18 Tempat Wisata di Kota Pasuruan yang Hits Dan Paling Populer 2022

Tempat Wisata di Kota Pasuruan – Kota Pasuruan memang terkenal dengan keberagaman destinasi wisatanya. Anda dapat mengunjungi berbagai jenis tempat wisata di Kota Pasuruan ini. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata sejarah dapat Anda kunjungi.

Mau tau ada wisata apa di Pasuruan? Yuk, simak rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau teman saat berlibur ke Kota Pasuruan pada artikel di bawah ini.

Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Kota Pasuruan yang Hits

Tempat Wisata di Kota Pasuruan
Tempat Wisata di Kota Pasuruan

Ternyata, Kota Pasuruan yang terkenal sebagai kota santri, tidak hanya mempunyai banyak pesantren aja lho. Destinasi wisata di salah satu kota di Jawa Timur ini tak kalah beragamnya.

Jika Anda berniat untuk berlibur ke Kota Pasuruan, maka tak ada salahnya untuk menyimak rekomendasi delapan belas tempat wisata di Kota Pasuruan yang wajib Anda kunjungi saat berada di sana pada artikel berikut.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

1. Alun-Alun Pasuruan

Alamat Lokasi Wisata: Jl. Alun-Alun Selatan, Kebonsari, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67116

Fasilitas: Area parkir, toilet

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Wisata yang pertama ini dapat Anda kunjungi kapan saja di saat Anda bosan atau bingung mau pergi kemana saat di Kota Pasuruan. Anda dapat menikmati waktu bersantai bersama keluarga atau teman-teman di sore hari sambil bercanda ria di Alun-Alun Pasuruan.

Alun-Alun Pasuruan juga menyediakan area untuk bermain anak serta trek jogging yang tentunya tidak akan membuat Anda bosan. Selain itu, di Alun-Alun ini juga banyak penjual makanan yang dapat Anda coba untuk mengisi perut yang sudah kosong setelah seharian beraktivitas.

2. Cimory Dairyland

Alamat Lokasi Wisata : Jalan Raya Prigen Nomor 8, Plembon, Prigen, Kecamatan Prigen, Kota Pasuruan, Jawa Timur

Fasilitas: Area parkir, Toilet, Mushola, Wahana Edukasi, Wahana bermain anak

Jam Buka: Setiap hari, 08.00-18.00

Harga Tiket: Rp. 20.000/orang

Cimory Dairyland sudah dibuka di Kota Pasuruan. Anda dapat mengunjunginya bersama anak dan keluarga lainnya. Karena, wisata ini memiliki banyak wahana yang cocok untuk bermain bersama anak-anak.

Mulai dari, museum susu, wahana menunggang kuda, peternakan domba, cara memerah susu dan menikmati aneka olahan susu. Mengunjungi Cimory Dairyland di Kota Pasuruan ini dapat menjadi ajang liburan dan edukasi juga bagi Anda dan keluarga.

3. Hutan Mangrove Tambaan

Hutan Mangrove Tambaan
https://www.instagram.com/selampung/

Alamat Lokasi Wisata : Desa Tambaan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur

Fasilitas: Area parkir, Toilet

Jam Buka: Setiap hari, 08.00-18.00

Harga Tiket: –

Datang ke Hutan Mangrove di Desa Tambaan akan membuat Anda menjadi rileks karena udaranya yang segar dan dipenuhi pepohonan. Anda juga dapat menikmati pemandangannya yang indah sambil menaiki perahu milik warga lokal lho.

Selain menghadirkan wisata alam yang menyenangkan, Hutan Mangrove di Desa Tambaan, Panggungrejo, Kota Pasuruan ini juga menghadirkan wisata yang mengedukasi pengunjung dengan menciptakan wisata Taman Baca Pesisir untuk memberikan edukasi mengenai tanaman mangrove.

4. Kebun Mangga 

Alamat Lokasi Wisata : Jl. Urip Sumoharjo No.27, Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: –

Tempat wisata di Kota Pasuruan lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Kebun Mangga. Anda dapat menemukan berbagai jenis mangga di sini. Tak hanya dapat mencoba aneka mangga, Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara bercocok tanam berbagai tanaman hortikultura.

Jadi, wisata kebun mangga yang satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama anak dan keluarga untuk mengenalkan mereka akan alam, khusunya cara bagaimana menanam tanaman yang tepat.

5. Kebun Kuliner

Alamat Lokasi Wisata : Jl. Sultan Agung, Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan

Fasilitas: area parkit, toilet, mushola

Jam Buka: Setiap hari, 11.00-21.00 WIB

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 20.000

Tentunya, tak seru berlibur ke suatu kota tanpa menikmati makanan yang enak bukan? Maka dari itu, Anda juga perlu berwisata kuliner saat berkunjung ke kota Pasuruan dan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Kebun Kuliner.

Tempat makan yang terkenal dengan taman “Bunkul” ini selalu ramai saat jam makan siang. Hal ini tidak terlepas karena posisinya yang ada di pusat kota Pasuruan serta makananya yang enak dan harganya yang murah. 

6. Kupang Kraton Bu Ning

Alamat Lokasi Wisata : Jalan Stasiun, Kraton, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir, toilet

Jam Buka: Setiap hari, 08.00-21.00

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 15.000

Tempat kuliner yang berada di pesisir pantai utara Jawa Timur ini tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota Pasuruan. Sudah berdiri lebih dari 60 tahun yang lalu tidak mengurangi popularitas dari tempat kuliner bernama Kupang Kraton Bu Ning.

Sebagai sebuah restoran yang menyajikan makanan khas dari Kota Pasuruan, yaitu kupang atau kerang laut membuat restoran ini selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi, rasa yang diberikan pada setiap hidangannya selalu menggugah selera orang yang menyantapnya

7. Omah Djamur

Omah Djamur
https://www.instagram.com/omah_djamur_pasuruan/

Alamat Lokasi Wisata : Jalan Panglima Sudirman, Gang 10 Nomor 3, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan,

Fasilitas: area parkir, toilet

Jam Buka: Setiap hari, 10.00-22.00

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 5.000-Rp.30.000

Desain tempat kuliner yang menyerupai rumah pada umumnya memberikan kesan homey yang membuat hidangan makannya terlihat seperti makanan rumahan pula. Jadi, cita rasa yang diberikan menjadi sangat enak, layaknya masakan sang Ibu.

Saat berkunjung ke restoran Omah Djamur ini, Anda dapat menikmati berbagai jenis makanan berbahan dasar jamur, seperti nasi goreng jamur, jamur krispi, sate jamur, hinga kebab jamur. Jadi, bagi Anda yang merupakan pecinta jamur, kunjungilah wisata kuliner di Kota Pasuruan yang satu ini.

8. Pantai Panggung

Alamat Lokasi Wisata : Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan

Fasilitas: area parkir, toilet

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Jika kebanyakan pantai di Kabupaten Pasuruan selalu ramai akan pengunjung yang datang, Anda yang menyukai suasana pantai yang sepi dapat mengunjungi Pantai Panggung yang berada di Kota Pasuruan.

Walaupun masih belum banyak pengunjung, pantai ini memiliki pemandangan yang indah yang tidak boleh Anda lewatkan, apalagi saat matahari terbenam. Pasirnya yang berwarna hitam juga menambah keeksotisan dari Pantai Panggung ini. 

9. Pazz Garden Coffee & Resto

Alamat Lokasi Wisata: Jalan Panglima Sudirman No.70 Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir, toilet, wifi, live music

Jam Buka: 08.00-00.00 WIB

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 15.000-Rp. 30.000

Tempat wisata kuliner yang berada di Purworejo, Kota Pasuruan ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama teman ataupun orang tercinta. Makanannya yang enak serat adanya live music akan membuat suasananya semakin

Apalagi, lokasi dari Pazz Garden Coffee & Resto ini sangat strategis, jadi Anda tidak perlu pusing untuk menuju ke sana. Selain makanannya yang enak dan terjangkau, Anda juga dapat menikmati fasilitas, seperti wifi dan ruang meeting lho.

10. Ayam Geprek Sa’i

Alamat Lokasi Wisata : Jl. Panglima Sudirman No.178, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir, Toilet

Jam Buka: 09.00-20.00 WIB

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 11.000-Rp.30.000

Jika Anda sedang berada di Jalan Panglima, Kota Pasuruan, maka cobalah tempat wisata terdekat dari sana, yaitu Ayam Geprek Sa’i. Nah, ayam geprek dari restoran ini wajib untuk Anda coba. Karena, ayam geprek di sini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan ayam geprek lainnya.

Restoran ini menawarkan aneka menu olahan ayam geprek yang tentunya enak dan harganya pun terjangkau. Daging ayamnya yang crispy di luar namun juicy di dalam sangat cocok untuk dicocol dengan sambal bawang dan lalapan.

11. Rawon Sakinah

Alamat Lokasi Wisata : Desa Bangilan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur

Fasilitas: area parkir, toilet

Jam Buka: 05-30.09.00

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 10.000-Rp. 50.000

Apa yang terkenal dari Pasuruan? Rawon. Tentunya, kurang afdol jika Anda tidak menikmati semangkuk rawon yang merupakan makanan khas dari Kota Pasuruan. Nah, wisata kuliner yang bernama Rawon Sakinah ini wajib Anda kunjungi untuk dapat menikmati nikmatnya keaslian rawon dari daerah aslinya.

Sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu, Rawon Sakinah selalu menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin menikmati rawon saat berkunjung ke Kota Pasuruan. Rawon yang satu ini memiliki keunikan tersendiri daripada rawon kebanyakan dengan lauk sate komohnya serta cita rasanya yang unik.

12. Taman GOR Untung Suropati

Alamat: Jalan Sultan Agung, Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67127

Fasilitas: area parkir, toilet, trek jogging, gazebo

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Harga Masuk: Gratis

Kota Pasuruan memang memiliki banyak sekali taman yang menarik dan asyik untuk Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman. Salah satu taman yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Pasuruan adalah Taman GOR Untung Suropati.

Taman GOR Untung Suropati ini terkenal dengan ikon berupa jam setinggi 14 meter yang mirip dengan menara jam yang ada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Di sekitar menara jam tersebut tersedia kursi dan gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga maupun teman.

13. Taman Hayati

Alamat: Terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67136

Fasilitas:

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Harga Masuk: Gratis

Tempat wisata di Kota Pasuruan yang satu ini sangat ramah anak, Anda akan menemukan taman yang luas dan asri dengan pohon-pohon yang mengelilingi taman tersebut. Tak hanya itu, terdapat juga taman bermain anak dengan fasilitas yang menyenangkan, seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga seluncuran.

Taman Hayati juga memiliki area taman untuk bermain skateboard lho. Jadi, bagi Anda yang ingin bermain atau berlatih skateboard di Kota Pasuruan di sinilah tempatnya.

14. Taman Lansia

Alamat Lokasi Wisata : Jl. Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan,

Fasilitas: Area parkir, kolam ikan, paving block yang luas

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Taman Lansia yang berada di Desa Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan ini memang dikhususkan untuk para lansia. Dengan jalan paving block yang luas memudahkan para lansia untuk berjalan santai ataupun berolahraga ringan sambil melihat pemandangan indah.

Selain itu, Taman Lansia juga menyediakan kolam ikan dengan berbagai jenis ikan, seperti ikan mas yang berada di sepanjang taman dari ujung ke ujung. Sehingga, membuat suasana di Taman Lansia ini menjadi semakin indah dan nyaman bagi para lansia yang datang.

15. Taman Pekuncen

Taman Pekuncen
https://www.instagram.com/niakecil_02/

Alamat: Berada di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pekuncen, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67126

Fasilitas: Area parkir, skate park, toilet

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Harga Masuk: Gratis

Jika Anda ingin sekedar jogging ataupun bersepeda di sekitar kota Pasuruan, cobalah dengan mengunjungi Taman Pekuncen yang sudah buka dari akhir tahun 2021 lalu. Taman yang dipenuhi pohon-pohon rindang serta dilengkapi bangku untuk istirahat menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai dan berolahraga.

Taman Pekuncen juga menyediakan skatepark bagi anak muda yang ingin bermain skateboard bersama teman-temannya ataupun sepatu roda dan sepeda. Jadi, segera datang ke Taman Pekuncen dan nikmati suasananya yang seru ya.

16. Taman Sekargadung

Alamat : Jalan Sekarsono No.2, Sekar Gadung, Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67127

Fasilitas: Area parkir, toilet

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Harga Masuk: Gratis

Taman Sekargadung merupakan tempat nongkrongnya anak muda di malam hari ataupun akhir minggu. Adanya pepohonan yang rindang membuat Taman Sekargadung menjadi sejuk dan nyaman untuk berjalan santai, bercanda ria, ataupun berlari bersama teman.

Taman ini juga ramah anak lho. Anda dapat menemukan berbagai wahana bermain anak di Taman Sekargadung. Mulai dari ayunan, perosotan, hingga jungkat-jungkit pun ada di taman di Kota Pasuruan ini.

17. Tugu Adipura 

Alamat Lokasi Wisata : Jalan Kh. Wachid Hasyim No.117A, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Awalnya, Tugu Adipura berada di simpang empat Jalan Sudirman. Namun, pada akhir tahun 2021 lalu, Tugu Adipura direncanakan akan dibongkar dan diganti dengan tugu jam era kolonial yang akan menjadi ikon Kota Pasuruan yang baru.

Pembangunan tugu jam ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjunginya serta sebagai sarana nostalgia di era kolonial Belanda dahulu. Di mana, Kota Pasuruan termasuk lokasi strategis pada zaman Hindia Belanda tersebut.

18. Soto Ayam Cemara

Soto Ayam Cemara
https://www.instagram.com/berangkat_subuh/

Alamat Lokasi Wisata : Jl. Cemara No.23, Desa Bugul Lor, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan

Fasilitas: Area parkir, toilet

Jam Buka: 06.00 – 21.30 WIB

Harga Makanan: Mulai dari Rp. 7.000-Rp. 30.000

Nama wisata kuliner yang satu ini diambil dari nama jalan di mana ia berada, yaitu Jalan Cemara di Desa Bugul, Bugulkidul, Kota Pasuruan, yaitu Soto Ayam Cemara. Walaupun makanan berupa soto dapat Anda temukan di daera manapun. Namun, soto ayam yang satu ini cukup berbeda lho.

Soto ayam cemara ini memiliki cita rasa yang khas yang tentunya akan menggugah selera semua orang yang menyantapnya. Dengan harga yang relatif murah dan harga yang sangat bersahabat, Anda dapat menikmati semangkuk soto yang mengenyangkan perut.

Bagaimana? Adakah tempat yang menarik hati Anda dari 18 daftar rekomendasi dari VisitPare.com mengenai tempat wisata di Kota Pasuruan di atas? Jika ada, jangan lupa untuk mengabadikan momen dan cerita liburan Anda bersama keluarga di media sosial ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.