika sudah matang. Selain itu, cobalah juga untuk membeli olahan-olahan matangnya.

Mulai dari dodol, keripik, sirup, dan masih banyak lagi. Lokasinya juga terletak di wilayah kota sehingga aksesnya cukup mudah. Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga dengan biaya sangat terjangkau.

  • Alamat        : Jalan Cemara Nomor 303, Karangsari, Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : Rp 10.000 per pengunjung
  • Jam operasional    : Setiap hari mulai pukul 08.00 s.d. 17.00

12. Kebon Rojo

Apabila Anda ingin berkunjung di pertengahan Kota Blitar, maka pilihan yang paling tepat adalah Kebon Rojo. Wisata ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Terlebih, lokasinya juga mudah terjangkau dengan bangku-bangku santai untuk menikmati panorama alam di sekitarnya.

Wisata ini sendiri sudah sering mengadakan perlombaan bagi anak-anak. Kemudian apabila Anda menyukai dunia kuliner, maka jangan lewatkan memilih Kebon Rojo. Pasalnya, ada banyak pedagang kaki lima menjual aneka makanan khas wilayah setempat.

  • Alamat        : Jalan Diponegoro, Nomor 12, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional    : Setiap hari mulai jam 06.00 sampai 22.00

13. Alun-alun Blitar

Saat berkunjung ke kota ini, maka jangan lewatkan untuk datang ke Alun-alun Kota Blitar. Tentunya setiap pengunjung bisa menikmati keindahan perkotaan sekaligus pemandangan taman yang menarik. Fasilitas di dalamnya juga cukup lengkap sehingga sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga.

Anda juga bisa menemukan banyak pedagang kaki lima menjual menu makanan beragam dengan cita rasa khas kota setempat. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan untuk menyisihkan waktu datang ke Alun-alun Blitar satu ini.

  • Alamat        : Jala Merdeka Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional    : Setiap hari 24 jam

14. Blitar Green Park

Rekomendasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Blitar Green Park. Merupakan salah satu area taman hijau di wilayah kota dengan waktu berdirinya sudah sejak 2 tahun lalu. Hanya saja masih belum terlalu banyak dikenal oleh wisatawan.

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata di Kota Mojokerto

Masyarakat setempat sendiri menyebutnya dengan istilah GP. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Makam Bung Karno sehingga bisa jadi salah satu objek wisata wajib untuk Anda kunjungi. Tidak perlu khawatir karena wisatanya memiliki konsep keluarga sehingga bisa mengajak si kecil juga.

  • Alamat        : Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam operasional    : Setiap hari selama 24 jam
  • Fasilitas : Taman hijau, gazebo, jungkat-jungkit, tempat duduk

15. Sumber Kali Mbalang

Salah satu sumber mata air di Blitar yang kini dijadikan sebagai objek wisata adalah Sumber Kali Mbalang. Sebutan lain dari destinasi wisata satu ini dikenal sebagai Sumber Ubalan. Pengunjung yang datang berasal dari warga lokal dan biasanya ramai ketika hari libur tiba.

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini yaitu berendam atau berenang. Selain itu, sudah ada warung-warung di sekitar sumber mata air yang bisa Anda hampiri sebelum atau sesudah berendam di mata air. Anda bisa mengajak anak-anak untuk datang bermain di Sumber Kali Mbalang.

  • Alamat        : Kelurahan Klampok, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk    : –
  • Jam operasional    : 07.00 s.d. 17.00
  • Fasilitas         : Warung

Itulah ulasan dari VisitPare.com tentang rekomendasi tempat wisata di Blitar yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta atau teman ketika luang saat liburan. Mohon diperhatikan bahwa jam operasional dan tiket masuk bisa berubah kapan saja.