20 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik Sepanjang Masa

Buku adalah jendela dunia. Mungkin kalimat tersebut sudah tidak asing lagi untuk kamu. Hal itu memang benar adanya, karena kamu bisa belajar banyak hal dari buku apa saja, termasuk novel. Itu kenapa kamu perlu tahu apa saja novel bahasa Inggris terbaik sepanjang masa.

Kadang kala, suatu pelajaran tidak hanya dapat kamu petik melalui buku sekolah saja. Kamu juga bisa mendapatkan pelajaran hidup dan wawasan yang lebih luas dari suatu cerita fiksi. Tidak hanya itu, kamu pun dapat belajar tata bahasa dan juga memperkaya kosakata dengan banyak membaca novel. 

Karena alasan tersebut, inilah beberapa rekomendasi novel bahasa Inggris romance serta genre lain yang bisa kamu baca untuk menambah wawasanmu.

Daftar Novel Bahasa Inggris Klasik

Daftar Novel Bahasa Inggris

Ketika kamu ingin baca novel bahasa Inggris, pastinya novel klasik yang legendaris tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sebab, root atau akar dari kesusastraan modern yang ada saat ini memang berasal dari sana. 

Karya sastra jenis prosa sudah ada sejak manusia tahu cara menulis dan juga membaca. Karya sastra prosa yang pertama kali dikenal adalah Beowulf. Hanya saja, kapan karya sastra Inggris kuno tersebut diterbitkan masih menjadi perdebatan, yaitu antara tahun 975-1025. 

Namun prosa baru berkembang pesat di Eropa pada abad ke-16. Dari sana, mulai banyak sastrawan populer yang bermunculan. Beberapa karya dari mereka masih abadi hingga sekarang. Karena itu, inilah beberapa rekomendasi novel klasik berbahasa Inggris yang bisa jadi referensi membacamu.

1. Romeo and Juliet

Satu di antara sekian novel paling populer sepanjang masa yang isi ceritanya masih abadi hingga saat ini adalah Romeo and Juliet. Padahal, cerita ini pertama kali muncul ke publik pada akhir abad ke-16. Kamu pun mungkin sudah tidak asing dengan pengarang novel ini, yaitu William Shakespeare. 

Bagi kamu yang suka cerita dengan trope rivals to lovers, forbidden love, dan tragedy, maka kamu tidak boleh melewatkan untuk membaca roman ini. Sebab, Romeo and Juliet adalah pemrakarsa novel bahasa Inggris tentang cinta terlarang. Saling jatuh cinta, namun tidak dapat bersatu karena intrik keluarga. 

Sebenarnya, roman ini berasal dari Italia dengan judul The Tragical History of Romeus and Juliet. Lalu, William Painter menceritakannya kembali dalam prosa Palace of Pleasure. Kemudian, Shakespeare meminta ide tersebut, menambahkan karakter, dan mengembangkan kisah di dalamnya. 

2. To Kill a Mockingbird

Bila kamu tertarik untuk membaca novel bahasa Inggris tentang kehidupan, maka buku To Kill a Mockingbird dapat menjadi pilihan. Dari sana, kamu dapat mempelajari banyak hal, terutama masalah rasial. Buku tersebut adalah karangan penulis Harper Lee dan telah terbit sejak tahun 1960. 

Meskipun sudah lebih dari setengah abad berlalu sejak terbitan pertama karya sastra prosa tersebut, namun kini masih ada banyak orang yang membacanya. Buku tersebut adalah hasil pengamatan Lee pada saat dia masih berumur 10 tahun. Dia mengamati keluarga, tetangga, dan kehidupan di sekitarnya. 

Meskipun isu dalam novel ini cukup berat, namun Lee menulisnya dengan penuh rasa hangat. Tidak heran jika buku fiksi yang satu ini masih tetap terasa abadi hingga sekarang. 

3. Pride and Prejudice

Rekomendasi bacaan lainnya adalah Pride and Prejudice ketika ingin membaca novel bahasa Inggris yang romantis. Roman karya Jane Austen ini merupakan satu di antara sekian buku wajib yang harus kamu baca setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Inti cerita dalam novel ini adalah tentang Mr. Darcy yang penuh dengan pride dan Elizabeth Bennet yang penuh dengan prejudice. Sistem kelas, juga banyak disinggung dalam cerita roman ini. Sebab, Mr. Darcy berasal dari kelas atas dan Liz atau Elizabeth Bennet berasal dari kelas menengah. 

Meskipun eksemplar pertamanya terbit di tahun 1813, namun kisah cinta keduanya seakan masih abadi hingga saat ini. 

4. Dracula 

Siapa yang tidak tahu dengan drakula? Makhluk pengisap darah tersebut memang sangat populer dan banyak muncul di berbagai novel modern. Kebanyakan, penggambaran dari tokoh fiksi tersebut adalah putih pucat, memiliki taring, dan memiliki kelemahan berupa sinar matahari, bawang putih, dan salib.

Ternyata orang yang menciptakan karakter tersebut adalah Bram Stoker. Karakter tersebut muncul pada novelnya yang berjudul sama, yaitu Dracula. Dia adalah seorang bangsawan yang tinggal di Kota Transylvania. Kemungkinan besar, inspirasi dari tokoh tersebut adalah Vlad Ţepeş. 

Dracula adalah satu di antara sekian novel horor bahasa Inggris yang seakan abadi hingga saat ini. Padahal, novel ini terbit untuk pertama kali pada tahun 1897 silam. 

5. Les Misérables

Lalu, bila kamu sedang ingin membaca novel yang menguras air mata, maka Les Misérables dapat menjadi pilihan. Meskipun berasal dari bahasa Perancis, namun versi bahasa Inggris novel ini masih sangat populer hingga sekarang. Padahal, eksemplar pertamanya terbit pada tahun 1862. 

Bisa dibilang, roman ini merupakan roman yang paling populer pada abad ke-19. Itu kenapa ketika orang ingin tahu rekomendasi karya sastra klasik, Les Misérables selalu ada di dalam daftar. 

Di samping karena isi cerita, novel karangan Victor Hugo ini juga populer karena ada satu kalimat terpanjang di dalamnya. 

Daftar Novel Romantis yang Menghangatkan Hati

Novel bahasa Inggris terbaik

Tidak hanya daftar novel klasik yang populer hingga saat ini, kamu pun perlu tahu apa saja novel romantis yang sedang trending. Terlebih, bila kamu adalah seorang yang hopeless romantic dan suka melihat orang lain jatuh cinta. Berikut adalah beberapa daftarnya! 

1. Me Before You

Bila novel romance classic seperti Romeo and Juliet dan Pride and Prejudice terlalu berat untuk kamu, kamu dapat mencoba membaca Me Before You. Terlebih, bila kamu suka membaca novel bahasa Inggris tentang perbedaan kelas. Sebab, Me Before You memang memiliki cerita seperti itu. 

Inti ceritanya mungkin terdengar klise, yaitu tentang pria kaya raya yang jatuh cinta pada gadis yang berasal dari kalangan biasa. Hanya saja, cara Jojo Moyes menulisnya memang sangat indah. Sehingga, tidak heran jika buku ini sangat sukses di pasaran sejak terbit pada tahun 2012.

2. The Notebook

Apabila kamu ingin membaca novel bahasa Inggris singkat dengan cerita yang bagus, maka The Notebook bisa menjadi pilihan kamu. Jumlah halaman novel ini memang cukup sedikit, yaitu sekitar 214 halaman saja. Nicholas Sparks menerbitkan novel karangannya ini pada tahun 1996 silam. 

Cerita dalam roman ini mengisahkan tentang Noah Calhoun yang tidak dapat move on dari orang yang dia cintai. Sayangnya, begitu dia pulang dari perang, gadisnya tersebut akan menikah dengan orang lain. Hal ini pastinya membuat para pembaca ikut galau tentang bagaimana kelanjutan kisah mereka. 

3. The Soulmate Equation

Apakah kamu menyukai trope tentang jodoh-jodohan? Bila iya, novel The Soulmate Equation dapat menjadi pilihan bacaan yang tepat untuk kamu. Terutama, bagi kamu yang menyukai hal yang tidak biasa. Sebab, di buku ini kamu akan menemukan cerita jodoh-jodohan berdasarkan kecocokan DNA. 

Karena keunikannya, tidak heran novel karangan Christina Lauren tersebut berhasil mendapatkan title novel New York Times Bestseller

4. People We Meet on Vacation

Bila kamu sedang mencari novel romance yang berhasil menjadi New York Times Bestseller yang lain, maka kamu bisa membaca People We Meet on Vacation. Terutama, jika kamu menyukai trope friends to lovers. Sebab, novel karya Emily Henry ini memang menceritakan tentang dua sahabat baik. 

Mereka adalah Alex dan Poppy, dua sahabat yang memiliki karakter saling berlawanan. Setiap kali musim panas tiba, mereka akan berlibur bersama. Hanya saja, sesuatu hal mengganggu hubungan baik keduanya. 

Lalu, perlu kamu tahu jika novel terbitan tahun 2021 ini berhasil memenangkan Goodreads Choice Award untuk kategori romance

5. One Day in December

Siapa di antara kamu yang menyukai cerita tentang cinta pada pandangan yang pertama? Jika itu kamu, maka kamu harus membaca novel One Day in December. Sebab, buku roman yang satu ini memang menceritakan kisah Laurie, yang jatuh cinta pada seorang pemuda yang ditemuinya di dalam bus. 

Daftar Novel Fantasi, Horor, dan Misteri yang Mengunggah Imajinasi

Novel bahasa Inggris terbaik

Pada dasarnya, memang tidak semua orang menyukai novel romantis. Beberapa orang lebih suka novel yang menggugah imajinasi, seperti dalam genre fantasi, horor, dan misteri. Bila kamu adalah satu di antaranya, inilah beberapa rekomendasi novel yang dapat kamu baca! 

1. Percy Jackson

Ketika kamu mencari rekomendasi novel fantasi bahasa Inggris, maka jelas jika Percy Jackson tidak boleh kamu lewatkan. Terlebih jika kamu tertarik dengan cerita mitologi Yunani. Sebab, novel karya Rick Riordan ini memang menceritakan tentang kisah para dewa dalam mitologi tersebut. 

Tidak hanya dalam satu buku saja, namun kamu bisa mengikuti kisah Percy dan kawan-kawannya di Camp Half-Blood di dalam sepuluh buku sekaligus. Lima di antaranya ada di Percy Jackson & the Olympians the series. Lalu, lima berikutnya ada di Heroes of Olympus the series. 

2. Harry Potter

Perlu kamu tahu jika novel bahasa Inggris untuk remaja yang bertema fantasi bukan hanya Percy Jackson saja. Bila kamu lebih suka cerita tentang penyihir daripada cerita para manusia setengah dewa, maka kamu pun dapat mencoba membaca Harry Potter.

Menariknya, ada tujuh buku yang dapat kamu baca. Ketujuh buku tersebut menceritakan tentang petualangan Harry dan beberapa temannya yang lain di sekolah sihir Hogwarts. Mereka berusaha untuk melawan penyihir hitam, yaitu Voldemort dan para Death Eater. 

3. Sherlock Holmes

Apakah kamu pernah mendengar Baker Street 221b? Bila belum, ini saatnya kamu mulai membaca series Sherlock Holmes. Hal ini karena banyak orang merekomendasikan novel singkat bahasa Inggris dengan genre misteri tersebut. 

Di dalam novel karya Sir Arthur Conan Doyle ini, kamu akan mengikuti petualangan seorang detektif eksentrik bernama Sherlock Holmes. Ditemani oleh seorang dokter bernama John Watson, Sherlock akan memecahkan beragam kasus dengan cara yang brilian. 

Apakah kamu mengetahui Detective Conan? Jika iya, maka pengarang Conan terinspirasi dari novel ini. Nama karakternya pun, sama dengan nama pengarang Sherlock Holmes, yaitu Arthur Conan Doyle. 

4. The Woman in Black 

Bila kamu tertarik dengan cerita horor dengan latar gothic, maka The Woman in Black cocok untuk kamu baca. Novel karangan Susan Hill yang satu ini menceritakan tentang teror di sebuah kota kecil di Inggris. Pastinya, cerita berpusat kepada seorang perempuan misterius yang berpakaian serba hitam. 

5. The Hunger Games

Apakah kamu ingin membaca cerita tentang sebuah permainan yang harus mempertaruhkan nyawa? Jika iya, maka kamu dapat mengikuti petualangan Katniss Everdeen dalam novel trilogi The Hunger Games karya Suzanne Collins.

Secara garis besar, The Hunger Games merupakan satu dari sekian novel distopia bahasa Inggris yang paling populer sepanjang masa. Jadi, bila kamu penggemar novel fantasi, kamu wajib membaca trilogi ini setidaknya sekali seumur hidup.

Daftar Novel untuk Anak dan Remaja yang Ringan dan Mudah Dimengerti 

Novel bahasa Inggris terbaik

Apabila kamu merasa jika semua rekomendasi novel di atas terlalu sulit untuk kamu mengerti, maka kamu bisa mencoba untuk membaca dongeng atau cerita anak. Sebenarnya, ada banyak novel bahasa Inggris untuk pemula yang bisa kamu baca. Berikut adalah beberapa rekomendasinya! 

1. The Little Prince

Siapa yang tidak mengenal novel Le Petit Prince? Novel anak karangan dari Antoine de Saint-Exupéry ini memang populer di seluruh dunia. Dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenalnya dengan The Little Prince. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, buku ini kamu kenal dengan Pangeran Kecil. 

Hingga saat ini, totalnya buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam 300 bahasa. Sebab, cerita tentang pilot dan seorang pangeran kecil tersebut memang menyentuh hati banyak orang. 

2. Charlotte’s Web

Kemudian, novel bahasa Inggris untuk anak-anak lain yang perlu kamu baca adalah Charlotte’s Web. Cerita tentang babi dan kawannya yang berupa laba-laba karangan E. B. White ini memang sangat populer. Ini sebabnya, banyak orang yang belajar bahasa Inggris dari cerita anak-anak yang satu ini. 

3. The Wizard of OZ

Lalu, rekomendasi novel bahasa Inggris untuk anak dan remaja lainnya adalah The Wizard of OZ. Novel karya Lyman Frank Baum ini telah naik cetak sejak tahun 1900 hingga saat ini. Sehingga, jelas jika cerita tentang Dorothy memang sangat populer, terutama di kalangan anak dan remaja. 

Dalam buku ini, kamu bisa mengikuti kisah Dorothy bersama dengan Toto, sang anjing, yang tidak sengaja masuk ke negeri di balik pelangi. 

4. Peter and Wendy

Tidak hanya negeri di balik pelangi, kamu pun dapat membaca cerita dari Pulau Neverland di buku Peter and Wendy karangan J.M. Barrie. Mungkin, kamu lebih mengenal cerita ini sebagai cerita Peter Pan, seorang anak yang tidak akan pernah tumbuh dewasa. 

Di Neverland, Peter Pan tinggal bersama dengan Tinkerbell, seorang peri, dan The Lost Boys. Kemudian, dia bertemu dengan Wendy, seorang anak yang tidak sengaja datang ke Pulau Neverland. Bersama-sama, mereka melawan bajak laut jahat bernama Kapten Hook. 

5. The Wind in the Willows

Kemudian, buku anak klasik yang tidak kalah bagus untuk kamu baca adalah The Wind in the Willows Kenneth Grahame. Dalam novel ini, kamu akan bertemu dengan empat hewan yang memiliki karakter dengan sifat yang mirip dengan manusia. Mereka adalah Mole, Rat, Mr. Toad, dan Badger. 

Itulah beberapa novel bahasa Inggris terbaik yang paling recommended dan dapat kamu sesuaikan dengan taste genre novel favoritmu. 

Tinggalkan komentar