Cara ke Kampung Inggris Pare dari Maluku, Ini Rutenya!

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Maluku sangat mudah dijangkau. Kamu hanya perlu menggunakan transportasi pesawat untuk mencapai Kampung Inggris. Untuk menuju Kampung Inggris, ada banyak transportasi yang bisa dipilih.

Jika kamu berangkat dari Maluku, maka perlu memilih rute menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Setelah itu, kamu bisa menuju Kampung Inggris dengan transportasi darat.

Bacaan Lainnya

Bagi kamu yang ingin pergi ke Kampung Inggris dari Maluku, maka berikut adalah caranya.

Cara ke Kampung Inggris Pare dari Maluku dengan Pesawat

Panduan ke Kampung Inggris Pare dari Maluku Menggunakan Pesawat

Jika kamu berangkat dari Maluku, maka bisa menuju Bandara Internasional Pattimura. Lalu, kamu bisa memilih beberapa maskapai penerbangan yang membuka rute perjalanan ke Bandara Internasional Juanda.

Dari Bandara Internasional Pattimura ke Bandara Internasional Juanda

Waktu penerbangan yang ditempuh dari Ambon ke Maluku adalah sekitar 2,5 jam. Namun, kedua kota tersebut memiliki zona waktu yang berbeda. Waktu di Ambon lebih cepat dua jam dari Surabaya. Harga tiket pesawat dari Ambon menuju Surabaya, berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp3.000.000.

Baca juga : Cara ke Kampung Inggris Pare dari Kalimantan Timur & Rutenya

Dari Bandara Juanda ke Terminal Bungurasih

Apabila sudah sampai di Bandara Internasional Juanda, kamu harus memikirkan cara ke Kampung Inggris Pare. Pilihan terdekat dri Bandara Juanda dan cukup nyaman adalah naik bus di Terminal Purabaya (Bungurasih).

  • Setelah keluar dari pintu kedatangan, kamu bisa menuju ke halte Bus Damri. Nantinya, Bus Damri akan mengantar kamu ke Terminal Bungurasih atau Purabaya. Untuk tiket busnya, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp25.000 hingga Rp50.000.
  • Perjalanan dari Bandara Internasional Juanda menuju Terminal Bungurasih memakan waktu sekitar 15-25 menit. Namun, waktu perjalanan tidak bisa diprediksi. Sebab, hal itu tergantung dari kondisi jalan.

Dari Terminal Bungurasih ke Terminal Tulungrejo Pare

Berikut ini adalah cara ke Pare Kediri dari Terminal Bungurasih. Setelah sampai di Terminal Bungurasih, kamu belum bisa langsung menuju Kampung Inggris, sebab kamu akan naik bus dengan bus Bagong atau Harapan Jaya. Tujuan akhir kedua bus ini adalah Blitar, namun kamu akan singgah di Terminal Pare.

Ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Apabila membawa banyak barang, kamu bisa menyewa jasa porter. Biasanya, biaya yang dikenakan adalah Rp15.000 hingga Rp50.000. Namun, tergantung dari jumlah barang yang kamu bawa.
  • Kamu juga bisa bertanya kepada petugas DLLAJ di terminal mengenai halte bus Bagong dan Harapan Jaya. Harga tiket bus tersebut dibanderol mulai dari Rp25.000 hingga Rp45.000. 
  • Jika sudah naik bus ini, maka kamu bisa turun di Tulungrejo Pare. Sebelumnya, kamu perlu mengatakan rute yang dituju kepada kondektur bus. 

Dari Terminal Tulungrejo Pare ke Kampung Inggris

Setelah turun di Tulungrejo Pare, kamu bisa menaiki becak menuju Kampung Inggris. Umumnya, kamu akan dikenakan tarif becak sebesar Rp10.000-Rp25.000. Nantinya, kamu bisa langsung menuju lembaga kursus bahasa Inggris tersebut.

Jadi, kamu hanya perlu menyebutkan nama lembaga atau alamatnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan transportasi online. Namun, kamu harus menjauh terlebih dahulu dari perempatan Tulungrejo Pare. 

Cara ke Kampung Inggris dari Maluku dengan Kapal

Panduan ke Kampung Inggris Pare dari Maluku Menggunakan Kapal

Jika kamu ingin naik kapal ke Kampung Inggris, maka bisa turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon ke Pelabuhan Tanjung Perak

Pembelian tiket kapal dari Ambon menuju Surabaya, bisa diakses melalui https://www.pelni.co.id/reservasi-tiket. Saat ini, ada lima kapal Pelni yang menyediakan rute perjalanan dari Yos Sudarso Ambon ke Surabaya, yaitu:

  • Kapal Pelni KM Dobonsolo: Harga tiket Rp520.000 
  • Kapal KM NGGAPULU: Harga tiket Rp500.000 untuk menaiki kapal ini.
  • Kapal Pelni KM Dorolonda: Harga tiketnya antara Rp500.000 hingga Rp600.000.
  • Kapal Pelni KM Labobar: Harga tiketnya Rp500.000.
  • Kapal KM Leuser: Harga tiketnya antara Rp500.000 hingga Rp600.000.

Harga tiket di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Kamu bisa mengecek jadwal hingga harga tiket kapal menuju Tanjung Perak melalui situs https://www.pelni.co.id/reservasi-tiket. Setelah itu, kamu tinggal memilih kelas kapal yang diinginkan.

Dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Terminal Purabaya

Jika sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Perak, kamu perlu meneruskan perjalan ke Kediri dengan menaiki bus. Kamu bisa naik bus DAMRI menuju Terminal Purabaya (Bungurasih). Untuk tarifnya, kamu akan dikenakan sekitar Rp25.000. Waktu perjalanan dari Tanjung Perak ke Terminal Bungurasih adalah sekitar satu jam.

Dari Terminal Purabaya ke Terminal Kediri

Di Terminal Purabaya, kamu bisa mencari angkutan umum, seperti bus, travel atau ojek online, yang menuju ke Kediri. 

  • Harga tiket bus dari Terminal Purabaya menuju Kediri biasanya mulai dari Rp40.000 tergantung pada jenis bus dan kelasnya. 
  • Umumnya, untuk harga travel sekitar Rp50.000 hingga Rp150.000. 
  • Sedangkan untuk ojek, harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp200.000 tergantung dari jarak dan negosiasi harga.

Dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris

Sesampai di Terminal Kediri, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum ke Kampung Inggris Pare. Perjalanan dari Terminal Kediri ke Kampung Inggris Pare memakan waktu sekitar 20-30 menit tergantung dari lalu lintas.

Kamu dapat menggunakan angkutan umum seperti bus, ojek online, atau travel dari Kediri atau menggunakan kendaraan pribadi jika Anda memiliki mobil atau motor. 

  • harga tiket bus dari Terminal Kediri ke Pare bisa berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000 rupiah untuk bus non-AC dan antara Rp25.000 hingga Rp35.000 rupiah untuk bus AC.
  • Untuk harga ojek online dari Kediri ke Pare bisa berkisar antara Rp50.000 hingga Rp70.000. 
  • Tarif becak adalah antara Rp10.000-Rp25.000. Nantinya, kamu bisa langsung menuju lembaga kursus bahasa Inggris tersebut.

Mengapa Harus Memilih Kampung Inggris?

Alasan Memilih Kampung Inggris

Selain cara daftar Kampung Inggris yang mudah, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memilih Kampung Inggris. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Tawarkan Banyak Kesempatan

Kamu memiliki banyak kesempatan untuk belajar di Kampung Inggris. Tak hanya belajar, kamu juga dapat berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, ada juga English Area yang disediakan oleh lembaga kursus. Selama berada di sana, kamu harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang lain.

2. Metode Belajar

Beberapa lembaga kursus di Kampung Inggris menyediakan metode belajar yang menyenangkan. Namun, kamu juga perlu terbiasa dengan jadwal yang padat. 

Umumnya, jumlah pertemuannya adalah sebanyak tiga hingga tujuh kali dalam seminggu. Jadi, hal tersebut akan membuat kamu lebih produktif dan cepat menguasai bahasa Inggris.

3. Biaya Kursus Terjangkau

Selain metode belajar, Kampung Inggris juga menyediakan biaya yang sangat terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi soal biaya kursusnya. 

Selain itu, harga makanan hingga transportasi di Kampung Inggris juga cukup terjangkau. Hal tersebut juga dirasakan langsung oleh para siswa yang pernah belajar di sana.

4. Fasilitas yang Lengkap

Kampung Inggris menyediakan fasilitas lengkap untuk para siswanya. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati, seperti tempat makan, ATM, jasa laundry, hingga penyewaan sepeda.

Lalu, Pare Kediri juga menjadi salah satu tujuan wisata dan edukasi terfavorit. Jadi, kamu bisa belajar sambil bersenang-senang di Kampung Inggris.

5. Memiliki Banyak Teman

Siswa yang belajar di Kampung Inggris berasal dari berbagai daerah. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan untuk memiliki rekan baru. Sebab, Kampung Inggris menjadi salah satu lembaga kursus terbaik di Indonesia.

Jadi, kamu bisa mendapatkan banyak teman baru di sana. Kemudian, bisa mengenal teman yang berasal dari luar negeri.

Tips Sebelum Menuju Kampung Inggris

Panduan Pergi ke Kampung Inggris

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Kampung Inggris, maka ada beberapa tipsnya. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Tentukan Jadwal dan Durasi Kursus

Pertama, kamu bisa menentukan jadwal dan durasi kursus. Sebab, kamu harus menyelesaikan studinya hingga selesai. Biasanya, durasi kursus di Kampung Inggris adalah dua minggu, satu bulan, dua bulan, enam bulan, dan satu tahun.

Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Lalu, ajaran baru di Kampung Inggris berlangsung pada tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Pastikan kamu sudah mendaftar sebelum tanggal tersebut.

2. Memilih Kelas atau Program

Selanjutnya, kamu bisa memilih kelas yang diinginkan. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan skill-mu. Saat ini, ada ratusan lembaga kursus di Kampung Inggris yang bisa kamu pilih.

Ada berbagai program yang ditawarkan, mulai dari Speaking, Grammar, Listening, TOEFL, hingga IELTS. 

3. Cek Lembaga Kursus

Sebelumnya, kamu harus mencari tahu reputasi lembaga kursus di sana. Misalnya, kamu melihat informasinya di media sosial hingga website resmi lembaga tersebut. Lalu, kamu juga bisa bertanya kepada Dinas Pendidikan setempat.

Umumnya, setiap lembaga kursus memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan, tidak semua lembaga menyediakan fasilitas lengkap. Jadi, pastikan kamu sudah mencari informasinya.

4. Mencari Tempat Tinggal

Ada dua tipe tempat tinggal di Kampung Inggris, yaitu asrama English dan kos. Jika kamu memilih asrama English, maka wajib menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi. 

Jadi, kamu bisa bertanya kepada lembaga kursus mengenai paket kelasnya. Biasanya, ada lembaga kursus menyediakan paket kelas yang termasuk tempat tinggal. 

5. Melakukan Pendaftaran

Jika kamu berasal dari luar kota, maka bisa melakukan pendaftaran secara online. Sebab, ada peak season yang bertepatan dengan hari libur sekolah. Jadi, kamu perlu memperhatikan kapan saja peak season akan berlangsung.

Pendaftaran bisa dilakukan minimal tiga hari sebelum kelasnya dimulai. Sebaiknya, kamu melakukan pendaftaran minimal dua minggu sebelum kelas dimulai. 

Baca juga :  Panduan Cara ke Kampung Inggris Pare Menggunakan Kapal

Penutup

Itulah cara ke Kampung Inggris Pare dari Maluku serta tips lainnya. Pastikan kamu sudah merencanakan perjalanan menuju Kampung Inggris dari jauh-jauh hari. Sebab, ada banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris di Pare.

Setelah mendapatkan gambaran rute menuju Kampung Inggris dari Maluku, kamu tinggal ikuti saja panduan di atas. Namun, panduan tersebut tidak berlaku bagi kamu yang mengambil layanan jemput dari lembaga kursus.