Rute Lengkap: Cara ke Kampung Inggris Pare dari Makassar

Panduan ke Kampung Inggris Pare dari Makassar

Kamu warga Makassar dan ingin tahu bagaimana cara ke Kampung Inggris Pare dari Makassar? Jangan merasa khawatir nyasar dan bingung selama perjalanan. Sebab, sudah ada rute lengkap melalui berbagai macam alat transportasi baik darat, laut atau udara sekalipun.

Calon pelajar bahasa Inggris pasti sudah tidak asing dengan Kampung Inggris di Pare, salah satu daerah kecamatan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang terkenal sebagai pusat pembelajaran bahasa asing. Tentunya berkunjung ke Kampung Inggris merupakan hal menarik, apalagi kamu berniat belajar bahasa Inggris. 

Selain teori, kamu akan terjamin lancar melakukan percakapan dalam bahasa Inggris, sebab kondisi belajar di sana memang sangat mendukung. Nah, kamu tentu harus mengunpulkan banyak informasi menegnai Kampung Pare, termasuk rute dan cara menuju ke sana!

Dari Makassar Menuju Pare: Rute Udara atau Laut?

Kampung Inggris Pare dari Makassar Melalui Jalur Laut dan Udara

Lokasi Kampung Inggris Pare bisa kamu akses menggunakan beberapa pilihan sarana transportasi. Namun, sebelumnya, tentukan dulu rute mana yang akan kamu pilih: udara atau laut? Sebab, kamu harus menyeberangi Laut Jawa yang memisahkan Pulau Sulawesi dan Jawa.

Bagi yang ingin menggunakan jalur cepat, maka opsi rute udara menggunakan pesawat terbang bisa kamu pilih, karena hanya memakan waktu beberapa jam saja. Dengan memilih rute udara, maka kamu langsung menuju Bandara Juanda Surabaya. Selanjutnya, kamu tinggal mencari transportasi ke Kota Kediri, tepatnya lokasi Kampung Inggris Pare.

Akan tetapi masih ada alternatif lain jika kamu ingin menghemat biaya perjalanan, yaitu rute laut. Kamu bisa naik kapal laut meskipun akan memakan waktu lebih lama. Kalau kamu memilih jalur laut, kamu harus berlabuh terlebih dahulu ke Tanjung Perak, Pelabuhan Surabaya.

Baca juga :  Begini Cara ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Selatan

Keduanya sama-sama menyenangkan, bergantung pada pilihan masing-masing orang. Ongkos jalur laut memang cenderung terjangkau namun jarak tempuhnya lebih jauh dan lama. Agar lebih jelas lagi, mari perhatikan ulasan lengkap tentang dua cara menuju Kampung Inggris di bawah ini!

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Makassar lewat Jalur Udara 

Ke Kampung Inggris Pare dari Makassar Menggunakan Pesawat

Perjalanan ke Kampung Inggris menggunakan pesawat sangatlah praktis. Selain menghemat waktu, kamu juga tidak mudah capek selama di perjalanan, karena hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja.

Selama di pesawat, kamu juga dapat beristirahat dengan nyaman dan tidak perlu menunggu seharian untuk bisa langsung sampai di lokasi. Untuk urutan perjalanan lengkapnya seperti berikut!

1. Naik Pesawat dari Makassar ke Surabaya

Untuk pilihan pesawat dari Makassar ke Surabaya ada beragam, antara lain Lion Air, Super Air Jet, Sriwijaya, Citilink, dll. Setiap penerbangan memiliki jadwalnya masing-masing sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Karena letak Kampung Inggris Pare ada di Kota Kediri yang butuh beberapa jam dari Kota Surabaya, maka sebaiknya kamu mengambil jadwal penerbangan pagi atau siang. Sesampainya di Bandara Juanda, Surabaya, maka kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Kediri. Akan lebih mudah mencari alat transportasi umum menuju ke Pare di siang hari.

2. Dari Surabaya ke Kediri: Naik Bus, Travel, atau Kereta Api?

Setelah kamu sampai di Bandara Juanda, tentu masih melanjutkan perjalanan menuju Kampung Inggris Indonesia di Pare. Lokasinya di Kediri sehingga membutuhkan tambahan perjalanan menggunakan transportasi darat.

Ada tiga macam pilihan yaitu menggunakan bus, travel dan kereta api. Terserah kamu saja ingin memilih yang mana karena tiket ketiganya sama-sama murah.

  • Naik Kereta Api

Stasiun kereta api terdekat dari Bandara Juanda adalah di Sidoarjo. Kamu menuju ke sana naik taksi atau memesan ojek online dari Bandara Juanda. Rute ini relatif lebih cepat dibandingkan bus antarkota, sebab kamu bisa memantau jadwal perjalanan kereta api secara online dan menyesuaikan dengan jadwal kedatangan pesawatmu.

Untuk harganya sekitar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Setelah sampai di Stasiun Sidoarjo (SDA), lakukan perjalanan dengan kereta api menuju Stasiun Kertosono, Nganjuk (KTS).

Sebenarnya ada kereta dari Surabaya ke Kediri langsung, namanya KA Rapih Dhoho dan KA Dhoho. Sayangnya kereta ini sekarang tidak tersedia lagi. Oleh sebab itu, kamu hanya bisa turun di Kertosono, kemudian naik angkutan umum untuk langsung ke Kampung Inggris Pare.  

Jika dari Kertosono, maka naiklah bus Harapan Jaya atau Pelita Indah mengarah ke Kediri. Turunnya di terminal Kota Kediri, lalu oper lagi menggunakan bus bus Bagong atau Puspa Indah jurusan Pare.

  • Naik Bus

Rute ke Kampung Inggris Pare via kereta api memang dapat menyingkat waktumu. Akan tetapi, bagian sebagian orang, opsi ini mungkin kurang praktis karena tidak langsung sampai ke kota tujuan dan harus banyak transit.

Alternatifnya, kamu bisa menaiki bus atau travel setelah sampai di Bandara Juanda. Harga tiket bus sangat murah daripada travel namun kamu harus menuju terminal terdekat yaitu Bungurasih

Pakai saja bus Damri dengan estimasi waktu 30 menit dan biaya Rp25.000. Kemudian sesampai di Bungurasih, kamu bisa naik bus jurusan Kediri dengan waktu tenpuh sekitar 2-2,5 jam.

  • Travel

Selain dua opsi di atas, kamu dapat memesan travel dengan titik penjemputan di Bandara Juanda. Pilihan travel tentu lebih nyaman karena kamu akan diantarkan hingga tujuan. Dengan tujuan ke Kediri, rata-rata waktu tempuhnya sekitar 2-2,5 jam. Untuk kisaran harga travel sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000 per orang.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Makassar lewat Jalur Laut

Kampung Inggris Pare dari Makassar Menggunakan Kapal

Bagaimana kalau kamu ingin belajar di Kampung Inggris, Pare menggunakan jalur transportasi laut? Bisa saja. Naik kapal adalah alternatif lain jika kamu menginginkan sensasi perjalanan panjang dan tidak terburu-buru. Ini rute yang harus kamu tempuh jika memilih jalur laut.

1. Naik Kapal dari Pelabuhan Soekarno-Hatta ke Pelabuhan Tanjung Perak

Kapal Pelni setiap hari membawa penumpang dengan rute Makassar ke Surabaya. Perjalanan bermula dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar ke Tanjung Perak, Surabaya. Waktu tempuh adalah sekitar 1 hari 1 jam dengan jadwal keberangkatan berbeda-beda.

Ada banyak kapal menuju rute tersebut, yang paling terkenal seperti KM Dorolonda, KM Nggapulu, KM Umsini, KM Gunung Dempo, KM Sinabung, KM Dobonsolo dan KM Dharma Rucitra 7.

Saat menaiki kapal laut, kamu harus tahu tentang perbedaan harga berdasarkan kelas. Tiket ekonomi menawarkan harga paling murah namun kelas kapalnya berupa barak sederhana. Lalu ada kelas eksekutif dan VIP lebih mahal.

Kisaran harga tiket kabin kelas 3 sekitar Rp425.000, sedangkan kelas 2 sekitar Rp455.000. Sementara untuk kelas 1 harganya Rp475.000 dan VIP Rp525.000. Harga tersebut tidak sama karena bergantung pada nama KM kapalnya.

2. Dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Terminal Purabaya

Sesampai di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke Kota Kediri via bus atau travel seperti pada opsi jalur udara di atas. Sementara untuk opsi naik kereta api, sayangnya KA Rapih Dhoho dan KA Dhoho jurusan Surabaya-Kertosono sudah tak lagi beroperasi. 

Kalau sudah sampai di Tanjung Perak, maka kamu naik bus Damri ke Terminal Purabaya, Bungurasih. Harga naik bus ini sekitar Rp10.000 saja. Ini terminal bus paling dekat untuk melanjutkan perjalanan menuju Pare, Kediri.

3. Dari Terminal Purabaya ke Pare

Setelah sampai terminal Purabaya, cari bus yang rutenya melewati Surabaya-Mojokerto-Jombang-Pare-Blitar. Karena jarak antara terminal tersebut dengan Pare tidak terlalu jauh maka tarif tiket sangat murah yaitu sekitar Rp30.000. 

Kamu bisa sampaikan ke petugas bus untuk turun di kawasan belajar di Kampung Inggris Pare. Kemudian, kamu bisa turun di perempatan lampu merah Tulungrejo. Ada gapura dengan tulisan sangat besar, sehingga tidak akan  membingungkan para pelancong.

4. Menuju Kampung Inggris Pare

Dari perempatan lampu merah Tulungrejo menuju alamat Kampung Inggris Pare di Kediri, adalah sekitar 2 kilometer kalau kamu naik ojek pengkolan atau memesan ojek online. Biayanya hanya Rp10.000 sampai Rp20.000 saja. Bahkan, berjalan kaki sambil menikmati suasana sekitarnya juga menyenangkan.

Tips Aman selama Perjalanan ke Kampung Inggris

Persiapan Belajar Bahasa Inggris

Bagi warga di luar Jawa, lokasi di mana Kampung Inggris Pare berada memang jauh. Terlebih lagi bagi orang Makassar yang belum pernah belajar di sana sama sekali. Tentu pengalaman pertama menuntut ilmu di daerah asing akan sangat menantang sekaligus menyenangkan bukan?

Tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami banyak kendala selama perjalanan. Entah itu menggunakan jalur udara atau laut. Misalnya seperti tersesat dan berhadapan dengan para calo menyebalkan. Oleh sebab itu, terapkan sedikit tips di bawah ini agar perjalananmu nyaman.

1. Pastikan Rute

Pastikan kamu mengetahui secara pasti rute mana yang akan dipilih. Kalau ingin memakai penerbangan pesawat, maka pesanlah tiket beberapa hari sebelum keberangkatan. Begitu pula ketika kamu memutuskan untuk naik kapal. Jangan sampai kamu merasa terburu-buru karena belum mempersiapkan keperluan pribadi.

2. Cari Tiket dari Jauh Hari

Harga tiket pesawat maupun kereta api dari Makassar ke Surabaya bisa saja berubah bergantung hari. Terutama tiket pesawat, harganya bisa melambung tinggi kalau kamu memesan tiket secara mendadak. 

  • Gunakan Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat

Gunakan aplikasi modern untuk memesan tiket pesawat seperti Traveloka. Rata-rata harga tiket penerbangan dari Bandara Hasanuddin ke Juanda mulai 800 ribuan. Sedangkan hari-hari tertentu mengalami kenaikan, paling mahal 1 juta bahkan lebih.  

  • Pesan Tiket Kapal lewat Agen

Jika ingin mencoba jalur laut menggunakan kapal, maka beli tiketnya melalui agen tepercaya. Hindari jasa calo tidak boleh untuk menghindari penipuan. Sebaiknya kamu datangi kantor agen terdekat di Makassar supaya dapat untuk mengecek lokasi agennya.

Tiket kapal menuju Pelabuhan Tanjung Perak bisa dibeli melalui agen resmi. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di agen-agen dekat pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. 

3. Siapkan Cash

Tips terakhir yaitu mempersiapkan uang tunai dalam nominal kecil. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu ketika membayar ongkos angkutan umum. Apalagi ketika sudah sampai di Bandara Juanda atau Pelabuhan Tanjung Perak.

Masalahnya pembayaran nontunai untuk alat transportasi umum belum berlaku, misalnya membayarkan tiket bus Damri antarkota, angkot, tukang ojek pengkolan, atau becak. 

Baca juga : Begini Cara ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat

Penutup

Itulah cara ke Kampung Inggris Pare dari Makassar menggunakan dua jalur paling mudah. Ada jalur udara dan laut yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan dan kebutuhanmu!