Kabupaten Madiun merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam salah satunya ialah Waduk Notopuro. Mungkin sebagian orang dari luar kota masih belum mengenal tempat rekreasi ini. Alhasil perlu sekali mengetahui informasi lebih jelasnya.

Ulasan Sekilas Tentang Wisata Waduk Notopuro

Ulasan Sekilas Tentang Wisata Waduk Notopuro
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Menjadi salah satu destinasi wisata yang recommended, tak ayal menjadikan Waduk Notopuro Ini Selalu ramai oleh pengunjung saat liburan tiba. Lokasinya memang unik karena memiliki banyak sekali Wahana menarik dan bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung.

Alamatnya sendiri yaitu bertempatkan pada Dusun Notopuro, Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun provinsi Jawa Timur. Uniknya lagi adalah ternyata wisata tersebut sebetulnya merupakan irigasi persawahan dari penduduk lokal di sana.

Walaupun demikian koma, keberadaannya ternyata memang mampu menarik wisatawan. Selain memiliki ukuran waduk lumayan besar tentu saja kondisi dari alamnya cukup Indah. Terlebih lagi sekitarnya adalah area persawahan.

Baca Juga : 28 Tempat Wisata di Kabupaten Madiun Lengkap dan Terbaru

Rute Perjalanan dari Perkotaan ke Waduk 

Rute Perjalanan dari Perkotaan
Source : https://www.jejakpiknik.com/

Jika memutuskan untuk berkunjung ke waduk tersebut maka pastinya harus mengetahui bagaimana akses jalannya. Jangan sampai kesasar, karena hal tersebut malah akan menyia-nyiakan waktu. Apabila belum tahu betul rute perjalanan, bisa menggunakan Google Maps.

Biasanya perjalanan akan dimulai dari Kota Madiun yaitu bertempatkan di alun-alun kota. Nantinya perlu mengambil Jalan Raya Madiun Nganjuk. Setelah itu bisa mengambil arah Surabaya dan babat, dan menuju Caruban.

Nantinya hanya ikuti alur perjalanan paling dekat dari Google Maps tersebut. Alhasil bisa sampai tujuan dengan selamat tanpa kesasar dan tentunya bisa menghemat bahan bakar ataupun tenaga dari sang supir.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/CXZLtRmDEtbiso5LA

Jam Buka dan Harga Masuk Wisata 

Jam Buka dan Harga Masuk
Source : https://i.ytimg.com/

Waduk Notopuro merupakan destinasi wisata yang sangat murah dan bisa anda kunjungi kapanpun karena buka selama 24 jam. Namun biasanya kebanyakan orang-orang akan lebih memilih pagi sampai sore hari saja. Karena pastinya saat malam hari kondisinya cukup gelap.

Sedangkan, untuk permasalahan dari biaya tiket masuknya sendiri sama sekali tak ada pungutan. Alhasil sangat cocok untuk keluarga yang mau habiskan liburan murah. Karena pastinya hanya perlu menyiapkan budget untuk membeli cemilan ataupun makanan.

Informasi seperti ini, tentu saja sangat penting untuk pembaca ketahui jika memutuskan berlibur ke suatu tempat. Karena nantinya dari rumah sudah melakukan persiapan dengan baik. Entah itu memulai waktu keberangkatan, hingga permasalahan budgetnya.

Daya Tarik dari Destinasi Wisata Waduk Notopuro 

Daya Tarik dari Destinasi Wisata Waduk Notopuro Kabupaten Madiun
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Daya tarik yang dimiliki oleh waduk Notopuro sendiri cukup menyenangkan. Karena seluruh pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana. Agar jauh lebih jelas, maka berikut ini merupakan keunikan dari destinasi tersebut:

1. Tempat untuk Memancing

Keunikan pertama yang dimiliki oleh Waduk ini ternyata sering menjadi lokasi untuk memancing. Meskipun sudah beralih menjadi sarana rekreasi untuk remaja ataupun keluarga. Namun rupanya masih banyak sekali warga lokal melakukan kegiatan tersebut.

Nantinya seluruh wisatawan pada Waduk tersebut juga bisa melakukan kegiatan memancing. Asalkan membawa peralatan pancing sendiri dan membeli umpannya. Jika Anda sangat suka dengan aktivitas ini maka destinasi tersebut cocok sekali untuk jadi list kunjungan.

Baca Juga : Gunung Wilis Madiun

2. Merupakan Waduk Tadah Hujan

Sebetulnya Waduk Notopuro ini mempunyai sebuah sifat sebagai tempat pada hujan. Dengan demikian, mampu menampung air dari resapan-resapan yang ada pada sekitar hutan lereng gunung pandan.

