Sebagai bahasa Internasional yang akan sering dipakai, wajar jika kamu ingin mendalami bahasa Inggris. Satu di antaranya adalah dengan cara mengikuti kursus intensif di daerah Kampung Inggris. Lalu, kira-kira apakah ada cara ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat yang dapat kamu ikuti? 

Nah, apabila kamu tertarik untuk mengikuti kursus, kamu dapat datang ke lokasi Kampung Inggris Pare dengan cara berikut! 

Naik Apa ke Kampung Inggris Pare?

Naik Apa ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat

Mungkin, banyak dari kamu yang ingin tahu Kampung Inggris Pare untuk usia berapa. Menariknya, tidak ada batasan maksimal usia. Kamu bisa belajar di sini selama kamu memiliki kemauan. Namun, untuk usia minimal, lebih baik kamu datang ke sini pada saat sudah menginjak usia lebih dari 9 tahun. 

Kamu pun bisa datang ke Pare sendiri maupun dengan ditemani oleh teman atau keluarga. Entah itu dengan memakai moda transportasi pribadi maupun dengan moda transportasi umum. Apabila kamu menggunakan alat transportasi pribadi, kamu bisa berangkat ke Makassar, kemudian menyeberang ke Surabaya. 

Dari Surabaya, kamu bisa mengikuti rute ke Kampung Inggris Pare yang bisa kamu lihat di Google Maps. Kamu dapat masuk ke jalan tol Waru – Juanda, dan keluar dari jalan tol menuju Kertosono – Kediri. Bila kamu ingin tahu Surabaya Pare Kediri berapa jam, jika jalanan lancar, kamu bisa sampai dalam 2 jam. 

Namun, jika kamu menggunakan alat transportasi umum, setidaknya ada dua moda transportasi utama yang bisa kamu gunakan, yaitu pesawat dan kapal laut. Supaya lebih, kamu dapat menyimak penjelasan mengenai rute yang dapat kamu ikuti di bawah ini! 

Titik Keberangkatan Mamuju

Titik Keberangkatan ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat

Apabila kamu tinggal di Kabupaten Mamuju dan sekitarnya, kamu dapat berangkat ke Pare dengan memakai kapal laut dan pesawat. Bila kamu ingin lebih cepat, maka kamu dapat memilih pesawat. Namun, bila kamu ingin yang lebih murah, kapal laut adalah solusinya. 

Lalu, bagaimana cara naik pesawat dan kapal laut agar kamu bisa sampai ke Pare? Berikut rinciannya! 

Rute Udara: Transit di Surabaya

Ketika kamu memutuskan untuk naik pesawat, hal pertama yang harus kamu cari tahu adalah di mana bandara terdekat dari Kampung Inggris Pare. Setidaknya, ada dua pilihan bandar udara yang dapat kamu pilih. Pilihan pertama adalah Juanda dan pilihan yang kedua adalah Abdulrachman Saleh. 

Perlu kamu ketahui jika Juanda ada di Surabaya sedangkan Abdulrachman Saleh ada di Malang. Sayangnya, saat ini memang belum ada Bandara Pare Kediri sehingga kamu harus transit terlebih dahulu di Surabaya atau Malang. Hanya saja, pilihan terbaik memang di Surabaya, karena lebih cepat dan murah. 

Bila rumah kamu lebih dekat dengan Kabupaten Mamuju, maka kamu dapat berangkat dari Bandar Udara Tampa Padang. Dari sana, kamu dapat langsung terbang ke Juanda. Namun, kamu memang harus transit di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar terlebih dahulu sebelum mendarat di Surabaya. 

Rute Laut: Transit di Makassar dan Surabaya

Namun, bila ingin lebih menghemat budget selama perjalanan, kamu dapat memilih moda transportasi laut. Sayangnya, memang belum ada pelayaran langsung dari Kabupaten Mamuju ke Surabaya. Sehingga, kamu harus terlebih dahulu transit ke Kota Makassar. 

Secara ringkas, ini yang perlu kamu lakukan:

  • Agar bisa sampai ke kota Makassar, kamu dapat naik bus jurusan Mamuju – Makassar, seperti Borlindo atau Neo Trans. 
  • Kemudian, dari terminal, kamu dapat naik ojek atau taksi online untuk bisa sampai ke daerah Pelabuhan Makassar. 
  • Dari pelabuhan, kamu bisa menyeberang ke Surabaya dengan kapal laut. 

Perlu kamu catat jika pelabuhan terdekat dari Kampung Inggris Pare adalah Tanjung Perak yang ada di Surabaya. Hal ini karena, pelabuhan Pare Kediri memang masih belum melayani pelayaran, terutama dari dan ke luar pulau. 

Titik Keberangkatan Polewali Mandar

Rute Ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat

Lalu, bagaimana jika rumahmu lebih dekat dengan Polewali Mandar? Apabila situasinya seperti itu, maka kamu bisa berangkat ke Makassar terlebih dahulu. Hal ini karena masih belum ada penerbangan maupun pelayaran langsung dari Kabupaten Polewali Mandar ke daerah Jawa Timur. 

Rute Udara: Transit di Makassar dan Surabaya 

Apabila kamu berencana untuk naik alat transportasi udara, maka kamu bisa datang terlebih dahulu ke Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Makassar.

Secara ringkas, ini alurnya:

  • Agar bisa sampai di Makassar, kamu dapat naik bus jurusan Polewali Mandar – Makassar, misalnya seperti bus Cahaya Bone. 
  • Setelah sampai di Makassar, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus DAMRI ke Bandara Sultan Hasanuddin. 
  • Di samping bus DAMRI, kamu pun bisa naik ojek atau taksi online agar bisa cepat sampai ke bandara. 

Dari bandara, kamu bisa langsung terbang dengan direct flight dari Makassar ke Surabaya. 

Rute Laut: Transit di Makassar dan Surabaya

Alternatif lainnya, kamu dapat pergi ke Surabaya melalui jalur laut. Pertama-tama, kamu bisa naik bus Cahaya Bone dari Polewali Mandar ke Makassar. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Makassar dengan menggunakan taksi atau ojek online. Lalu, kamu pun bisa langsung berlayar ke Surabaya. 

Titik Pemberhentian dari Surabaya ke Pare

Pada saat kamu sudah mendarat di Surabaya, rute apa yang dapat kamu tempuh untuk sampai ke lembaga kursus tujuan? Perlu kamu ketahui, jika kamu bisa meneruskan perjalanan via darat dari bandara ataupun pelabuhan. Pilihan terbaik agar kamu lebih cepat sampai adalah dengan travel. 

Sayangnya, meskipun bisa langsung sampai ke tempat tujuan, travel Surabaya Pare Kediri memang cukup mahal. Hal ini karena jarak dari Bandara Juanda ke Kampung Inggris Pare yang mencapai 114,9 km. Begitu pula jarak dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Kampung Inggris Pare, yang mencapai 117,5 km. 

Itu kenapa ada alternatif alat transportasi umum lain yang bisa kamu gunakan, yaitu bus. Lalu, bagaimana rute yang harus kamu lewati jika ingin ke Kampung Inggris dengan bus? 

Berikut penjelasan lengkapnya! 

Naik Bus dari Terminal Purabaya

Pertama-tama, kamu bisa pergi dari bandara atau pelabuhan ke Terminal Purabaya atau Burungasih. Kamu dapat menggunakan taksi, ojek, atau bus DAMRI untuk bisa sampai ke terminal. 

Kemudian, dari terminal kamu bisa langsung naik bus jurusan Surabaya Pare Kediri, yaitu bus Rukun Jaya atau bus Harapan Jaya. 

Turun di Perempatan Tulungrejo 

Kamu dapat bilang jika kamu ingin pergi ke Kampung Inggris ke sopir atau kondektur bus. Nantinya, kamu akan turun di Perempatan Tulungrejo. 

Hanya saja, jadwal bus jurusan Pare memang tidak tentu, sehingga kamu bisa menanyakannya ke petugas di terminal. 

Apabila sudah turun di Perempatan Tulungrejo, kamu pun bisa langsung pergi ke lembaga kursus tujuan. Kamu pun bisa menggunakan becak, ojek online, atau bahkan taksi online untuk sampai ke tujuan. 

Rincian Biaya Transportasi dan Perkiraan Waktu Tempuhnya

Kemudian, kira-kira berapa biaya untuk transport yang perlu kamu keluarkan agar bisa sampai ke Kampung Inggris Pare? Lalu, berapa waktu tempuh harus kamu habiskan di jalan berdasarkan beragam macam alternatif rute di atas? Berikut adalah rincian lengkapnya! 

Dari Mamuju ke Pare dengan Pesawat

Apabila titik keberangkatan kamu adalah di Mamuju dan kamu ingin menggunakan pesawat, maka rute dan biaya yang perlu kamu siapkan adalah seperti berikut! 

  • Pertama-tama, kamu bisa pergi ke Bandara Tampa Padang. 
  • Kemudian, kamu bisa naik pesawat ke Juanda dan transit di Sultan Hasanuddin (mulai dari Rp2,5 juta dengan perkiraan waktu tempuh 3 jam 45 menit).
  • Setelah itu, naik DAMRI ke Terminal Purabaya (Rp25.000, dengan kisaran waktu 30 menit).
  • Lalu, naik bus Rukun Jaya (Rp35.000, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam).
  • Terakhir, naik ojek, taksi, atau becak (mulai dari Rp15.000 dengan waktu kurang dari 10 menit).

Sehingga, total biaya yang harus kamu keluarkan adalah mulai dari Rp2.750.000 dengan waktu tempuh minimal 6 jam 25 menit. 

Dari Mamuju ke Pare dengan Kapal Laut

Jika menggunakan kapal laut, pastinya kamu perlu mengeluarkan budget yang lebih sedikit, namun waktu tempuh yang lebih lama. Berikut rinciannya:

  • Pertama-tama, kamu bisa pergi ke pool bus Borlindo di Mamuju atau Neon Trans di Binanga. (harga antara Rp240.000 – Rp250.000, dengan durasi perjalanan sekitar 10 – 13 jam). 
  • Lalu, dari terminal naik taksi atau ojek online untuk sampai ke Pelabuhan Makassar. (tiket mulai dari Rp35.000, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit). 
  • Kemudian, kamu bisa naik kapal ferry ke Pelabuhan Tanjung Perak (harga tiket sekitar Rp282.000, dengan durasi perjalana  sekitar 1 hari 4 jam).
  • Setelah itu, naik DAMRI ke Terminal Purabaya (harga tiket Rp25.000, dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit).
  • Lalu, naik bus Rukun Jaya (tiket sekitar Rp35.000, waktu tempuh sekitar 2 jam).
  • Terakhir, naik ojek, taksi, atau becak (harga mulai dari Rp15.000, dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit).

Sehingga, total biaya yang perlu kamu persiapkan adalah mulai dari Rp 632.000 dengan waktu tempuh minimal 1 hari 17 jam. 

Dari Polewali Mandar ke Pare dengan Pesawat

Namun, bagi kamu berangkat dari Kabupaten Polewali Mandar, inilah rincian biaya dan waktu tempuhnya: 

  • Pertama-tama, kamu bisa pergi ke pool bus Cahaya Bone di Wonomulyo. (harga riket bus Rp160.000, dengan durasi tempuh sekitar 6 jam). 
  • Lalu, naik taksi atau ojek online untuk sampai ke Bandara Sultan Hasanuddin (mulai dari Rp75.000, dengan waktu sekitar 25 menit). 
  • Kemudian, kamu bisa naik pesawat direct flight ke Juanda (harga tiket mulai Rp1,4 juta, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit).
  • Setelah itu, naik DAMRI ke Terminal Purabaya (tiket seharga Rp25.000, dengan waktu sekitar 30 menit).
  • Lalu, naik bus Rukun Jaya (harga tiket Rp35.000, dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam).
  • Terakhir, naik ojek, taksi, atau becak (mulai dari Rp15.000, dengan waktu kurang dari 10 menit).

Sehingga, totalnya adalah mulai dari Rp1.710.000 dengan waktu tempuh minimal 10 jam 35 menit. 

4. Dari Polewali Mandar ke Pare dengan Kapal Laut

Sedangkan, jika kamu memakai rute laut, berikut adalah rinciannya: 

  • Pertama-tama, kamu bisa pergi ke pool bus Cahaya Bone di Wonomulyo. (Rp160.000, dengan perkiraan waktu perjalanan 6 jam). 
  • Lalu, naik taksi atau ojek online untuk sampai ke Pelabuhan Makassar (harga mulai dari Rp10.000, dengan waktu tempuh 7 menit). 
  • Kemudian, kamu bisa naik kapal ferry ke Pelabuhan Tanjung Perak (harga tiket sekitar Rp282.000, dengan durasi sekitar 1 hari 4 jam).
  • Setelah itu, naik DAMRI ke Terminal Purabaya (harga tiket Rp25.000, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit).
  • Lalu, naik bus Rukun Jaya (harga tiket Rp35.000, dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam).
  • Terakhir, naik ojek, taksi, atau becak (harga mulai dari Rp15.000, waktu kurang dari 10 menit).

Sehingga, total biaya yang perlu kamu siapkan adalah Rp527,000 dengan waktu tempuh minimal 1 hari 13 jam. 

Itulah cara ke Kampung Inggris Pare dari Sulawesi Barat yang dapat kamu ikuti. 

Bagikan: