Wisata Utama Watu Putih Ponorogo

Liburan ke alam terbuka, tentu saja menjadi pilihan beberapa orang. Alam terbuka memiliki keindahan wisata yang cukup memuaskan, seperti watu putih. Nama destinasi wisata alam yang satu ini sedikit unik, sehingga tidak heran jika ba tak pengunjung rela datang jauh-jauh ke lokasi tersebut.

Asal Usul Watu Putih

Asal Usul Batu Putih
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Nama watu dalam bahasa Jawa memiliki arti batu. Destinasi wisata yang satu ini cukup unik sebab terdapat batu berwarna putih. Bangunan ini awalnya adalah restoran yang belum selesai berdiri dan berubah terbengkalai. Masyarakat memanfaatkan bangunan terbengkalai menjadi destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

Destinasi wisata yang berupa batu putih menarik perhatian banyak pengunjung, sebab pemandangannya cukup memanjakan mata. Pengunjung yang datang saat cuaca cerah juga bisa menikmati keindahan bukit serta bangunan candi Borobudur.

Masyarakat Ngrayun Ponorogo sangat merawat wisata tersebut. Destinasi wisata batu putih sering pengunjung pilih saat liburan ke candi Borobudur, sebab jaraknya cukup dekat. Pemandangan alam yang terlihat dari atas batu cukup mempesona mata pengunjungnya.

Mengenal Watu Putih

Mengenal Lebih Dekat dengan Batu Putih
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Batu putih menjadi salah satu destinasi wisata alam kebanggaan kabupaten Ponorogo. View alam yang sangat indah, bisa pengunjung manfaatkan untuk mengisi waktu liburan. Lokasi wisata yang bisa pengunjung temukan dengan mudah, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Destinasi wisata alam yang berupa batu-batu pada atas ketinggian atau bukit menjadi daya tarik bagi pecinta petualangan. Beragam aktivitas bisa pengunjung lakukan ketika mengunjungi watu putih. Lokasi batu putih yang berada pada tengah-tengah hutan Pinus membuat udaranya cukup segar.

Pengunjung bisa menikmati keindahan pohon Pinus sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata. Pohon pinus yang menjulang tinggi, menambahkan panorama alam wisata tersebut. Menariknya pengunjung juga bisa memanfaatkan pohon pinus sebagai objek fotografi.

Informasi Tambahan Watu Putih

Informasi Tambahan
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Pengunjung yang berasal dari luar kota, tetap bisa menikmati keindahan batu putih, namun sebelum itu harus memahami terkait jam operasional hingga rute menuju lokasi wisata. Berikut beberapa informasi yang harus pengunjung perhatikan:

  • Alamat :Desa. Tanjung, Kec.Ngrayun, Kab.Ponorogo, Jawa Timur.
  • Jam Operasional: Buka setiap hari selama 24 jam
  • Harga Tiket : Tidak berbayar atau gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/jtmZ4SGQwnNG2w4eA

Rute Menuju Lokasi Watu Putih

Rute Menuju Lokasi Batu Putih
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Pengunjung yang ingin mengunjungi watu putih dapat mengambil jalur menuju kecamatan Ngrayun kemudian teruskan ke arah Jetis. Perjalanan dari pasar Jetis bisa pengunjung lanjutkan menuju ke Bungkal kemudian lurus terus sampai menemukan perempatan dan pilih kecamatan Ngrayun.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Jalur menuju lokasi bisa terus pengunjung lalui dengan menemui pasar Ngrayun. Perjalanan bisa pengunjung teruskan dari arah pasar  Ngrayun lurus terus, kemudian terdapat pertigaan ambil belok ke kanan. Pengunjung dapat melakukan perjalanan sampai menemui lokasi wisata kanan jalan.

Lokasi wisata cenderung mudah pengunjung temui, namun apabila tetap kesulitan Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Rute menuju lokasi juga mudah, sehingga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Pengunjung dapat berjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi wisata.

Daya Tarik Watu Putih

Daya Tarik
Source : https://o-cdf.sirclocdn.com/

Keindahan alam yang terlihat dari atas batu putih, tidak bisa pengunjung tolak lagi. Udaranya yang sejuk menjadi salah satu ciri khas destinasi wisata alam tersebut. Berikut ini beberapa daya tarik yang terdapat pada batu putih, yakni :

1. Memiliki Hutan Pinus

Pengunjung akan merasa puas saat liburan ke batu putih, sebab sepanjang perjalanan menuju lokasi akan tersuguhkan dengan hutan Pinus yang menjulang tinggi. Pengunjung juga bisa memanfaatkan pohon pinus untuk spot foto atau objek fotografi, sehingga hasilnya lebih aesthetic.

Baca Juga : Gita Waterpark Ponorogo Regency

Pohon pinus yang tumbuh mengelilingi batu putih menambah panorama alam sekitar lokasi wisata. Hawa dingin dan sejuk biasanya berasal dari pohon ini, menariknya pengunjung juga bisa melihat sukses dari atas batu putih. Hutan pinus yang memiliki warna hijau memiliki daya tarik tersendiri.

2. Bukit

Wisata alam yang berada pada ketinggian, memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati berbagai bukti-bukit gagah. Bukit yang terdapat pada daerah lain bisa pengunjung nikmati dengan bebas saat mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Beragam aktivitas bisa pengunjung lakukan sambil menikmati keindahan alam yang terdapat pada lokasi wisata. Pengunjung biasanya memilih lokasi wisata ini untuk menikmati sunset atau sekedar melakukan petualangan saja, sebab jalur menuju lokasi cukup aman dan tidak membahayakan.

3. Jalur Mudah

Destinasi wisata alam yang menjadi andalan masyarakat Ngrayun, membuat baru putih selalu terjaga dengan baik. Menariknya rute menuju tempat wisata sangat aman, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan tergelincir saat akan liburan. Jalan menuju ke atas watu putih cukup aman.

Jalur menuju watu putih yang cukup mudah tentu menjadi perhatian pengunjung ketika akan liburan ke suatu tempat. Keindahan alamnya yang cukup nyata serta tarif masuk tidak berbayar atau gratis juga menjadi daya tarik tersendiri wisata tersebut. Hal inilah yang membuat wisata ramai pengunjung.

Aktivitas di Watu Putih

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan
Source : https://statics.indozone.news/

Beragam aktivitas bisa pengunjung lakukan saat tiba pada lokasi wisata. Panorama alam yang cukup kental membuat banyak pengunjung tertarik ke wisata ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengisi waktu liburan ke batu putih, seperti:

1. Trekking

Mobil dan motor tidak bisa melintasi jalan menuju tempat wisata, sehingga pengunjung perlu jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke atas batu putih. Aktivitas trekking akan menyenangkan sebab pemandangan alam yang memukau bisa pengunjung nikmati sepanjang perjalanan.

Baca Juga : Kolam Renang Kintamani Waterpark Ponorogo

Trekking biasanya menjadi pilihan Pemuda yang akan mengisi waktu liburan untuk petualangan. Menariknya wisata ini sangat cocok untuk pengunjung pilih, sebab banyak keindahan alam tersaji dengan jelas dan nyata.

2. Menikmati Sunset

Lokasi wisata yang berada dalam ketinggian membuat batu putih cocok untuk menikmati keindahan sunset. Bukit tinggi dan gagah juga bisa pengunjung nikmati saat cuaca cerah, alasan inilah yang membuat pengunjung rela datang jauh dari luar kota. Hawa dingin menjadi ciri khas wisata tersebut.

Matahari menjadi salah satu benda langit yang sering mendapatkan perhatian dari semua orang, bahkan proses terbit dan tenggelamnya sangat bagus. Proses terbit dan tenggelamnya matahari sering pengunjung nikmati, sebab keindahan alam lebih terpancar pada saat itu.

3. Fotografi

Pengunjung yang menyukai fotografi dapat memanfaatkan batu putih sebagai objek foto. Panorama alam yang cukup kental sering pengunjung manfaatkan sebagai spot foto, terlebih akses menuju tempat wisata tidak berbayar. Menariknya destinasi wisata alam cukup instagramabel.

Hasil foto yang menarik dan juga aesthetic bisa pengunjung dapatkan saat memilih lokasi wisata ini untuk liburan. Momen liburan akan lebih berkesan, jika terdokumentasikan dengan baik. Pengunjung yang berasal dari luar daerah, memilih wisata alam terbuka karena udaranya cukup segar.

Beragam panorama alam yang terdapat pada lokasi wisata, bisa pengunjung nikmati dengan mudah. Jam operasional wisata yang buka selama 24 jam, tentu saja membuat pengunjung merasa puas saat menikmati panorama alam yang terdapat pada watu putih.