114 Tempat Wisata Jawa Timur di 38 Kota dan Kabupaten 

114 Tempat Wisata Jawa Timur di 38 Kota dan Kabupaten 

Wisata Jawa Timur – Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur panjang bersama keluarga, atau sekadar healing sejenak dari kepenatan kerja, wisata Jawa Timur bisa menjadi opsi menarik untuk dikunjungi. Banyak destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan dan hiburan untuk Anda dan keluarga.

Jawa Timur tak hanya menyuguhkan objek wisata Gunung Bromo saja, banyak pilihan destinasi wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi. Berikut ikon wisata di 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur:

Daftar Isi tampilkan

Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi

Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi
https://www.instagram.com/xras.jpg/

Banyuwangi menjadi daerah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, wilayahnya terluas di Jawa Timur. Tak hanya itu, Banyuwangi juga memiliki banyak tempat wisata menarik dan idah. Berikut beberapa objek wisata di Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi:

1. Kawah Ijen 

Objek wisata ini berada di puncak Gunung Ijen, sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Jika Anda pecinta petualangan, mendaki Gunung Ijen untuk melihat keindahan Kawah Ijen dapat menjadi opsi liburan Anda.

2. Pantai Pulau Merah

Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi ini memiliki pantai indah dengan tanah berwarna merah. Pulaunya unik, menjulang tinggi dipenuhi dengan pepohonan yang menutupi permukaanya.

3. Taman Nasional Alas Purwo 

Tentu Anda tak asing lagi dengan taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi ini. Di Taman Nasional Alas Purwo, Anda dapat menemukan berbagai keragaman jenis tumbuhan dan hewan.

Tempat Wisata di Kabupaten Malang

Tempat Wisata di Kabupaten Malang
https://www.instagram.com/wisatasengkalingmalang/

Kabupaten Malang merupakan kabupaten terluas ke-2 di Indonesia, setelah Banyuwangi. Tak heran jika terdapat banyak destinasi wisata yang tersebar di berbagai pelosok daerahnya. Inilah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Malang:

1. Gunung Kawi 

Di Kabupaten Malang terdapat banyak gunung, salah satunya Gunung Kawi. Gunung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar ini memiliki keindahan alam yang tak lagi diragukan. Anda yang memiliki hobi mendaki sangat cocok untuk menaklukkannya.

2. Candi Singasari 

Ikon wisata Jawa Timur memang menyimpan banyak peninggalan sejarah, Candi Singosari di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ini salah satunya. Di candi Hindu-Budha peninggalan Kerajaan Singasari ini, Anda dapat berwisata sembari belajar sejarah.

3. Pantai Watu Bengkung 

Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata pantai yang sangat indah, inilah Pantai Watu Bengkung. Terletak di Gedangan, pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Anda akan dibuat terpukau saat berwisata di sini.

Tempat Wisata di Kabupaten Jember 

Tempat Wisata di Kabupaten Jember 
https://www.instagram.com/yustiwardhatul/

Bumi Suwar-Suwir, inilah julukan bagi Kabupaten Jember. Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini kaya akan kesenian dan makanan khasnya. Selain itu, Anda yang hobi berkenalan dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di Jember.

1. Pantai Papuma 

Saat Anda ingin menikmati keindahan alam di Jember, maka datanglah ke Pantai Papuma. Seperti namanya, Papuma kependekan dari Pasir Putih Malikan memiliki pasir putih yang indah. Wisata ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

2. Air Terjun Tancak 

Jember juga memiliki air terjun yang indah, yakni Air Terjun Tancak. Terletak di Desa Suci, Kecamatan Pati, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 82 meter. Alamnya pun indah, Anda dapat menikmatinya bersama keluarga.

3. Pemandian Rembangan 

Bagi yang memiliki waktu libur panjang, Anda dapat menghabiskannya di wisata Pemandian Rembangan. Di tempat wisata ini, Anda juga dapat menyewa hotel sembari menikmati suasana pegunungan dengan hamparan perkebunan kopi serta peternakan sapi perah.

Tempat Wisata di Kabupaten Bojonegoro 

Tempat Wisata di Kabupaten Bojonegoro 
https://www.instagram.com/ikibojonegoro/

Kabupaten Bojonegoro memiliki keindahan alam yang bisa menjadi opsi Anda untuk berwisata. Inilah beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi:

1. Air Terjun Kedung Maor 

Jika Anda ingin healing  dari kejenuhan rutinitas harian, berwisata di Air Terjun Kedung Maor dapat menjadi pilihan. Bertempat di Clebung, Bubulan, Area Hutan, Bojonegoro, wisata alam ini menghadirkan keindahan yang sangat menakjubkan.

2. GoFun Theme Park 

Di Kabupaten Bojonegoro juga terdapat taman bermain GoFun Theme Park yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Taman bermain ini terletak di Jalan Veteran, Jambean Sukorejo, Bojonegoro.

3. Pemandian Air Panas Banyu Kuning 

Berendam di air panas alami sangat cocok untuk menyegarkan badan. Di Bojonegoro, Anda dapat mengunjungi destinasi wisata Pemandian Air Panas Banyu Kuning yang terletak di Krondonan, Kec, Gondang, Kab. Bojonegoro.

Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep 

Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep 
https://www.instagram.com/maduraisland_/

Daerah yang menjadi bagian dari Pulau Madura ini patut Anda kunjungi. Inilah Kabupaten Sumenep, sebuah wilayah yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah. Berikut objek wisata di Kabupaten Sumenep:

1. Gili Iyang

Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura ini memiliki banyak pesona alam yang indah. Bahkan, pulau ini memiliki kualitas udara terbaik di dunia. Saat Anda berkunjung akan merasakan kesegarannya.

