Fakta Menarik Waduk Bendo Ponorogo

Liburan ke tempat wisata buatan juga tidak kalah menarik, sebab terdapat beberapa fakta unik yang bisa pengunjung temui. Waduk Bendo merupakan salah satu destinasi wisata buatan, yang mencuri perhatian dari berbagai kalangan masyarakat baik dari dalam maupun luar kota.

Waduk Bendo Mulai Berdiri

Waduk Bendo Mulai Berdiri
Source : https://i.ytimg.com/

Bendungan Bendo atau Sawoo mulai pemerintah bangun sejak tahun 2013, dan telah resmi buka pada 2021. Beragam manfaat bisa masyarakat dan penduduk luar daerah rasakan setelah pembangunan bendungan Sawoo, menariknya sekarang tempat ini telah menjadi destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

Pembangunan bendungan yang telah selesai, memiliki daya tarik tersendiri. Menariknya banyak pengunjung dari luar daerah berdatangan untuk menikmati bendungan Sawoo. Bendungan Sawoo pada awalnya pemerintah bangun untuk menyediakan aliran irigasi yang bagus pada lahan warga.

Fungsi dari pembangunan bendungan Sawoo awalnya untuk saluran irigasi sawah milik warga, namun seiring berjalannya waktu juga berguna sebagai sektor wisata. Bendungan Sawoo yang membentang dengan luar, serta keindahan alam sekitar menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari luar kota.

Mengenal Lebih Dekat dengan Waduk Bendo

Mengenal Lebih Dekat
Source : https://images.solopos.com/

Bendungan Sawoo dapat menampung 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektare. Pembuatan bendungan juga dapat berguna untuk pembangkit listrik tenaga air sebab alirannya cukup deras. Tempat untuk membangun waduk pada awalnya adalah perumahan milik warga sekitar.

89 KK yang terdapat pada lokasi waduk bendo pemerintah ganti jadi bangunan baru ke tempat jauh dari bendungan. Penggantian rumah milik warga sekitar merupakan tanggungan dari pemerintah, sehingga tidak merugikan penduduk. Pembangunan waduk juga memakan waktu hampir 8 tahun.

Selengkapnya >> Wisata Ponorogo Terbaru

Pembangunan bendungan yang telah selesai masyarakat gunakan sebagai sektor wisata, hal ini tentu saja memberikan pengaruh pada bidang ekonomi. Pengunjung dapat menikmati keindahan wisata bendungan, sambil menikmati kuliner khas kabupaten ponorogo sebab banyak warung sekitar lokasi.

Informasi Tambahan Waduk Bendo

Informasi Tambahan
Source : https://www.beritadaerah.co.id/

Bagi pengunjung yang berasap dari luar kota harus mematuhi segala aturan dari pihak pengelola, sebab untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa tidak menyenangkan. Berikut beberapa informasi tambahan terkait wisata bendungan Sawoo yang harus pengunjung ketahui, seperti:

  • Alamat: Ngindeng, Kec. Sawoo, Kab. Ponorogo
  • Jam Operasional: Buka setiap hari selama 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/qCyNH4hBAviEn2Vj6

Rute Menuju Lokasi Waduk Bendo Sawoo

Rute Menuju Lokasi Waduk Bendo Sawoo
Source : https://asset.kompas.com/

Lokasi waduk bendo dari kota memiliki jarak sekitar 14 km. Letak bendungan sangat strategis dari jalan alternatif kab Ponorogo – Trenggalek, tepatnya Mlarak ke arah timur. Jalan menuju lokasi cukup bagus, sehingga sangat aman untuk lalui kendaraan roda dua maupun empat.

Baca Juga : Berwisata di Gunung Bobrok Ponorogo

Liburan ke bendungan Sawoo seringkali menjadi pilihan anak muda, sebab terdapat warung kopi yang bisa pengunjung coba. Kondisi wisata yang cukup khas menjadi daya tarik kuat tempat wisata, sehingga tidak heran jika ramai pengunjung. Liburan sambil nikmati keindahan wisata tentu asik.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan wisata sambil berburu spot foto, sehingga tidak heran jika bendungan selalu ramai pengunjung. Hawa sejuk dan dingin juga bisa pengunjung rasakan saat tiba ke lokasi wisata, sehingga tidak heran jika menjadi pilihan pengunjung yang mengisi waktu libur.

Fakta Menarik Waduk Bendo

Fakta Menarik Waduk Bendo
Source : https://asset.kompas.com/

Bendungan ini kerap kali jadi perbincangan lantaran mampu tambung air dalam kapasitas besar. Hampir semua orang pasti senang melihatku rute dari keindahan bendungan dan alam sekitar. Debit air yang deras nampak buat wisatawan lebih rileks. Berikut beberapa fakta menarik bendi:

1. Nilai Investasi Capai Rp Rp 1,05 Triliun

Biaya untuk pembangunan waduk menghabiskan nominal terbilang fantastis. Alokasi biaya terbagi jadi 2 proses. Biaya sudah termasuk dengan pekerja dan pembangunan bendungan sampai rampung. Nilai investasi ini terbilang tinggi ketimbang sektor wisata lainnya. Fasilitas mewadahi turut menyertai

Pembangunan belum rampung tidak urungkan niat wisatawan untuk meninjau lokasi bendungan secara langsung. Fungsi  dari waduk terbilang cukup banyak sehingga keberadaannya membantu seluruh aspek kehidupan warga sekitar. Pembangunan lanjutan masih berlangsung sampai saat ini.

2. Mampu Mengaliri Irigasi 7.800 hektar

Kapasitas air besar terlebih saat musim hujan membuat masyarakat sekitar bisa penuhi kebutuhan sawah dan irigasi.  Sawah milik warga yang mendapat irigasi setidaknya mencapai 7.800 hektar. Musim kemarau tetap menjadikan kebutuhan irigasi masyarakat terpenuhi dengan baik dan cukup.

Baca Juga : Keraton Water Park Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Terpenuhinya kebutuhan irigasi membuat hasil pendapatan semakin meningkat dan warga bisa hidup lebih berkecukupan. Keberadaan irigasi membuat permasalahan kekeringan saat kemarau bisa teratasi dengan baik. Masalah banjir pada sekitar daerah Sawo juga sedikit berkurang saat ada bendo

3. Alat Kontruksi Pengeboran Tanah

Percepat pembangunan waduk bedo semakin terwujud saat memakai alat mewadahi. Alat Kontruksi Pengeboran membuat kedalaman semakin maksimal dan mampu membuat tampungan air semakin besar. Tampungan air besar dan debit melimpah membuat pemanfaatan lebih maksimal.

Alat Kontruksi mempercepat pembangunan sehingga pemanfaatan jauh lebih cepat sesuai rencana awal. Keberadaan pengeboran tanah jika memakai alat mampu menyiapkan serta mengupayakan pemakaian air berskala besar untuk tujuan irigasi, minum, dan kebutuhan hidup masyarakat lainnya.

4. Pembangunan Cukup Lama

Pemerintah dalam membangun bendungan butuh waktu setidaknya 5 tahun. Bendo mulai proses pembuatan pada tahun 2013 sampai 2019. Pengesahan bendungan turut libatkan presiden republik Indonesia yaitu Joko Widodo. Menjelang peresmian tempat selalu padat akan pengunjung lokal.

Proses pembuatan cukup lama ternyata mampu membuahkan hasil besar bagi masyarakat, pemerintah, dan oknum lainnya. Mayoritas pembuatan memerlukan waktu agak panjang lantaran harus ada izin dari warga setempat karena pemukiman ikut serta dalam perataan tanah

5. Pendongkrak Ekonomi Warga Sekitar

Bendungan mampu berguna untuk kehidupan masyarakat sekitar. Warga selalu memanfaatkan adanya destinasi wisata ini sebagai pemenuhan kebutuhan hidup sekaligus penambah penghasilan. Tidak jarang warga sekitar menjual beberapa produk pas untuk oleh-oleh pulang para wisatawan.

Warga sekitar mayoritas bekerja sebagai seorang petani dan pekebun. Keberadaan bendungan mampu dongkrak ekonomi lantaran kebutuhan irigasi terpenuhi dengan baik. Hasil peran serta dari pemerintah per tahunnya jumlah panen warga selalu bertanya secara signifikan.

Kegiatan Pengunjung

Pariwisata baru buka tapi tetap ada aktivitas yang bisa Anda lakukan jika datang di sini. Kegiatan berguna sebagai salah satu alternatif untuk isi waktu liburan. Tidak jarang wisatawan akan menjumpai beberapa aktivitas berikut ini:

  • Bersepeda
  • Fotografi
  • Penelitian

Manfaat Bendungan

Manfaat Bendungan
Source : https://asset.kompas.com/

Tidak hanya punya beberapa fakta menarik untuk orang-orang pelajari. Bendungan simpan banyak manfaat dan beragam jenis kegunaan untuk kehidupan sehari-hari. Manfaat dari bendungan umumnya meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

  • Memenuhi kebutuhan irigasi pertanian warga
  • Penambah penghasilan lantaran jadi destinasi pariwisata unggulan
  • Menyimpan cadangan air saat musim penghujan
  • Mencegah terjadinya banjir dan luapan air

Nah itulah sedikit informasi terkait fakta unik dari bendungan bendo yang sering buat wisatawan penasaran. Keindahan bentuk bendungan membuat liburan terasa nyaman dan lebih berkesan. Momen liburan menyenangkan dan penuh pengalaman ada di Ponorogo yaitu Waduk Bendo.