Punya rencana ke Kampung Inggris di Pare dalam waktu dekat? Jangan lupa persiapkan waktu belajarmu sebaik mungkin agar lebih maksimal nantinya. Jika kamu kebetulan baru pertama kali ke Pare dan memulai start dari Kota Jombang, jangan skip artikel ini! Sebab, kamu akan menemukan panduan lengkap cara ke Kampung Inggris Pare dari Jombang, termasuk jenis transportasi dan biayanya.

Kalau kamu dari Jombang, sudah pasti rute kendaraan yang akan kamu tempuh menggunakan jalur darat menuju ke Kediri di Pare. Ada banyak pilihan transportasi darat dari Kota Jombang menuju Kediri, mulai dari bus, travel, kereta api, angkot, hingga  transportasi rental dan online. Semua punya plus minus yang perlu kamu ketahui.

Pilihan Transportasi dan Biaya dari Jombang ke Pare Kampung Inggris

Dengan start Kota Jombang, cara ke Pare Kediri yang bisa kamu tempuh adalah dari arah stasiun maupun terminal, khususnya jika kamu ingin naik transportasi umum. Namun, kalau kamu menggunakan transportasi pribadi, dari Kota Jombang, kamu bisa langsung menuju ke Kecamatan Pare, Kediri, untuk menuju Kampung Inggris.

Jarak dari Jombang ke Kampung Inggris sekitar 31 kilometer melalui Jalan Ngoro-Jombang. Waktu tempuh kendaraan rata-rata sekitar 50 menit. Jadi kalau misalnya kamu mau bawa kendaraan pribadi pun, masih sangat memungkinkan karena jaraknya yang lumayan dekat.

Khusus buat kamu yang ingin pakai transportasi umum, berikut ini panduan lengkapnya:

Cara ke Pare Kampung Inggris dari Terminal Jombang

Cara ke Kampung Inggris  pare naik bus

Jika kamu start dari Terminal Jombang ke Kampung Inggris, berikut ini pilihan transportasinya.

1. Menggunakan Bus

Kalau kamu dari Terminal Jombang, maka kamu bisa naik bus untuk menuju ke Kampung Inggris Pare. Pilihan busnya ada beberapa yakni bus Harapan Jaya, bus Bagong, atau bus Surya Indah yang berasal dari arah Surabaya. Bus tersebut akan menuju Kediri dan Tulungagung.

Kalau kurang jelas, kamu bisa tanyakan lebih dulu ke petugas di terminal, mana saja bus yang rutenya menuju ke Pare. Setelah naik bus jurusan Pare, ini yang harus kamu perhatikan:

  • Mintalah turun di perempatan Tulungrejo. Kamu juga bisa sampaikan langsung ke kondektur bus tujuan kamu ke Kampung Inggris, mereka akan paham.
  • Kalau kamu turun di Tulungrejo, ongkos busnya biasanya Rp 10.000 saja.
  • Dari simpang Tulungrejo, kamu bisa melanjutkan lagi perjalanan menuju ke Kampung Inggris menggunakan kendaraan becak yang tersedia di simpang tersebut. Kamu bisa langsung bilang turunnya di lembaga yang akan kamu tuju.

Cara ke Kampung Inggris Pare menggunakan kendaraan umum ini sebaiknya kamu lakukan kalau barang bawaan kamu hanya sedikit. Sambil jalan-jalan kamu bisa melihat suasana di daerah Kediri dengan lebih santai.

2. Travel dan Ojek

Selain menggunakan transportasi umum bus, kamu juga bisa naik travel atau ojek dengan memesan lebih dulu ke layanannya. Kalau memilih transportasi ini, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

  • Kamu bisa cari layanan travel dan ojek tersebut yang biasanya tersedia secara online di website-website jasa travel perjalanan. Cek harganya untuk memastikan biaya perjalanan.
  • Tarif layanan ojek dari Terminal Jombang ke Kampung Inggris umumnya ada di kisaran kurang dari Rp100.000. Sedangkan untuk travel biasanya Rp110.000 hingga Rp 150.000.
  • Kamu bisa memesan taksi online dari Terminal Jombang. Namun, pastikan lokasi pemesanan transportasi kamu itu sedikit jauh dari terminal. Kamu bisa jalan dulu keluar dari terminal dan melakukan pemesanan di sana.

Cara ke Pare Kampung Inggris dari Stasiun Jombang

Cara ke Pare Kampung Inggris dari Stasiun Jombang

Selanjutnya kamu juga bisa melalui jalur Stasiun Jombang untuk sampai ke Kampung Inggris Pare. Misalnya kamu dari luar daerah menggunakan transportasi kereta dan turun di Stasiun Jombang, panduan ini akan cukup berguna untuk kamu.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, jarak dari Stasiun Jombang ke Kampung Inggris Pare sedikit lebih dekat ketimbang terminal. Jaraknya sekitar 28 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 46 menit. Sedikit lebih cepat dari perjalanan via terminal.

Nah, dari arah stasiun KAI ini kamu bisa memilih beberapa pilihan transportasi, yakni:

1. Menggunakan Bus

Kalau kamu ingin lebih berpetualang menikmati suasana perjalanan, kamu bisa naik bus dari Stasiun Jombang menuju ke Pare Kampung Inggris. Ini hak-hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Dari stasiun, kamu bisa naik becak dulu menuju ke lampu merah sebelah Timur Stasiun Jombang. Kamu bisa bilang saja ke tukang becak mau ke Kampung Inggris Pare . Tarif becak di sini umumnya antara Rp10.000 sampai Rp20.000.
  • Nah, selanjutnya dari lampu merah ini kamu bisa naik bus. Ada beberapa pilihan bus yaitu bus Harapan Jaya, bus Bagong, atau Surya Indah. Bus tersebut arahnya dari Surabaya menuju ke Kediri dan Trenggalek.
  • Kamu bisa minta turun di perempatan Tulungrejo ke kondektur bus. Bilang saja mau ke Kampung Inggris, nanti kondektur akan menurunkan kamu di lokasi yang pas. Ongkos naik bus ini sekitar Rp10.000.
  • Turun di perempatan Tulungrejo,  kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan naik becak. Ada banyak becak di sini dan kamu tinggal bilang mau ke Kampung Inggris. Langsung berikan saja alamat lembaganya maka tukang becak akan mengantar kamu langsung ke lokasi.

2. Travel dan Ojek

Kampung Inggris adalah destinasi edukasi yang sangat terkenal di Indonesia. Jadi sudah pasti transportasi dan akses menuju ke lokasinya juga cukup banyak. Selain bus, transportasi dari Stasiun Jombang yang bisa kamu pilih menuju Pare adalah travel dan ojek. Hanya saja secara biaya pastinya lebih mahal.

Ojek dari stasiun ke Kampung Inggris sekitar Rp70.000 sampai Rp90.000 untuk satu orang.

Sedangkan travel, tarifnya juga bisa mencapai ratusan ribu. Keunggulannya, kamu tidak perlu ribet sebab akan dijemput dan layanan untuk rombongan juga tersedia. Tarifnya rata-rata Rp250.000 per mobil. Kalau kamu datang dengan rombongan, layanan ini mungkin lebih membantu kamu.

3. Transportasi Online

Kalau kamu suka keparktisan, pesan transportasi online adalah opsi yang patut dipertimbangkan. Namun untuk memesannya, kamu perlu keluar dulu dari stasiun. Cari titik yang tepat untuk melakukan pemesanan taksi online,

Perhitungkan jarak dan tarif per kilometernya. Kamu bisa cek harganya lebih dulu dan bandingkan dengan biaya moda transportasi lainnya. Jenis transportasi yang bisa kamu pesan secara online adalah ojek atau mobil. Kalau sendirian, pastinya lebih murah pakai ojek.

Cara ini cocok buat kamu yang belum begitu tahu lokasi setempat. Jadi kamu tinggal ikut ojek atau mobil dari transportasi online yang sudah pasti menggunakan mengetahui map menuju ke lokasi.

Layanan Penjemputan Lembaga Kursus

Layanan Penjemputan Kursus bahasa inggris pare

Nah, kalau kamu tidak mau ribet memikirkan transportasi, beberapa lembaga sudah menyediakan layanan penjemputan peserta kursus sampai ke beberapa titik kedatangan.

Tidak cuma di Jombang atau Kediri lho, penjemputan bahkan sampai ke Bandara Juanda yang di Surabaya. Surabaya Pare berapa jam? Sekitar lebih dari dua jam melalui tol Mojokerto-Kertosono. Jaraknya sekitar 116 kilometer.

Jadi kalau misalnya kedatanganmu adalah dari Terminal Jombang atau Stasiun Jombang, silakan langsung tanyakan ke lembaga kursus yang kamu pilih, apakah melayani penjemputan di titik tersebut. Kamu bisa mencari lokasi kedatangan yang lebih aman dan terjangkau untuk memudahkan transportasi sampai ke lokasi kursus.

Kendaraan Pribadi atau Rental dari Jombang

cara ke Kampung Inggris Pare dari Jombang naik mobil

Kalau ingin lebih nyaman dan santai selama perjalanan dari Jombang ke Kampung Inggris, kamu bisa naik mobil pribadi atau rental mobil khusus dari Jombang.

Jaraknya lumayan dekat sehingga kalau rental pun, waktu tempuhnya tidak akan terlalu lama. Kamu bahkan bisa memilih rental mobil mulai dari 6 jam saja.

Sementara kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa aktifkan selalu layanan GPS kamu untuk memastikan rute perjalanan yang benar sampai ke lokasi.

Naik kendaraan pribadi atau rental mobil ini cocok untuk kamu yang lokasinya sedikit jauh dari terminal atau stasiun. Dari berbagai titik arah kedatangan dari Jombang, kamu bisa pakai kendaraan rental atau mobil pribadi.

FAQ

Apakah bisa dari Jombang ke Kampung Inggris Pare naik transportasi online?

Tentu saja bisa karena akses transportasi menuju ke Kampung Inggris Pare cukup mudah. Namun, secara biaya, kamu perlu pertimbangkan dan bandingkan dengan kendaraan lain. Jika ingin mengutamakan kenyamanan, transportasi online ini cocok untuk kamu.

Jika ingin pulang dari Kampung Inggris ke Jombang atau daerah lainnya, apakah ada transportasi dari Pare?

Kamu tidak perlu khawatir karena di lokasi Kampung Inggris Pare tersedia banyak travel yang siap mengantar kamu ke lokasi tujuan di luar Pare. Bukan hanya untuk transportasi perjalanan, travel wisata juga tersedia di kawasan ini dan bisa kamu manfaatkan untuk jalan-jalan.

Kalau saya dari Bandara Juanda di Sidoarjo, bagaimana caranya sampai ke lokasi Kampung Inggris?

Dari Bandara Juanda ke Kampung Inggris ada banyak pilihan transportasi mulai dari bus, travel, atau layanan penjemputan dari lembaga kursus yang kamu pilih. Kamu bisa cek informasinya di internet. Ada banyak layanan jasa travel dari bandara ke lokasi Kampung Inggris.

Saya dari arah Jakarta, bagaimana rute yang baik untuk saya?

Kamu bisa naik pesawat menuju Bandara Juanda atau naik kereta api menuju Stasiun Kediri. Kereta api Jakarta Kediri pun cukup banyak pilihannya.

Selain itu, kamu juga bisa naik bus menuju ke Terminal Kediri. Dari sana perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan beberapa pilihan transportasi seperti bus, travel, ojek, transportasi online atau layanan penjemputan dari lembaga kursus.

Kapan waktu yang tepat berkunjung ke Kampung Inggris Pare? 

Umumnya orang akan datang di musim liburan. Namun, banyak juga yang memang datang khusus untuk kursus selama beberapa waktu di Pare pada hari kerja.

Saat ini tersedia juga layanan Kampung Inggris Pare online yang bisa kamu dapatkan layanan kursusnya. Namun, tentu saja tetap akan beda belajar online dengan tatap muka langsung.

Datang langsung ke Pare akan membuat kamu menemukan lingkungan berbahasa yang terbaik dan praktik yang maksimal. Ini tidak akan kamu temukan jika mengikuti kursus secara online.

Penutup

Nah, apakah cara ke Kampung Inggris Pare dari Jombang di atas sudah jelas? Di era teknologi digital sekarang ini tentunya tidak sulit lagi untuk menemukan informasi. Rute peta pun bisa kamu akses dengan mudah. Syaratnya kamu terhubung dengan internet untuk memudahkan aktivitas. Sampai jumpa di Pare Kampung Inggris.

Bagikan: