Mengenal Alam Semesta Lewat Materi Earth and Planets

Apa yang kamu pikirkan ketika memandangi langit di malam hari? Ternyata ada banyak benda di angkasa yang bisa kita pelajari melalui materi earth and planets. Sebetulnya topik ini diajarkan untuk anak-anak kelas 6 SD. Akan tetapi, kita juga sebaiknya memelajarinya untuk menambah wawasan dan menambah vocabulary.

Semakin banyak jumlah kosakata bahasa Inggris yang kamu punya, maka kamu pun bisa makin luwes ketika menerapkannya dalam conversation. Terlebih lagi kemampuan berbahasa bersifat praktis, artinya wajib kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar makin lancar.

Mengenai topik alam semesta, terdapat dua hal utama yaitu pengenalan bumi serta planet. Bumi adalah tempat kita berpijak sedangkan planets terletak di luar angkasa. Yu, cek apa saja istilah-istilah mengenai benda di angkasadalam bahasa Inggrisnya.

Istilah Terkait Bumi dalam Bahasa Inggris

Istilah Terkait Bumi dalam Bahasa Inggris

Bumi kita terdiri dari daratan dan perairan lengkap dengan segala macam bentuk kehidupannya. Materi bahasa Inggris bumi akan membantu kamu mengenal tentang berbagai macam hal yang ada di alam semesta.

Jadi kamu bisa memelajari keajaiban lain di alam semesta terutama benda hidup seperti pohon dan aneka jenis binatang. Berikut ada daftar berbagai macam materi vocabulary bumi yang mungkin belum pernah kamu pelajari sewaktu kecil.

Bahasa Inggris Artinya Phonetic Pronunciation
Earth Bumi [ɜːθ]
Ocean Laut atau Samudera [ˈəʊʃn
Forest Hutan (tidak terlalu lebat) [ˈfɒrɪst]
Jungle Hutan (rimba raya yang jarang atau hampir tidak pernah terjamah manusia. Hutan kategori ini cenderung dihuni oleh hewan-hewan liar dan langka) [ˈdʒʌŋɡl]
Meadow Padang rumput [ˈmedəʊ]
River Sungai [ˈrɪvə(r)]
Hill Bukit [hɪl]
Cave Gua [keɪv]
Rainbow Pelangi [ˈreɪnbəʊ]
Beach Pantai [biːtʃ]
Waterfall Air terjun [ˈwɔːtəfɔːl]
Flood Bajir [flʌd]
Earthquake Gempa bumi [ˈɜːθkweɪk]
Desert Gurun pasir [ˈdezət]
Solar system Sistem tata surya [ˈsəʊlə sɪstəm]
Landslide Tanah longsor [ˈlændslaɪd]
Hurricane Angin topan [ˈhʌrɪkən]
Comet Komet [ˈkɒmɪt]
Moon Bulan [muːn]
Star Bintang [stɑː(r)]
Volcano Gunung berapi [vɒlˈkeɪnəʊ]

 

Nama-Nama Planet dalam Bahasa Inggris

Nama-Nama Planet dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui beberapa benda di bumi, sekarang kamu bisa mempelajari salah satu materi tata surya. Jika bawah ada bumi, maka di atas bertahtakan langit. Angkasa yang luas itu mempunyai ruang tanpa udara disebut luar angkasa atau space.

Ternyata bumi bukanlah satu-satunya planet di tata surya karena masih ada berbagai macam planet lain. Mari kita belajar tentang materi planet bersama-sama lewat rangkuman berikut.

1. Mercury [ˈmɜːkjəri] 

Merkurius adalah pertama dalam solar system yang terdekat dengan matahari sehingga mempunyai suhu tertinggi.

2. Venus [ˈviːnəs]

Planet ini bernama lain Bintang Kejora atau Bintang Fajar karena sinarnya sangat terang dan berwarna kemerahan. Inilah planet kedua setelah Merkurius.

3. Earth [ɜːθ]

Bumi merupakan planet ketiga dan mengandung oksigen sehingga dapat dihuni oleh makhluk hidup.

4. Mars [mɑːz]

Selanjutnya ada Mars yang mempunyai sebutan sebagai Planet Merah. Atmosfernya tipis dengan karakter permukaan dingin, penuh padang pasir dan berdebu.

5. Jupiter [ˈdʒuːpɪtə(r)]

Planet terbesar di tata surya dengan ciri khas warna oranye bercampur putih. Jupiter sering mengalami badai mengerikan yang membuat permukaan berlapis-lapis.

6. Saturn [ˈsætɜːn]

Saturnus adalah planet paling cantik karena memiliki cincin mengitari permukaannya. Cincin tersebut berupa gumpalan es tebal yang mengitarinya.

7. Uranus [ˈjʊərənəs]

Uranus terkenal sebagai planet paling dingin dengan ukuran 4x besar bumi.

8. Neptune [ˈneptjuːn]

Neptunus punya ciri khas warna biru sehingga para peneliti menyebutnya sebagai Planet Biru.

9. Pluto [ˈpluːtəʊ]

Dahulu masyarakat mengenalnya sebagai planet terjauh, namun sekarang Pluto tidak dianggap lagi. Alasannya, karena planet ini sering muncul dan hilang dari pengamatan.

Seru sekali mempelajari materi earth and planets beserta benda-benda di dalamnya, ya? Kamu bisa memakai ragam kosakata tersebut lalu membentuknya menjadi kalimat hingga teks singkat bahasa Inggris. Selamat belajar!

Tinggalkan komentar