Wonosalam menjadi kecamatan yang ada di Jombang Jawa Timur. Daerah tersebut sudah masuk wilayah dataran tinggi dengan berbagai tempat wisata alam terbaik. Salah satu yang populer adalah wisata alam Banyumili, dalam bahasa Indonesia berarti air mengalir.

Pesona Wisata Alam Banyumili

Pesona Wisata Alam Banyumili
Source : https://jombangkab.go.id/

Banyumili sendiri mulanya sebuah tempat yang tidak terpakai dan hanya penuh dengan pepohonan rindang. Namun kini tempat tersebut telah disulap sedemikian rupa menjadi lokasi wisata yang instagenik. Di kelilingi pepohonan hijau yang memberikan sensasi tersendiri.

Bagaimana tidak, selain menyuguhkan pemandangan alam yang begitu memukau. Di sini dapat pengunjung temukan bangunan serta arsitektur yang unik. Tempatnya begitu luas dengan berbagai spot. Ada banyak gazebo sebagai tempat bersantai sejenak menikmati indahnya alam.

Apalagi lokasinya yang memang berada di dataran tinggi, tentu nuansa alam pegunungan akan begitu terasa. Udaranya begitu sejuk, sebab jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan polusinya. Cocok sekali untuk Anda yang mendambakan liburan tenang khas alam.

Daya Tarik Wisata Alam Banyumili

Daya Tarik Wisata Alam Banyumili
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Ada banyak sekali daya tarik dari tempat santai satu ini. Bahkan selama perjalanan menuju Banyumili begitu menarik. Tidak heran sejak kemunculannya tempat ini sudah jadi perbincangan. Belum lagi ulasan-ulasan serta foto di Google yang begitu meyakinkan.

1. Bangunan Rumah Hobbits

Rumah Hobbits, bangunan rumah kecil yang dindingnya terbuat dari batu. Tingginya tidak sampai 1 meter. Lengkap dengan pintu dan jendela sebagai hiasan. Untuk menambah kesan alami, di bagian atap rumah terdapat tanaman hijau.

Bahkan di samping dan depan rumah dibuat semirip mungkin. Seperti jalan setapak, tempat duduk yang polesannya mirip kayu. Serta batuan besar yang juga tertata random di sekitarnya. Terdapat pula sumber mata air dari ketinggian yang mengalir ke tempat lebih rendah.

2. Wahana Perahu Dayung

Wahana Perahu Dayung
Source : https://www.pinhome.id/

Seerti penjelasan sebelumnya, Banyumili sendiri memiliki arti air mengalir. Nah, spot utama yang tidak boleh terlewat adalah sungai kecil sebagai tempat untuk mencoba wahana perahu dayung. Akan sangat menyenangkan menyusuri sungai yang tenang dengan perahu ini.

Terutama untuk anak-anak yang memang suka sekali dengan wahana air. Selain perahu, ada juga bebek air. Tenang saja, aliran airnya tidak begitu besar sehingga aman untuk menyusuri sungai memakai fasilitas ini. Satu perahu biasanya muat untuk empat orang.

3. Bersantai di Atas Hammock

Anda tentu tahu Hammock bukan? Berupa tempat tidur gantung yang bertumpu pada dua pohon. Di mana tempat ini biasa untuk bersantai menikmati pemandangan sekitar. Nah, di Banyumili sendiri juga ada hammock. Disekelilingnya akan penuh dengan pepohonan tinggi.

Berbaring di atas hammock sambil menatap langit yang begitu cerah tentu menjadi kegiatan menarik. Melepaskan penat dari segala hal di luar liburan. Anda juga bisa melihat kegiatan wisatawan lain di kejauhan.

4. Jalan Meliuk dengan Lampion

Nah, kalau spot yang satu ini cocok untuk Anda yang hobi foto. Setiap tempat di Banyumili dibuat secantik dan estetik mungkin. Itulah kenapa jalan setapak juga nampak epik untuk spot foto. Apalagi dengan hiasan lampion di sepanjang jalan.

Tentu menambah indah suasana. Ada juga jembatan merah seperti di film-film Jepang. Atau biasa dijuluki dengan Tori Gate Merah. Selain hiasan lampion, ada pula bentuk sangkar burung berbalut kain merah. Tidak lupa pula dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya.

5. Rumah atau Sangkar Burung

Jika sebelumnya sangkar burung hanya bergelantungan di tiang bambu. Coba jelajahi lagi setiap sudut Banyumili, maka akan Anda temukan rumah burung yang terpahat megah di kelilingi tumbuhan hijau. Bentuknya seperti pohon dengan lubang di tengahnya.

Tentunya sang arsitek membuatnya seindah mungkin untuk spot foto. Bangunan ini cukup tinggi, sehingga jalan menuju ke lubangnya dibuat berundak untuk memudahkan wisatawan. Bentuknya multifungsi, selain untuk background bisa juga sebagai tempat duduk santai.

6. Medan Jalan yang Menarik

Seperti penjelasan sebelumnya, wisata alam Banyumili Wonosalam berada di dataran tinggi. Jadi jangan heran bila medan jalan yang Anda lalui cukup ekstrim dengan banyak liukan. Selain itu, ada banyak sekali tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim.

Meski begitu, di sepanjang jalan Anda akan melihat panorama alam yang begitu indah. Bagaimana tidak, pengunjung bisa menyaksikan landscape kota Jombang dari ketinggian. Dengan lokasi yang cukup pelosok, udara jadi lebih segar. Angin pun enggan melewatkan untuk menyapa.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Alam Banyumili

Alamat dan Rute Menuju Wisata Banyumili
Source : https://i3.wp.com/

Dari pusat Kota Jombang, lokasi Banyumili ini memang terbilang jauh, yakni 26 km. Pasalnya, destinasi wisata alam tersebut berada di Desa Carangwulung, Wonosalam, Jombang yang juga satu jalur dengan wisata Kampoeng Djawi Wonosalam.

Apabila Anda datang dari arah Surabaya, maka perlu menuju Jalan Raya Mojoagung. Saat sampai di Terminal Mojoagung, ambil arah kiri kira-kira sejauh 500 m. Jika menemukan pertigaan, langsung belok ke kiri menuju jln. Raya Gondang.

Jika masih bingung, pengunjung bisa langsung aktifkan Google Map. Jalannya mungkin cukup berkelok dan menanjak sebab masuk wilayah dataran tinggi. Meski begitu, semua tantangan itu akan terbayarkan ketika sampai di lokasi.

Tiket Masuk Wisata Alam Banyumili Wonosalam

Tiket Masuk
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Untuk menikmati keindahan alam di Banyumili, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Namun alangkah baiknya jika mengetahui seberapa rupiah yang harus Anda bayar. Pasalnya saat memasuki gerbang, pengunjung sudah harus membayar HTM.

Sedangkan area parkir ada di dalam lokasi, sehingga bisa menyiapkan uang pas. Untuk spot umum, pengunjung harus membayar Rp 5000. Bagi pengendara motor bayar Rp 5000 untuk parkir, mobil Rp 10.000. Bagi Anda yang ingin menikmati spot rumah Hobbits dikenai biaya Rp 5000.

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung keputusan pengelola. Namun besaran tersebut dapat dijadikan referensi. Sekarang sudah terbukti, untuk menikmati keindahan apam tidak perlu biaya fantastis. Paling penting, tempat itu nyaman dan bisa bersenang-senang bersama keluarga.

Jam Buka Wisata Alam Banyumili

Jam Buka
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Bagi warga asli Jombang mungkin bisa kesini sewaktu-waktu. Namun untuk yang dari luar kota perlu tahu jam berapa operasional di wisata ini mulai aktif. Nah, teruntuk pengunjung bisa datang mulai jam 08.00 sampai 16.30 WIB.

Supaya bisa menikmati keindahan dengan puas, sebaiknya Anda datang bukan saat curah hujan tinggi. Pasalnya, jika musim penghujan jalanan setapak sangat licin. Apalagi banyak pula jalan yang masih beralas tanah.

Meski begitu, hal itu tetap tidak mengurangi kesan baik saat mengunjungi wisata alam Banyumili. Rasakan segarnya udara, serta harmoni alam berupa desir angin yang menggerakkan dedaunan. Sungguh harmonisasi yang indah dari Tuhan untuk manusia.

Itulah berbagai hal mengenai wisata alam Banyumili Jombang. Mulai dari panorama alam, daya tarik, alamat, hingga harga tiket saat berada di lokasi. Liburan tidak harus mahal, yang penting adalah bersama dengan siapa. Bisa melewati waktu dengan orang terkasih lebih dari cukup.

Bagikan: