Deretan Pekerjaan yang Membutuhkan Sertifikat TOEIC

Ada banyak perusahaan yang mengharapkan karyawannya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, terutama industri yang melayani pelanggan atau rekan kerja internasional.  Dalam artikel ini, kita akan membahas deretan pekerjaan yang membutuhkan sertifikat TOEIC

Jadi, jika kamu ingin tahu apakah sertifikat TOEIC penting untuk kariermu, simak artikel ini sampai selesai.

Bacaan Lainnya

Manfaat Memiliki Sertifikat TOEIC

Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Sertifikat TOEIC

Apakah kamu sedang mempelajari bahasa Inggris? Jika ya, mungkin kamu bertanya-tanya apakah kemampuan bahasa Inggrismu akan berguna di masa depan, terutama di dunia kerja. Jawabannya, tentu saja! 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. Keahlian berbahasa Inggris bisa menjadi nilai tambah di dalam kariermu. Salah satu cara untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggrismu adalah dengan mendapatkan sertifikat TOEIC

Ada beberapa manfaat memiliki sertifikat TOEIC, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Peluang Kerja

Sertifikat TOEIC dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan. Terutama jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional atau industri pariwisata yang melayani pelanggan dari berbagai negara. 

Sertifikat ini menunjukkan bahwa kamu mampu berkomunikasi dengan efektif dalam bahasa Inggris, yang mana ini tentu akan sangat membantu memperlancar pekerjaanmu.

2. Meningkatkan Kredibilitas di Mata Klien dan Rekan Kerja

Sertifikat TOEIC dapat meningkatkan kredibilitasmu di mata klien dan rekan kerja. Klien akan merasa lebih percaya diri untuk bekerja denganmu jika mereka tahu bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan dapat berkomunikasi dengan lancar. 

Rekan kerja juga akan lebih percaya dengan kemampuanmu, sehingga kamu dapat menjadi lebih efektif dalam bekerja di tim.

3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Mengikuti tes TOEIC dan mendapatkan sertifikatnya dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris. 

Tes ini terdiri dari bagian Listening dan Reading yang dirancang untuk mengevaluasi kemampuanmu dalam memahami bahasa Inggris lisan dan tertulis. 

Dengan mengikuti tes TOEIC dan menerima umpan balik tentang kemampuan bahasa Inggrismu, kamu dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahanmu dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuanmu.

4. Mengakses Peluang Pendidikan di Luar Negeri

Sertifikat TOEIC juga dapat membantu kamu mengakses peluang pendidikan di luar negeri. Terutama untuk program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

Banyak universitas dan lembaga pendidikan di seluruh dunia memerlukan sertifikat TOEIC sebagai salah satu persyaratan penerimaan.

Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Tes TOEIC

Ketahui Pekerjaan yang Membutuhkan Sertifikat TOEIC

Di bawah ini, kamu akan menemukan beberapa deretan pekerjaan yang membutuhkan sertifikat TOEIC.

1. Pekerjaan di Bidang Penerbangan

Pekerjaan di bidang penerbangan, seperti pilot dan pramugari, membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

Seorang pilot harus bisa berkomunikasi dengan pengontrol lalu lintas udara dan membaca instruksi dari pihak pengawas penerbangan dalam bahasa Inggris. Demikian juga, pramugari harus mampu berkomunikasi dengan penumpang yang berasal dari berbagai negara.

2. Pekerjaan di Bidang Bisnis Internasional

Jika kamu tertarik dengan bisnis internasional, kemampuan bahasa Inggris sangat penting. Dalam bisnis internasional, kamu akan berkomunikasi dengan mitra bisnis, klien, dan pelanggan dari berbagai negara. 

Bahasa Inggris menjadi bahasa universal yang digunakan di dalam bisnis internasional. Oleh karena itu, memiliki sertifikat TOEIC dapat menjadi nilai tambah yang besar.

3. Pekerjaan di Bidang Pendidikan

Bagi mereka yang bercita-cita menjadi guru bahasa Inggris atau pengajar di luar negeri, sertifikat TOEIC sangat penting. Seorang guru bahasa Inggris harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik agar bisa memberikan pelajaran yang efektif. 

Sertifikat TOEIC dapat menjadi bukti konkret dari kemampuan bahasa Inggrismu.

4. Pekerjaan di Bidang Teknologi

Pekerjaan di bidang teknologi, seperti programmer dan desainer web, juga membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

Dalam industri teknologi, kamu akan bekerja dengan tim yang terdiri dari anggota dari berbagai negara. Sertifikat TOEIC dapat menjadi bukti konkret dari kemampuan bahasa Inggrismu dan membantu kamu bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa pekerjaan yang membutuhkan sertifikat TOEIC. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah yang sangat dihargai oleh perusahaan-perusahaan yang mencari karyawan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

Jadi, jika kamu sedang belajar bahasa Inggris, jangan ragu untuk mengambil tes TOEIC dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.