20+ Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi, Yang Lagi Hits 2022

20+ Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi, Yang Lagi Hits 2022

Tempat Wisata di Ngawi – Jawa Timur menawarkan berbagai keindahan dalam balutan wisata secara merata di berbagai kabupatennya, termasuk Ngawi. Tempat wisata di Ngawi cukup beraneka ragam, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, hingga rekreatif. Simak selengkapnya di artikel ini!

Daftar Tempat Wisata di Ngawi

Tempat Wisata di Ngawi
Tempat Wisata di Ngawi

Saat berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke daerah Ngawi. Meskipun agak terpencil, Ngawi menawarkan berbagai wisata menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Berikut daftarnya.

1. Kebun Teh Jamus

Tempat wisata yang pertama adalah Kebun Teh Jamus. Dibangun di lahan seluas 478 hektare, Anda bisa menyaksikan keindahan alami. Berkeliling kebun teh ini pada sore hari sambil menikmati udara sejuk akan menambah mood Anda.

Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga dalam kamera. Tak jauh dari situ, Anda bisa menemukan kolam renang yang sumbernya dari mata air alami.

Anda juga akan menemukan Borobudur Hills yang menawarkan pemandangan mempesona dari atas ketinggian 35 meter. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh berupa benalu teh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

  • Alamat : Jalan Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp8.000/orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir kendaraan, warung makan, toilet umum, tempat duduk, gazebo, spot foto menarik, camping ground

2. Benteng Van Den Bosch

Mencari tempat wisata di Ngawi yang lagi hits? Maka, Anda harus mendatangi wisata sejarah yang penuh edukasi ini. Benteng Van Den Bosch menawarkan pemandangan bangunan peninggalan Belanda. Anda bisa berfoto dengan latar belakang benteng eksotis ini.

Meskipun sudah berdiri ratusan tahun lalu, benteng ini memiliki tembok yang kokoh walaupun sudah tampak usang. Benteng ini letaknya di titik pertemuan antara Bengawan Solo dengan Bengawan Madiun.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Ketika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik agar hasil fotonya bisa Anda posting ke media sosial. Untuk memasuki kawasan wisata ini, harga tiketnya juga sangat terjangkau.

  • Alamat : Jalan Untung Suropati Nomor II, Pelem II, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : galeri, toilet umum, tempat parkir, pusat informasi sejarah, tempat duduk

3. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono
https://www.instagram.com/dolan.ae/

Apakah Anda termasuk tipe orang yang menyukai ketenangan? Jika iya, Anda wajib berkunjung ke Air Terjun Suwono. Air terjun ini letaknya agak tersembunyi, sehingga cukup sepi pengunjung.

Namun, bukan berarti tidak ada keindahan yang ditawarkan. Anda harus melewati jalan setapak yang dikelilingi hutan pinus. Perjalanan Anda yang melelahkan akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan air terjun yang begitu menakjubkan.

Saat berkunjung ke tempat wisata di Ngawi ini, sebaiknya siapkan perbekalan dan pakaian ganti. Karena rutenya cukup ekstrim, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk menghindari hal-hal buruk.

  • Alamat : Jalan Punen, Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp15.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir kendaraan, spot foto instagramable, pusat informasi, toilet umum, mushola, outbond area, camping area, taman bermain anak, warung makan

4. Srambang Park

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Srambang Park. Wisata ini terletak di daerah pegunungan, sehingga udaranya cukup sejuk. Dalam wisata ini, Anda bisa menemukan air terjun yang eksotis, hutan pinus, jembatan bambu, dan aliran sungai alami.

Wisata ini tak pernah sepi pengunjung, terutama saat hari libur. Maklum, berbagai spot foto yang ada di Srambang Park memang begitu menakjubkan. Sehingga, cocok untuk Anda yang gemar dunia fotografi.

  • Alamat : Jalan Girimulyo, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp15.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir luas, toilet umum, rumah pohon, kamar mandi, mushola, rumah makan, gazebo

5. Taman Wisata Banyu Redjo Park

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Taman Wisata Banyu Redjo Park. Wisata terbaru ini baru resmi pada tahun 2019 lalu. Tersedia kolam renang dengan berbagai macam variasi ketinggian, mulai dari untuk anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, wisata ini juga dilengkapi dengan aneka spot selfie yang indah. Ada juga mini cafe dan taman untuk Anda yang mau nongkrong sambil menikmati pemandangan.

Sesuai tagline nya, Taman Wisata Banyu Redjo Park ini menjadi wisata yang mewah dengan pemandangan indah dan pelayanan ramah. Kendati demikian, harganya tetap murah meriah.

  • Alamat : Jalan Raya Kedunggalar KM 3, Ngarengan, Jenggrik, Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp8.000 / orang saat weekday dan Rp10.000 / orang saat weekend
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : tempat parkir, toilet, kamar ganti, warung makan, tempat penyimpanan barang

6. Pusat Kerajinan Jati Gembol

Sesuai namanya, Anda bisa menemukan aneka kerajinan di tempat wisata ini. Ciri khas dari kabupaten Ngawi sejak dahulu adalah kerajinan akar jatinya. Sayangnya, perlahan kerajinan ini mulai ditinggalkan dan sulit untuk Anda temukan.

Untungnya, Anda masih bisa menemukan kerajinan akar jati di Pusat Kerajinan Jati Gembol. Terdapat lebih dari 20 pengrajin akar jati yang masih bertahan. Anda bisa membeli berbagai produk kerajinan, seperti guci, meja, lemari, hingga cindera mata.

Asyiknya lagi, Anda bisa melihat proses produksi bahkan terlibat langsung di dalamnya. Jadi, bukan hanya membeli produk jadi, Anda juga bisa membuat kerajinan sendiri sambil menambah pengalaman baru.

  • Alamat : Jalan Desa Kedungharjo, Mantingan, Ngawi
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir, rumah makan, mushola, toilet

7. Waterboom Tirto Nirmolo

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Waterboom Tirto Nirmolo. Dari namanya saja, seharusnya Anda sudah tahu bahwa wisata ini menawarkan daya tarik berupa aneka wahana air. Dengan lahan seluas 5 hektar, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas menarik.

Wisata bahari ini menawarkan konsep family friendly, sehingga Anda bisa membawa keluarga. Tersedia banyak tipe kolam renang, mulai dari indoor hingga semi olympic. Semua kolam renang juga memiliki permainan air.

Sebelum masuk ke area kolam, Anda bisa pemanasan di area jogging. Selain itu, wisata ini juga menyediakan ATV, bom bom car, bianglala, motor elektrik, flying fox, hingga outbond. Lengkap sekali, bukan?

  • Alamat : Jalan Raya Ngawi-Madiun KM 7, Sambi, Tempuran, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp15.000 / orang setiap Senin – Sabtu dan Rp20.000 / orang setiap Minggu / hari libur
  • Jam operasional : setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : kolam renang dengan tingkat kedalaman bervariasi, area parkir luas, wahana permainan air maupun darat, toilet, kamar ganti, warung makan

8. Pemandian Tawun

Pemandian Tawun
https://www.instagram.com/wisatangawi/

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Letak wisata ini terbilang cukup terpencil dan jauh dari rumah penduduk. Biasanya, wisatawan datang ke tempat ini untuk membersihkan pikiran atau menarik diri sejenak dari kesibukan ibukota.

Pemandian ini menawarkan air yang jernih dan tidak berbau. Pengelola wisata juga menawarkan wisata air khusus anak-anak yang dilengkapi dengan pancuran, perosotan, maupun ember besar yang siap menumpahkan banyak air.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan danau buatan. Untuk mengelilinginya, Anda bisa menyewa perahu kano. Jangan khawatir, semua wahana di wisata ini terbukti aman dan bersih.

Sebaiknya, kunjungi objek wisata ini di saat cerah agar Anda bisa berlibur sampai puas. Bawalah kamera untuk mengabadikan momen berharga bersama keluarga. Jangan lupa untuk membawa baju ganti bila tidak ingin pulang basah-basahan.

  • Alamat : Jalan Sunan Lawu, Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp10.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : warung makan, kolam renang, outbond area, gazebo, area parkir kendaraan, toilet

9. Monumen Soerjo

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya berdiri untuk mengenang jasa Gubernur Suryo ketika melawan pemberontakan PKI. Pada bagian kanan dan kiri patungnya, terdapat perwira polisi yang meninggal pada waktu yang sama.

Biasanya, masyarakat setempat memanfaatkan monumen ini untuk memperingati hari pahlawan. Monumen ini memiliki area taman dengan 23 jenis tanaman langka. Anda bisa melihat citradora, pohon cendana, sawo kecik, sonokeling, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kijang di dalam penangkaran. Ada berbagai macam koleksi burung juga di dalamnya.

  • Alamat : Jalan Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Kedunggalar, Ngawi
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : mushola, taman bermain anak, toilet, pusat informasi, pendopo

10. Air Terjun Pengantin

Mendengar Air Terjun Pengantin apa yang terlintas di pikiran Anda? Film horror dengan judul serupa, bukan? Berdasarkan catatan sejarah, air terjun ini dulu kerap digunakan sebagai tempat ritual untuk calon pengantin yang akan menikah.

Sebelum adat berlangsung, para mempelai akan mandi terlebih dahulu di sini. Layaknya air terjun pada umumnya, tentu ada mitos yang sangat melekat pada wisata ini.

Untuk melihat keindahan dari air terjun ini, Anda harus melalui perjalanan yang cukup sulit. Terdapat anak tangga yang sudah disusun rapi untuk memudahkan Anda mencapai lokasi.

Tenang saja, lelah Anda akan terbayar seutuhnya ketika melihat derasnya air terjun ini. Anda perlu berhati-hati bila ingin berendam di dalamnya karena arusnya cukup deras. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dalam kamera Anda.

  • Alamat : Jalan Sabrang, Besek, Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp7.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir luas, warung makan, toilet, jalan setapak memadai

11. Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati
https://www.instagram.com/queen_athena_fortune/

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Pesanggrahan Srigati. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menggemari dunia mistis dan sejarah. Pesanggrahan Srigati merupakan pesanggrahan Raja Brawijaya. Menurut cerita masyarakat setempat, pesanggrahan ini menjadi kerajaan makhluk ghaib.

Wisata ini juga sangat erat kaitannya dengan sejarah Ngawi. Menjadi tempat keramat yang bernilai sejarah tinggi, Anda perlu menjaga ucapan selama berada di kawasan wisata ini.

  • Alamat : Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 27, Cabean Kidul, Ketanggi, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp10.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : warung makan, lahan parkir, gazebo, penginapan, toilet umum

12. Museum Trinil

Mencari tempat wisata yang ramah anak dan bernilai edukasi tinggi? Maka, Anda wajib datang ke Museum Trinil. Anda bisa menemukan berbagai koleksi menarik di dalamnya, khususnya barang prasejarah.

Tersedia pemandu wisata bila Anda ingin mengenal sejarah peradaban manusia. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tak terlupakan Anda di museum yang satu ini.

  • Alamat : Wonokerto, Pilang, Kawu, Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : tempat duduk, area parkir kendaraan, gazebo, pusat informasi, mushola, toilet, galeri, taman bermain anak

13. Air Terjun Srambang

Tempat wisata di Ngawi berikutnya berupa air terjun. Lokasi Air Terjun Srambang memang terbilang cukup tersembunyi, sehingga tidak terlalu ramai dibandingkan tempat wisata lain. Anda bisa menemukan aliran air menyegarkan ini di balik hutan pinus.

Mood Anda akan membaik setelah merasakan ketenangan dan udara sejuk di wisata ini. Tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka travelling. Jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan dan baju ganti agar bisa berekreasi dengan nyaman.

  • Alamat : Jalan Girimulyo, Hutan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : toilet, kamar ganti, gazebo

14. Kediaman Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Nama Dr. Radjiman Wedyodiningrat tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kerap menghiasi buku sejarah, ketua BPUPKI pada tahun 1945 ini andil banyak dalam kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah, beliau pindah ke Ngawi pada tahun 1934 lalu. Kala itu, di Ngawi sedang mewabah penyakit pes. Merasa prihatin, beliau akhirnya menjadi dokter khusus penyakit pes.

Selain itu, Dr. Radjiman Wedyodiningrat juga menjadi guru yang mengajar anak-anak Dusun Dirgo. Kini, tempat mengajar beliau menjadi sekolah dasar dan kediamannya menjadi wisata sejarah.

Anda bisa menemukan berbagai buku peninggalan beliau di dalam rumahnya. Semua furniturenya juga masih terpelihara dengan baik.

  • Alamat : Jalan Dusun Dirgo, Desa Walikukun, Widodaren, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp2.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : lahan parkir, toilet umum

15. Waduk Pondok

Apakah Ngawi ada pantai? Meskipun Ngawi tidak memiliki pantai, sebagai gantinya Anda bisa datang ke Waduk Pondok. Waduk ini sudah ada sejak tahun 1992 lalu, namun baru rampung pada tahun 1997.

Kala itu, waduk berfungsi sebagai sarana pengairan sawah dari tiga kecamatan Ngawi. Seiring berjalannya waktu, fungsinya berubah menjadi destinasi wisata karena pemandangannya apik dan suasananya tenang.

Di sekeliling waduk, Anda bisa menemukan berbagai jenis pohon, seperti jati dan mahoni. Rimbunan pohon ini tentu akan menyejukkan mata.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata di Ngawi ini adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam. Anda bisa mengambil gambar siluet yang cantik dengan kamera kesayangan.

  • Alamat : Jalan Desa Dero, Bringin, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp2.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : area parkir, toilet, warung makan, mushola, gazebo

16. Bukit Kerek Indah

Wisata berikutnya adalah Bukit Kerek Indah. Anda bisa menikmati pemandangan kota Ngawi dan sungai Bengawan Solo dari atas bukit. Karena lokasinya berada di puncak, tentu saja wisata ini memiliki udara yang cukup sejuk.

Anda bisa berfoto di berbagai spot menarik, mulai dari plang jalan dengan kata-kata lucu, jembatan kayu, hingga taman bunga. Anda bisa mengunjungi wisata ini saat pagi atau sore hari agar tidak panas terbakar sinar matahari.

  • Alamat : Jalan Bojonegoro-Ngawi, Napel, Kerek, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp2.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : warung makan, mushola, toilet, tempat parkir, gazebo, camping ground

17. Omah Watu

Omah Watu
https://www.instagram.com/prasetia_bhayu/

Berikutnya, Anda bisa mengunjungi Omah Watu. Wisata ini menawarkan daya tarik berupa bangunan yang terbuat dari batu tanpa adanya perekat semen. Batu dengan susunan tak beraturan ini nyatanya bisa menarik perhatian pengunjung.

  • Alamat : Jalan Ngroto, Ngendut, Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : taman bunga krisan, toilet, area parkir

18. Ngawi Agro Techno Park

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Ngawi Agro Techno Park. Wisata ini sukses menggabungkan konsep wisata alam sekaligus edukasi. Penataan taman yang unik dengan view Gunung Lawu siap membuat mata Anda terbelalak. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan menyegarkan dari sungai.

  • Alamat : Jalan Ngelo, Wakah, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.30 WIB
  • Fasilitas : aula pertemuan, area parkir luas, toilet, mushola, warung makan

20. Air Terjun Teleng

Membahas keindahan air terjun di Ngawi memang seakan tak ada habisnya. Belum puas dengan air terjun yang sudah disebutkan sebelumnya? Anda bisa langsung beralih ke Air Terjun Teleng.

Gemericik air terjun dengan panorama hutan pinus siap menenangkan hati Anda. Pihak operasional menyediakan trek yang rapi dan tidak terlalu curam agar Anda bisa berwisata dengan nyaman dan aman.

  • Alamat : Jalan Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : gazebo, mushola, toilet umum, area parkir, warung makan

21. Desa Wisata Brubuh

Tempat wisata di Ngawi selanjutnya adalah Desa Wisata Brubuh. Wisata ini menawarkan daya tarik berupa taman bermain yang ramah keluarga dan sungai yang menyegarkan. Terletak di kaki Gunung Lawu, tak heran jika nuansa alam di sini masih begitu kental.

Anda bisa berpetualang dengan paket tubing seharga Rp20.000 per team. Selain bermain di sungai, Anda juga bisa mencoba wahana permainan high swing, flying fox, ATV, mini trail, hammock susun, dan kayangan swing.

  • Alamat : Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Ngawi
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.30 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : wahana permainan, toilet, tempat duduk, area parkir luas, warung makan, mushola

24. Wisata Watu Jonggol

Ngawi ada gunung apa? Anda bisa beralih ke wisata di lereng Gunung Lawu yang bernama Wisata Watu Jonggol. Tempat wisata ini begitu terkenal, sehingga tak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa melihat keindahan alam dari bebatuan tebing yang tertata indah. Terdapat taman dengan berbagai jenis bunga sebagai pelengkapnya.

Watu Jonggol juga memiliki air terjun dan kolam renang yang airnya jernih karena berasal dari mata air Gunung Lawu. Anda juga bisa mengambil beberapa foto di patung-patung unik yang ada di sini.

Sepanjang perjalanan menuju Watu Jonggol, mata Anda sudah akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus. Anda bisa mendatangi lokasi ini dengan naik kendaraan pribadi atau transportasi umum.

  • Alamat : Desa Pandansari, Sine, Ngawi, Jawa Timur
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, kolam renang, camping ground, toilet

Jangan lewatkan tempat wisata di Ngawi dari VisitPare.com yang sudah disebutkan sebelumnya saat berkunjung ke sana. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan perilaku dimanapun Anda berada. Bawa kamera Anda untuk mengabadikan momen tak terlupakan di wisata-wisata tersebut. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.