Sebagai sentral belajar bahasa Inggris terbesar di Indonesia, Kampung Inggris Pare adalah tujuan yang wajib kamu kunjungi saat ingin belajar bahasa Inggris. Ingin bertandang ke Kampung Inggris Pare tapi kamu berada jauh di Gorontalo? Enggak perlu risau, berikut adalah beberapa cara ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo.

Naik Apa ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo?

Transportasi Menuju Kampung Inggris Pare dari Gorontalo

Untuk kamu yang tinggal di wilayah Gorontalo, ada dua transportasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk menuju ke Kampung Inggris Pare di Kediri. Kamu bisa memakai transportasi udara yakni pesawat dan transportasi laut yaitu kapal feri. 

Nah, apa rute ke Kampung Inggris Pare Kediri dari Gorontalo serta berapa perkiraan biaya dari masing-masing transportasi tersebut? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo Menggunakan Pesawat

Menuju Kampung Inggris Pare dari Gorontalo Menggunakan Pesawat

Jika kamu mencari cara ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo yang paling cepat dan tidak membuang-buang waktu, maka pesawat adalah pilihan yang masuk akal. Nah, bagaimana caranya kamu memanfaatkan transportasi udara ini untuk menuju ke Kampung Inggris Pare?

Dari Bandara  Djalaluddin Gorontalo ke Bandara Juanda Surabaya

Jika kamu ingin naik pesawat untuk pergi ke Kampung Inggris Pare maka jalur terbaik adalah Bandara Djalaluddin Gorontalo ke Bandara Juanda Surabaya. Rute perjalanan dari Bandar Udara Djalaluddin ke Bandar Udara Internasional Juanda ini bukan penerbangan langsung. Dalam perjalanannya, kamu akan satu kali transit. 

Untuk jalur ini, ada dua pilihan lokasi transit, yakni Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Pilihan lokasi transit ini tergantung dari tiket pesawat yang kamu beli  nantinya.  

Untuk rute yang transit di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, secara keseluruhan kamu akan menempuh sekitar 2.000 kilometer jarak perjalanan. Sedangkan untuk durasi perjalanannya sendiri, kamu akan menempuh sekitar enam hingga tujuh jam perjalanan udara. 

Untuk rute yang transit di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta maka kamu akan menempuh agaknya 3.000 kilometer jarak perjalanan. Nah, untuk waktu tempuhnya sendiri, kamu akan menghabiskan perjalanan sekitar tujuh hingga delapan jam perjalanan.

Nah, besaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk tiket pesawat berkisar antara dua hingga empat juta rupiah. Secara terperinci, berikut adalah daftar harga tiket pesawat berdasarkan lokasi transitnya:  

  • Transit Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin: Rp2.000.000 – Rp3.000.000
  • Transit Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta: Rp3.000.000 – Rp5.000.000

Nah, selain rute penerbangan Bandar Udara Djalaluddin di Gorontalo ke Bandar Udara Juanda di Surabaya, sebetulnya ada satu rute lagi yang bisa kamu pilih. Apakah itu? Rute tersebut adalah rute penerbangan Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo ke Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.

Namun demikian rute ini tidak begitu direkomendasikan karena harga tiketnya yang jauh lebih mahal, yakni sekitar Rp4.500.000. Selain itu, waktu tempuh rute ini juga cukup lama, yakni sekitar 23 jam karena harus transit terlebih dahulu selama kurang lebih 16 jam di bandara Soekarno-Hatta. 

Dari Bandar Udara Internasional Juanda ke Kampung Inggris Pare

Sesudahnya kamu tiba di Bandara Juanda Surabaya, ada tiga pilihan alat transportasi ke kampung Inggris Pare yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih memakai transportasi yang praktis seperti ojek online atau transportasi umum seperti travel dan juga bus. Secara singkat, berikut adalah detail informasinya:

  • Ojek Online 

Jika kamu sedang memiliki anggaran yang berlebih serta mencari opsi kendaraan yang bisa menghemat waktu, kamu bisa memakai ojek online. Nah, informasi penting bagi kamu yang ingin menggunakan transportasi ini, titik penjemputan bandara ini terdapat di gerbang masuk Jalan Bypass dan juga Simpang Perempatan. 

Berapa biaya untuk memanfaatkan ojek online ini? Untuk ojek online, kamu bisa menyiapkan uang sebesar Rp250.000 untuk motor dan Rp500.000 untuk mobil.

Catatan penting: Pemesanan ojek online hanya bisa kamu lakukan 200 meter dari Terminal Kediri. 

  • Travel

Selain dua opsi kendaraan di atas, kamu juga bisa pergi ke kampung dengan memanfaatkan travel. Untuk travel, kamu perlu mencermati waktu keberangkatannya, yakni 06.00, 10.00, 13.00, 17.00, dan juga 19.00. Biaya  transportasi travel dari bandara ke Kampung Inggris Pare sebesar Rp200.000.

Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare

Untuk ojek pangkalan, kamu bisa menemui para pengemudi tepat di depan pintu masuk terminal. Uang yang perlu kamu persiapkan untuk naik ojek pangkalan adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp70.000. 

Jika kamu  berencana naik ojek online, tarif yang perlu kamu  persiapkan adalah sekitar Rp60.000 hingga Rp90.000. Sedangkan untuk angkutan kota kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp20.000. 

  • Bus

Kalau ingin alternatif transportasi yang lebih ekonomis dan terjangkau, kamu bisa coba memanfaatkan transportasi umum seperti bus. 

  • Untuk bisa mendapatkan bus yang menuju Kediri, kamu harus terlebih dahulu pergi ke Terminal Purabaya dengan memanfaatkan Bus DAMRI yang ada di  bandara. 
  • Bus DAMRI ini disediakan bandara dari jam 02.30 sampai 21.00 untuk kamu naiki setiap 15 menit, jadi kamu tidak perlu khawatir ketinggalan atau tidak kebagian. Adapun harga dari Bus DAMRI ini tergolong terjangkau, yakni sekitar Rp20.000.
  • Setelah tiba di Terminal Purabaya, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk ke Kampung Inggris Pare adalah mencari bus tujuan Surabaya-Kediri. Beberapa di antaranya adalah Bus Handoyo, Harapan Jaya, dan juga Bagong. Harga tiket bus ini rata-rata berkisar antara Rp15.000 – Rp30.000.

Dari Terminal Purabaya, biasanya kamu akan dibawa menuju ke Terminal Kediri. Di sana, kamu bisa memilih antara memanggil ojek online, ojek konvensional, naik angkutan kota tujuan Pare, atau naik bus kecil.

Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare

Step ini hanya kamu perlukan jika kamu memilih menggunakan bus dari Terminal Purabaya menuju Terminal Kediri. Sesampai Terminal Kediri, kamu bisa memilih antara memanggil ojek online, ojek konvensional, naik angkutan kota tujuan Pare, atau naik bus kecil.

  • Untuk ojek pangkalan, kamu bisa menemui para pengemudi tepat di depan pintu masuk terminal. Uang yang perlu kamu persiapkan untuk naik ojek pangkalan adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp70.000. 
  • Jika kamu  berencana naik ojek online, tarif yang perlu kamu  persiapkan adalah sekitar Rp60.000 hingga Rp90.000. Sedangkan untuk angkutan kota kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp20.000. 
  • Bagaimana dengan bus kecil? Jika kamu mempertimbangkan untuk naik bus ke Kampung Inggris dari Terminal Kediri, kamu perlu menyediakan dana Rp15.000 hingga Rp25.000. Untuk pemilihan busnya, kamu bisa memilih antara Harapan Jaya atau Jaya Mulya yang turun di Singgahan-Pelem, bagian barat Kampung Inggris.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo dengan Kapal Feri

Menuju Kampung Inggris Pare dari Gorontalo Menggunakan Kapal

Cara lainnya menuju ke Kampung Inggris Pare untuk kamu yang tinggal di daerah Gorontalo adalah dengan berlayar menggunakan kapal feri. Nah, jika kamu bandingkan dengan biaya tiket pesawat, cara satu ini memang lebih terjangkau dan murah. Namun dari segi waktu, cara ini akan jauh lebih banyak memakan waktu.

Dari Gorontalo ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar

Untuk bisa menyeberang, kamu harus terlebih dahulu pergi ke pelabuhan yang ada di Makassar, yakni Pelabuhan Soekarno–Hatta. Untuk pergi ke pelabuhan ini dari daerah Gorontalo, kamu bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi, pesawat, atau naik kapal dari pelabuhan Gorontalo. 

Jika kamu berniat menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu akan menempuh sekitar 31 jam perjalanan dari Gorontalo ke Makassar. Untuk pesawat, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan biaya sekitar Rp1.200.000. Sedangkan untuk kapal adalah tiga hari perjalanan dengan biaya sekitar Rp425.000. 

Dari Pelabuhan Soekarno–Hatta Makassar ke Pelabuhan Tanjung Perak

Sesampainya di pelabuhan, untuk melakukan penyeberangan kamu bisa memilih rute Pelabuhan Soekarno–Hatta Makassar ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Penyeberangan ini akan berlangsung sekitar satu hingga satu  setengah hari. 

Bagaimana dengan biaya perjalanannya? Untuk satu tiket penyeberangan orang dewasa harganya adalah sekitar  Rp300.000 hingga Rp350.000. 

Dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Terminal Purabaya (Surabaya)

Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, cara ke Pare dari Surabaya  adalah naik bus dengan tujuan Kediri. Nah, untuk menemukan bus yang bisa mengantar kamu ke Kediri, kamu harus terlebih dahulu pergi ke Terminal Purabaya yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pelabuhan. 

Untuk pergi ke terminal ini, kamu bisa menggunakan bus kota yang  terdapat di sekitar pelabuhan. Adapun biaya yang perlu kamu persiapkan untuk  naik bus kota menuju Terminal Purabaya adalah sekitar Rp 10.000. 

Dari Terminal Purabaya ke Terminal Kediri 

Sesudah sampai di Terminal Purabaya, kamu harus mencari bus dengan rute Surabaya ke Kediri dahulu karena tidak ada bus dari Surabaya ke Pare Kediri. Beberapa opsi bus yang akan mengantar kamu ke Kediri adalah Bagong, Harapan Jaya, dan juga Handoyo. Harga tiket bus ini sekitar Rp15.000 – Rp30.000.

Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare

Nah, dari Terminal Purabaya nantinya kamu akan melakukan pemberhentian di Terminal Kediri. Jarak dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare masih cukup jauh, maka kamu harus mencari transportasi lain lagi. Pilihannya beragam, kamu bisa naik bus kecil, ojek konvensional, ojek online, atau naik angkutan kota. 

  • Untuk bus dari Kediri ke Pare kamu bisa naik bus Harapan Jaya, Surya Indah, Jaya Mulya atau Puspa Indah yang pemberhentian di daerah Kampung Inggris Pare. Nah, untuk ongkosnya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000.
  • Bagaimana kalau kamu ingin naik ojek? Untuk ojek konvensional anggaran yang bisa kamu siapkan adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp70.000. 
  • Untuk harga ojek online Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare adalah sekitar Rp60.000 hingga Rp90.000. 
  • Nah, selain bus dan juga ojek, kamu bisa saja naik angkutan kota yang berada di sekitar Terminal Kediri. Untuk angkutan kota, pastikan kamu memilih angkutan dengan kode P atau Pare. Harga yang dipatok untuk ongkos Angkutan kota adalah sekitar Rp20.000.

Untuk ojek konvensional kamu bisa menemui para pengemudi ojek di pangkalan ojek yang berada di dekat gerbang Terminal Kediri. Sedangkan untuk ojek online, pemesananan hanya boleh kamu lakukan sekitar 200 meter dari terminal.  

Baca juga :  Catat! Begini Cara ke Kampung Inggris Pare dari Medan

Penutup

Agar perjalanan lebih nyaman, pilihlah alat transportasi yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kamu. Nah, itulah beberapa cara ke Kampung Inggris Pare dari Gorontalo. Semoga bermanfaat!

Bagikan: