Tempat Wisata di Tuban yang Hits, Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Tuban yang Hits, Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Tuban – Jika Anda menginginkan destinasi wisata baru di Provinsi Jawa Timur, maka Kabupaten Tuban bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Pasalnya, Kabupaten satu ini memang tidak dikenal sebagai kota wisata. Namun, tempat wisata di Tuban terbilang banyak dan sangat menarik.

Kabupaten Tuban merupakan lokasi yang cukup ideal di Provinsi Jawa Timur. Aksesnya yang berdekatan dengan kota-kota besar, membuatnya mudah untuk dikunjungi. Selain itu, Tuban juga memiliki pemandangan dan bentang alam yang indah.

Tempat Wisata di Tuban Wajib untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Tuban
Tempat Wisata di Tuban

Kabupaten Tuban juga memiliki daya tarik wisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata alam karena bentang alamnya yang alami dan indah, wisata modern, wisata bersama keluarga dan sebagainya. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan Tuban menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun tidak dipromosikan sebagai kota pariwisata, tapi sebenarnya tempat liburan di Tuban cukup banyak. Para pengunjung bisa memilih dan menyesuaikan destinasinya dengan tipe liburan yang mereka inginkan.

Saking banyaknya pilihan, besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk menentukan tempat wisata yang hendak dikunjungi. Karena itu, berikut ini akan diulas berbagai tempat wisata Tuban, daftar ini akan memudahkan Anda untuk memilih tempat wisata yang paling tepat untuk liburan Anda.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

1. Pantai Remen

Sesuai dengan nama pantainya, Pantai Remen berada di daerah yang disebut Remen. Remen merupakan nama desa pesisir yang ada di Kabupaten Tuban. Pantai Remen sudah terkenal sebagai tempat wisata pantai di Kabupaten satu ini.

Hal ini yang membuat pantai ini sudah memiliki cukup banyak fasilitas. Seperti toilet, tempat duduk, sampai pedagang makanan dan depot di sekitar pantai. Jika, Anda ingin menikmati pemandangan yang indah di pantai.

Namun, ingin wisata dengan fasilitas yang memadai, maka Pantai Remen bisa menjadi jawabannya. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan pemandangan laut yang sangat indah.

  • Alamat        : Remen, Kec. Jenu , Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta
https://www.instagram.com/bukitcinta_official/

 

Asal nama bukit cinta adalah karena adanya taman yang berbentuk hati pada puncak bukit tersebut. Daerah ini memang dikembangkan untuk menjadi salah satu tempat wisata di Tuban yang paling menarik.

Karena itu, pemerintah dan pengembang memaksimalkan objek wisata Bukit Cinta ini. Dengan menambah fasilitas dan spot foto di Bukit Cinta. Karena memang banyak orang yang mendatangi objek wisata ini untuk mendapatkan foto yang bagus.

Jika, Anda ingin mendapatkan foto dengan pemandangan yang indah. cocok untuk dipajang di sosial media. Maka, mengunjungi Bukit Cinta bisa menjadi pilihan yang sangat bagus.

  • Alamat        : Bektiharjo, Kec. Semanding,  Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 07.00 sampai 17.00 WIB.
  • HTM        : Rp10.000.

3. Berwisata di Wisata Tebing Pelangi

Objek wisata Tuban satu ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2018. Bermula dari bekas galian dan tambang pasir, para warga sekitar akhirnya mengelola dan menjadikannya tempat wisata. Para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan di atas tebing.

Sesuai dengan namanya, area tebing ini sudah dihias dan dicat sehingga menyerupai Pelangi. Para pengunjung tidak perlu khawatir soal fasilitas yang ada di tempat wisata ini, karena para pengelola sudah menyediakan fasilitas selengkap mungkin.

Mulai dari toilet, tempat ibadah, sampai wahana-wahana yang bisa dimainkan dan dinikmati di area Wisata Tebing Pelangi. HTMnya pun sangat terjangkau, bahkan para pengunjung hanya perlu membayar untuk area atau wahana tertentu saja.

Semenjak dibuka, lokasi wisata satu ini langsung menjadi objek wisata yang paling hits di Kabupaten Tuban. Karena itu, jika Anda mengunjungi Tuban, sepertinya cukup wajib untuk Anda berlibur di Wisata Tebing Pelangi.

  • Alamat        : Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kec. Merakurak, Kab. Tuban, Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 08.00 sampai 17.00 WIB.
  • HTM        : Rp20.000 per orang (gratis untuk anak-anak)

4. Menikmati Suasana di Alun-Alun Kota Tuban

Ketika mengunjungi tempat wisata di daerah Tuban, Anda pasti akan melewati Alun-Alun Tuban. Tidak ada salahnya untuk memarkirkan kendaraan dan menikmati suasana alun-alun di kota ini.

Terutama, jika Anda datang pada malam hari. Karena suasana alun-alun akan semakin semarak, meriah, dan pastinya menyenangkan. Anda juga bisa mencari berbagai kuliner lezat dan unik di sekitar alun-alun. Selain itu, akan ada beberapa atraksi yang umumnya diperuntukan bagi anak-anak.

Hal ini membuat alun-alun Kota Tuban ideal, baik bagi Anda yang berlibur sendiri, bersama teman, maupun membawa keluarga dan anak kecil. Apalagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali biaya makan dan parkir.

  • Alamat        : Alun-Alun Kota Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

5. Menelusuri Kampung Warna di Tuban

Kampung Warna di Tuban
https://www.instagram.com/yunandana__/

 

Bermula dari kampung kumuh dengan penataan tidak rapi, area perkampungan Kingking berubah menjadi daerah wisata yang penuh warna dan meriah. Sejak adanya revitalisasi, banyak rumah di area perkampungan ini yang diperbaiki dan dicat ulang.

Perbaikan ini membuat kampung Kingking menjadi cantik dan penuh warna. Banyak orang yang mengunjungi perkampungan ini untuk berwisata. Karena selain menjadi ramai, Kampung Warna juga jadi memiliki banyak spot foto yang instagramable.

Banyak orang datang berkunjung hanya untuk mengambil foto yang bagus. Jika Anda ingin memamerkan foto yang unik dan bagus di media sosial Anda, mengunjungi Kampung Warna di Tuban bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Tidak ada biaya tiket masuk yang pasti untuk Anda menelusuri Kampung Warna di Tuban ini. Anda bisa memberikan sumbangan seikhlasnya pada kotak yang disediakan. Biaya yang harus Anda keluarkan hanya biaya parkir.

Jika, Anda membawa kendaraan pribadi untuk mengunjungi lokasi wisata satu ini. Biaya parkirnya hanya Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk kendaraan mobil.

  • Alamat        : Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 08.00  sampai 21.00 WIB.
  • HTM        : Seikhlasnya

6. Menikmati Keindahan di Bukit Trantang

Jika Anda merasa bosan dengan pemandangan alam gunung yang begitu-begitu saja, mungkin Anda harus menjajal dan mengunjungi lokasi wisata di Tuban yang satu ini. Bukit Trantang merupakan batuan kapur cadas dengan figur alam yang sangat megah.

Karena kondisi alamnya yang cukup ideal ini, area Bukit Trantang seringkali dijadikan sebagai lokasi berlatih atlet paralayang baik dari Tuban maupun kota lain di Indonesia. Para pengunjung bisa menyaksikan aksi atlet saat berlatih.

Meski begitu, Anda dan para pengunjung lainnya belum bisa menikmati fasilitas paralayang. Karena memang kegiatan paralayang di area ini masih dikhususkan bagi para atlet saja. Namun, Anda tetap bisa menikmati pemandangan dari formasi batu cadas kapur yang alami.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit Trantang Tuban, pastikan untuk memiliki stamina yang kuat. Karena medan yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi cukup sulit. Karena sulit, pasti akan menguras tenaga para pengunjung juga.

  • Alamat        : Desa Trantang, Kec. Kerek, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam selama ada kegiatan.
  • HTM        : Gratis.

7. Menikmati Keindahan di Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip merupakan salah satu tempat wisata di Tuban yang terbilang masih tersembunyi. Memang tempat wisata satu ini belum banyak diketahui orang dan belum terlalu terekspos untuk masyarakat luas.

Selain memang tidak banyak orang yang mengetahui, akses untuk menuju air terjun Nglirip juga masih terbilang sulit. Hal ini karena terbatasnya fasilitas dan layanan yang ada di tempat wisata tersebut.

Namun, Anda dijamin tidak akan kecewa ketika mengunjungi objek wisata satu ini. Karena, Anda akan disambut dengan pemandangan yang begitu mempesona. Pertama, dari air terjun yang memiliki tinggi hingga 30 meter di antara bebatuan cadas dengan formasi indah.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam yang masih sangat terjaga di area ini. Berwisata di Air Terjun Nglirip sangat ideal bagi Anda yang ingin mencari keindahan alam, sekaligus wisata yang tenang untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

  • Alamat        : Desa Mulyo Agung, Kec. Singgahan, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 07.00 sampai 16.30 WIB.
  • HTM        : Rp 5000 per orang.

8. Pemandangan Indah di Watu Ondo Tuban

Watu Ondo Tuban
https://www.instagram.com/wahyu3727/

 

Jika Anda merasa memiliki fisik yang kuat untuk melakukan wisata dan menelusuri alam, maka destinasi wisata di Tuban yang bernama Watu Ondo bisa menjadi pilihan ideal. Di lokasi tersebut, Anda bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Untuk sampai di lokasi tersebut, Anda perlu melewati rute yang sulit dan cukup menguras tenaga. Apalagi, jalur yang terjal dan belum begitu bagus karena fasilitas wisata belum terlalu dikembangkan. Namun, hal inilah yang menjadi tantangan dan pengalaman tersendiri dari liburan Anda.

Meski begitu, Anda tidak akan menyesal apalagi setelah sampai di puncak Watu Ondo. Hal tersebut karena puncak tersebut menyajikan pemandangan yang indah sehingga akan membuat rasa lelah Anda hilang seketika.

Pemandangan indah tersebut berpadu dengan udara yang sejuk, angin dingin, serta pemandangan alam yang indah. Selain itu, di kejauhan Anda akan melihat kerlip lampu Tuban bagian kota. Paduan pemandangan ini pastinya akan sangat indah dan memanjakan mata.

  • Alamat        : Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur
  • Jam Buka    : 24 Jam
  • HTM        : Rp15.000 per orang.

9. Paling Unik di Pantai Cemara

Jika Anda berwisata di Pantai pastinya yang ada di pikiran Anda adalah pasir pantai, laut, dan pohon kelapa yang banyak tumbuh di area pantai. Namun, Anda akan mendapati hal yang berbeda jika datang ke tempat wisata pantai di Tuban satu ini.

Di lokasi wisata ini, Anda tidak akan melihat pohon kelapa di area pantai. Alih-alih pohon kelapa, Anda akan melihat banyak sekali pohon cemara yang berjajar di area pinggiran pantai. Hal ini membuat pantai di Tuban satu ini memiliki pemandangan yang sangat unik.

Hal ini juga yang menjadi asal nama pantai di Tuban satu ini, yaitu Pantai Cemara. Keberadaan pohon cemara di area sekitar pantai ini ternyata membuat suasana pantai menjadi lebih nyaman. Pantai yang identik dengan rasa panas dan gerah, menjadi sejuk dan nyaman.

Anda bisa duduk bersantai sambil beristirahat. Menikmati pemandangan laut yang indah di tempat yang teduh di sekitar area pohon cemara. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai. Namun, tidak tahan dengan panasnya cuaca pantai.

  • Alamat        : Jalan Raya Tuban–Semarang, Jabung, Desa Sugihwaras, Kab. Tuban, Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

10. Menyegarkan Diri di Pemandian Bektiharjo Tuban

Belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata di wilayah Tuban yang satu ini. Padahal, pemandian Bektiharjo Tuban terbilang tempat yang cukup bersejarah di Kota Tuban. Menurut legendanya, Bektiharjo merupakan tempat awal terbentuknya kota Tuban.

Hal ini karena Bektiharjo merupakan sumber air yang paling jernih di Kabupaten ini. Baik dari awal terbentuknya kota ini sampai berkembang hingga pada masa sekarang, mata air ini sempat menjadi sumber penghidupan bagi warga dan masyarakat Tuban.

Mata air ini menjadi sumber mata air yang tidak pernah surut. Bahkan kala musim kemarau melanda, air dari mata air ini terus melimpah, dan pastinya akan sangat segar untuk mandi karena sumber mata air yang masih asli ini.

Wisata Pemandian Bektiharjo ini sangat ideal bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Jadi, Anda bisa berenang dan mandi bersama-sama. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan teman maupun pasangan untuk menikmati jernihnya air dari pemandian satu ini.

  • Alamat        : Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam
  • HTM        : Rp10.000 per orang.

11. Pengalaman Baru Berwisata di Goa Suci Tuban

Goa Suci Tuban
https://www.instagram.com/helidanora/

 

Pemandangan gunung dan pantai mungkin banyak Anda temukan di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, bagaimana dengan pemandangan alam di dalam gua? Pastinya tidak semua wilayah di Indonesia memilikinya.

Salah satu gua yang menawan ternyata ada di Tuban. Nama tempat wisatanya adalah Gua Suci Toban. Tempat wisata ini dinamakan gua suci karena pemandangan gua yang memang sangatlah indah. Apalagi dengan cahaya alami yang turun dan menerangi bagian dalam gua.

Ternyata, gua ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Gua ini memang digali dan dibuat oleh prajurit Kerajaan Majapahit untuk berbagai keperluan pada masa itu. Sekarang gua ini menjadi destinasi yang menarik di Kabupaten Jawa Timur.

  • Alamat        : Karang Langan, Leran Wetan, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Weekdays Rp4000 per orang, Weekend Rp10.000 per orang.

12. Wisata Religi di Makam Sunan Bonang

Jika Anda mencari destinasi untuk wisata religi,  maka Kabupaten Tuban juga bisa menjadi tujuan yang tepat. Karena di lokasi ini, ada Makam Sunan Bonang yang menjadi tujuan banyak peziarah yang ada di Indonesia.

Banyak orang yang datang ke Makam Sunan Bonang untuk berdoa dan berziarah. Seiring dengan banyaknya peziarah yang datang, pihak pengelola pun memaksimalkan fasilitas yang ada di sekitar makam.

Mulai dari fasilitas kamar mandi dan toilet, tempat ibadah, tempat yang luas bagi para peziarah, sampai depot dan restoran. Jadi, Anda yang ingin yang berkunjung dan berziarah tidak perlu khawatir soal fasilitas dan kemudahan aksesnya.

Suasana ibadah dan berdoa pun bisa semakin khusyu dan nyaman untuk Anda. Sekalipun, ada banyak peziarah lain di sekitar Anda.

  • Alamat        : Makam Sunan Bonang, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

13. Wisata Religi Bagi Masyarakat Tionghoa di Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio
https://www.instagram.com/kwansingbiotuban2016/

 

Tidak hanya bagi masyarakat yang beragama muslim saja, ada juga destinasi wisata bagi Anda yang menganut keyakinan konfusianisme di Tuban, yaitu Klenteng Kwan Sing Bio.

Klenteng ini tidak hanya sekadar menjadi tempat wisata daerah Tuban saja, tidak juga hanya menjadi tempat masyarakat Tionghoa di Tuban dan sekitarnya untuk beribadah. Klenteng ini juga menjadi simbol toleransi di Indonesia, di mana ada klenteng yang didirikan di tanah para wali yaitu Tuban.

Ternyata, Klenteng ini tidak hanya menarik perhatian masyarakat lokal dan wisatawan Indonesia saja. Para pengunjung dari luar negeri utamanya dari China, Singapura, dan Malaysia juga tertarik untuk mengunjungi klenteng ini dan beribadah di klenteng ini.

  • Alamat        : Jalan RE. Martadinata Nomor 1, Karangsari, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

14. Berbelanja Batik di Kawasan Industri Batik Gedog

Tempat wisata Tuban yang bisa menjadi tujuan selanjutnya adalah kawasan industri Batik Gedog. Batik Gedog merupakan salah satu kerajinan tekstil yang sangat khas di daerah Tuban.

Nama Gedog sendiri berasal dari suara yang dihasilkan dari proses pembuatan kain satu ini, terutama dalam proses pemintalan benang dan cap batik yang dilakukan. Pada Kawasan industri ini, Anda bisa secara langsung menyaksikan proses pembuatan Batik Gedog.

Selain itu, Anda bisa langsung berbelanja hasil Batik Gedog yang diproduksi di Kawasan ini. Batik Gedog bisa menjadi salah satu koleksi unik kain batik Anda.

  • Alamat        : Desa Jarorejo, Kec. Kerek, Kab. Tuban, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam Buka    : 24 Jam.
  • HTM        : Gratis.

Itulah beberapa tempat wisata di Tuban yang VisitPare.com rekomendasikan bisa Anda kunjungi saat liburan. Mulai dari tempat wisata alam, untuk keluarga, sampai wisata religi. Anda bisa menyesuaikan tujuan destinasi wisata Anda dengan tipe liburan yang ingin dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *