Wisata Alam Pesanggrahan Madiun

Beberapa orang pastinya masih belum memahami jika di Kabupaten Madiun terdapat Wisata Alam Pesanggrahan. Destinasi ini sebetulnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun karena pandemi covid yang melanda menjadikannya sepi oleh pengunjung.

Sekilas Informasi Tentang Wisata Alam Pesanggrahan

Sekilas Informasi Tentang Wisata Alam
Source : https://republikwisata.com/

Sebetulnya hampir mirip dengan destinasi wisata alam pada umumnya, namun yang menjadikan tempat ini sangat menarik perhatian banyak orang adalah memiliki spot-spot foto menarik. Karena ternyata pihak dari pengelola sendiri telah melakukan pembaharuan.

Mereka juga telah membangun banyak area bagus dan bisa didatangi oleh kaum muda. Bertempatkan pada jalan Argo Wilis Dusun Bade, Desa Segolong, Kec Dagangan Kabupaten Madiun. Tempat ini lumayan oke dan pastinya sangat terjangkau sekali bagi kawula muda.

Meskipun pada masa-masa covid 19 menjadikan wisata ini kurang terawat karena tak ada pengunjung sama sekali titik namun untuk saat ini pihak pengelola telah melakukan pembaharuan lagi. Jadi, bisa masuk ke dalam list kunjungan ketika ke Kabupaten Madiun.

Rute Perjalanan untuk Menuju Wisata Alam Pesanggrahan

Rute Perjalanan untuk Menuju Wisata Alam Pesanggrahan Kabupaten Madiun
Source : https://i.ytimg.com/

Sebagian orang yang meskipun merupakan warga dari Kabupaten Madiun bisa saja kesasar apabila tidak mengetahui rutenya. Maka dari itu, Anda perlu memahami rute-rute perjalanan. Dengan demikian bisa meminimalisir salah jalan.

Jarak tempuhnya sendiri sekitar 45 km atau setara dengan 45 menit. Seluruh pengunjung dari kota Madiun bisa mengambil arah ke Jalan Mayor Jenderal Di Panjaitan, baru kemudian masuk ke Jalan Geger Madiun. Apabila sudah, maka bisa memasuki Jalan Raya Pagotan.

Ketika sudah masuk ke Jalan Raya Pagotan Maka anda hanya tinggal lurus saja mengikuti jalannya hingga menemukan Jalan Argo Wilis. Kemudian berlanjut sampai menemukan destinasi Wisata Alam Pesanggrahan.

Jam Operasional dan Biaya Masuk Ke Wisata Jam Operasional dan Biaya Masuk Ke Wisata Alam Pesanggrahan

Source : https://lh3.googleusercontent.com/Setelah jauh-jauh datang dari pusat Kota ke wisata alam Pesanggrahan, namun ternyata sudah tutup. Mungkin ini adalah salah satu hal yang perlu dipahami oleh setiap pelancong yaitu mengetahui terlebih dahulu jam operasional bahkan sampai harga tiket masuknya.

Namun ada tenang saja, karena ternyata wisata alam ini memang terbuka selama 24 jam untuk umum dan siapapun bisa masuk dengan bebas. Sedangkan permasalahan dari biayanya sendiri memang tak ada pungutan sama sekali alias gratis.

Namun sepertinya ketika Anda ingin masuk ke spot foto yang menarik, maka perlu membayar beberapa rupiah saja. Tarif harga untuk masing-masing area berkisar antara 5000 sampai 10.000. Tentu nilai tersebut sangat terjangkau bukan.

Inilah Daftar Daya Tarik Wisata Alam Pesanggrahan

Inilah Daftar Daya Tarik
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Para pelancong yang sebetulnya belum pernah mendatangi Kabupaten Madiun ataupun tak tahu wisata alam Pesanggrahan ini. Maka sangat wajib sekali memahami apa saja daya tariknya. Karena mungkin ini akan jadi salah satu tempat terbaik untuk refreshing bagi Anda:

1. Tempat Berfoto Paling Oke dan Murah

Siapa yang mengira apabila wisata alam Pesanggrahan ini akan menjadi salah satu tempat paling oke untuk berfoto. Karena memiliki spot-spot cantik dan unik, seringkali jadi tempat andalan bagi anak-anak muda untuk dapatkan bidikan gambar Instagramable.

Uniknya lagi adalah, ternyata lokasi ini juga sering menjadi tempat pemotretan untuk prewedding ataupun event-event yang dilakukan oleh beberapa komunitas. Selain memiliki kondisi alam masih sangat asri tentu saja keunikan dari spot fotonya perlu diacungi jempol.

2. Bisa Jadi Tempat Istirahat Paling Nyaman

Kenapa menjadi salah satu lokasi paling nyaman untuk menjadi tempat istirahat? Karena selain pemandangan yang sangat indah karena di sana juga terdapat gubuk terbuat dari jerami. Dengan demikian bisa terpakai menjadi tempat untuk bersantai.

Karena suasana cukup asri dengan semiliter angin, pastinya akan sangat cocok sekali jika gubuk jerami tersebut menjadi tempat makan bersama dengan keluarga. Jadi tunggu apa lagi, Anda bisa datangi langsung ke area tersebut untuk menikmatinya.

Berbagai Macam Fasilitas pada Wisata Alam 

Berbagai Macam Fasilitas
Source : https://tempatwisataseru.com/

Apakah Anda pernah berpikiran untuk mencari tahu apa saja fasilitas yang ada pada wisata alam Pesanggrahan Kabupaten Madiun. Karena sebelum tergantung ke sana, pastinya Informasi seperti ini penting dan mampu menunjang kenyamanan ketika sudah berada di destinasinya.

Berikut ini merupakan daftar dari berbagai macam fasilitas tersebut:

1. Memiliki Lahan Parkir yang Lumayan Luas

Fasilitas pertama ini bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke wisata alam Pesanggrahan ini adalah memiliki fasilitas dan parkir yang lumayan luas. Pengelola menyediakan hal tersebut karena ingin para pengunjung nyaman untuk masalah kendaraan mereka.

Mampu menampung sampai puluhan kendaraan dimulai dari mobil pribadi bahkan sampai-sampai sepeda motor. Apalagi pada area ini juga terdapat para penjaga yang akan mengawasi seluruh transportasi pengunjung.

2. Terdapat Toilet dan Juga Gazebo

Toilet yang ada dalam wisata alam Pesanggrahan tersebut memang secara khusus digunakan untuk orang-orang saat mau buang air kecil. Karena biasanya orang-orang sehabis perjalanan jauh tentu akan membutuhkan fasilitas seperti ini.

Uniknya lagi pada area wisata alam Pesanggrahan juga terdapat gazebo, yang tentu saja memiliki fungsi menjadi tempat untuk duduk-duduk santai bersama dengan keluarga tercinta. Apalagi sembari melihat pemandangan alam sekitar pasti sangat menakjubkan.

3. Terdapat Permainan Flying Fox

Apakah Anda adalah salah satu orang yang sangat suka memainkan permainan cukup memacu adrenalin titik maka flying fox ini bisa dicoba ketika mendatangi wisata alam Pesanggrahan. Tentunya ini akan jadi momen tak terlupakan bukan.

Apalagi untuk per orang jika ingin menaiki flying fox tersebut bisa membayar dengan harga cukup terjangkau. Dengan demikian, untuk rombongan yang mau memenaikinya pasti tak akan menguras kantong atau dompet sama sekali.

4. Punya Fasilitas Ibadah Seperti Mushola

Bagi umat Islam, ketika berada di manapun maka tidak boleh melupakan kewajibannya yaitu beribadah tepat waktu. Itulah kenapa, berbagai macam wisata yang ada di negara Indonesia selalu menyediakan tempat beribadah.

Meskipun tempat ibadah seperti mushola memang tak terlalu besar seperti pada umumnya, namun tentunya masih sangat mumpuni sekali. Alhasil setiap wisatawan pun bisa dengan nyaman ketika menjalankan sholat.

5. Punya Beberapa Penginapan

Mau menghabiskan liburan selama beberapa hari pada area wisata alam Pesanggrahan, maka tak perlu cemas karena terdapat penginapan yang bisa Anda pilih untuk lokasi istirahat atau bermalam bersama keluarga. Tarifnya juga cukup terjangkau dan cocok bagi pengunjung dari luar kota.

Apalagi lokasi dari penginapan tersebut juga tak terlalu jauh dengan destinasi wisata Pesanggrahan tersebut. Alhasil juga tak terlalu membutuhkan banyak waktu jika ingin datang ke sana lagi. Pastikan Anda cari kamar paling sesuai.

Demikianlah sekilas informasi tentang Wisata Alam Pesanggrahan dan tentunya segala macam daya tarik tersebut bisa Anda nikmati dengan mudah meskipun hanya mengeluarkan budget yang sangat minim.

 

Tinggalkan komentar