Waduk Jambe Plandaan Jombang, Suasana Tenang Indah

Jombang memang tidak pernah ada habisnya memunculkan destinasi wisata baru. Baik itu air terjun, taman, perkebunan, dan sekarang ada Waduk Jambe Plandaan. Seperti namanya tempat wisata ini memang sebuah waduk dengan pemandangan alam luar biasa. Dapatkan ketenangan sesungguhnya.

Waduk Jambe Plandaan

Waduk Jambe Plandaan
Source : https://1.bp.blogspot.com

Waduk Jambe adalah wisata waduk di Jombang dengan alam sebagai daya tarik utamanya. Dan perlu Anda ketahui pula tempat ini menjadi surganya para pecinta aktivitas memancing. Apalagi dengan pemandangan di sekeliling waduk yang hijau nan asri.

Bacaan Lainnya

Tentu menunggu kail mendapat ikan tidak jadi membosankan. Bisa dibilang tempat ini tidak pernah sepi pemancing, walaupun sudah malam sekalipun. Waktu tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar berburu ikan air tawar di Waduk Jambe.

Cocok juga sebagai destinasi wisata liburan keluarga yang membutuhkan suasana santai, damai, dan luas. Meski populer di kalangan pemancing, belum banyak yang tahu mengenai tempat ini. Nah, supaya lebih tahu Jombang, tidak ada salahnya ke Waduk Jambe

Daya Tarik Waduk Jambe

Daya Tarik
Source : https://www.tempatwisata.pro

Salah satu wisata di Jombang dengan berbagai aktivitas seru. Poin tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk menggaet wisatawan. Mengingat alamnya yang cukup potensial, ini dia daya tarik dari Waduk Jambe di Plandaan.

1. Pemandangan Alam Terbuka

Bosan berkunjung ke tempat ramai dengan nuansa monoton. Waduk Jambe menawarkan panorama alam khas pedesaan dengan landscape dataran hijau. Tidak ada rumput sintetis, yang ada hanya tumbuhan alami. Begitu pula dengan rimbunnya dedaunan pohon.

Pemandangan tersebut tentu sangat jarang bisa dijumpai di perkotaan. Apalagi udara sejuk sebab banyak penghasil oksigen. Sesekali terlihat sekelompok burung terbang melintasi awan. Di sinilah, pengunjung bisa merasakan berlibur di alam terbuka.

2. Udaranya Sejuk

Perlu Anda ketahui bahwa Waduk Sermo terbilang cukup jauh dari riuhnya kendaraan. Itulah kenapa area ini bebas polusi knalpot motor. Apalagi dengan pepohonan yang mengitarinya. Tentu membuat oksigen berlimpah.

Pengunjung jadi bebas sesak sebab bisa menghirup udara segar. Cocok sekali untuk mereka yang memang merindukan suasana tenang. Rasakan hembusan angin yang menerpa tubuh hingga dedaunan. Menciptakan sensasi yang luar biasa dan pastinya bikin kangen.

3. Air Telaga yang Tenang

Pemandangan utama dari tempat wisata ini adalah air telaga yang tenang dan mendamaikan. Di mana Anda akan ikut terbawa dengan suasana yang ada. Apalagi melihat pantulan langit di air. Menimbulkan bias kebiruan yang memukau.

Tepat sekali menjadi tempat healing di akhir pekan. Sebab, liburan pada dasarnya adalah beristirahat dan melakukan hal menyenangkan untuk kesehatan mental. Jangan pelit terhadap diri sendiri. Lakukan hobi Anda tidak perlu melulu di tempat mewah.

4. Tempat untuk Pemancing Ikan

Nah, aktivitas menarik yang juga menjadi daya tarik dari Waduk Jambe adalah menjadi lokasi pancing. Di sinilah orang dengan kesamaan hobi berkumpul. Sebagai waduk di Plandaan, tentu menyimpan kekayaan alam di balik tenangnya air.

Di mana pengunjung dapat menemukan ragam ikan di dalam waduk tersebut. Anda bisa membawa sendiri alat pancing beserta umpan untuk memancing di Waduk Jambe. Bahkan hasil tangkapan bisa langsung di bawa pulang tanpa harus bayar ongkos lagi.

5. Naik Mobil Air

Ada satu wahana yang ada di Waduk Jambe Plandaan yaitu mobil air. Kendaraan ini dicat mencolok yakni berwarna kuning cerah. Pengunjung bisa menaiki kendaraan tersebut untuk berkeliling sejenak di waduk. Kendati demikian tetap perhatikan keamanan.

Mengelilingi telaga dengan air yang tenang menjadi aktivitas seru. Apalagi jika melakukannya bersama keluarga tentu jadi pengalaman tak terlupakan. Luasnya perairan hingga langit yang begitu menawan memberikan kesan tersendiri.

6. Pemandangan Matahari Terbenam

Siapa yang tidak suka fenomena alam seperti sunset. Bahkan kehadirannya selalu ditunggu. Di mana cahaya jingga mulai berkilauan seolah hendak menyambut malam. Nah, di Waduk Jambe sendiri pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbenam di balik pepohonan.

Saat senja mulai datang, langit pun turut berwarna kemerahan. Di mana gradasi tersebut menimbulkan bayang indah pada air di Waduk Jambe. Tentu akan menjadi foto yang instagenik jika Anda berhasil mengabadikannya.

7. Area Piknik Asik

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa Waduk Jambe memiliki pemandangan alam khas pedesaan yang menenangkan. Kondisi tersebut membuat area ini menjadi lokasi piknik yang menarik. Anda bisa berkunjung bersama keluarga dengan membawa bekal seadanya.

Tentu saja lengkap dengan tikar sebagai alas. Duduk bersantai di tepian waduk sambil menikmati pemandangan sekitar. Tentu akan jadi liburan menyenangkan hemat budget.

Asal-usul Waduk Jambe

Asal-usul
Source : https://lh5.googleusercontent.com

Mengenai asal-usul waduk Jambe ini hanya bisa didapatkan menurut cerita atau bahkan kabar yang beredar di masyarakat sekitar. Memurut salah satu warga di Desa Jambe, waduk tersebut termasuk dalam wisata buatan.

Di mana dulunya area tersebut merupakan pematang sawah masyarakat. Tidak jauh dari area pertanian tersebut terdapat sungai dengan aliran yang deras. Untuk menjaga keamanan penduduk desa, maka sawah tersebut dibendung yang akhirnya menjadi Waduk Jambe.

Terlepas dari kisah tersebut, waduk yang satu ini merupakan produk dari alam. Apalagi sampai saat ini belum banyak konstruksi yang terjadi di sana. Itulah kenapa fasilitas juga minim. Kendati demikian, wisata ini tetap layak jadi kunjungan saat akhir pekan.

Jam Buka Waduk Jambe

Jam Buka
Source : https://2.bp.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada batas waktu untuk mengunjungi Waduk Jambe. Namun karena alasan keamanan, masyarakat sekitar menetapkan jam kunjungan. Anda bisa datang mulai pukul 07.00 sampai 17.00. kendati demikian waktu malam pun kadang dimanfaatkan masyarakat untuk memancing.

Waktu paling tepat datang kesini tentu saat hari biasa. Di mana pemancing tidak terlalu ramai. Ikan di waduk tersedia secara alami, bukan hasil peliharaan atau sengaja diadakan. Pasalnya air tersebut merupakan luapan dari sungai yang mengalir deras.

Memancing sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi memang kenikmatan luar biasa. Potensi Jombang menyediakan tempat wisata juga tidak kalah epik. Hanya saja memang perlu pengembangan serta perawatan mendetail terkait tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Alamat Waduk Jambe

Harga Tiket Masuk dan Alamat Waduk Jambe
Source : https://direktoripariwisata.id

Harga tiket masuk biasanya berbeda antara hari biasa dan hari libur. Namun ketentuan tersebut tidak berlaku untuk Waduk Jambe. Sebab pengunjung bisa masuk secara gratis tanpa pungutan biaya.

Tentu saja ini menjadi momen bagus di kala butuh hiburan tapi ongkos minim. Ajak banyak teman agar makin ramai. Untuk menuju ke destinasi wisata tersebut datanglah ke desa Jambe, Plandaan, Jombang. Kondisi jalannya sudah beraspal sehingga tidak terlalu membutuhkan effort.

Bagi pengunjung baru dan masih awam mengenai jalan atau rute ke waduk. Bisa akses google map dengan koneksi internet memadai. Sampai di desa, bertanyalah ke masyarakat sekitar titik utama wisata tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai Waduk Jambe Plandaan yang cocok menjadi tempat wisata para pemancing. Suasana tenang, pemandangan bagus menjadi bonus untuk menunggu ikan memakan umpan. Segera rencanakan perjalanan liburan kesini.