6 Cara Membuat Bonsai Untuk Pemula Beserta Contohnya

Cara Membuat Bonsai – Sampai saat ini, ada banyak orang yang menyukai tanaman bonsai. Tanaman tersebut memang cukup unik dan berbeda dengan lainnya. Anda dapat meletakkannya di teras atau dalam rumah dengan fungsi estetika yang luar biasa. Oleh karena itu, segera cari tahu bagaimana cara membuat bonsai untuk pemula.

Sebelum Membuat Bonsai, Kenali Dulu Apa itu Bonsai

Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui tentang apa itu bonsai. Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sudah banyak diminati di Indonesia. Akan tetapi, tanaman tersebut sejatinya berasal dari China. Seni bonsai tersebut bahkan sudah dimulai oleh orang Tiongkok sejak zaman dahulu.

Penyebutan bonsai sendiri mirip dengan bahasa yang ada di Jepang. Jika diartikan dengan bahasa Jepang, maka bon artinya adalah pot sementara sai artinya adalah tanaman. Tentu, tanaman yang satu ini dipelihara bukan tanpa alasan. Pasalnya, ada banyak keuntungan saat memelihara bonsai tersebut.

Meski sering disebut dengan miniatur pohon mini, tanaman ini sendiri sangat tepat jika digunakan untuk mempresentasikan keindahan dalam bentuk yang lebih kecil. Dengan begitu, tidak semua tanaman yang ada dapat dikatakan sebagai bonsai ataupun dapat dibuat menjadi bonsai. Menarik bukan? Ayo lanjut membaca artikel cara membuat bonsai untuk pemula ini.

Beberapa Contoh Tanaman Bonsai di Indonesia

Siapa yang tidak menyukai tanaman bonsai? Bonsai sendiri memang sengaja dibuat sebagai representasi keindahan alam yang memiliki ukuran lebih kecil. Hanya saja, tidak semua jenis tanaman dapat dibonsai. Agar Anda tidak kebingungan, maka di bawah ini merupakan beberapa contoh tanaman bonsai tersebut:

  1. Bonsai Beringin

Anda tentu sudah tidak asing dengan keberadaan bonsai yang satu ini. Bonsai beringin sendiri merupakan salah satu jenis miniatur tanaman yang paling banyak peminatnya. Siapa yang menyangka juga jika tanaman tersebut mempunyai filosofi yang mendalam dan diartikan sebagai simbol abadi.

Tidak hanya itu saja, nyatanya bonsai yang satu ini mempunyai keturunan jenis lainnya. Mulai dari beringin Korea, Dollar, Putih, Iprik, Afrika, Lokal, Kemeng, hingga Loa. Semua jenis keturunan bonsai beringin tersebut dapat Anda pelihara dengan tampilan yang sangat khas.

  1. Bonsai Serut

Jika dibandingkan dengan bonsai beringin, maka karakteristik dari bonsai serut ini sedikit berbeda. Bonsai ini sendiri berasal dari pohon serut yang memang sering tumbuh pada lokasi yang kering. Bonsai serut tersebut mempunyai daun dengan warna hijau berbentuk bulat.

Anda dapat menjumpai bonsai ini dengan batang yang memiliki warna unik. Yakni perpaduan antara abu-abu dan putih. Keberadaan bonsai serut juga tidak sulit untuk dirawat. Tentu saja, akan sangat cocok bagi mereka yang masih pemula dalam memelihara tanaman mini ini.

  1. Bonsai Lantana

Contoh bonsai yang satu ini pada dasarnya tidak kalah populer dengan bonsai beringin. Bonsai lantana ini sendiri sangat dianjurkan untuk Anda koleksi. Bagaimana tidak? Bentuk dari tanaman tersebut sangatlah menarik. Bonsai ini menyerupai semak kecil dengan tinggi hanya sekitar 2 meter saja.

Keberadaan bonsai lantana juga semakin indah jika sudah memasuki musim berbunga. Terlebih, untuk harga yang ditawarkan dari tanaman ini juga terbilang cukup tinggi. Saat menjumpainya di pasaran, maka dapat dibandrol mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Cara Membuat Bonsai Dengan Mudah Bagi Pemula

Apakah Anda ingin membuat bonsai di rumah? Daripada harus bersusah payah membuat bonsai, tidak ada salahnya untuk mengunjungi laman berikut BonsaiKita.com kemudian dapatkan berbagai jenis tanaman bonsai yang menarik. Akan tetapi, jika ingin mencoba membuatnya sendiri berikut caranya:

  1. Ketahui Jenis Bonsai

Perlu Anda ketahui, bahwa tanaman bonsai umumnya berasal dari bagian tanaman yang sudah dikembangbiakkan terlebih dahulu lewat metode setek, okulasi cangkok, hingga enten. Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sebagai bonsai.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis bonsai sebelum membuatnya.  Ketahui seperti apa kriteria tanaman yang ada agar dapat dijadikan sebagai bonsai. Pilih tanaman yang tepat dan usahakan tanaman tersebut mempunyai daun yang rindang dan berbunga agar semakin cantik.

  1. Media Tanam Bonsai

Setelah mengetahui jenis tanamannya, maka langkah selanjutnya adalah memahami media tanam bonsai itu sendiri. Anda dapat membuat bonsai dengan memakai media tanam yang berupa pasir sehingga keberadaannya dapat mencegah air menggenangi akar terlalu lama.

Kemudian, jika ingin menggunakan media tanam berupa bonsai, maka ada baiknya untuk memilih tanah merah atau tanah gunung yang lebih gembur. Kemudian, tambahkan juga pupuk kompos yang mengandung unsur hara cukup sehingga tanaman ini dapat berkembang sesuai aslinya.

  1. Penanaman

Jika menginginkan untuk menanam bonsai, maka ada baiknya untuk memahami juga bagaimana proses penanaman dan pemeliharaannya. Anda dapat menanam batang tanaman yang akan dijadikan bonsai pada sebuah pot. Kemudian, pastikan bahwa lapisan atas media tanam tersebut gembur dan subur.

Media tanamnya sendiri ada baiknya tidak lebih dari 35 cm. Sedangkan lapisan kedua perlu lebih lunak sehingga dapat menyalurkan air dengan baik. Untuk lapisan ketiga, campur dengan batuan kedap air. Dengan menerapkan cara ini maka tentu tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik.

  1. Pemeliharaan

Setelah Anda selesai dalam menanam tanaman bonsai, maka ada baiknya untuk memeliharanya dengan baik. Pastikan kelembaban media tanam yang ada tetap terjaga dengan baik. Agar nantinya akar yang dimiliki tidak mudah busuk. Terlebih, tanaman ini juga dapat terserang serangga dan penyakit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan penyaringan media tanam untuk menyingkirkan resiko serangan hama maupun penyakit pada tanaman. Tidak hanya itu, letakkan juga pot bonsai pada lokasi yang teduh. Hindari banyak angin dan jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan.

  1. Bentuk Bonsai

Setelah itu, Anda juga dapat menerapkan beberapa cara dalam membentuk bonsai. Perlu diketahui, bahwa cara yang perlu dilakukan untuk membentuk bonsai sendiri disini tentu memerlukan kesabaran yang sangat tinggi. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk kerangka dasar.

Anda bisa membuatnya dengan membentuk bayangan bentuknya terlebih dahulu. Jika sudah, maka pakai bantuan kawat, gunting dahan, tali rafia, tang, dan juga pisau. Kemudian potong bagian ranting yang tidak diperlukan. Ikatkan ranting yang diinginkan memakai kawat dan arahkan sesuai keinginan Anda.

  1. Rapikan Bonsai

Perlu diketahui bahwa bentuk bonsai yang sempurna umumnya dapat diperoleh setelah bertahun-tahun lamanya. Bonsai yang sempurna tersebut dinilai dari keseimbangan bentuk. Hal ini berarti batang serta bunganya seimbang seperti tanaman yang asli.

Tidak hanya itu saja, daun-daun dari tanaman tersebut juga perlu lebat dan rindang. Untuk menjadikan bonsai dapat tumbuh dengan sempurna, maka diperlukan pemetikan titik tumbuh dan pemangkasan dengan tepat. Bekas pangkas tersebut dapat ditutup dengan paraffin untuk menjaga tampilannya.

Itu dia beberapa cara membuat bonsai untuk pemula yang dapat Anda lakukan. Adapun proses pembuatan tanaman bonsai disini perlu dilakukan dengan sangat telaten dan sabar. Sangat penting untuk tidak mudah menyerah pasalnya diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan tanaman yang sempurna.

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan komentar