Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2022

Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2022

Tempat Wisata di Ponorogo – Menjelang akhir pekan atau libur sekolah, biasanya tempat wisata menjadi buruan masyarakat. Masyarakat kerap menghabiskan waktu libur mereka untuk berwisata ke luar maupun dalam kota, termasuk ke tempat wisata di Ponorogo.

Salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Timur ini cocok untuk Anda pilih sebagai destinasi liburan karena tempat-tempat wisatanya yang ciamik. Dengan mengelilingi Ponorogo, Anda dapat menikmati berbagai lokasi hiburan mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Daftar Tempat Wisata di Ponorogo

Tempat Wisata di Ponorogo
Tempat Wisata di Ponorogo

Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu wilayah yang layak mendapatkan banyak perhatian. Wilayah yang terkenal sebagai tempat lahirnya Jenang Mirah ini menyimpan banyak keunikan sehingga wajib Anda kunjungi saat liburan.

Seperti yang Anda ketahui, Kabupaten Ponorogo terkenal dengan kebudayaannya yang mendunia. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kabupaten ini. Selain itu, Ponorogo juga ternyata menyimpan berbagai destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

Tempat wisata di wilayah ini ternyata sebagian besar memamerkan keindahan alam. Wajib Anda masukkan ke dalam daftar daerah yang akan Anda kunjungi saat liburan, berikut beberapa tempat wisata yang paling terkenal di Kabupaten Ponorogo.

1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan sebuah danau yang terletak di daerah Ponorogo. Danau ini tentunya memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Selain menyimpan pemandangan alam yang indah, danau ini juga terkenal akan mitos mengenai asal-usulnya di kalangan masyarakat.

Danau ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hijau. Saat petang tiba, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam serta kelap-kelip lampu malam yang menawan.

Selain itu, di destinasi wisata yang satu ini, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan. Anda bisa menikmati telaga dengan menyewa perahu atau speed boat. Anda juga bisa bersantai dengan berkeliling menggunakan sepeda air.

Jika ingin lebih menguji adrenalin, Anda bisa mencoba menantangnya dengan wahana flying fox. Lokasi wisata ini juga menyediakan lahan untuk para wisatawan yang hendak berkemah di sekitar danau.

  • Letak: Desa Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB.
  • HTM: Rp 10.000

Harga tiket masuk tersebut, tidak termasuk dengan biaya berkeliling menggunakan perahu. Untuk menikmati wahana tersebut, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp 60.000 – Rp 100.000.

2. Air Terjun Kokok

Jika Anda menyukai petualangan, Anda bisa menjajal air terjun Kokok yang cukup jauh dari tengah kota. Untuk mengakses destinasi wisata alam ini, Anda perlu menempuh perjalanan dengan jalan setapak yang cukup jauh.

Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan sekitar 700 meter menuju destinasi wisata ini. Meski begitu, di sepanjang jalan, Anda akan menikmati pemandangan yang memanjakan mata serta deburan dari derasnya air sungai.

Keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini yaitu bebatuannya yang bertingkat. Bebatuan tersebut berhasil memecah air terjun sehingga terbagi menjadi beberapa bagian yang membuatnya lebih menawan.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Air terjun kurang lebih setinggi 30 meter ini memiliki air super sejuk yang bisa Anda nikmati. Air terjun ini juga dikelilingi oleh rindangnya pohon-pohon hijau yang menambah keindahan pemandangan di sekitarnya.

  • Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Pihak pengelola air terjun Kokok tidak memberikan informasi jam operasional. Sehingga, besar kemungkinan lokasi wisata ini bisa merubah waktu operasional sewaktu-waktu.
  • HTM: Rp 3000

Sebenarnya, untuk masuk ke lokasi wisata air terjun ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 3000 untuk biaya parkir.

3. Gunung Beruk

 

Gunung Beruk
https://www.instagram.com/nina_halerina/

Gunung Beruk merupakan destinasi wisata di Kabupaten Ponorogo yang tercipta berkat inisiatif masyarakat. Masyarakat memutuskan untuk membuka lokasi ini menjadi lokasi wisata karena dianggap memiliki pemandangan indah luar biasa.

Tempat wisata di Ponorogo ini menjadi terkenal di kalangan masyarakat karena menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang menawan. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi lokasi ini.

Wahana penunjang bagi wisatawan yang hendak menyaksikan indahnya pemandangan di lokasi ini yaitu dengan dibangunnya rumah. Rumah pohon tersebut dibangun di atas pohon pinus setinggi kurang lebih 20 meter.

Selain itu, Gunung Beruk juga dilengkapi wahana lainnya seperti lokasi outbound, gardu pandang, serta gazebo-gazebo yang cocok Anda gunakan untuk bersantai.

  • Lokasi: Desa Karang Patihan, Balong, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari, pukul 06.00 – 18.00 WIB.
  • HTM: Rp 3000

4. Mloko Sewu

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang tidak pernah tidak menyenangkan. Karena itu, banyak sekali lokasi wisata yang memanfaatkan ketinggiannya sebagai daya tarik, seperti Mloko Sewu ini.

Mloko Sewu merupakan bukit setinggi 800 mdpl yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang memukau dan memanjakan mata. Dari bukit ini, selain dapat menyaksikan hamparan pemandangan hijau, Anda juga dapat melihat indahnya Talaga Ngebel.

Di area tersebut, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan bersantai sambil berfoto-foto di atas ayunan atau miniatur kapal yang disediakan. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan matahari tenggelam saat petang tiba.

Mloko Sewu juga memiliki koleksi tanamanan bunga lebih dari 10 jenis. Bunga-bunga tersebut di antaranya yaitu bunga iler, bunga kertas, bunga matahari, jengger ayam, hingga kenikir. Area ini dilengkapi dengan lahan berkemah bagi Anda yang ingin menginap.

  • Lokasi: Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM: Rp 10.000

5. Coban Lawe

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam asli, Anda bisa coba mengunjungi air terjun Coban Lawe. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang indah tanpa sentuhan campur tangan manusia. Anda bisa menjajal indahnya air terjun Coban Lawe tersebut dengan berjalan kaki.

Hal tersebut karena letak air terjun ini masih terbilang cukup terpencil. Anda akan menyusuri hutan untuk menjangkau lokasi tersebut. Air terjun ini memang terletak di lebatnya area hutan lindung, atau tepatnya berada di lereng Gunung Wilis.

Tempat wisata di Ponorogo satu ini juga berlokasi tidak jauh dari kawasan wisata Telaga Ngebel. Di lokasi wisata ini, Anda dapat menikmati air terjun yang memiliki tingkatan menurut letaknya. Kabarnya, semakin tinggi air lokasi air terjunnya, maka semakin bagus juga pemandangan yang disuguhkannya.

  • Lokasi: Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM: Rp 5.000

6. Gunung Masjid

Anda pernah menonton film Teletubbies? Anda tahu indahnya bukit dalam serial film Teletubbies? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, untuk menikmati bukit Teletubbies Anda hanya perlu mengunjungi Gunung Masjid di Kabupaten Ponorogo.

Gunung Masjid terkenal dengan nama bukit Teletubies karena menyuguhkan hamparan rumput hijau seperti pada bukit dalam serial film Teletubbies. Selain itu, disebut Gunung Masjid juga karena beberapa gundukan bukitnya yang menyerupai kubah masjid.

Selain menikmati asrinya hamparan rumput hijau, di gunung ini juga Anda bisa menyaksikan langit yang berbalut lembayung senja saat matahari terbenam.

Meski pemandangannya tak tertandingi, jalan menuju Gunung Masjid cukup sulit untuk dilewati. Anda hanya bisa menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi dan berjalan kaki saat mendaki. Anda tentunya perlu berhati-hati karena jalanan cukup terjal dengan bebatuan dan jurang yang curam.

  • Lokasi: Dukuh Pandak, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB.
  • HTM: Gratis

Meski tidak ada harga khusus untuk tiket masuk, tapi pihak pengelola menyediakan kotak amal yang bisa Anda isi sebagai sumbangan untuk perawatan sarana dan prasarana di lokasi tersebut.

7. Pentas Reog

 

Pentas Reog
https://www.instagram.com/epri.eppio/

Reog Ponorogo merupakan kesenian khas Ponorogo yang paling terkenal di kalangan masyarakat. Bahkan, kesenian ini terkenal di negara-negara lain sehingga disebut sebagai ikon daerah Ponorogo yang mendunia.

Reog merupakan sebuah pertunjukkan seni di mana sang penari memakai Dadak Merak atau topeng besar yang menyerupai kepala harimau dengan ornamen bulu merak. Bulu merak pada topeng harimau tersebut membuat topeng menjadi sangat besar dan lebar.

Tidak main-main, topeng tersebut ternyata memiliki bobot mulai dari 50 – 100 kg. Tak heran, keunikan dari kesenian tersebut mendapat banyak perhatian dari wisatawan dunia.

Tak hanya orang bertopeng reog, pada kesenian ini juga terdapat beberapa penari lain yang memiliki peran berbeda. Para penari tersebut di antaranya yaitu Jatil, Warok, Klono Sewandono dan Bujang Ganong.

Pentas Reog biasanya digelar setiap tahun pada saat acara Grebeg Soro. Grebeg Suro sendiri digelar setiap tanggal 1 Muharram. Kegiatan ini biasanya dilakukan sambil berpawai mengelilingi kota dan berhenti di alun-alun kota untuk menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo.

  • Lokasi: Jl. Alun-alun Timur Barat No. 7, Mangkujayan, Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap tanggal 1 Muharram selama 24 jam
  • HTM: Gratis

8. Gunung Wilis

Gunung Wilis sebenarnya terletak di enam kabupaten yaitu di Ponorogo, Madiun, Kediri, Nganjuk, Tulungagung dan Trenggalek. Dengan puncak tertinggi setinggi 2.563 mdpl ini menjadi salah satu gunung yang populer di Jawa Timur selain Bromo.

Memiliki banyak puncak, puncak tertinggi dari gunung ini yaitu Puncak Liman. Untuk mencapai puncak tersebut, Anda bisa melewati beberapa jalur pendakian di antaranya yaitu jalur Mojo, Bajulan, Sedudo, Candi Penampihan, dan Kare.

Untuk dapat menginjakkan kaki di puncak tertinggi, Anda membutuhkan waktu pendakian sekitar delapan jam lamanya. Jalur pendakian yang ditawarkan juga tidak terlalu sulit.

Di sekitar area Wilis, Anda dapat menikmati berbagai objek wisata lain seperti air terjun. Selain itu, di puncak gunung ini juga Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa.

  • Letak: Kabupaten Ponorogo, Madiun, Kediri, Nganjuk, Tulungagung dan Trenggalek
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

9. Bukit Cumbri

Jika Anda ingin coba mendaki untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi Bukit Cumbri. Bukit Cumbri merupakan bukit yang memiliki ketinggian sekitar 638 mdpl. Ketinggian tersebut cocok untuk para pendaki pemula.

Untuk mencapai puncak dalam waktu yang singkat, Anda bisa mencoba jalur pendakian Pager Ukir yang terletak di Kabupaten Ponorogo. Jalur ini juga menjadi jalur pendakian paling banyak digunakan oleh pengunjung.

Melalui jalur pendakian tersebut, Anda akan bisa sampai di puncak hanya dengan memakan waktu sekitar 30 menit. Hal tersebut karena jalur ini memiliki jalan yang cukup mudah dilalui. Meski hanya jalan setapak, tapi tidak ada tanjakan yang terlalu curam.

Dari bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Lawu dari kejauhan. Selain itu, Anda juga dapat melihat Pegunungan Seribu yang menawan. Anda penikmat senja juga dapat menyaksikan proses matahari terbit dan terbenam saat cuaca cerah.

  • Letak: Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

Meski tidak perlu membayar tiket masuk untuk dapat menikmati lokasi wisata ini, Anda tetap perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 3000.

10. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk menjadi salah satu tempat wisata di Ponorogo yang wajib Anda sambangi di Kabupaten Ponorogo. Di lokasi tersebut, Anda dapat menikmati serunya bermain air yang bersih dan segar serta menikmati pemandangan yang masih asri.

Dikelilingi pepohonan hijau, Anda akan merasakan sensasi relaksasi saat berada di air terjun ini. Duduk-duduk di sekitar air terjun, Anda bisa menikmati desiran angin yang penuh kedamaian dan ketenangan.

Air Terjun Pletuk menjadi lokasi yang tepat jika Anda ingin berburu foto yang menarik dan instagenic. Di beberapa sudut kawasan wisata tersebut, terdapat beberapa spot foto yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sayangnya, selain hamparan pemandangan yang memanjakan mata, belum tersedia banyak fasilitas pendukung lainnya di lokasi ini. Meski begitu, Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk camping dengan area yang telah disediakan.

  • Lokasi: Kranggan, Setumbal, Jurug Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000

Tiket masuk Air Terjun Pletuk tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Selain itu, harga tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu.

11. Air Terjun Sunggah

 

Air Terjun Sunggah
https://www.instagram.com/eko.c.prasetyo/

Jika Anda masih ingin menikmati segarnya air dengan suasana yang masih asri, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sunggah sebagai destinasi wisata Ponorogo selanjutnya. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih original sehingga dapat memanjakan mata.

Air terjun setinggi kurang lebih 60 meter ini dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang menambah suasana menenangkan. Karena itu, jika Anda ingin menikmati kedamaian setelah melewati hiruk pikuk kota, maka lokasi ini adalah jawabannya.

Dari area parkir, Anda perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi utama. Saat perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan hijau dari persawahan serta pohon-pohon di sepanjang jalan. Pemandangan tersebut akan mengurangi rasa lelah Anda akibat berjalan.

Di area wisata, selain menikmati dingin dan segarnya air terjun, Anda juga akan menemukan beberapa spot foto menarik yang akan menambah keseruan. Fasilitas lain yang bisa Anda temukan antara lain ada gazebo serta kamar mandi.

  • Lokasi: Desa Sulur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

Meski tidak ada biaya khusus untuk tiket masuk, Anda akan tetap diminta untuk membayar parkir kendaraan sekitar Rp 3000.

12. Tumpak pare

Jika ingin menikmati suasana puncak dengan hutan pinus yang menawan, Anda bisa datang ke Tumpak Pare. Destinasi wisata ini cocok untuk bersantai karena memiliki suasana yang damai dan tenang.

Karena berada di puncak, Anda dapat menikmati pemandangan yang memanjakan mata. Hamparan rumput hijau yang menyelimuti bukit juga tentunya tidak kalah menarik.

Selain bersantai sambil menikmati pemandangan, di area ini juga Anda bisa berkemah bersama keluarga atau teman-teman dan menikmati kegiatan outbound yang seru dan menantang.

Anda juga tidak perlu khawatir, kawasan ini sangat bersih karena dikelola dengan baik. Selain itu, banyak juga terdapat warung-warung yang menjual makanan sehingga Anda tidak akan mungkin kelaparan.

  • Lokasi: Slorok, Cepoko, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

13. Puncak Pringgitan

Destinasi wisata puncak di Ponorogo selanjutnya yaitu Puncak Pringgitan. Puncak ini terkenal memiliki banyak pengunjung karena pemandangannya yang luar biasa. Di atas puncak ini, Anda dapat menikmati hamparan awan seolah berada di atas langit.

Selain hamparan awan, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang menawan. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan malam Ponorogo dari puncak ini. Anda dapat menyaksikan gemerlapnya lampu kota yang memanjakan mata.

Bagi Anda yang tidak puas jika hanya berkunjung sebentar, Anda dapat berkemah dengan memasang tenda dan peralatan lainnya yang Anda bawa sendiri. Di lokasi tersebut telah disediakan toilet serta mushola dan tempat beristirahat.

Dengan pemandangan dan suasana alam tersebut, Anda dapat mengambil banyak foto dari berbagai spot yang sangat menarik. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak juga tidak terlalu lama, yaitu hanya sekitar satu jam dengan berjalan kaki.

  • Lokasi: Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 25.000

14. Tanah Goyang

Jika Anda mencari lokasi untuk berkemah yang luas dan lapang, Anda bisa mencoba Tanah Goyang di Kabupaten Ponorogo. Lokasi ini menawarkan hamparan rumput hijau yang sangat luas dan cocok Anda jadikan lokasi untuk mendirikan tenda.

Meski terkesan sederhana karena hanya berupa dataran tinggi yang dipenuhi rumput, Tanah Goyang populer karena merupakan tempat yang pas untuk bersantai dan melepas penat.

Jika Anda beruntung, selain menikmati hamparan rumput yang luas, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang sangat menakjubkan. Pemandangan tersebut selalu banyak diincar dan tidak lekang oleh zaman.

Lokasi wisata ini juga cocok untuk Anda kunjungi jika Anda memiliki ketertarikan dalam bidang fotografi. Suasana serta pemandangan yang disuguhkan sangat cocok untuk Anda abadikan dalam sebuah foto.

  • Lokasi: Ngelo, Pudah, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Rp 5000

15. Taman Wisata Ngembang

Selain wisata puncak dan air terjun, di Kabupaten Ponorogo juga terdapat Taman Wisata Ngembang yang selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Taman ini selalu menjadi pilihan karena memang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik.

Memiliki udara yang sejuk, taman ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga yang hendak bersantai. Selain itu, Anda juga bisa membawa anak-anak karena tersedia kolam renang yang bersih dan terawat.

Selain itu, di lokasi ini juga terdapat berbagai wahana anak-anak yang menarik serta outbound dan kebun binatang mini yang dilengkapi berbagai koleksi hewan.

Tidak perlu khawatir, di lokasi ini juga disediakan kafe yang akan menemani liburan Anda agar terhindar dari kelaparan. Selain itu, terdapat juga toilet serta berbagai tempat istirahat yang nyaman.

  • Lokasi: Desa Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Sabtu – Kamis, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp 15.000

16. Kedung Kenthus

Anda pasti tidak asing dengan Green Canyon yang ada di Amerika bukan? Untuk menikmati keindahan sungai tersebut, Anda tentunya harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Hal tersebut tentunya cukup memberatkan bagi sebagian besar masyarakat.

Tapi tentunya tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat menikmati wisata dunia ini dengan versi lokal. Anda bisa coba mengunjungi Green Canyon Ponorogo yang memiliki suasana serta pemandangan tidak kalah menawan.

Green Canyon versi lokal tersebut terkenal dengan nama Kedung Kenthus. Lokasi wisata ini menarik dengan tebing-tebing batu yang menjulang di sekitarnya. Selain itu, di lokasi itu juga terdapat air yang terlihat seperti berada di dalam gentong berukuran sekitar 1 – 2 meter.

Di lokasi ini, Anda juga dapat menikmati hamparan persawahan yang sangat asri. Anda juga dapat menikmati sejuknya air Kedung Kenthus dengan berenang menggunakan ban pelampung yang telah disediakan.

  • Lokasi: Desa Jenangan, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

17. Kedung Gamping

Kedung Gamping
https://www.instagram.com/ponorogolagi/

Bosan dengan suasana perkotaan yang bising, ramai, dan dipenuhi polusi? Anda bisa coba mampir ke Kedung Gamping yang damai dan asri. Lokasi ini akan membawa pikiran Anda jauh dari sibuknya dunia kerja atau sekolah.

Kedung Gamping hadir dengan jernihnya air sungai yang masih alami dan terhindar dari berbagai jenis polusi. Air sungai yang bersih tersebut beradu dengan bebatuan di pinggir sungai sehingga pemandangan tampak lebih indah.

Lokasi ini cocok untuk berfoto karena pemandangannya yang sangat instagenic. Terlebih dengan deretan pohon-pohon hijau yang menambah kesegaran suasana di lokasi wisata tersebut. Anda juga bisa menikmati arus air dengan berenang.

Tidak perlu khawatir, destinasi wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti area parkir, mushala, toilet, serta rumah makan yang pastinya akan Anda butuhkan.

  • Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis

18. Makam Botoro Katong

Selain mengunjungi wisata alam yang menawarkan pemandangan memukau, Anda juga bisa berkunjung ke Kabupaten Ponorogo untuk berwisata spiritual. Wisata spiritual tersebut bisa Anda dapatkan di Makam Botoro Katong.

Makam Botoro Katong tidak pernah sepi akan pengunjung yang berziarah dan berdoa. Banyak masyarakat percaya bahwa dengan berziarah dan berdoa ke makam tersebut, maka doa mereka akan lebih cepat terkabul.

Menurut sejarah, Botoro Katong atau Bathara Katong sendiri merupakan salah satu anak dari Prabu Brawijaya V atau adik dari Raden Patah. Botoro Katong menginjakkan kaki di Kabupaten Ponorogo dalam misinya menyebarkan ajaran Islam.

Kental akan sejarah dan kisah spiritual, lokasi ini kerap menjadi pilihan wisatawan lokal maupun dari luar kota. Selain itu, makam yang memiliki tujuh buah gapura pintu ini juga memiliki daya tariknya sendiri. Tujuh gapura sendiri berarti jumlah lapisan langit menurut Al-Quran.

  • Lokasi: Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Gratis

Meski pihak pengelola tidak mematok harga pasti untuk memasuki kawasan ini, Anda bisa membayar seikhlasnya untuk bersedekah.

Itu dia beberapa rekomendasi dari VisitPare.com tempat wisata di Ponorogo yang wajib untuk Anda ketahui. Setelah mengetahui kesenian serta tempat wisata menarik di kabupaten tersebut, tidak ada salahnya untuk Anda mengunjungi Ponorogo saat libur tiba.

Dengan berbagai lokasi wisata menarik, Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu daerah yang selain memiliki kesenian khas beragam, juga kaya akan pemandangan alam menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *