Waduk Dawuhan, Lokasi Wisata Madiun

Sudah pernah mendengar destinasi wisata Waduk Dawuhan? Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Madiun ini merupakan salah satu tempat cukup recommended untuk pengunjung. Selain memiliki suasana cukup tenang tentunya healing yang wisatawan cari betul-betul dirapatkan.

Informasi Sekilas Tentang Waduk Dawuhan 

Informasi Sekilas Tentang Waduk Dawuhan dari Kabupaten Madiun
Source : https://sikidang.com/

Waduk Dawuhan sebetulnya adalah sarana irigasi namun juga menjadi tempat wisata dengan luas mencapai 1200 m². Bahkan ternyata nilai keluasan dari tanahnya mampu mencakup 9 sawah dalam tiga Kecamatan sekaligus. Saat berkunjung tentu akan jadi panorama indah bagi pelancong.

Sedangkan lokasinya sendiri bertempatkan pada Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonosari Kabupaten Madiun. Seluruh pengunjung bisa datang ke lokasi ini kapanpun, karena memang sudah terbuka untuk umum. Dengan demikian bisa dikunjungi oleh orang dari luar kota.

Masih menjadi salah satu destinasi wisata unggulan menurut warga lokal sana. Karena memang berbagai macam selamanya cukup lengkap. Keindahan alamnya yang masih sangat asri tentunya jauh berbeda dengan kondisi perkotaan.

Rute Lengkap untuk Menuju Destinasi Wisata

Rute Lengkap untuk Menuju Destinasi Waduk Dawuhan
Source : https://sikidang.com/

Para pengunjung yang memutuskan untuk menuju Waduk Dawuhan tak perlu cemas karena ternyata aksesnya sudah sangat mudah sekali. Jadi, bisa mengekspornya meskipun memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Apabila membicarakan caranya sendiri jika dari kota Madiun kurang lebih 16 km. Jalan Setiaki dan menuju Jalan Sri Rejeki, lalu ambil jalur yang menuju arah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Dimong. Kemudian lurus saja dan masuklah ke arah Warung Pecel Mbah Su.

Tinggal lurus saja mengikuti rute dan ambil belokan menuju Jalan Raya Ngadirejo, nanti akan menemukan perempatan. Maka masuklah ke Jalan Basuki Rahmad dan ikuti jalanan lurus hingga muncul belokan lagi ke JL. Wonosari lalu ikuti jalan lagi hingga temukan Jln. Waduk Dawuhan.

Jam Operasional dan Tiket Menuju Wisata 

Jam Operasional dan Tiket Menuju Wisata Waduk Dawuhan
Source : https://sikidang.com/

Ketika memutuskan menuju ke Kabupaten Madiun untuk menghabiskan liburan, maka tak perlu cemas karena wilayah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang murah meriah. Salah satunya adalah Waduk Dawuhan karena bisa diekspor oleh keluarga sekalipun.

Harga tiket masuknya sendiri yaitu Rp3.000 saja untuk per orang. Namun ketika pengunjung membawa kendaraan maka bagi sepeda motor hanya perlu membayar Rp2.000 dan mobil Rp5.000. apabila melihat dari nominal tersebut tentunya sangat terjangkau sekali bukan.

Apalagi para pelancong nantinya bisa kapanpun memasuki Waduk Dawuhan karena buka setiap hari selama 24 jam. Menarik sekali bukan? Jadi lebih baik segera masukkan ke dalam list kunjungan saat liburan ke Madiun ya.

Beragam Daya Tarik Waduk Dawuhan

Beragam Daya Tarik Waduk Dawuhan
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Memang tak mungkin jika Waduk Dawuhan ini tidak memiliki daya tarik tersendiri. Karena jika melihat banyaknya para wisatawan berdatangan setiap weekend ataupun masa liburan panjang. Itulah kenapa berikut ini merupakan penjelasan dari keunikannya:

1. Menyuguhkan Pesona Keindahan Alam

Siapapun yang memutuskan berkunjung ke Waduk Dawuhan, pasti akan terhipnotis dengan keindahan alamnya. Bahkan ketika sudah nyaman pada area tersebut tentu tak mau kembali pulang. Tempat wisata ini memang sangat rekomended.

Dengan demikian rasa penat ataupun bosan pun bisa terlupakan karena bisa mengeksplore berbagai macam tempat yang instagramable. Waduk Dawuhan tersebut tidak bersama dengan keluarga ataupun sahabat tentunya liburan panjang bisa dilewati dengan kegiatan tak terlupakan.

2. Menjadi Tempat Paling Cocok untuk Camping

Apakah Anda merupakan orang yang sangat suka kemah? Maka Waduk Dawuhan ini cocok juga sebagai tempat camping bersama dengan teman ataupun keluarga. Anda pun akan merasakan keindahan malam di bawah langit berbintang.

Kemudian pada pagi hari bisa menikmati udara sejuk yang tentunya sangat sulit didapatkan ketika berada pada area perkotaan. Jangan lupa untuk menyiapkan persiapan peserta perlengkapan camping sendiri di rumah ya.

3. Berkeliling Waduk dengan Perahu

Daya tarik yang selalu menarik perhatian banyak orang adalah para pengelola telah menyiapkan penyewaan perahu. Dengan demikian seluruh pengunjung bisa mengekspor kawasan Waduk tersebut dan pastinya akan jadi kenangan indah.

Jangan lupakan saat berada di perahu juga untuk mengabadikan momen tersebut pada kamera. Dengan demikian bisa menjadi kenang-kenangan ataupun Anda upload ke akun media sosial seperti Instagram ataupun Facebook.

Ragam Fasilitas di Waduk Dawuhan

Ragam Fasilitas
Source : https://media.suara.com/

Karena termasuk menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai saat weekend ataupun liburan panjang. Bukan hal mengalahkan Apabila Anda akan menemukan banyak fasilitas. Berikut ini merupakan penjelasan dari apa saja fasilitas umum pada Waduk Dawuhan Kabupaten Madiun:

1. Lahan Tempat Parkir Sangat Aman

Bahan tempat parkir yang ada pada Waduk Dawuhan memang sengaja dibuat senyaman mungkin tidak jadi secara otomatis tidak akan membahayakan transportasi. Apalagi untuk harga parkirnya sendiri juga lumayan terjangkau karena akan melihat jenis kendaraannya.

Kemudian terdapat para petugas yang akan mengatur seluruh kendaraan agar tidak terjadi hal-hal buruk. Contohnya saja adalah tergores dengan sepeda motor lain, terdapat pencurian dan lain sebagainya.

2. Punya Warung Jajanan dan Rumah Makan

Biasanya ketika membawa keluarga dan ada anak-anak pasti membutuhkan camilan. Maka tak perlu cemas karena terdapat warung jajanan dengan menjual berbagai macam makanan ringan dengan harga terjangkau.

Namun apabila memang sudah sangat lapar dan waktunya makan siang maka bisa berkunjung ke salah satu rumah makan pada area Waduk Dawuhan tersebut. Nantinya Anda akan menemukan banyak sekali menu-menu masakan dengan harga murah dan pastinya lezat.

3. Area untuk Memancing dan Taman

Pagi beberapa orang yang sangat suka dengan kegiatan memancing, maka bisa masuk ke area tersebut. Waduk Dawuhan sendiri telah menyediakan fasilitas itu untuk menunjang berbagai macam kegiatan dari seluruh pengunjungnya.

Bahkan, para ibu-ibu juga bisa mengawasi anak-anak mereka dengan mengunjungi area taman bermain. Sembari menikmati seminar angin dan suasana sejuk tentu akan menjadi salah satu tempat healing paling oke bagi ibu rumah tangga.

Tips Berkunjung ke Waduk Dawuhan Madiun

Tips Berkunjung
Source : https://radarmadiun.jawapos.com/

Meskipun Anda masih berada di Kabupaten Madiun, Namun bukan berarti melewatkan beberapa tips liburan ketika ke waduk Dawuhan. Agar jauh lebih nyaman, maka berikut ini merupakan teknik-teknik berlibur bagi para pemula:

  • Bagi para pengunjung, alangkah baiknya mendatangi Waduk Dawuhan ketika pagi yang cerah karena pasti akan dapatkan pemandangan paling bagus. Namun saat sore hari para pengunjung juga bisa menikmati keindahan sunset.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kamera ataupun mencharger handphone sampai full untuk digunakan sebagai sarana mengambil foto-foto terbaik yang instagramable.
  • Jangan lupakan untuk membawa budget lebih, karena pastinya sangat butuh biaya tambahan jika ingin menikmati banyak wahana.
  • Segera periapkan membawa obat-obatan jika kerja terjadi hal-hal yang di luar keinginan.
  • Seluruh wisatawan dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.

Itulah sekilas informasi tentang bagaimana keunikan beserta fasilitas dari Waduk Dawuhan untuk para pengunjung. Semoga saja dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda semua jika belum pernah mendatangi area tersebut.

 

 

Tinggalkan komentar