22 Tempat Wisata di Nganjuk Beserta Keunikannya

22 Tempat Wisata di Nganjuk Beserta Keunikannya

Tempat Wisata di Nganjuk – Kabupaten Nganjuk adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan luas berkisar 1 juta kilometer dengan total 20 kecamatan dan 264 desa. Nganjuk terletak pada dataran rendah dan pegunungan yang kaya akan alam. Tempat wisata di Nganjuk menjadi berlimpah didukung dengan keadaan tersebut.

Kabupaten Nganjuk memiliki tanah dengan kesuburan yang produktif. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik pada perkebunan masyarakat sehingga perekonomian menjadi tertunjang. Dari banyaknya kekayaan tersebut, Nganjuk terkenal dengan apa? Berikut pembahasannya.

Tentang Nganjuk

Kabupaten Nganjuk merupakan daerah kaya wisata di Jawa Timur. Kabupaten ini dikenal dengan sebutan Anjuk Ladang yang artinya Tanah Kemenangan. Julukan lainnya yakni Kota Angin. Dengan flora dan fauna resmi yang diakui oleh negara yakni Nangka Genjah dan Ayam Hutan Hijau.

Kekayaan terbesar dari Nganjuk adalah bawang merah dan menjadi fokus dari pemerintahan Indonesia sebagai salah satu daerah penghasil yang menjadi stok tahunan untuk negara. Di berbagai pasar besar Nganjuk, bawang merah menjadi bahan pangan yang sangat mudah Anda jumpai.

Angin muson membawa Nganjuk dengan dua musim yakni penghujan dan kemarau, atau disebut sebagai iklim tropis. Daerahnya terdiri dari pedesaan dan perkotaan dengan masyarakatnya dominan memakai Bahasa Jawa dengan terdiri dari berbagai dialek.

22 Tempat Wisata di Nganjuk

 Tempat Wisata di Nganjuk
 Tempat Wisata di Nganjuk

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat di Nganjuk. Melalui daftar ini, Anda juga akan lebih mudah memilih mana wisata yang paling bisa Anda kunjungi lebih dulu.

1. Goa Margo Tresno

Tempat wisata di Nganjuk, Goa Margo, Tresno terletak di Jalan Kr Goa Margo Tresno, Desa Sugih waras, Kecamatan Ngluyu. Goa ini adalah yang pertama ada di Nganjuk dengan keberadaannya di tengah kawasan hutan kayu jati di

Dihuni oleh kelelawar yang bergantungan pada atapnya. Gua Margo masih terkesan magis karena keberadaannya yang minim penerangan. Walau demikian, goa ini memiliki sebuah kolam yang cantik untuk Anda berenang dan mandi.

Anda hanya perlu tiket berkisar 3.000 rupiah untuk bisa masuk kedalamnya. Dengan jam kunjung yang direkomendasikan di pagi atau siang hari.

2. Candi Ngetos 

Candi Ngetos berada pada daerah Jalan Ngetos Berbek, Kecamatan Ngetos. Sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit atau sekitar tahun 1500 masehi. Candi ini merupakan tempat wisata yang ternama di Nganjuk. Tiket masuk ke Candi Ngetos ini gratis.

Area tempat wisata di Nganjuk Ngetos, ada makam tokoh ternama Indonesia yakni Pemakaman Raja Hayam Wuruk, salah satu tokoh berpengaruh di masa Majapahit. Di beberapa bagian Candi sudah usang oleh usia, namun kekokohan candi masih terlihat menarik.

3. Jurang Gatuk

Jurang Gatuk
https://www.instagram.com/riiana731/

Bagi Anda pecinta wisata alam, sebaiknya Anda berkunjung ke Jurang Gatuk di Desa Gondang, Kecamatan Pare, Nganjuk. Jurang ini memiliki pemandangan yang kuat dengan warna kehijauan. Dari sini juga Anda bisa melihat keindahan area pegunungan dan sawah masyarakat.

Jurang Gatuk memiliki air terjun yang cukup tinggi dengan aliran yang bersih. Letaknya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan juga cukup jauh dari kota sehingga suasana alamnya masih terjaga. Jurang Gatuk adalah tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Tempat wisata di Nganjuk, Jurang Gatuk, terbuka secara umum dan gratis. Namun Anda perlu berhati-hati karena medan yang ada masih cukup terjal dan penuh tantangan.

4. Air Terjun Sedudo

Wisata air memang sangat menyenangkan, apalagi air yang berasal dari sumber alamnya. Air Terjun Sedudo berada di Desa Sawahan, Kecamatan Ngliman. Air Terjun Sedudo memiliki aliran air terjun tertinggi di Nganjuk yakni sekitar 105 meter dengan aliran relative deras.

Kawasannya masih terbilang sangat asri sehingga hawa dingin dan menyegarkan akan Anda rasakan. Air Terjun Sedudo ini juga cukup dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga Anda harus menjaga sikap saat mengunjunginya.

Dengan indahnya panorama alam, Anda juga bisa mengambil banyak foto menarik di tempat ini. Tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni berkisar 2.500 rupiah setiap orang.

5. Grojogan Duwur Sumbermiri

Tempat wisata di Nganjuk selanjutnya adalah Grojogan Duwur Sumbermiri yang terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Sumbermiri. Grojogan ini merupakan wisata yang sangat indah dan eksotis dengan grojogannya yang memiliki beberapa tingkat.

Di grojogan ini, Anda bisa memancing dan juga bermain air. Zat kapur yang ada disini juga terbentuk secara alami. Grojogan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan wisata pelepas lelah. Wisata ini terbuka secara umum dan gratis untuk anda.

6. Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis adalah salah satu sendang yang ternama di Nganjuk karena masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Merupakan sebuah kubangan yang di masa dulu seringkali dimanfaatkan untuk pemandian.

Hingga saat ini, Putri Wilis merupakan tempat wisata di Nganjuk yang masih dimanfaatkan sebagaimana fungsinya yakni untuk berenang, bermain air, berendam, dan membersihkan diri.

Baca Juga : Tempat wisata di Ngawi

Putri Wilis ada di dataran tinggi yang jauh dari polusi, sehingga rasa sejuk yang kuat akan Anda rasakan. Untuk tiket masuk, Anda hanya dikenai biaya sebesar 5.000 rupiah saja setiap orang.

7. Wisata Alam Bukit Batu Songgong

Wisata Alam Bukit Batu Songgong
https://www.instagram.com/noerkind2215/

Wisata ala mini berada di sebuah bukit di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan. Bukit ini begitu unik dengan adanya jejeran batu khas berwarna kuning kecoklatan yang menyebar di berbagai sisi.

Tempat wisata di Nganjuk ini merupakan spot yang tepat bagi Anda pecinta foto Instagram-able. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan yang cantik dari atas bukit. Dengan jam buka 24 jam, Anda bisa berkunjung kapanpun dengan tetap memperhatikan keamanan.

8. Monumen Doktor Soetomo

Berkunjung ke Nganjuk, jangan lupa juga untuk berkunjung ke berbagai tempat sejarahnya. Kali ini ada Monumen Dr Soetomo yang ada di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret. Monumen ini merupakan sebuah patung replika dari Bapak Pahlawan Dr. Soetomo.

Beliau lahir di Nganjuk sehingga dikenang untuk menghormatinya dengan pembangunan monumen ini. Selain itu, ada pula yang berpendapat jika tempat dibangunnya monumen adalah tempat dimana ari-ari beliau dikuburkan.

Menyimpan cerita sejarah yang begitu kuat, monumen ini terbuka sebagai tempat wisata di daerah Nganjuk secara gratis dengan jam buka 24 jam.

9. Museum Anjuk Ladang

Tempat wisata di Nganjuk ini merupakan museum tempat benda-benda peninggalan Hindu kuno dirawat dan dipajang. Berada di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Kauman, museum ini terbuka untuk umum secara gratis.

Anda bisa mempelajari sejarah Hindu kuno sekaligus masa Doho melalui prasasti yang ditinggalkan. Museum Anjuk Ladang adalah sarana yang tepat dalam memberikan pendidikan sejarah pada anak. Museum ini juga merupakan tanda bagi lahirnya Kabupaten Nganjuk.

Tempat penuh sejarah ini memiliki berbagai spot foto yang menarik dan indah utamanya terkait sejarah. Anda bisa berwisata sekaligus belajar tentang kayanya sejarah Indonesia melalui Museum Anjuk Ladang.

10. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Nah jika ada Museum Anjuk Ladang, di kawasan Ploso, Kecamatan Nganjuk, ada juga wisata taman rekreasi. Taman ini disebut taman rekreasi Anjuk Ladang. Taman rekreasi keluarga ini memiliki berbagai wahana yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ada juga berbagai macam hewan seperti rusa, kera, dan burung, yang akan menemani wisata Anda di taman. Tempat wisata di Nganjuk ini akan sangat ramai di hari akhir pekan.

11. Pura Kerta Buana

Pura adalah sebuah tempat yang digunakan untuk peribadatan orang Hindu. Tempat wisata disini juga ada yang berupa Pura. Bertempat di Dusun Cukrik, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Pura Kerta Buana buka di jam 9 pagi sampai 4 sore dengan tiket masuk gratis.

Pura ini merupakan sebuah legenda yang terkenal di Nganjuk sebagai pura yang tertua di tanah Jawa. Dengan bentuk bangunan yang khas bangunan tua bergaya Hindu Buddha. Pura ini juga memiliki sebuah arca dan patung di dindingnya.

12. Taman Pandan Wilis 

Taman Pandan Wilis 
https://www.instagram.com/nganjukeksis/

Jika Anda mencari tempat nongkrong di Nganjuk yang sekaligus bisa digunakan sebagai wisata, Taman Pandan Wilis pilihannya. Wisata ini dibangun sekitar tahun 2015 dengan berbagai view yang kekinian.

Taman ini sangat ramai dikunjungi oleh berbagai pengunjung semua usia. Di taman ini, Anda bisa bermain, berfoto, berolahraga, berdiskusi, dan juga melakukan aktivitas lainnya. Taman ini juga terbuka untuk siapapun selama 24 jam. Anda bisa bersantai sambil bercengkerama.

13. Agrowisata Nganjuk 

Wisata di sektor pertanian memang sangat menyenangkan. Terkenal dengan komoditas Bawang Merahnya, tempat wisata di Nganjuk kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal secara lebih dalam tentang cara budidaya Bawang Merah.

Terletak di Desa Gondang, Desa Sukomoro, serta Desa Wilangan, Anda bisa memilih berbagai kebun Bawang Merah yang ingin Anda eksplor. Anda bisa belajar cara menanam, memanen, merawat, dan juga bagaimana memilih Bawang Merah.

Agrowisata ini sangat cocok sebagai sarana belajar anak agar lebih mengenal dunia pertanian. Selanjutnya, Anda juga bisa berfoto dengan panorama alam yang sangat mengagumkan. Anda juga bisa membeli Bawang Merah yang masih baru dipetik dari petaninya langsung.

14. Embung Estumulyo 

Di Desa Bulurejo, Kecamatan Sawahan, ada juga Embung Estumulyo. Embung adalah daerah perairan yang menyerupai telaga dan berada di dataran tinggi. Embung Estumulyo adalah tempat wisata di Nganjuk yang memberikan panorama pegunungan yang segar.

Dengan berwisata di Embung Estumulyo, Anda bisa menyegarkan kembali pikiran yang lelah dari pekerjaan. Medan tempuhnya juga sudah mudah dan Anda pun tidak dikenai tiket untuk biaya masuk. Tempat ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga sembari piknik kecil-kecilan.

15. Agrowisata Perkebunan Mawar

Selain agrowisata bawang merah, tempat wisata di Nganjuk juga termasuk pula agrowisata perkebunan mawar. Sesuai dengan namanya, taman ini dipenuhi dengan banyak bunga mawar dari berbagai jenis, yang ketika mekar akan memberikan warna yang sangat cantik.

Pemandangan taman mawar ini sangat eksotis. Disini Anda juga bisa mempelajari cara menanam, merawat, memupuk, dan memetik bunga mawar. Terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, tempat ini adalah wisata edukasi yang sangat bagus.

Mawar sendiri merupakan tanaman yang unik dan dibuat sebagai bahan dasar parfum. Mawar juga sebagai simbol tentang rasa yang seringkali diberikan kepada seseorang yang dicintai. Anda bisa berkunjung di taman ini dan beragrowisata di pagi menjelang siang hari.

16. Klenteng Hok Yoe Kiong 

Klenteng Hok Yoe Kiong 
https://www.instagram.com/antiri92/

Jika tadi ada Pura sebagai wisata, di Nganjuk, ada juga Klenteng yang ternama sebagai tempat sembahyang sekaligus berwisata. Klenteng Hok Yoe Kiong, berlokasi di Jalan Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, merupakan tempat yang masih aktif untuk ibadah sampai sekarang.

Klenteng ini memiliki sisi yang sangat unik dimana terdapat sebuah sarang semut dengan usia lebih dari 3 tahun. Semut ini akan keluar saat orang-orang sedang sembahyang, sedangkan saat ada wisatawan, semut justru akan menyembunyikan diri. Semut ini dinilai berkah bagi para jamaah Klenteng.

17. Masjid Yoni Al – Mubarok

Seusai berkunjung ke Pura, Klenteng, kini saatnya Anda berkunjung ke masjid. Tempat wisata di Nganjuk satu ini memiliki arsitektur unik dengan gaya Jawa yang kental. Dinding dan langit yang digunakan berasal dari kayu jati asli berukiran yang sangat indah.

Disini, Anda bisa beristirahat sekaligus menyegarkan diri dengan rasa sejuk yang akan Anda rasakan saat memasuki masjid. Masjid ini terbuka untuk umum dan akan bertambah ramai saat jam-jam shalat tiba.

18. Waduk Putukrejo

Tempat wisata di Nganjuk selanjutnya berasal dari Desa Putukrejo di Kecamatan Loceret. Waduk ini merupakan waduk lokal yang juga biasa digunakan untuk memancing. Di waduk ini, Anda akan bisa melihat matahari terbenam dengan view yang cantik.

Ada juga kapal kecil yang disediakan untuk Anda berkeliling di sekitar waduk. Aktivitas lain juga bisa Anda lakukan seperti berjalan-jalan, berfoto, mempelajari bangunan waduk, dan juga bermain bebek-bebekan.

19. Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali adalah wisata dengan suguhan kehijauan yang luas. Terletak di Dusun Sumber Klampok, Desa Mancanan, untuk menuju tempat wisata di Nganjuk ini Anda perlu tenaga sedikit lebih ekstra untuk naik ke puncaknya. Nama lain dari Bukit Goa Dali adalah Alas Patuk.

20. Watu Gandul

Watu Gandul
https://www.instagram.com/gondangeksotis/

Tempat wisata ini memang sangat unik sebagaimana namanya. Disini, Anda akan melihat batu-batu besar yang seolah menggantung pada akar.

Tentu saja hal ini sangat unik karena bagaimana mungkin batu yang besar bisa menggantung? Ternyata efek dari akar yang menyelimuti bebatuan memberikan kesan seolah batu terangkat keatas.

21. Alun-Alun Nganjuk

Di setiap kota, tentu saja ada wisata alun-alun yang hampir selalu menjadi tujuan wisatawan baru. Tempat wisata di Nganjuk pun demikian, alun-alunnya juga merupakan wisata yang menarik sekaligus ikon bagi Nganjuk.

Terletak di Magundikaran, Kecamatan Ngajuk, alun-alun Nganjuk ini terbuka untuk umum dengan suasana yang indah saat malam hari karena banyaknya lampu yang menyala. Alun-alun juga akan sangat ramai, utamanya di akhir pekan dengan berbagai makanan kuliner khas di sekitarnya.

22. Air Terjun Roro Kuning

Pesona keindahan alam dipadukan dengan sumber air memang sangat menarik dan menyegarkan. Anda wajib berkunjung ke Air Terjun Roro Kuning jika Anda ingin menyegarkan pikiran dan melonggarkan pernapasan.

Disini, disediakan berbagai wahana bermain sekaligus spot yang kekinian untuk berfoto. Arus air juga sangat stabil cenderung tidak deras sehingga bisa untuk bermain air. Air Terjun Roro Kuning berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, dengan tiket masuknya 5.000 rupiah per orang.

Dari 22 tempat wisata di Nganjuk dari VisitPare.com, nomor berapakah yang sudah pernah Anda coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.