Apalagi juga merupakan sarana irigasi serta budidaya ikan. Menjadikan tempat tersebut sangat cocok sekali sebagai sarana rekreasi bagi keluarga. Meskipun kebanyakan para pengunjung merupakan pemancing dari luar kota, namun tetap suasananya cukup menenangkan.

3. Hunting Foto dengan Objek Waduk Notopuro

Jalan-jalan ke destinasi wisata tentu bersama dengan sahabat, ataupun keluarga bukan? Alhasil kegiatan seperti ini kerap kali menjadi waktu paling tepat untuk hunting foto. Dengan objek pemandangan Waduk Notopuro tentunya bisa dapatkan gambar yang bagus.

Apalagi ketika Anda memutuskan datang saat sore hari, karena pastinya akan jauh lebih indah pemandangannya dengan kondisi langit berwarna orange. Pasti akan jadi background Instagramable dan cocok di-upload pada akun media sosial.

Fasilitas Dalam Objek Wisata Waduk Notopuro

Fasilitas Dalam Objek Wisata Waduk Notopuro
Source : https://cdn.antaranews.com/

Beragam fasilitas yang dimiliki pada Waduk Notopuro sendiri mampu menunjang berbagai macam aktivitas. Dengan demikian pariwisata pun merasa nyaman ketika datang ke tempat ini bersama dengan keluarga tercinta. Maka berikut ini adalah informasi dari segala macam fasilitasnya:

1. Memiliki Area Parkir

Area parkir meskipun merupakan hal remeh tapi sebetulnya ini merupakan fasilitas penting. Nantinya seluruh pengunjung bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan nyaman tanpa khawatir. Pihak pengelola Waduk Notopuro sendiri telah menyediakan arena khusus.

Para pengunjung yang membawa kendaraan roda dua ataupun empat, tak perlu lagi merasa kerepotan untuk mencari area parkir. Karena hal ini sudah tersedia sejak lama dan pastinya sangat nyaman untuk seluruh pengguna.

Baca Juga : Wisata Watu Rumpuk Madiun

2. Memiliki Rest Area

Rest area rupanya juga tersedia pada destinasi wisata ini dan tepat pada area Waduk Notopuro. Dengan demikian seluruh pengunjung bisa melepas penat atau penuhlah dengan bersantai selama beberapa saat. Karena sudah melakukan perjalanan cukup jauh.

Biasanya area seperti ini, sering terpakai untuk orang-orang jika ingin menyantap makanan yang sudah mereka bawa dari rumah. Apalagi jika memakannya bersama dengan anggota keluarga bersama-sama pasti jauh lebih nikmat.

3. Memiliki Tempat untuk Beribadah

Tempat untuk beribadah merupakan sarana paling dibutuhkan oleh siapapun ketika berada pada destinasi wisata. Para pengunjung nantinya tak perlu cemas, karena terdapat mushola untuk seluruh wisatawan beragama Islam. Sebab, pasti tak mau jika sampai terlambat laksanakan ibadah.

Meskipun mushola tersebut memang tak terlalu besar, namun tentu saja masih mampu menampung kegiatan beribadah para pengunjung secara pergantian. Itulah kenapa, banyak para wisatawan suka berlama-lama pada wisata Waduk Notopuro.

4. Banyak Rumah Makan

Kawasan Waduk Notopuro, rupanya juga terdapat beberapa rumah makan dengan menyediakan banyak sekali masakan serta minuman lezat. Ini sangat cocok sekali untuk para pengunjung yang sudah habis perlengkapan perbekalannya.

Dengan demikian, sehabis menyusuri atau bermain pada waduk bisa memulihkan tenaga dengan menyantap makanan lezat pada rumah makan. Sedangkan harganya sendiri juga cukup terjangkau dan tentu saja masih ramah di kantong.

5. Memiliki Toko Kerajinan

Mungkin sebagian orang tak akan tertarik jika mendatangi toko-toko kerajinan. Namun saat berwisata biasanya malah menjadikannya sebagai barang oleh-oleh untuk teman-teman ataupun keluarga tercinta.

Letak dari tokoh-tokoh tersebut ternyata cukup berdekatan dengan lokasi mushola. Dengan demikian, sehabis melaksanakan ibadah bisa langsung melihat berbagai macam produk kerajinan tersebut. Pasti akan temukan barang-barang menarik untuk menjadi kenang-kenangan.

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda tentang serunya berwisata ke Waduk Notopuro Kabupaten Madiun bersama keluarga. Dengan adanya ulasan tersebut, tentunya ialah keputusan terbaik untuk mendatangi tempat rekreasi tersebut bukan.

Bagikan: