Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Madiun Terlengkap 2022

Tempat Wisata di Kota Madiun – tak luput menjadi sasaran bagi para pengunjung yang akan menghabiskan masa-masa liburannya. Ada beragam wisata yang bisa Anda pilih untuk menjadi pilihan destinasi wisata bersama orang-orang terkasih, dari mulai wisata air, pegunungan, hingga kuliner.

Selain itu, meskipun terdapat setiap tempat wisata yang hampir sama, ada saja hal-hal unik yang membedakannya dengan wisata lain dan memberikan kesan tersendiri. Sehingga, Anda tidak akan merasa bosan ataupun tidak merasa puas ketika sudah menjelajahi kota yang dijuluki Kota Pecel ini.

Tempat Wisata di Kota Madiun Terfavorit

Tempat Wisata di Kota Madiun
Tempat Wisata di Kota Madiun

Dalam mencari destinasi wisata yang cocok, tentu Anda akan memperhatikan terlebih dahulu detail-detail informasi mengenai tempat wisata bersangkutan agar tidak misinformasi atau bahkan menyesal kemudian. Dari mulai lokasi, harga tiket, retribusi parker, akses, medan, fasilitas, dan lainnya.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

1. Taman Monumen Lokomotif C2606

Ingin liburan ke tempat wisata edukasi di Madiun? Taman Monumen Lokomotif C2606 bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Kota Madiun pilihan untuk Anda. Lokasinya berada di Jalan Sunaryo, Kota Madiun, dekat Jalan Perlintasan Langsung (JPL) atau lokomotif yang bersejarah.

Selain itu, konsep Taman Monumen Lokomotif ini tidak hanya sebagai edukasi, tetapi juga sekaligus untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan hiburan. Sehingga, edukasi mengenai perkeretaapian bisa lebih diterima manfaatnya, terutama dalam pengakomodiran keamanan lingkungan kereta api.

2. Sun City and Theme Park

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga, Sun City and Theme Park bisa menjadi pilihannya. Karena lokasinya yang berada di tengah kota, yakni di Jalan Slamet Riyadi, Desa Oro-oro Ombo, Kota Madiun, Anda tidak akan sulit menemukan tempat ini.

Dengan memadukan konsep mall dan taman hiburan, Anda bisa menjelajahi tempat wisata di Kota Madiun ini dengan tiket masuk 25 ribu rupiah per orang pada jam operasional antara pukul 8 pagi hingga 5 sore. Wahananya yang seru dan bervariasi memberi kesan memorable bagi para pengunjungnya.

3. Masjid Kuno Kuncen

Nyatanya, wisata religi juga tak kalah dengan wisata-wisata lainnya. Masjid Kuno Kuncen menjadi salah satu masjid yang tetap terlihat kokoh dan kondisinya yang masih terawat walaupun telah berusia ratusan tahun. Adapun lokasinya yakni di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang bersejarah ini kapan saja dan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Rasa nyaman sudah pasti bisa Anda rasakan dengan didukung fasilitas-fasilitasnya, seperti area parkir, toilet, rumah makan, supermarket, hingga pusat oleh-oleh khas Madiun.

4. Taman Hijau Demangan

Liburan Anda tentu tak lengkap bila tak dihabiskan di tempat-tempat wisata hijau nan asri. Taman Hijau Demangan yang berlokasi di Demangan, Taman, Madiun bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Kota Madiun untuk Anda. Apalagi, akses masuknya terbuka selama 24 jam dan tidak dipungut biaya.

Di taman ini, segala wahana rekreasi telah disediakan, seperti taman bermain anak-anak, tempat santai-santai, lapangan futsal, jogging track, arena terbuka serba guna, dan toilet. Selain itu, Anda juga bisa berselfie ria karena keindahan dan keasriannya yang sangat mendukung.

5. Alun-Alun Kota Madiun

 

Alun-Alun Kota Madiun
https://www.instagram.com/pangluar/

Bila Anda ingin berkunjung ke Madiun, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi alun-alun Kota Madiun sebagai tempat untuk Anda bercengkrama dengan masyarakat Madiun khususnya. Lokasinya di Pangongangan, Jl. Kolonel Marhadi No.12, Ambangan Lor, Mangu Harjo, pusat kota Madiun.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti berolahraga, mencicipi kuliner, atau hanya bersantai ria. Mengingat alun-alun ini tidak ada biaya masuk dan terbuka 24 jam setiap harinya, jadi Anda pun bisa lebih bebas mengunjungi tempat wisata di Kota Madiun ini kapan saja.

6. Dumilah Waterpark

Selain menyediakan wahana air yang sangat mengasyikkan, Dumilah Waterpark pun menyediakan wahana permainan, garden zone, camping ground, dan paket wahana outbound yang bisa Anda pilih dengan harga yang bervariasi. Anda juga bisa mencicipi aneka masakan khas Jawa Timur.

Lokasi wisata ini terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 99, Klegen, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur. Anda bisa mengunjunginya setiap hari Senin sampai Minggu dari pukul 7 pagi sampai 5 sore. Kisaran harga tiketnya yakni dipatok seharga 5 ribu rupiah sampai dengan 20 ribu rupiah.

7. Gunung Kendil

Bila Anda ingin berwisata ke Santa Monica, Los Angeles, Anda cukup mengunjungi tempat wisata di Kota Madiun ini dengan panoramanya yang sama eloknya. Lokasinya berada di Area Sawah, Pilangrejo, Wungu, Kota Madiun. Anda bisa menikmatinya saat sunset dan sunrise tiba agar lebih terasa berkesan.

Gunung Kendil juga dilengkapi dengan fasilitas dan berbagai wahana yang bisa membuat Anda terus merasa betah berlama-lama di sini tanpa harus membayar biaya tiket masuk sedikitpun. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya tempat pemancingan, arena camping, arena balapan motor dan mobil off road.

8. Makam dan Masjid Kuno Taman

Selama berada di Kota Madiun, Anda bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi Makam dan Masjid Kuno Taman, salah satu tempat wisata religi yang kental akan sejarahnya. Selain itu, karena keindahan dan kesakralannya, wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Lokasi persisnya berada di Jalan Asahan No.46, Taman, Kota Madiun. Saat di lokasi, Anda akan disambut baik oleh penduduk lokal yang ramah tamah. Anda juga bisa dengan bebas mengunjunginya kapan saja setiap harinya dengan tetap menjaga sikap dan perilaku saling menghormati.

9. Masjid Agung Baitul Hakim

Selain Makam dan Masjid Kuno Taman Madiun, Masjid Agung Baitul Hakim juga termasuk dalam deretan wisata tempat wisata di Kota Madiun yang paling favorit. Hal ini karena kemegahan dan kemodernan artistik dari Masjid Agung Baitul Hakim yang sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Sebagai masjid terbesar di Madiun, Anda pasti tak akan menyangka jika masjid ini merupakan masjid tua yang diperkirakan dibangun ketika masa kolonial Belanda. Karena itu, Anda perlu mengeksplorasi ruangan utama dari masjid ini untuk mengamati esensi asli ornamen bangunannya sejak awal dibangun.

10. Taman Hutan Kota

Taman Hutan Kota
https://www.instagram.com/dailymadiun/

 

Kini, Kota Madiun telah menghadirkan Taman Hutan Kota yang menggabungkan elemen tempat untuk belajar, bermain, dan bersantai ria sekaligus. Ialah berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Patihan, Kecamatan Manguharjo.

Sebagai taman yang memiliki konsep hutan kota, wisata alam ini bisa juga dimanfaatkan untuk sarana promosi pariwisata Kota Madiun. Hal ini didukung dengan lingkungan pepohonannya yang segar nan asri, ditambah fasilitas-fasilitas pendukungnya, seperti tempat gazebo, penginapan, hingga wifi gratis.

Tempat Wisata di Kota Madiun Serba Kuliner

Tempat Wisata di Kota Madiun Serba Kuliner
https://www.instagram.com/rm_newsakato/

 

Tempat wisata kuliner juga tidak akan kalah diserbu oleh Anda yang ingin merasakan sensasi tersendiri dalam menikmati aneka macam masakan khas Madiun, Jawa Timur. Sehingga, masa-masa liburan Anda tak hanya akan dihabiskan dengan menyenangkan, tetapi juga mengenyangkan.

1. Nasi Pecel Khas Madiun

Setelah lelah menjelajahi beragamnya destinasi wisata di Madiun, Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk bisa menikmati wisata kulinernya. Salah satunya ialah nasi pecel khas Madiun. Tempatnya berada di Jalan Cokroaminoto No.121, Kota Madiun.

Mulai dari harga 20 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat merasakan nikmatnya pecel khas ini yang terdiri dari beraneka macam sayuran hijau dengan ditambah sambal kacang di atasnya sesuai selera. Adapun untuk jam bukanya yakni dari mulai pukul 5 sore sampai 11 malam.

2. Oleh-Oleh Brem

Tidak bisa dipungkiri, karena rasanya yang enak, oleh-oleh brem menjadi salah satu tempat wisata di Kota Madiun favorit kebanyakan orang. Anda bisa membeli atau bahkan memborong makanan ini di Jalan Sulawesi No.43, Kartoharjo, Kota Madiun dari mulai harga 7.500 rupiah saja.

Bagi Anda yang tertarik membeli buah tangan ini untuk keluarga, kerabat, atau teman, Anda bisa langsung mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh terfavorit ini dari pukul 6 pagi sampai 9 malam. Karena rasanya yang enak, dijamin makanan ini akan menjadi favorit Anda dengan tetap perhatikan porsinya.

3. Dawet Suronatan

Bagi Anda penggemar dawet, jangan lewatkan tempat wisata di Kota Madiun yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Merbabu No.10, Pangongangan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Selain lokasinya yang strategis karena terletak di tengah kota, dawet ini juga banyak dicari karena kekhasan cita rasanya.

Adapun kekhasan dawet ini jika dibandingkan dengan dawet pada umumnya yaitu dari tampilannya. Hal ini karena penyajiannya ditempatkan pada mangkuk berukuran kecil. Selain itu, dawetnya pun bisa ditambah dengan isian-isian lainnya, seperti tape, ketan hitam, cendol, dan bubur sumsum.

4. Restoran Joglo Taman

Restoran ini merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Kota Madiun terfavorit. Maka tak heran banyak warga Madiun berbondong-bondong datang ke sini dan merasakan setiap sajiannya yang nikmat. Adapun untuk lokasinya di Jalan Panorama Raya No.48a, Pandean, Kecamatan Taman, Madiun.

Selain itu, harga yang ditawarkan restoran ini tidak terlalu mahal. Ditambah lagi dengan fasilitas lain yang bisa membuat Anda betah, seperti karaoke, ruang pertemuan atau rapat, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 8 pagi hingga jam 12 malam setiap harinya.

5. Bluder Cokro

Bluder Cokro
https://www.instagram.com/bluder_cokro_bandung/

 

Tak diragukan lagi, Bluder Cokro menjadi rekomendasi tempat wisata di Kota Madiun yang bisa Anda coba. Harganya terbilang cukup murah, yakni 8-10 ribu rupiah per buah. Anda bisa membelinya langsung di outletnya di Jalan Hayam Wuruk No.53, Manguharjo, Manguharjo, Madiun.

Varian produk-produk roti legendaris sejak tahun 1889 ini sangat bervariasi, diantaranya origin cokelat, keju, kacang, smoked beef, buah-buahan, dan mix and match. Adapun untuk pembeliannya dapat dilakukan dari mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam.

6. Soto Daging Bu Sum

Soto legendaris ini tak boleh Anda lewatkan apabila mencari tempat wisata kuliner favorit. Lokasinya berada di Pasar Kawak, Jalan Kutai, Pandean, Taman, Kota Madiun. Meskipun tempatnya sederhana, namun rasanya yang menggiurkan mampu menghipnotis siapa saja yang memakannya.

Hanya dengan merogoh kocek mulai dari 10 ribu rupiah saja, Anda bisa langsung menikmati cita rasa soto dagingnya yang khas dengan ditambah lauk tambahan lainnya, seperti babat, paru, usus, otak-otak, dan tempe. Anda bisa mengunjunginya setiap hari dari pukul setengah 7 pagi hingga pukul 1 siang.

7. Waroeng SS “Spesial Sambal”

Bagi Anda yang tertarik menguji nyali dengan makanan aneka sambal, Waroeng SS bisa menjadi tempat wisata di Kota Madiun yang tepat. Selain itu, makanan yang disajikannya pun beragam, seperti ayam goreng, seafood, ikan goreng, dan lain sebagainya.

Tak hanya rasanya yang enak, wisata kuliner ini pun menyediakan menu-menu lauknya dengan harga terjangkau dengan kisaran dari mulai 2.000 rupiah sampai 12.500 rupiah. Anda bisa langsung merasakan sensasi kenikmatannya di Waroeng SS Jalan H.A. Salim No.18, Nambangan Lor, Mangunharjo, Madiun.

8. Waroeng Latte

Anda juga bisa menikmati berbagai macam jenis kopi dan makanan ringan di Waroeng Latte, atau lebih tepatnya di Jalan Cokroaminoto No.88, Kota Madiun. Wisata kuliner ini merupakan salah satu tempat wisata di Kota Madiun favorit, terutama anak-anak muda untuk sekadar nongkrong ria.

Dengan mengunggulkan konsep outdoor dan indoor, Waroeng Latte berhasil menyulap tempatnya menjadi tempat yang cozy untuk menikmati berbagai menunya. Anda bisa memesan apapun dari mulai harga 5 ribu rupiah sampai 8 ribu rupiah setiap harinya dari pukul 11 siang hingga pukul 12 malam.

9. Yoshinoya Japanese Restaurant

Tentu wisata kuliner ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, terutama bagi yang menyukai wisata kuliner khas Jepang. Kini, Anda bisa merasakan cita rasa makanan khas Jepang yang cocok di lidah orang Indonesia juga di Kota Madiun, yakni di Lawu Plaza, Jalan Pahlawan, Kecamatan Kartoharjo.

Harga yang ditawarkannya pun beragam dari mulai 17 ribu rupiah. Anda bisa langsung memesannya langsung melalui outlet-nya dari pukul 10 siang sampai 9 malam agar tidak kehabisan. Hal ini karena pengunjung Yoshinoya Japanese Restaurant yang tak jarang membludak antriannya.

10. Sasuke Ramen

Ramen, sebagai makanan khas Jepang yang banyak digandrungi peminat bisa menjadi alasan mengapa Sasuke Ramen menjadi salah satu tempat wisata di Kota Madiun yang paling populer. Selain itu, tempat ini juga menyediakan Japanese food lain, seperti onigiri, katsu, sushi, hida, dan yang lainnya.

Bagi Anda yang tertarik bisa langsung memesannya di Sasuka Ramen, yakni di Jalan Diponegoro No.46, Oro-oro Ombo, Kartoharjo, Kota Madiun. Harganya pun cukup terjangkau dengan kisaran dari harga 4 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah. Anda pun bisa mengunjunginya dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

11. Jiero Wedangan

Uniknya, tempat wisata di Kota Madiun yang satu ini menyajikan menu-menu tradisional dengan konsep desain interior yang modern. Tentunya, sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati jamuan tradisional, seperti aneka jamu dan makanan-makanan dengan menambahkan berbagai rempah-rempah.

Anda bisa mengunjungi Jiero Wedangan dengan lokasi persisnya di Jalan Bali No.17, Kartoharjo, Kota Madiun. Harga-harga yang ditawarkan ini beragam, yakni dari 3 ribu rupiah sampai dengan 15 ribu rupiah. Anda pun tak perlu khawatir karena wisata kuliner ini buka sampai tengah malam.

12. Warung Andalas

Anda tak boleh melewatkan kelezatan setiap santapan kuliner di salah satu tempat wisata di Kota Madiun ini, atau lebih tepatnya Ringin, Kejuron, Kecamatan Taman. Warung ini menyediakan berbagai macam makanan khas Jawa dan Chinese, diantaranya capcay, tumis dori, hingga nasi Madura.

Untuk harga menu-menunya sendiri bervariasi, dari mulai 20 ribuan. Selain makanannya yang melezatkan, Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang membuat Anda semakin menikmati momen-momennya.

Demikianlah destinasi tempat wisata di Kota Madiun dari VisitPare.com terfavorit yang bisa Anda kunjungi. Pastikan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku agar kenyamanan bisa sama-sama dirasakan dalam menikmati masa-masa waktu luang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *