Daftar Tempat Wisata di Pamekasan Paling Menarik untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Pamekasan – Ingin menarik diri sejenak dari aktivitas dan kesibukan sehari-hari? Jika iya, Anda bisa berkunjung ke salah satu kabupaten di Madura, yakni Pamekasan. Tempat wisata di Pamekasan cukup beragam, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, dan lainnya bisa Anda temukan di sini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pamekasan

Tempat Wisata di Pamekasan
Tempat Wisata di Pamekasan

Siapa sangka jika ternyata Madura menyimpan banyak kekayaan, terlebih di kawasan Pamekasan. Anda bisa mengunjungi berbagai wisata menarik begitu menginjakkan kaki di kabupaten ini. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Tempat wisata yang pertama ini sangat cocok bagi Anda yang membawa anak. Anda bisa melihat atraksi sulap, seperti manusia melayang di sini.

Berdiri di atas tanah seluas 2 hektar, tak heran jika tempat ini mampu menampung ribuan pengunjung setiap harinya.

Wahana permainan yang tersedia juga cukup lengkap dan bersih, mulai dari flying fox, taman bunga, water bomb, bukit cinta, playground, tempat memanah, dan masih banyak lagi.

Konsep wahana bermain ini sangat ramah anak karena bebas asap rokok. Anda juga bisa mengabadikan momen berharga bersama keluarga di beberapa spot foto.

  • Alamat : Jalan Barat Satu, Lawangan Daya, Pademawu, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp20.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : toilet, tempat ibadah, rumah makan, area parkir, outbond area, gazebo, saung, tempat duduk wisatawan, kolam renang, cafetaria

2. Bukit Cinta Pamekasan

Bagi Anda yang sedang dimabuk asmara, mengunjungi tempat wisata di Pamekasan ini bisa menambah romansa. Tempat wisata terbaru ini langsung ngehits di kalangan anak muda berkat keunikannya. Bukit Cinta memiliki banyak anak tangga yang berbentuk hati, sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

Spot fotonya juga sangat banyak dengan hamparan rumput hijau yang luas. Untuk sekadar berfoto di sini, Anda harus rela mengantri berjam-jam. Makannya, sebaiknya datang saat hari biasa agar tidak terlalu ramai.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Untuk mengunjungi wisata ini, Anda bisa naik kendaraan umum atau pribadi. Akses wisatanya mudah dan harga tiket masuknya murah. Datang ke sini bersama pasangan bisa menjadi simbol cinta kalian berdua yang terukir di alam.

  • Alamat : Jalan Barat Satu, Lawangan Daya, Pademawu, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Fasilitas : spot foto instagramable, toilet umum, tempat makan, mushola, camping area, gazebo, area parkir luas

3. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang
https://www.instagram.com/maduraholic/

Tempat wisata di Pamekasan selanjutnya menawarkan keindahan alam dalam bentuk pantai. Objek wisata ini terbilang cukup baru, namun sudah sangat ramai wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih yang dihiasi ombak kecil. Menikmati sunset bersama orang tersayang tentu akan sangat berkesan. Atau bisa juga Anda datang ke sini sendirian untuk menjernihkan pikiran dan mencari jalan luar.

Jangan lupa untuk mengambil banyak foto disini. Anda sebaiknya datang saat hari biasa agar tidak terlalu sesak atau berdempetan dengan pengunjung lain.

  • Alamat : Tanjung, Pademawu, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
  • Fasilitas : kamar mandi umum, area parkir luas, gazebo, camping ground, warung makan

4. Rawa Mangunan

Apa yang terbayang di pikiran Anda saat mendengar kata rawa? Genangan air yang dangkal dan kotor? Tentu saja Anda salah besar. Anda bisa menikmati keindahan rawa yang sesungguhnya di Pamekasan, lebih tepatnya di Rawa Mangunan.

Rawa di sini memiliki air yang sangat bersih dengan warna hijau mengkilap. Anda bisa menambah koleksi foto selfie atau sekadar bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Sayangnya, untuk ke rawa ini Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra. Akses jalannya kurang memadai dan jauh dari rumah penduduk. Sementara itu, harga tiket masuknya terbilang sangat terjangkau.

  • Alamat : Majungan, Pademawu, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp3.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : kamar mandi, area parkir kendaraan, mushola, tempat duduk, rumah makan
Baca Juga :
30 Pilihan Tempat Wisata di Bondowoso Yang Hits Abis!

5. Goa Blaban

Tempat wisata di Pamekasan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Goa Blaban. Sesuai namanya, daya tarik utamanya adalah pesona menawan dari goa. Anda bisa mendapatkan foto yang instagramable di dasar goa setelah melewati anak tangga setinggi 4 meter.

Di dalam goa, mungkin Anda akan merasa hangat dan pengap. Namun, mata Anda akan dimanjakan dengan stalaktit, stalakmit, dan bebatuan akik yang luar biasa.

Kini, wisata ini juga sudah dilengkapi dengan lampu warna-warni di dalamnya, sehingga nilai estetikanya bertambah. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia fotografi.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengunjungi tempat wisata ini. Bila memiliki riwayat sesak napas atau fobia kegelapan, sebaiknya jangan masuk ke bagian terdalam goa.

  • Alamat : Rojing Daya, Blaban, Kecamatan Batu Marmar, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp20.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 08.30 – 18.00 WIB
  • Fasilitas : rumah makan, area parkir kendaraan, toilet umum, mushola, penginapan di sekitar lokasi

6. Bukit Brukoh

Pamekasan terkenal dengan apa? Wisata yang paling terkenal adalah Bukit Brukoh. Wisata hits dan instagramable ini menawarkan keindahan bukit yang masih alami dengan aneka spot menarik.

Anda bisa berfoto di bawah payung gantung dengan warna berbeda-beda. Cocok sekali untuk Anda yang aktif di media sosial, terutama Instagram. Ciri khas bukit ini adalah ikon berlambang hati dengan lubang kecil di tengahnya.

Selain itu, ada juga taman bunga kecil untuk pengunjung agar spot foto semakin menarik. Keindahan wisata ini bisa Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Akses lokasinya juga cukup mudah, karena terletak di kawasan yang ramai.

Anda bisa melakukan banyak hal disini selain berfoto, misalnya piknik atau melihat matahari tenggelam. Ingat untuk selalu berhati-hati, terutama bila Anda mengunjungi bukit ini saat hujan karena jalanannya akan licin.

  • Alamat : Bajang, Pakong, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
  • Fasilitas : aneka spot foto instagramable, mushola, toilet umum, cafetaria, area parkir kendaraan, camping area

7. Tebing Waru Pamekasan 

Tempat wisata di Pamekasan memang banyak yang memacu adrenalin. Sehingga, membutuhkan nyali besar untuk mengunjunginya. Wisata ini cocok bagi Anda yang menggemari olahraga panjat tebing.

Tersedia pendamping untuk memastikan kondisi Anda agar tidak terluka. Dari atas sana, Anda akan menikmati keindahan tebing yang mempesona. Destinasi wisata ini terbilang cukup sulit untuk ditemukan, karena letaknya agak tersembunyi.

Tracking wisata ini terbilang cukup aman, karena terletak di sekitar perkampungan warga. Anda perlu berhati-hati karena ada sejumlah monyet berkeliaran di dalam goa.

Selain pecinta olahraga, pecinta fotografi juga harus mengunjungi wisata ini. Ada banyak spot foto menarik yang siap menghiasi sosial media Anda. Berkunjung kesini bisa membuat Anda lupa akan lelah, kesal, dan penat sejenak.

  • Alamat : Desa Waru Timur dan Waru Barat, Waru, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari,
  • Fasilitas : mushola, kamar mandi, rumah makan, area parkir luas

8. Vihara Avalokitesvara

Mencari wisata religi? Anda harus mengunjungi Vihara Avalokitesvara. Tempat wisata di Pamekasan ini memang disediakan khusus untuk umat agama Buddha. Vihara bersejarah ini sudah ada sejak zaman dahulu atau lebih tepatnya sekitar abad ke-18.

Di kalangan masyarakat Tionghoa, vihara ini lebih sering disebut Klenteng Kwan Im Kiong. Meskipun merupakan wisata religi, vihara ini juga memiliki desain arsitektur yang bagus. Anda bisa datang untuk sekadar melihat-lihat atau berfoto selama tidak mengganggu kegiatan ibadah.

Seakan mencerminkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, vihara ini ada di lingkungan masyarakat dengan toleransi tinggi. Di kawasan vihara, terdapat mushola dan pura.

  • Alamat : Candi Utara, Palogan, Galis, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : tempat ibadah, toilet umum, tempat duduk, area parkir kendaraan, warung makan di sekitar vihara

9. Dermaga Pelabuhan Branta

Dermaga Pelabuhan Branta
https://www.instagram.com/amethystaiko/

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, cocok sekali untuk datang ke Dermaga Pelabuhan Branta. Spot memancing di sini memungkinkan Anda untuk menangkap banyak ikan..

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti bersepeda, jogging, atau sekadar nongkrong bersama kerabat. Pemandangan alamnya cukup indah, sehingga Anda tidak akan bosan berlama-lama di tempat ini.

Baca Juga :
Rekomendasi Tempat Wisata di Bojonegoro Paling Favorit

Sebaiknya, kunjungi dermaga ini saat sore atau malam hari agar tidak gosong terbakar sinar matahari. Tempat ini masih berfungsi sebagai dermaga dan pada dasarnya bukan destinasi wisata. Maka dari itu, jangan berharap Anda bisa menemukan fasilitas lengkap di sini.

  • Alamat : Desa Branta Pesisir, Tlanakan, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : toilet, area parkir, warung makan

10. Monumen Nasional Arek Lancor

Setiap kota atau kabupaten di Indonesia memang memiliki monumen tersendiri, tak terkecuali Pamekasan. Tempat wisata di Pamekasan ini menawarkan monumen berbentuk tugu yang sekilas mirip lafadz Allah.

Namun, sebenarnya bentuk tugu ini berupa alat tajam. Nama “Arek Lancor” diambil dari senjata khas Pulau Madura. Masyarakat menganggap dua senjata ini melambangkan karakter yang tegas, keras, dan herani mempertahankan hak.

Seperti monumen lainnya, Anda bisa berfoto dengan latar tugu ini. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat taman kota untuk nongkrong bersama teman-teman.

Bila beruntung, Anda bisa menyaksikan pertunjukan atau parade di monumen ini. Letak monumen ini terbilang cukup strategis, karena ada di pusat kabupaten.

  • Alamat : Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : area parkir, masjid, taman, tempat makan, area bermain anak

11. Pantai Batu Kerbuy

Berikutnya, Anda bisa mengunjungi pantai yang cantik di kawasan Pamekasan. Daya tariknya berupa hamparan laut dan batu karang mencapai 5 hektar dengan pasir putih yang halus.

Masyarakat menyebut bahwa penamaan ini dilakukan karena ada sebuah batu yang bentuknya mirip kerbau. Batu tersebut adalah manusia yang dikutuk menjadi kerbau.

Air laut di pantai ini masih sangat jernih dengan warna kebiruan. Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik, mulai dari snorkeling, skuba diving, memancing, berenang, atau berkeliling area pantai menggunakan speed boat.

Anda juga bisa duduk-duduk santai di bawah pepohonan rindang di sekitar pantai sambil menikmati sunset. Sebaiknya, kunjungi tempat wisata di Pamekasan ini pada hari biasa agar tidak terlalu ramai pengunjung.

  • Alamat : Desa Pasean, Kec. Pamekasan, Kab. Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : tempat penginapan, area parkir, warung makan, toilet umum, gazebo, tempat sewa peralatan snorkeling atau skuba diving, penyewaan speedboat

12. Air Terjun Bunyato

Masih seputar wisata alam, kali ini Anda bisa mengunjungi Air Terjun Bunyato. Objek wisata ini terbilang cukup tersembunyi dan masih belum banyak diketahui. Air Terjun Bunyato erat kaitannya dengan mitos percintaan.

Masyarakat setempat percaya jika pasangan yang datang ke air terjun ini akan berakhir di pelaminan dan menjadi pasangan sejati. Terlepas dari mitos itu, Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang luar biasa.

Alirannya memang tidak tinggi, namun bentuknya benar-benar sangat cantik. Ditambah airnya jernih dan menyegarkan. Pada bagian bawah air terjun, ada kubangan untuk bermain air atau berendam. Tingkat kedalamannya juga cetek, sehingga aman untuk Anda yang tidak bisa berenang.

  • Alamat : Dusun Duko, Tlontoraja, Pasean, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : kamar mandi, jalan setapak untuk tracking, warung makan, lahan parkir

13. Wisata Api Abadi

Tempat wisata di Pamekasan ini menawarkan daya tarik berupa api abadi. Jadi, api yang ada di sini memang tidak bisa padam, walaupun disiram air atau terguyur hujan lebat. Hingga saat ini, belum ada peneliti yang sanggup menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

  • Simak : Tempat wisata di Bangkalan

Karena keunikannya, wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa meminimalisir kepadatan pengunjung jika datang di hari kerja. Di sekitar wisata, ada banyak penjual makanan daerah khas Pamekasan.

  • Alamat : Asemanis Satu, Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp3.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : warung makan, toilet, lahan parkir, mushola

14. Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan
https://www.instagram.com/visiteastjava/

Daya tarik utama dari wisata ini adalah keindahan air terjun yang masih alami. Namun, seiring berjalannya waktu, air terjun ini mulai tidak terawat. Sehingga, pamornya di kalangan wisatawan agak berkurang.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang pas dengan aliran yang tidak terlalu deras. Anda bisa mandi atau berendam di bawah air terjun. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang yang mempesona.

Anda harus berhati-hati saat mengunjungi wisata ini karena trackingnya cukup curam. Selain itu, wisata ini sudah mulai terbengkalai, sehingga tidak ada penjaga yang memantau kondisi pengunjung.

  • Alamat : Duko, Tlontoraja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : toilet, lahan parkir yang luas, jalan setapak untuk tracking
Baca Juga :
22 Tempat Wisata di Lamongan Yang Indah Dan Mempesona

15. Masjid Agung Asy Syuhada

Wisata religi ini termasuk objek wisata tertua dan termegah di Pamekasan. Berdasarkan catatan sejarah, bangunan ini sudah ada sejak abad ke-16 lalum Namun, kala itu masjid ini bernama Maseghit Rato.

Selain menjadi wisata religi, Masjid Agung Asy Syuhada juga dikenal sebagai wisata sejarah karena menjadi saksi bisu pembantaian di kawasan Pamekasan pada masa awal kemerdekaan. Kala itu, ada lebih dari 90 mayat pejuang tergeletak di halaman masjid. Kemudian, mayat tersebut dibakar oleh para tentara NICA.

Karena peristiwa itulah, masjid ini namanya diganti menjadi Asy Syuhada. Artinya, masjid milik para Syuhada atau orang-orang yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan di jalan Allah.

Di balik sejarahnya, masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Ketika berkunjung, Anda akan disambung dengan gapura. Anda bisa berfoto sepuasnya selama tidak mengganggu aktivitas ibadah jemaah lain.

  • Alamat : Jalan Mesigit No. 23, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : toilet, tempat duduk, warung makan di sekitar masjid, tempat wudhu,

16. Bukit Kampung Toron Samalem

Tempat wisata di Pamekasan selanjutnya adalah Bukit Kampung Toron Samalem. Awalnya, bukit ini hanya menjadi tempat penambangan batu bara. Namun, pada tahun 2018 lalu, bukit ini resmi dibuka sebagai tempat rekreasi.

Anda bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian dengan udara yang masih sejuk tentunya. Wisatawan bisa bersantai di saung-saung beratap jerami yang menambah kesan alami. Keindahan kolam-kolam kecil bekas penambangan juga siap memanjakan mata Anda.

Hingga tahun 2022, wisata ini masih terus dikembangkan. Berbagai fasilitas mulai dibangun untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung. Harga tiket masuknya juga terbilang sangat murah dan akses jalan menuju ke sana cukup strategis.

  • Alamat : Desa Blumbung, Laranan, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp10.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas : spot foto menarik, area parkir luas, toilet umum, gazebo, mushola, warung makan

17. Air Terjun Bulangan

Air Terjun Bulangan
https://www.instagram.com/potretmadura/

Tempat wisata di Pamekasan selanjutnya menyajikan daya tarik berupa air terjun. Spotnya terbilang cukup instagramable, sehingga Anda bisa hunting foto menarik di sini. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dengan pepohonan di sekitar yang membuat udara semakin sejuk.

Trackingnya juga tidak terlalu curam, sehingga Anda bisa berpetualang dengan nyaman. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, terutama bila berkunjung saat hujan karena jalanan akan licin.

Bila Anda ingin berkunjung ke sana, sebaiknya siapkan fisik yang prima. Selain itu, bawa perbekalan dan baju ganti agar Anda tidak pulang dengan basah kuyup.

  • Alamat : Dempol, Bulangan Haji, Pegantenan, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : gratis
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : warung makan, toilet, area parkir, penginapan di sekitar wisata

18. Pantai Talang Siring

Wisata yang terakhir menawarkan keindahan pantai dengan air jernih dan pasir putih. Di sekitar pantai, terdapat banyak pohon rindang yang bisa Anda gunakan untuk berteduh.

Berwisata di pantai ini mampu menjernihkan pikiran Anda setelah lelah bekerja seharian. Anda juga bisa melakukan piknik, bersepeda, atau jogging santai di sekitar pantai.

Panorama alamnya yang indah membuat siapapun terkesima ketika mengunjunginya. Anda bisa menikmati sunset bersama orang terkasih dari spot terbaik. Ada juga perahu wisata yang bisa Anda sewa untuk keliling pantai.

Pantai ini tidak pernah sepi wisatawan karena banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Ditambah, harga tiket masuknya juga sangat ramah di kantong. Makannya, Anda sebaiknya datang saat hari biasa bila tidak terlalu suka keramaian.

  • Alamat : Jalan Pacanan, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan
  • Harga tiket masuk : Rp5.000 / orang
  • Jam operasional : setiap hari, 24 jam
  • Fasilitas : area parkir yang luas, tempat ibadah atau mushola, warung makan, tempat duduk, camping ground, gazebo, spot foto menarik, aneka wahana permainan air

Itulah 18 tempat wisata di Pamekasan dari VisitPare.com. Selain wisata alam, religi, dan sejarah, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner di Pamekasan. Di situasi pandemi seperti sekarang ini, semua tempat wisata di Pamekasan juga sudah mengikuti prosedur dan menerapkan protokol kesehatan. Sebagai wisatawan yang baik, ingat untuk selalu menjaga kebersihan.

Menarik Untuk Anda

Tempat Wisata di Kabupaten Malang

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Malang Terbaik 2022

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy LinkTempat Wisata di Kabupaten Malang – …