Budaya Orang Perancis Paling Unik Beserta Fakta Menariknya

Budaya Orang Perancis Paling Unik Beserta Fakta Menariknya

Budaya orang Perancis penting Anda ketahui saat ingin berkunjung, bekerja maupun mengambil pendidikan di negara tersebut. Perancis merupakan negara Eropa yang paling indah dengan budaya yang beragam. Bagaimana tidak, Perancis memiliki sejarah, budaya, seni dan makanan khas yang menarik.

Adanya sisi budaya dan tradisi di negara tersebut sehingga menjadi daya tarik orang asing untuk mengunjunginya. Perancis memegang peran penting terkait kebudayaan seni dan peradaban. Untuk itu setiap orang yang akan datang ke Perancis perlu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang negara tersebut.

Budaya Orang Perancis
livescience.com

Fakta dan Budaya Orang Perancis yang Perlu Diketahui

Tradisi dan budaya yang hingga kini masih dipandang oleh orang-orang dari penjuru dunia dan penting Anda ketahui sebelum kesana adalah sebagai berikut.

Bahasa

Budaya orang Perancis pertama dari segi bahasa sebaiknya Anda ketahui. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang Perancis dalam keseharian.

Orang Perancis menggunakan bahasa Perancis. Mereka sangat menjunjung bahasa dengan kebanggan dan loyalitas tinggi pada bahasa resmi negara tersebut.

Perlu Anda ketahui meski orang Perancis, mereka tidak menggunakan bahasa Inggris.

Bukan berarti mereka semua memakai bahasa Inggris baik kota terpencil maupun kota besar.

Budaya orang Perancis tidak suka menggunakan bahasa Inggris. Untuk itu ketika menyapa mereka sebaiknya gunakan kalimat Parlez Vous Anglais untuk bertanya kepada mereka. Artinya adalah apakah Anda bisa berbahasa Inggris?

Selain bahasa Perancis untuk bahasa nasional, hampir 3% populasi berbicara dengan bahasa Jerman. Selain itu bahasa yang digunakannya adalah bahasa Arab dan Flemish.

Begitu juga dengan penduduk yang tinggal di perbatasan Italia maka mereka menggunakan bahasa Italia untuk bahasa kedua saat berbicara.

Sementara untuk yang tinggal di perbatasan Perancis-Spanyol biasa berkomunikasi dengan bahasa Basque.

Pakaian atau Fashion

Bagi yang ingin bekerja atau tinggal di Perancis untuk kepentingan studi, maka juga perlu memperhatikan budaya orang Perancis dari segi pakaian.

Paris menjadi pusat fashion dunia yang cukup populer. Sekaligus menjadi tempat mode paling populer.

Seperti Dior, Hermes, Louis Vuitton dan Chanel. Selain itu gaya fashion mereka adalah menggunakan syal, mantel panjang, gaun, khas, juga baret.

Mereka memiliki cara berpakaian yang dinilai di Perancis. Terbiasa berpakaian rapi dengan bahan berkualitas.

Salam Cipika-cipiki

Budaya orang Perancis selalu terbiasa cipika-cipiki. Mencium pipi kanan dan kiri orang yang mereka temui sebagai salam.

Selain itu cipika-cipiki adalah dua wanita, wanita dan pria dan dua pria hingga generasi yang lebih tua.

Tidak hanya itu sebagian dari Perancis melakukan salam ini hingga lima kali. Meski hal ini menjadi budaya Perancis namun tidak semua cara ini berlaku di negara lain.

Namun hal yang unik dari budaya ini adalah Anda tidak boleh melakukan cipika-cipiki di dalam kereta.

Karena termasuk tindakan ilegal. Budaya orang Perancis Anda tidak boleh berciuman dalam kereta saat di Perancis.

Etika Sopan

Orang Perancis cenderung sopan dan diam. Mereka biasanya berbicara dengan tenang. Apalagi saat makan di restoran.

Setiap tamu yang diundang makan umumnya membawa oleh-oleh atau kado kecil untuk yang mengundang.

Bahkan kepada orang yang tidak dikenal, misalkan telah selesai acara dan ingin keluar restoran atau cafe, maka orang Perancis akan membantu dalam memakaikan jaket hingga membukakan pintu untuknya.

Jika dalam tradisi Amerika hal ini adalah bentuk dipermalukan, namun budaya orang Perancis hal ini adalah bentuk kesopanan dan kehormatan.

Sehingga ketika Anda datang sebagai tamu undangan maka perlakuan dari orang Perancis tersebut jangan dianggap melecehkan. Hal ini merupakan bentuk penghormatan.

Ucapan Salam

Salam paling populer di Perancis adalah Bonjour. Kata tersebut berarti selamat pagi-sore atau halo. Salam tersebut bisa Anda ucapkan dimana saja kapan saja.

Baik pada orang yang dikenal maupun tidak dikenal sama sekali. Bonjour menjadi kalimat pembuka baik saat masuk toko, perkantoran, cafe atau saat membeli tiket.

Selain salam Bonjour di Perancis juga memiliki budaya yang lain saat bertemu.

Sayangnya budaya orang Perancis satu ini tidak sesuai dengan norma budaya ketimuran Indonesia. Budaya ini adalah ciuman.

Ciuman tersebut disebut dengan Ia Bise. Umumnya ciuman ini dilakukan oleh perempuan dan laki-laki yang merupakan teman akrab.

Selain itu bukan hanya teman dekat saja, namun orang baru yang diperkenalkan kepada mereka juga menggunakan salam ciuman ini.

Makanan

Makanan yang paling menonjol adalah roti. Orang Perancis sangat menyukai roti baguette. Karena kecintaannya dengan Roti baguette setiap hari sepulang kerja mereka akan memegang roti dengan gigitan.

Budaya orang Perancis ini sudah menjadi budaya khas mereka. Karena mereka tidak akan langsung menghabiskan roti tersebut. Hanya menyobek sebagian kecil di tangan mereka untuk dilahap.

Menyobeknya dan memakannya hingga roti tersebut habis. Bahkan tradisi mereka dalam menyajikan roti tersebut tidak menggunakan piring namun langsung di atas meja.

Bahkan tradisi mereka menyobek roti dengan mencampurnya dengan saus lezat sebagai makanan penutup.

Selain roti, hal yang paling terkenal adalah dari makanan dan anggur yang berkelas. Makanan yang ada di sana selain lezat juga mahal. Begitu menghargai makanan, mereka membuatnya menjadi makanan istimewa.

Seperti halnya Indonesia, setiap daerah di Perancis memiliki makanan yang khas. Budaya orang Perancis mereka menyesuaikan dengan bahan lokal yang ada setiap daerah.

Perancis bagian selatan lebih umum memakai minyak zaitun yang dicampur dengan mentega juga menu tradisional.

Seperti bawang, tomat segar, rempah-rempah Rosemary, kemangi dan oregano. Sedangkan darah pertanian Normandia juga pantai atlantik sangat familiar dengan makanan apel, seafood juga produk susu baik krim, keju, dan mentega.

Untuk daerah Perancis berbatasan Jerman menampilkan hidangan daging hangat, jenis makanan yang mendapatkan pengaruh Jerman juga kubis.

Menjunjung Solidaritas

Budaya orang Perancis yang sudah kental adalah dari sisi solidaritas. Tak heran jika di Perancis meskipun tidak kenal sekalipun tetap saling membantu.

Bahkan hal sepele sekalipun. Orang Perancis sangat menjunjung tinggi nilai-nilai solidaritas bersama.

Mulai dari membantu menyeberangkan hingga membantu membawakan barang belanjaan.

Untuk itu Anda perlu mengetahui budaya ini. Sehingga dapat menyesuaikan diri saat berada di Perancis.

Meski begitu, budaya orang Perancis ini tidak berlaku di negara lainnya. Bahkan di negara lain orang tidak akan membiarkan Anda untuk menyentuh orang lain karena menjadi sebuah pelanggaran.

Budaya ini cukup menarik. Mengingat beberapa negara Eropa maupun Amerika menerapkan mode waspada pada orang asing yang tidak dikenal. Karena orang Perancis terbiasa hidup pada lingkungan pluralis.

Tradisi Apero

Perancis memiliki tradisi unik yang populer dengan menara paris. Tradisi ini adalah La Apero atau La Aperitif.

Salah satu tradisi yang dilakukan keluarga Perancis sebelum mereka melakukan makan malam.

Mereka akan menyantap makanan kecil sekitar 2 jam sebelum makan besar. Makanan kecil yang tersedia sangat banyak seperti salmon, jenis keju yang bertabur rempah-rempah. Budaya orang Perancis juga menghidangkan minuman berupa wine kegemaran orang Perancis.

Little Gourmand

Jika kita sering melihat anak-anak makan hotdog, burger dan lainnya adalah bukan hal baru. Namun berbeda ketika Anda berada di Perancis.

Karena Anda akan lebih sering melihat anak-anak memakan makanan orang dewasa.

Sungguh beruntung anak-anak Perancis karena bisa mencicipi berbagai makanan dan mengapresiasikan diri untuk mengenal makanan enak sejak usia dini.

Tak heran jika Perancis menjadi negara yang memiliki makanan lezat. Hal ini karena indera perasa mereka telah terbentuk sejak usia dini dengan berbagai varian rasa.

Bahkan termasuk dalam makanan terlezat di dunia. Mungkin budaya orang Perancis ini cukup berbeda dengan negara lainnya.

Budaya Ditempat Kerja

Jika melihat dari sisi budaya bisnis, Perancis menghormati hirarki dan cenderung formal. Terutama saat diperkenalkan dengan pegawai baru mereka memanggil dengan tuan (monsieur) dan nyonya (madame).

Anda diharuskan menatap mata lawan bicara saat bersalaman maupun berbicara.

Selain itu, Anda tidak boleh membawa urusan pribadi ke tempat kerja. Karena orang Perancis sangat menghormati privasi bahkan jarang berbicara tentang hal pribadi maupun urusan kehidupan pribadi ke dunia kerja.

Seni

Budaya orang Perancis memiliki kekayaan kesenian yang ada dimana-mana. Termasuk di Paris juga kota besar lainnya.

Negara ini memiliki karya seni dengan gaya gotik. Begitu juga Romawi Rococo dan Neoklasik. Hal ini dapat Anda lihat pada gedung-gedung yang ada di seluruh penjuru negeri.

Bahkan banyak sekali seniman yang lahir terinspirasi dari Paris. Seperti Claude Monet, Edgar Degas, dan Camille Pissarro serta lainnya.

Untuk dapat melihat karya seni yang legendaris terdapat museum terbesar di Paris bernama Museum Louvre. Karya seni tersebut berupa lukisan Mona Lisa dan Venus de Milo.

Sedangkan budaya orang Perancis seniman dan sejumlah filsuf ternama yang berasal dari Perancis diantaranya Descartes, Blaise Pascal, Henry Bergson, Piere Teilhard de Chardin, Maurice Blondel, dan Montaigne.

Sementara itu festival film tertua di dunia adalah Festival Film Festival ini pertama kali pada 20 September 1946 di kota Cannes, Perancis Selatan.

Kini Festival Film Cannes menjadi festival film tahunan yang paling bergengsi dan populer di dunia.

Mengepak Belanjaan Sendiri

Ketika Anda tinggal di Perancis maka Anda jangan kaget saat berbelanja harus mengepak sendiri belanjaannya.

Anda memiliki kebebasan berbelanja dan memilih bahan makanan sendiri dan memasukkannya dalam kantong plastik maupun kertas yang Anda bawa sendiri.

Tidak akan ada yang membantu Anda membungkus barang belanjaan Anda. Budaya orang Perancis sebagai pelatihan diri dan mental.

Sehingga Anda mendapatkan gambaran dari macam pelayanan yang ada di supermarket Eropa.

Beberapa supermarket-supermarket lokal disebut dengan superrette menawarkan plastik secara cuma-cuma. Namun ada juga yang mengharuskan Anda membayar kantong plastik.

Menyumbang Dana

Biasanya budaya Amerika dan negara lainnya sudah terpengaruh budaya Amerika. Selain itu membagi pengeluaran yang ada di restoran.

Hal ini sudah menjadi hal umum. Apalagi dalam berkencan. Hal ini agar setiap orang bertanggung jawab atas pengeluaran.

Selain itu budaya orang Perancis lainnya tidak terbebani hutang Budi atau lainnya. Namun berbeda dengan tradisi Perancis.

Budaya Perancis tidak menyukai hal ini karena dianggap kekikiran dan tidak baik. Orang Perancis tidak perhitungan.

Karena mereka akan membayar sejumlah uang yang menurut mereka pantas bahkan bisa melebihi yang seharusnya.

Terkadang hal ini menjadi masalah. Karena gengsi dan menjaga image, satu dan lainnya tidak ingin merasa membayar paling sedikit. Bagi mereka mengeluarkan lebih besar adalah hal yang baik.

Aura Negatif

Entah tradisi atau budaya orang Perancis, namun orang-orang Perancis memiliki aura cukup negatif. Contohnya saja Anda menyodorkan proposal proyek maka Anda harus bersiap untuk menghadapi analisa.

Termasuk dari para penonton yang menjabarkan resiko serta masalah yang akan dihadapi.

Begitu juga ketika Anda mendapatkan nila A. Mungkin banyak yang bertanya kenapa Anda tidak mendapatkan A+.

Budaya orang Perancis sangat percaya bahwa sekedar mengapresiasi hal baik dan mengacuhkan hal negatif adalah hal yang naif.

Selain itu mereka percaya melihat ketidaksempurnaan merupakan tanda-tanda dari kecakapan dan kompetensi.

Oleh karena itu saat Anda mengambil pendidikan di Perancis atau bekerja di sana setidaknya Anda harus membiasakan diri dengan kritikan maupun pujian yang tidak biasa.

Harus Ada Keju Dalam Jamuan Makan

Sementara budaya makan orang Perancis terdiri dari lima sesi makan. Mulai dari aperitif atau minum wine sebagai pembuka, main course, appetizer, dessert, keju.

Sehingga keju ini wajib ada dalam jamuan makan. Namun bukan hanya comdiment sebuah masakan.

Jika di Indonesia ada yang kurang tanpa sambal begitu juga dengan budaya orang Perancis yang kurang jika tidak ada keju.

Keju ini di konsumsi setiap hari oleh orang Perancis. Umumnya langsung makan dengan biskuit, atau diolah dengan dang dan buah.

Terdapat lebih dari 20 keju yang memang di produksi Negara Perancis. Sehingga Anda wajib membiasakan diri setiap hari bertemu dengan yang namanya keju.

Berbagi Makanan Sambil Berbincang

Pada dasarnya budaya gastronomi adalah untuk menjalin keakraban juga mempererat hubungan antar masing-masing orang.

Budaya orang Perancis saat momen makan bersama menjadi momen terbaik untuk nasehat, cerita juga keintiman.

Sehingga makan terbagi menjadi beberapa sesi. Hal yang menyatukan adalah salah satu yang berkaitan dengan budaya kuliner juga astronomi.

Sehingga makan bisa berlangsung lebih dari satu jam. Karena memiliki jeda untuk berbincang. Durasinya cukup panjang.

Begitu juga saat makan. Wine harus ada dalam hidangan. Jenis wine yang disajikan juga tidak sembarangan.

Menghabiskan Waktu

Budaya orang Perancis yang sering berlaku  adalah berlama-lama dalam hal tertentu. Hal ini mungkin berlawanan dengan budaya negara lainnya.

Misalkan saja memesan espresso. Anda akan sering melihat orang Perancis yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghabiskan espresso.

Berbeda dengan budaya negara lainnya yang justru memilih jalan cepat untuk memasukkan kafein dalam sistem peredaran darah.

Sedangkan orang Perancis menikmati espresso secara pelan-pelan. Sekaligus mengapresiasi kebersamaan.

Suka Mengeluh

Salah satu kebiasaan dan budaya orang Perancis yang aneh adalah suka mengeluh. Umumnya pembuka percakapan yang dilakukan dan umum terjadi pada lingkungan mereka.

Karena mengeluh ini sebagai cara mereka untuk menahan diri dari kata maupun tindakan yang negatif. Selain itu untuk menghindari hal yang tidak pantas.

Apa saja yang mereka keluhkan adalah hal eksternal. Seperti pemerintahan, maupun pelayanan restoran.

Bahkan budaya orang Perancis atau kebiasaan mereka yang mengeluh ini adalah cara untuk mereka menciptakan koneksi dengan orang lain. Sehingga mengeluh tersebut untuk meninggalkan hal negatif lainnya.

Dari budaya Perancis ini Anda semakin mengerti bahwa setiap budaya memiliki keanehan dan keunikan sendiri yang tidak dapat dimengerti. Perancis memiliki budaya yang tidak biasa.

Budaya Perancis haruslah Anda ketahui jika Anda akan mengambil pendidikan maupun tinggal di negara tersebut.

Sehingga dapat menyesuaikan diri dengan budaya orang Perancis. Dengan begitu baik komunikasi maupun bersosialisasi dengan orang Perancis berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.