Kampung Inggris Pare
Beranda Info Tekno Cara Cek Fake Follower Twitter Langsung Blokir

Cara Cek Fake Follower Twitter Langsung Blokir

Saat ini banyak akun penipu dengan melakukan scam atau hal lain yang merugikan pengguna media sosial salah satunya Twitter. Hal ini bisa pengguna antisipasi dengan melakukan cek fake follower Twitter secara berkala. Pengguna bisa mengecek manual atau menggunakan aplikasi untuk hasil lebih akurat.

Beberapa Cek Fake Follower Twitter

Media sosial menjadi semakin berkembang dengan banyaknya akun bertebaran setiap harinya. Hal ini juga memberikan efek bagi para penipu untuk melancarkan aksinya. Namun tidak perlu risau karena ada beberapa cara cek fake follower Twitter sehingga pengguna bisa terhindar dari modus akun palsu.

1. Perbandingan Followers dan Following

Pengguna bisa melihat dari jumlah following dan followers Twitter yang ada pada akun tersebut. Biasanya akun palsu akan menunjukkan hal tidak wajar. Antara jumlah following tidak sepadan dengan followers yang akun miliki. Ada banyak akun palsu yang membeli pengikut sehingga nampak terpercaya.

Maka dari itu perlu melakukan pengecekan dari pengguna yang mengikuti akun merupakan orang asli atau malah palsu. Apabila kebanyakan pengikut yang tidak jelas maka bisa dipastikan akun palsu atau spam. Lebih baik pengguna memblokir akun agar terhindar dari penipuan atau informasi tidak jelas.

2. Cek Interaksi Akun

 

Pengguna juga bisa menilai dari interaksi yang ditunjukkan oleh akun tersebut misalnya like, reply, retweet, dan sebagainya. Apabila memiliki pengikut dengan jumlah sangat banyak namun interaksi seperti like, reply atau lainnya hanya sedikit bahkan tidak ada memungkinkan akun tersebut palsu.

Tidak selalu reply yang banyak sebagai tanda keaslian akun. Ada banyak interaksi namun tidak sesuai konteks dari postingan sehingga menjadi spam tidak penting. Maka dari itu keberadaan akun dengan pengguna lain perlu dilakukan pengecekan. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa akun merupakan scam.

Baca juga : Tebak Tebakan Receh Twitter 

3. Akun Tidak Verified

Pengguna bisa mengecek akun asli dari tanda centang biru yang tertera pada profil. Namun tidak semua akun bisa memiliki tanda ini karena harus melewati serangkaian proses. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memastikan akun tersebut asli atau palsu.

Ada cara manual dengan memeriksa aktivitas terakhir serta interaksi dengan pengguna lainnya. Apabila akun memiliki jutaan followers namun masih belum ada tanda verified maka bisa diwaspadai. Pengguna juga bisa melihat tweet tebak tebakan receh Twitter yang bisa menjadi bahan hiburan.

4. Fakefollowers

Apabila melakukan pengecekan pada setiap akun akan memakan banyak waktu sehingga tidak efisien. Maka dari itu perlu adanya aplikasi seperti Fakefollowers yang memeriksa akun pengikut dan memblokirnya. Aplikasi ini akan mendeteksi akun yang tidak aktif jika tanpa aktivitas selama 90 hari.

Cara ini menggunakan kriteria perbandingan follower dan following, spam, tweet atau retweet dan aktivitas lainnya. Pengguna hanya perlu menuliskan akun Twitter dan memberikan akses agar bisa melakukan analisis secara detail. Setelah itu aplikasi menampilkan persentase serta memberikan pemblokiran untuk semua akun palsu.

5. Fake Followers Check

 

Ada aplikasi yang bisa mendeteksi akun palsu menggunakan layanan Fake Followers Check. Aplikasi ini berguna untuk mencari pengikut palsu dengan menerapkan pengujian melalui beberapa kriteria. Kriteria tersebut meliputi jumlah pengikut yang sedikit, tidak ada aktivitas dan following melebihi batas normal.

  • Masuk pada website statuspeople.com
  • Setelah itu hubungkan pada akun Twitter pengguna dan klik Connect to Twitter
  • Kemudian berikan izin situs untuk memberikan akses pengecekan dengan menekan pada Authorize App
  • Tunggu hingga kembali ke situs sebelumnya
  • Aplikasi akan menunjukkan persentase akun aktif dan palsu dari 500 sampel follower
  • Tanda warna merah menunjukkan follower dengan akun palsu. Sedangkan oranye berarti akun tidak aktif dan hijau menandakan keaslian
  • Sayangnya aplikasi ini tidak menunjukkan nama dari akun palsu tersebut sehingga pengguna harus mengecek sendiri untuk melakukan pemblokiran

6. TwitterAudit

Apabila pengguna tidak ingin ribet mengecek secara manual akun palsu maka bisa menggunakan aplikasi Twitteraudit. Aplikasi ini akan melakukan perbandingan jumlah pengikut asli dan palsu. Setelah itu akan dianalisis dan dihitung hasilnya dalam bentuk persentase.

  • Masuk pada website twitteraudit.com
  • Setelah itu masukkan username akun Twitter pada kotak Any Twitter Screen Name dan tekan enter atau audit
  • Masuk pada akun Twitter dan izinkan aplikasi beroperasi dengan klik Authorize app
  • Kemudian klik Run an audit untuk memulai pengecekan
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Aplikasi akan menunjukkan hasil skor dan jumlah followers palsu pada akun Twitter
  • Namun aplikasi ini memberikan fitur lebih bagi pengguna yang berbayar dengan layanan blokir otomatis

Itulah informasi mengenai beberapa cek fake follower Twitter yang bisa pengguna coba. Akun palsu akan membuat pengguna lain merasa tidak nyaman karena memungkinkan penyebaran informasi tidak jelas dan penipuan. Maka dari itu hal ini perlu pencegahan dengan memblokir akun tersebut.

Iklan