2. Gili Genting 

Selain Gili Iyang, di Kabupaten Sumenep juga terdapat Gili Genting yang tak kalah memesona. Pantai nan bersih dengan keindahan lautnya akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

3. Bukit Tinggi Daramista 

Tak hanya pantai, Sumenep juga memiliki destinasi wisata perbukitan yakni Bukit Tinggi Daramista. Wisata yang tergolong baru ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam daerah hingga luar daerah.

Tempat Wisata di Kabupaten Tuban 

Tempat Wisata di Kabupaten Tuban 
https://www.instagram.com/tubancekrek/

Jika Anda ingin menikmati keragaman destinasi wisata, maka mengunjungi Tuban adalah pilihan yang tepat. Di daerah ini banyak terdapat tempat wisata alam mulai dari pantai, air terjun, hingga gua.

1. Pantai Remen

Pantai yang memiliki pasir putih ini terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Di objek wisata ini, Anda juga dapat mendirikan tenda untuk camping.

2. Air Terjun Nglirip 

Air Terjun Nglirip menawarkan keindahan alam yang memukau bagi Anda yang berniat mengunjunginya. Air terjun ini terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban.

3. Bukit Cinta 

Inilah ikon wisata di Tuban yang sangat instagenic. Anda juga dapat mendirikan tenda untuk camping di atas puncanya. Wisata ini terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Tempat Wisata di Lumajang 

Tempat Wisata di Lumajang 
https://www.instagram.com/seputarr_wisataa/

Kota Jaran Kencak inilah julukan dari Lumajang, daerah ini termasuk dalam wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Kabupaten yang memiliki luas 2.190 km persegi ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik Anda kunjungi, di antaranya sebagai berikut:

1. Candi Mandara Giri

Jawa Timur memang memiliki banyak peninggalan sejarah berupa candi-candi, Candi Mandara Giri di Lumajang salah satunya. Terletak di Kecamatan Senduro, candi ini memiliki tiga bagian bangunan dengan bercorak Hindu nan indah.

2. Danau Ranu Kumbolo 

Ikon wisata Lumajang ini cocok dikunjungi untuk camping menghabiskan waktu liburan bersama teman. Terletak di lereng Gunung Semeru, Danau Ranu Kumbolo memiliki pemandangan padang savana yang luas serta air danau yang tenang.

3. Tubing Adventure 

Memanfaatkan aliran sungai Kali Bento yang deras, permainan Tubing Adventure dapat Anda coba untuk menguji adrenalin. Bermodalkan ban dalam besar, Anda akan menyusuri derasnya aliran Kali Bento. Tapi tak usah khawatir, keamanan Anda sudah dijamin.

Tempat Wisata di Kabupaten Lamongan 

Tempat Wisata di Kabupaten Lamongan 
https://www.instagram.com/ariyani13__/

Lamongan menjadi daerah yang berbatasan langsung dengan laut Jawa. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat menjadi opsi Anda untuk berlibur. Letaknya yang tak jauh dari Kota Surabaya memudahkan Anda untuk mengunjunginya.

1. Wisata Bahari lamongan (WBL)

WBL tak ubahnya Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta yang banyak menyuguhkan wahana permainan bagi Anda. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang  ingin mengajak si buah hati untuk berlibur dan bersenang-senang.

2. Pantai Kutang 

Sekilas nama pantai yang terletak di Lamongan ini terkesan jenaka. Namun siapa sangka, pantai yang memiliki pantai putih ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

3. Goa Maharani 

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Stalaktit dan Stalakmit yang menakjubkan, berkunjung ke Goa Maharani dapat menjadi opsi yang menarik. Did alam goa ini Anda akan dibuat takjub dengan keindahannya yang dihiasi lampu-lampu warna-warni.

Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo 

Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo 
https://www.instagram.com/galeri_bermi/

Probolinggo juga menjadi salah satu wilayah yang menjadi ikon unik di Jawa Timur. Berikut beberapa wisata terbaik di Probolinggo:

1. Gili Ketapang

Meski berada di Selat Madura, Gili Ketapang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Probolinggo. Pulau kecil ini menyimpan keindahan pantai dan laut yang luar biasa, cocok bagi Anda untuk snorkling. 

2. Air Terjun Madakaripura 

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa. Inilah ikon wisata favorit di Kabupaten Probolinggo. Saat mengunjunginya, Anda akan merasakan suasana indah dengan kesejukan yang mengelilinginya.

3. Pantai Bentar

Destinasi Pantai Bentar bukan hanya menyuguhkan keindahan pantai saja. Namun, Anda juga dapat melihat hiu tutul dengan ukuran besar yang sering nampak di sana.

Tempat Wisata di Situbondo

Tempat Wisata di Situbondo
https://www.instagram.com/wisatasitubondo/

Situbondo kalah menarik untuk dikunjungi bagi Anda para wisatawan, banyak spot wisata yang indah dan mengesankan. Berikut destinasi wisata di Situbondo yang akan menambah pengalaman penjelajahan Anda.

1. Taman Nasional Baluran 

“Africa Van Java,” inilah branding yang melekat di Taman Nasional Baluran. Dengan latar Gunung Baluran, taman nasional ini menyuguhkan flora dan fauna beragam yang akan memberikan kesan mengagumkan bagi Anda yang mengunjunginya.

2. Pantai Tampora

Tebing bebatuan dan pasir putih menjadi daya tarik wisatawan saat berlibur ke Pantai Tampora. Wisata ini berlokasi di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

3. Air Terjun Talempong 

Hutan belantara nan asry, ditambah keindahan Air Terjun Talempong yang memiliki tiga tingkatan menjadikan air terjun ini nampak indah saat Anda mengunjunginya. Destinasi wisata ini terletak di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Tempat Wisata di Bondowoso

Tempat Wisata di Bondowoso
https://www.instagram.com/bondowoso_explore/

Kabupaten Bondowoso menjadi wilayah satu-satunya yang tidak memiliki daerah pesisir pantai di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di daerah Bondowoso, sebagai berikut:

1. Air Terjun Tancak Kembar Pakem 

Menurut masyarakat sekitar, jika Anda mandi di Air Terjun Tancak Kembar Pakem dapat menjadi awet muda. Air terjun dengan keindahan alamnya ini terletak di Andungsari, Pakem, Bondosowo.

2. Bukit Mahadewa 

Selain instagramable, dari objek wisata Bukit Mahadewa, Anda dapat menikmati pemandangan lanskap yang indah mengesankan. Wisata ini terletak di Desa Kupang, Kecamatan Curahdami, Bondowoso.

3. Batu Susun Solor 

Ikon wisata Jawa Timur ini berupa bebatuan alam yang berukuran raksasa, tentu Anda akan takjub saat mengunjunginya. Wisata Batu Susun Solor terletak di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso.

Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan 

Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan 
https://www.instagram.com/banggaindonesiacom/

Anda juga bisa menjadi Pasuruan sebagai tujuan wisata untuk mengisi liburan. Pasuruan juga memiliki destinasi wisata menarik, sebagai berikut: 

1. Pemandian Alam Banyu Biru 

Anda mungkin ingin melepaskan lelah dari padatnya pekerjaan, berendam di Pemandian Alam Banyu Biru menjadi pilihan yang tepat. Lokasi wisata ini berada di Desa Sumberejo, Pandaan.

2. Wana Wisata Gumandar Forest 

Inilah wisata Instagenic yang berada di Kabupaten Pasuruan. Meski tergolong baru, wisata alam ini begitu indah berada di kawasan lereng Gunung Arjuno.

3. D’Gunungan Taman Bayu

Siapa yang ingin berwisata kuliner sekaligus menikmati keindahan alam pergilah ke D’Gunungan Taman Bayu. Wisata ini terletak di Dayurejo, Prigen, Pasuruan.

Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan 

Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan 
https://www.instagram.com/ikilojawatimur/

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar nama Pacitan? Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beragam destinasi wisata alam yang sangat indah. Pacitan pula terkenal memiliki banyak objek wisata yang memukau, di antaranya sebagai berikut:

1. Pantai Karang Bolong 

Karang Bolong merupakan nama desa tempat pantai ini berada. Saat berwisata di tempat ini, dari atas bukit Anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam dengan begitu jelas. Pantai Karang Bolong di kelilingi bukit wadas yang indah, namun Anda perlu hati-hati karena terjal.

2. Pantai Klayar 

Terletak di Kecamatan Donorojo, Pantai Klayar banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Di pantai ini, Anda akan menemukan keunikan yakni seruling samudra, suara bunyi yang dihasilkan dari angin dan air yang melewati bebatuan.

3. Gua Gong 

Pacitan juga memiliki ikon wisata Gua Gong, sebuah gua yang memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang memukau. Gua yang terletak di Kecamatan Pulung ini juga memiliki beberapa ruangan, yakni ruang kristal, bidadari marmer dan yang lainnya.

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri 

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri 
https://www.instagram.com/nidhom_tokk/

Jika Kota Kediri memiliki ikon wisata Monumen Simpang Lima Gumul, di Kabupaten Kediri juga terdapat banyak destinasi wisata yang tak kalah menariknya. Berikut daftar objek wisata di Kabupaten Kediri yang dapat menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi:

1. Gua Suworono 

Gua Sumorono terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Gua ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Anda dapat menikmati kejernihan air sungai yang mengalir deras di dalam gua.

2. Candi Surawana 

Di Kabupaten Kediri terdapat pula banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah Candi Surawana. Candi yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini memiliki corak bergaya hindu peninggalan Kerajaan Majapahit.

3. Kampung Inggris Pare

Objek wisata yang satu ini merupakan wahana belajar bahasa Inggris yang sudah terkemuka di tingkat nasional. Kampung Inggris terletak di Desa Palem dan Tulungrejo, Kabupaten Kediri. Di sini, Anda akan menemui banyak orang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Tempat Wisata di Kabupaten Blitar

Tempat Wisata di Kabupaten Blitar
https://www.instagram.com/blitarofficial/

Tak hanya Kota Blitar, Kabupaten Blitar juga memiliki keindahan  destinasi wisata yang tak kalah menarik. Simak daftar wisata di Kabupaten Blitar yang menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur ini:

1. Pantai Pangi 

Dari pusat Kota Blitar, Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 40 km untuk dapat menikmati keindahan Pantai Pangi. Objek wisata yang terletak di Desa Tumpak Kepuh, Bakung ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan aliran muara di bibir pantainya.

2. Gunung Kelud

Gunung yang mengalami erupsi 2014 silam ini masih menyimpan pesona yang menakjubkan bagi para pelancong. Anda tak perlu khawatir lagi, objek wisata Gunung Kelud kini telah banyak mengalami renovasi hingga memudahkan Anda untuk menjelajahinya.

3. Air Terjun Umbul Waru 

Ini bukan air terjun biasa yang terletak di pegunungan atau perbukitan. Namun, Air Terjun Umbul Waru berada persis di pinggir laut. Sehingga dalam waktu bersamaan, Anda sudah dapat menikmati keindahan air terjun dan hamparan laut lepas di depannya.

Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo 

Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo 
https://www.instagram.com/info_ponorogo/

Selain terkenal dengan kesenian Reog, Ponorogo juga punya destinasi wisata yang dapat menjadi opsi Anda untuk berlibur. Banyak pilihan objek wisata di Ponorogo yang bisa Anda kunjungi sebagai berikut:

1. Telaga Ngebel 

Wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Di telaga yang cukup luas ini, Anda dapat bersantai bersama keluarga di pinggir telaga. Selain itu, Ada juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi telaga.

2. Air Terjun Kokok

Wisata alam dengan menyuguhkan keindahan air terjun ini terletak di Desa Temon, Sawoo. Air Terjun Kokok memiliki ketinggian kurang lebih hingga hingga 30 meter. Alamnya pun indah, Anda dapat menikmatinya untuk melepaskan penat.

3. Pentas Reog 

Inilah ikon kesenian Ponorogo yang tak boleh Anda lewatkan. Pentas seni ini dilakukan di Alun-Alun Ponorogo. Namun, bagi Anda yang ingin melihat pertunjukan ini pastikan untuk terlebih dahulu melihat jadwal pementasannya di Instagram Platform Pariwisata Ponorogo @ponorogo.tourism.

Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi 

Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi 
https://www.instagram.com/potrethitsngawi/

Jika Anda melintasi Kota Ngawi, jangan sungkan untuk singgah menikmati destinasi pariwisatanya. Karena di daerah ini banyak tempat wisata yang memiliki keindahan yang patut Anda kunjungi, di antaranya sebagai berikut:

1. Kebun Teh Jamus

Kebun teh dengan luas 478 hektar ini memiliki keindahan alam pegunungan yang dapat menyegarkan pandangan mata Anda. Wisata ini terletak di Jl. Girikerto, Sine, Ngawi.

2. Benteng Van Den Bosch

Bagi Anda yang penasaran dengan peninggalan sejarah masa penjajahan Belanda di Indonesia, mengunjungi Benteng Van Den Bosch bisa menjadi pilihan yang tepat. Bangunan bersejarah yang indah dan masih berdiri kokoh ini menjadi saksi bisu penjajahan Belanda di Ngawi.

3. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono juga dapat menjadi pilihan Anda untuk berlibur bersama keluarga. Wisata yang menyuguhkan keindahan alam ini terletak di Jalan Punen, Hargomulyo, Ngrambe.

Tempat Wisata di Kabupaten Sampang

Tempat Wisata di Kabupaten Sampang
https://www.instagram.com/copsphotography/

Sampang menjadi bagian dari Pulau Madura yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Anda dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata di sini, di antaranya sebagai berikut:

1. Pulau Mandangin 

Di Kabupaten Sampang, Madura ini terdapat pulau kecil dengan keindahan alamnya  menakjubkan. Air laut nan jernih dengan butiran pasir putih menjadikan pantai ini amat indah. Terlebih, di pulau kecil ini sudah ada penghuninya, Anda tak perlu khawatir untuk berkunjung.

2. Makam Ratu Ibu 

Di Sampang, Anda juga dapat mengunjungi wisata religi untuk berziarah di Makam Ratu Ibu. Makam keramat ini merupakan makam bangsawan Sampang dari masa ke masa yang terletak di Desa Polangan, Sampang.

3. Air Terjun Toroan

Keindahan alam menjadi kelebihan yang dijual di objek wisata Air Terjun Toroan. Terletak di Desa Ketapang, air terjun ini berbatasan langsung ke laut lapas.

Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk

Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk
https://www.instagram.com/noeha_creation/

Seperti daerah di Jawa Timur lainnya, Kabupaten Nganjuk juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik. Berikut beberapa objek wisata di Nganjuk:

1. Goa Margo Tresno

Bagi Anda yang singgah di Nganjuk, tak ada salahnya untuk berkunjung ke wisata Goa Margo Tresno. Anda cukup merogoh kocek Rp 3 ribu saja untuk menikmati keindahannya.

2. Candi Ngetos 

Nganjuk juga memiliki destinasi wisata sejarah yang patut Anda kunjungi. Inilah Candi Ngetos, sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Jl. Ngetos-Berbek, Nganjuk.

3. Jurang Gatuk 

Air terjun menjulang tinggi akan menyapa Anda saat mengunjungi wisata Jurang Gatung. Tak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan keindahan pegunungan dan persawahan milik warga sekitar.

Tempat Wisata di Kabupaten Gresik 

Tempat Wisata di Kabupaten Gresik 
https://www.instagram.com/ikilogresik/

Berkunjung ke Kabupaten Gresik tak afdal jika tak singgah di berbagai destinasi wisata yang menarik. Berikut wisata di Gresik yang bisa Anda kunjungi:

1. Pulau Gili Noko

Berkunjung di pulau terpencil Gili Noko dapat menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Pulau yang memiliki keindahan alam menakjubkan ini terletak di Desa Sidogedungbatu,  Sangkapura, Gresik.

2. Wisata Bukit Kapur Suci 

Bersantai sembari menikmati keindahan alam dapat menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Di WIsata Bukit Kapur Suci, Anda dapat bersantai menghilangkan kejenuhan sembari menikmati secangkir kopi.

3. Banyu Urip Mangrove Center 

Inilah pusat budidaya mangrove di Kabupaten Gresik yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, Banyu Urip Mangrove Center ini sudah menjadi destinasi wisata alam yang menarik.

Tempat Wisata di Kabupaten Trenggalek 

Tempat Wisata di Kabupaten Trenggalek 
https://www.instagram.com/yunirachmi/

Wilayah Jawa Timur di bagian selatan ini mempunyai banyak destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Berikut daftar objek wisata di Trenggalek yang sedang populer:

1. Pantai Pelang 

Pantai yang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul ini dikenal akan keindahannya sebagai bagian dari wisata Jawa Timur yang tak boleh Anda lewatkan. Batuan wadas besar di bibir Pantai Pelang membuat pantai ini terlihat cantik.

2. Gua Lowo

Saat Anda melancong ke Trenggalek, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke objek wisata Gua Lowo. Gua yang memiliki keindahan menakjubkan ini merupakan gua terpanjang di Asia Tenggara, dengan ukuran panjang mencapai 2 km.

3. Bukit Paralayang Durenan

Bagi Anda penikmat wisata adrenalin, Bukit Paralayang di kaki Gunung Tunggangan bisa menjadi pilihan untuk berwisata. Melalui objek wisata paralayang ini, Anda dapat melihat keindahan Trenggalek dengan jelas dari atas ketinggian.

Tempat Wisata di Kabupaten Jombang 

Tempat Wisata di Kabupaten Jombang 
https://www.instagram.com/wisata_alam_jombang_/

Jombang juga menyimpan banyak ikon wisata Jawa Timur menarik yang dapat menjadi pilihan Anda. Dengan keindahan alamnya, Anda akan dibuat nyaman dan tentram saat berwisata ke destinasi wisata yang ada di Jombang.

1. Kedung Cinet 

Aliran air yang menyusuri tebing-tebing tinggi menjadi daya tarik bagi wisatawan, sekilas wisata ini mirip dengan miniatur Grand Canyon di Arizona. Objek wisata ini terletak di Klitih, Palandaan, Kabupaten Jombang.

2. Taman Pongok 

Ini menjadi wisata yang sangat cocok bagi Anda yang eksis di sosial media. Objek wisata yang terletak di Banjarsari, Bandar Kedung Mulyo, Jombang ini menghadirkan banyak spot foto yang Instagenic.

3. Rumah Hobbit

Tentu Anda tak asing dengan makhluk kurcaci bernama Hobbit, bukan? DI Jombang, Anda dapat menemukan replika rumah-rumah para hobbit dengan keunikannya. Wisata ini berada di Carangwulung, Wonosalam, Jombang.

Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung 

Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung 
https://www.instagram.com/hdi_photostudio/

Tulungagung dikenal menjadi salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Namun, banyak pula destinasi wisata menarik yang patut Anda kunjungi sebagai berikut:

1. Pantai Popoh

Inilah ikon wisata alam yang ada di Tulungagung. Pantai ini berbentuk teluk, sehingga Anda akan menikmati suasana pantai dengan latar pegunungan yang indah. Objek wisata ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Tulungagung.

2. Air Terjun Alam Kandung 

Tak hanya pantainya yang indah, Tulungagung juga memiliki destinasi wisata air terjun dengan keindahan alam yang memesona. Inilah Air Terjun Alam Kandung yang terletak di Area Sawah, Tanen, Rejotangan.

3. Gunung Budheg 

Bagi Anda pendaki pemula, objek wisata Gunung Budheg sangat cocok untuk melatih ketangkasan dalam mendaki. Wisata ini berada di area Gunung Tanggung, Campur Darat. Anda dapat berkemah di puncak sembari menikmati senja di atas awan.

Tempat Wisata di Kabupaten Madiun 

Tempat Wisata di Kabupaten Madiun 
https://www.instagram.com/herdian_dechie_bharaduta/

Menikmati liburan bersama keluarga dapat Anda relasikan untuk mengunjungi berbagai objek wisata menarik yang ada di Madiun. Berikut beberapa daftar wisata menarik di Madiun:

1. Air Terjun Seweru 

Air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis ini menyimpan keindahan yang menakjubkan. Alamnya yang sangat asri dapat menjadi tempat healing bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran. Wisata ini terletak di Kare, Madiun.

2. Waduk Bening Widas Saradan

Menikmati keindahan Waduk Bening Widas Saradan dengan menggunakan delman dapat menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Wisata ini terletak di Saradan, Madiun.

3. Desa Wisata Brumbun 

Menikmati suasana desa nan asri sembari berwisata dapat menjadi opsi Anda untuk mengisi libur akhir pekan. Di Desa Wisata Brumbun, Anda dapat menikmati wisata arum jeram menyusuri aliran sungai dari lereng Gunung Wilis.

Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan

Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan
https://www.instagram.com/bangkalan.ku/

Bangkalan menjadi salah satu wilayah di Pulau Madura yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Selain wisata religi, alamnya pun memiliki keindahan yang memukau.

1. Bukit Jaddih 

Bukit Jaddih merupakan sisa dari penambangan kapur putih yang kini dijadikan objek wisata menarik. Anda dapat mengelilingi danau yang terbentuk dari penambangan menggunakan perahu, dinding bukit juga dibentuk menyerupai bangunan benteng.

2. Bukit Arosbaya

Bangkalan memang memiliki wisata perbukitan yang menakjubkan, Bukit Arosbaya menjadi salah satunya. Perbukitan ini menyerupai Grand Canyon, Anda dapat bersua foto dengan latar perbukitan yang indah.

3. Pantai Siring Kemuning 

Pantai Siring Kemuning dapat Anda tempuh dengan waktu 1,5 jam dari Jembatan Suramadu. Pantai ini terletak di Desa Macajah, Tanjungbumi, Bangkalan.

Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan 

Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan 
https://www.instagram.com/maduraisland_/

Pamekasan juga menjadi tempat menarik untuk Anda kunjungi, banyak destinasi wisata menarik yang bisa dinikmati. Berikut beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi:

1. Bukit Cinta Pamekasan 

Inilah wisata yang sangat menarik untuk Anda yang ingin mendapatkan spot foto menarik untuk media sosial. Objek wisata ini terletak di Barat Satu, Sentol, Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

2. Pantai Jumiang 

Pantai Jumiang menjadi salah satu ikon wisata di Pamekasan yang menawarkan keindahan untuk Anda. Pantai ini terletak di Tanjung, Padewamu, Pamekasan.

3. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Edu Wisata Selamat Pagi Madura dapat menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Wisata ini menyuguhkan spot foto berupa payung yang berjumlah banyak bergelantungan di atas.

Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto 

Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto 
https://www.instagram.com/syamsul_ariif/

Dari Surabaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menjelajahi wisata Jawa Timur ke Mojokerto. Daerah yang terletak 50 km dari pusat Kota Surabaya ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan wilayah lain.

1. Candi Tikus

Candi yang memiliki nama unik ini terletak di Jatirejo, Trowulan, Mojokerto. Di kawasan wisata ini, Anda dapat menikmati keindahan objek wisata yang menyimpan sejarah masa lalu dengan nyaman. Selain itu, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Mojokerto di pusat cinderamata.

2. Patung Budha Tidur

Patung raksasa berwarna emas ini menjadi ikon wisata di Mojokerto yang tak boleh Anda lewatkan. Objek wisata Patung Budha Tidur terletak di Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong. Di tempat ini, Anda juga bisa bersantai bersama keluarga di taman wisata yang tersedia di dalamnya.

3. Candi Jolotudi 

Mojokerto memang dikenal dengan kota candi, banyak objek wisata bernuansa candi yang dapat Anda temui di sana. Candi Jolotundo yang terletak di Kecamatan Trawas ini dapat menjadi objek wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

Tempat Wisata di Kabupaten Magetan

Tempat Wisata di Kabupaten Magetan
https://www.instagram.com/jiplawutour_45/

Magetan juga memiliki banyak tempat wisata yang indah, Anda dapat berkunjung ke Magetan untuk menikah keindahan alamnya bersama keluarga. Berikut beberapa objek wisata di Magetan yang dapat menjadi daftar untuk Anda kunjungi:

1. Air Terjun Tirtosari 

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Air Terjun Tirtosari memiliki suasana alam yang sangat indah, meskipun Anda harus menaiki puluhan anak tangga untuk dapat menikmatinya.

2. Mojosemi Forest Park 

Romantis, inilah kata yang tepat untuk objek wisata Mojosemi Forest Park. Berlokasi di Desa Sarangan, Plaosan, Magetan, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama pasangan tercinta.

3. Kedung Ngancar 

Wisata air ini sangat tepat bagi Anda yang ingin bersenang-senang bermain air di alam bebas. Terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan, Kedung Ngancar memiliki air nan jernih dan sejuk dengan latar tebing-tebing yang indah.

Tempat Wisata di Kabupaten Sidoarjo 

Tempat Wisata di Kabupaten Sidoarjo 
https://www.instagram.com/wisatasidoarjo/

Mungkin yang ada di benak Anda tentang Sidoarjo adalah lumpur Lapindo. Namun, di daerah ini masih banyak destinasi wisata menarik yang perlu Anda kunjungi.

1. Bahari Telocor 

Bahari Telocor merupakan pulau yang terbentuk akibat lumpur Lapindo, pemandangannya sangat indah. Wisata ini terletak di Desa Tlocor, Tanjungsari, Kupang, Sidoarjo.

2. Alas Prambon

Bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama si buah hati, makan objek wisata Alas Prambon dapat menjadi pilihan yang tepat. Tempat wisata yang terletak di Ngingas, Simpang, Kecamatan Prambon ini menghadirkan arena bermain anak di alam terbuka.

3. Museum Mpu Tantular

Bagi Anda pengagum sejarah, berkunjung ke Museum Mpu Tantular menjadi objek wisata yang menarik. Dengan luas hingga 3 hektar, museum ini berlokasi di Jl. Raya Bundaran, Jembatan Layang, Bedrek, Siwalan Panji, Sidoarjo. 

Tempat Wisata di Kota Surabaya 

Tempat Wisata di Kota Surabaya 
https://www.instagram.com/rafif_ardiansyah/

Banyak ikon wisata menarik di kota pahlawan ini yang bisa Anda kunjungi. Di kota terbesar ke-2 di Indonesia ini, banyak tempat bersejarah dan wisata kekinian sebagai berikut:

1. Tugu Pahlawan

Melalui destinasi wisata ini, Anda akan disuguhkan pengetahuan sejarah perjuangan rakyat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di sisi belakang tugu ini juga terdapat Museum Sepuluh November dengan koleksi sejarah kemerdekaan yang lengkap.

2. Masjid Laksamana Cheng Hoo

Sepintas bangunan masjid ini tak ubahnya dengan kelenteng, karena memang menggunakan gaya arsitektur Tionghoa. Namun, inilah masjid bersejarah penyebaran Islam di Surabaya oleh sosok tokoh Tionghoa yang perlu Anda kunjungi dengan keunikannya.

3. Surabaya North Quay 

Menghabiskan waktu santai bersama keluarga dengan latar kapal-kapal mewah bisa Anda nikmati di Surabaya North Quay. Wisata yang satu ini merupakan tempat singgah kapal-kapal mewah yang dijadikan tempat wisata.

Tempat Wisata di Kota Malang 

Tempat Wisata di Kota Malang 
https://www.instagram.com/marsha.diw/

Kota Malang memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda perlu memasukan destinasi wisata di Malang sebagai tujuan rekreasi. Berikut daftar objek wisata di Malang:

1. Pantai Teluk Asmara 

Bagi Anda yang menyukai keindahan pantai, Pantai Teluk Asmara di Kecamatan Sumbermanjing, Malang Selatan ini wajib dikunjungi. Keindahan pantainya tak diragukan lagi dengan kejernihan air dan pasir putihnya.

2. Flora Wisata  San Terra

Jika Anda mencari wisata kekinian untuk koleksi foto Instagram, Flora Wisata San Terra sangat tepat untuk Anda kunjungi. Dengan mengusung tema taman bunga, wisata ini juga menghadirkan spot foto dengan latar bangaunan ala Korea Selatan dan Belanda dijamin instagramable.

3. Omah Kayu Malang

Jika menginap di hotel sudah menjadi hal biasa bagi wisatawan. Di Omah Kayu Malang, Anda dan keluarga bisa menginap di atas pohon. Rumah yang terbuat dari kayu ini memang dibangun di atas pohon. Namun, Anda tak perlu bangunan ini sudah diuji keamanannya.

Tempat Wisata di Kota Batu 

Tempat Wisata di Kota Batu 
https://www.instagram.com/batu_hits/

Siapa yang tak kenal dengan Kota Batu, wilayah dengan berdekatan dengan Malang ini menyuguhkan banyak destinasi wisata dengan keindahan yang memukau mata. Jika Anda dan keluarga memiliki rencana berlibur, pastikan Kota Batu menjadi salah satu tujuan.

1. Air Terjun Coban Talun

Wisata Jawa Timur yang terletak di Kota Batu ini menghadirkan pemandangan amal yang sangat indah. Dengan pemandangan indah pegunungan, di Air Terjun Coban Talun, terdapat pula bangunan villa unik berbentuk segitiga yang bisa Anda singgahi.

2. Batu Flower Garden

Kota Batu memang dikenal dengan keindahan alamnya, hal ini bisa Anda rasakan saat berkunjung di Batu Flower Garden. Destinasi wisata yang dikenal dengan sebutan studio alam ini terletak di Jalan Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kota Batu.

3. Jatim Park 2

Wisata yang terletak di Temas, Kota Batu ini menjadi tujuan wisata baru bagi Anda yang singgah di Kota Batu. Di dalamnya, terdapat kebun binatang yakni Batu Secret Zoo dan Museum Satwa dengan koleksi satwa-satwa langka.

Tempat Wisata di Kota Kediri 

Tempat Wisata di Kota Kediri 
https://www.instagram.com/hunting.kediri/

Selain dikenal dengan Kota Santri, Kediri juga menjadi ikon wisata Jawa Timur  dengan banyaknya tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Kediri:

1. Monumen Simpang Lima 

Jika Anda pernah mendengar monumen L’Arc De Triomphe di Perancis, Monumen Simpang Lima nampak sama. Monumen dengan nama lain Simpang Gumul ini menjadi ikon Kota Kediri. Tak Perlu pergi jauh ke Perancis, Anda bisa bersua foto dengan latar keindahan tempat yang mirip.

2. Bukit Gandrung 

Kediri juga memiliki keindahan amal yang tak kalah dengan wilayah lainnya di Jawa Timur, Anda dapat merasakannya saat berkunjung ke Bukit Gandrung. Terlebih bagi Anda yang eksis di media sosial, foto Anda di Bukit Gandrung akan memukau banyak netizen karena keindahannya.

3. Kediri Waterpark   

Bagi Anda yang ingin melepaskan lelah dengan berenang, Kediri Waterpark bisa menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi. Kolam renang ini memiliki memiliki papan seluncur dengan ketinggian mencapai tinggi 350 meter, tentu akan membuat hati Anda berdebar saat mencobanya.

Tempat Wisata di Kota Probolinggo 

Tempat Wisata di Kota Probolinggo 
https://www.instagram.com/eko_arjopri/

Kota Probolinggo juga menarik untuk Anda kunjungi. Pasalnya kota di wilayah Jawa Timur ini memiliki ikon wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah lain.

1. Museum Probolinggo 

Jika Anda berkunjung ke Kota Probolinggo cobalah singgah di Museum Probolinggo. Dari wisata edukasi yang terletak di Jl. Suroyo No. 25, Kec. Kanigaran ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang berbagai hal peninggalan sejarah di Kota Probolinggo.

2. Museum Rasulullah SAW

Bagi Anda seorang muslim, berkunjung ke wisata Museum Rasulullah SAW menjadi pilihan yang tepat di Kota Probolinggo. Museum ini terletak di Jl. Suroyo No. 17, Tisnonegaran, Kota Probolinggo yang menyimpan banyak koleksi sejarah Islam di Nusantara.

3. Benteng Mayangan

Jika Anda ingin mengetahui peninggalan sejarang penjajahan Belanda di Kota Ponorogo, berkunjung ke Benteng Mayangan bisa menjadi pilihan Anda. Dari benteng ini, Anda akan mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tempat Wisata di Kota Pasuruan 

Tempat Wisata di Kota Pasuruan 
https://www.instagram.com/pasuruankekinian/

Kota Pasuruan menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki destinasi wisata menarik untuk Anda kunjungi. Berikut wisata Jawa Timur di Kota Pasuruan yang patut Anda kunjungi:

1. Taman Kota 

Menikmati waktu santai bersama keluarga dapat menjadi opsi menarik bagi Anda saat berkunjung di Taman Kota Pasuruan. Taman ini terletak di Stadion Untung dengan fasilitas arena bermain anak-anak yang cukup lengkap.

2. Astoria Waterpark

Astoria merupakan Waterpark yang berada di kawasan CBD Pasuruan, tepatnya di samping Carrefour. Anda dapat menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga dengan bermain air dan menikmati keseruan dari berbagai wahana permainannya.

3. Pelabuhan Pasuruan 

Jika Anda ingin menikmati suasana perahu-perahu nelayan, Anda dapat berkunjung ke Pelabuhan Pasuruan. Di sini, Anda juga dapat membeli hewan laut yang masih segar dari nelayan.

Tempat Wisata di Kota Madiun 

Tempat Wisata di Kota Madiun 
https://www.instagram.com/juniawanarief/

Berkunjung ke Kota Madiun juga dapat menjadi pilihan Anda untuk mengisi waktu libur. Kota yang terkenal dengan industri kereta api (INKA) ini memiliki banyak menyimpan destinasi wisata menarik, sebagai berikut:

1. Makam & Masjid Kuno Taman

Bagi Anda yang ingin mengetahui situs sejarah di kota Madiun, berkunjung ke Makam & Masjid Kuno taman dapat menjadi pilihan Anda. Masjid ini dibangun Kyai Ageng Misbach pada 1754 Masehi di atas tanah bebas pajak Kerajaan Mataram.

2. Alun-Alun Kota Madiun

Menikmati waktu libur bersama keluarga di pusat Kota Madiun dapat menjadi pilihan Anda untuk mengunjungi Alun-Alun Kota Madiun. Di alun-alun ini, Anda dapat bersantai menikmati keramaian suasana kota.

3. Taman Monumen Lokomotif C2606

Berkunjung ke Kota Madiun tak lengkap rasanya jika Anda tak mengunjungi Taman Monumen Lokomotif C2606. Monumen ini sebagai ikon Kota Madiun yang memiliki industri kereta api.

Tempat Wisata di Kota Blitar 

Tempat Wisata di Kota Blitar 
https://www.instagram.com/frontoneblitar/

Kota Blitar tentu tak asing lagi bagi Anda, inilah kota yang banyak menyimpan kenangan bagi sosok besar proklamator kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno. Anda dapat berkunjung di berbagai tempat wisata Kota Blitar sebagai berikut:

1. Makam Bung Karno 

Berziarah ke Makam Bung Karno dapat menjadi opsi Anda untuk berlibur ke Kota Blitar untuk mendoakan dan belajar makna nasionalisme. Makam ini terletak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Blitar.

2. Perpustakaan dan Museum Bung Karno 

Selain makan, Anda juga dapat mengunjungi Perpustakaan dan Museum Bung Karno yang menyuguhkan berbagai hal peninggalan Bung Karno. Wisata ini cocok bagi Anda yang menyukai sejarah pergerakan nasional.

3. Taman Air Sumberudel 

Bermain dengan si buah hati di Taman Air Suberudel dapat menjadi pilihan Anda untuk mengisi waktu libur. Taman ini memiliki fasilitas lengkap dengan berbagai wahana permainan yang dapat Anda coba.

Tempat Wisata di Kota Mojokerto 

Tempat Wisata di Kota Mojokerto 
https://www.instagram.com/pesona.wisata.mojokerto/

Kota Mojokerto menjadi wilayah terkecil di Jawa Timur. Namun, di kota ini Anda juga dapat menikmati banyak destinasi wisata, sebagai berikut:

1. Alun-alun Kota Mojokerto 

Alun-alun Kota Mojokerto dapat menjadi opsi Anda untuk menikmati suasana Kota Mojokerto. Meski sekarang alun-alun ini sudah kosong dari pedagang, Anda tak perlu khawatir karena tempat kuliner dipindahkan ke Jalan Benteng yang tak jauh dari alun-alun.

2. Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat 

Bagi Anda umat Nasrani dapat berkunjung ke Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat ini yang menjadi bangunan bersejarah yang dibangung pada 7 Mei 1878 silam. Gereja ini merupakan bangunan peninggalan Belanda.

3. Kelenteng Hok Siang Kiong 

Selain gereja, ada juga bangunan klenteng bersejarah di Kota Mojokerto yang menarik untuk Anda kunjungi. Kelenteng ini dibangung pada 1895 dengan arsitektur khas Cina yang unik.

Demikianlah ulasan dari VisitPare.com mengenai daftar 114 destinasi wisata Jawa Timur yang tersebar di 38 kota dan kabupaten. Anda dapat menjadikan pilihan-pilihan ini sebagai referensi untuk liburan. Biar tak penasaran, segera kunjungi salah satu destinasi yang Anda idamkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.