Cara Membuat Silsilah Keluarga Menggunakan Aplikasi

Silsilah keluarga memang sangat diperlukan sekali. Dengan adanya silsilah keluarga akan membuat semua anggota keluarga menjadi terdeteksi. Jadi, akan memudahkan dalam pencarian anggota keluarga yang jarang muncul. Di sini akan dibahas pengertian serta cara membuat silsilah keluarga dengan menggunakan aplikasi.

Penyusunan silsilah keluarga ini akan rumit jika tidak mengetahui anggota keluarga dengan pasti. Apalagi, jika sudah ada yang hilang atau pun tidak ada kabar sama sekali. Berikut ini cara membuat silsilah keluarga dengan menggunakan aplikasi ternama: 

Pengertian Silsilah Keluarga

Pengertian dari silsilah keluarga yaitu susunan anggota sendiri dari generasi pertama sampai generasi terakhir. Banyak manfaat dengan adanya silsilah keluarga, manfaat utamanya adalah menjaga hubungan antar anggota keluarga. Selain itu, bisa juga untuk menghindari pernikahan sesama anggota keluarga. Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat sekali untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Cara membuat silsilah keluarga saat ini sangat mudah sekali. Tidak seperti dahulu yang harus menuliskan satu-satu nama anggota keluarga pada sebuah kertas. Biasanya silsilah keluarga disusun dengan menggunakan bagan atau diagram. Nah, sekarang ini bisa dibuat dengan menggunakan beberapa aplikasi.

10 Aplikasi Pembuat Silsilah Keluarga yang Mudah Digunakan

Cara membuat silsilah keluarga sekarang ini bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah disediakan di Play Store. Jadi, akan lebih memudahkan dan tidak perlu menuliskannya dengan tangan. Tentunya akan lebih mudah dan pastinya lebih efisien. Berikut untuk beberapa daftar aplikasinya:

1. Aplikasi Family Historian

Untuk yang pertama terdapat sebuah aplikasi yang bernama Family Historian. Aplikasi tersebut banyak yang menyukainya, karena sangat mudah untuk digunakan. Dari segi tampilannya pun sederhana dan tidak terlalu banyak menu yang akan membuat bingung. Jadi, orang awam pun pasti bisa menggunakannya.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu pengguna tinggal memasukkan nama anggota keluarga yang ingin dibuat silsilah keluarga. Setelah itu langsung akan muncul beberapa fitur untuk membuat diagram silsilah keluarga. Pengguna bisa langsung menggunakannya dengan mudah.

2. Aplikasi My Heritage

Apabila ingin membuat sebuah diagram silsilah keluarga dengan mudah, maka bisa mencoba aplikasi My Heritage. Cara kerja dari aplikasi satu ini yaitu dengan cara online, jadi artinya harus terhubung dengan internet. Apalagi sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Pengguna tinggal mengetikan nama salah satu anggota keluarga yang paling tertua. Aplikasi secara otomatis akan langsung memunculkan informasi anggota keluarga lainnya yang masih berhubungan. Bahkan, jika ada anggota keluarga yang baru aplikasi akan langsung memperbaikinya.

3. Aplikasi Silsilah Keluarga

Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan, aplikasi ini memang khusus dibuat untuk membuat silsilah keluarga. Selain itu, aplikasi ini juga merupakan buatan lokal atau buatan asli dalam negeri. Maka dari itu, wajib sekali untuk menggunakan aplikasi ini.

Penggunaannya sangat mudah dan hanya memasukkan beberapa data saja. Pengguna hanya perlu memasukkan nama diri, nama pasangan, serta nomor telepon. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan nama anggota keluarga yang lain. Pengguna pun bisa memanfaatkan fitur bagan dalam aplikasi tersebut.

4. Aplikasi Family Tree Creator

Rekomendasi yang selanjutnya yaitu datang dari sebuah aplikasi yang bernama Family Tree Creator. Aplikasi ini pun sudah banyak diunduh di Play Store dan mendapat banyak ulasan yang positif. Karena, memang mudah dalam penggunaannya serta tidak rumit.

Aplikasi ini cocok sekali digunakan orang yang awam dengan teknologi. Karena, aplikasi satu ini hanya fokus terhadap satu fitur yaitu diagram pembuat silsilah. Tidak ada banyak fitur yang rumit. Selain itu, bisa menambahkan foto juga dari anggota keluarga yang dimasukkan.

5. Aplikasi Ancestral Quest

Pengguna juga bisa memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Ancestral Quest. Sebuah aplikasi yang menjadi rekomendasi dan wajib juga untuk digunakan. Pasalnya, aplikasi ini bekerja dengan detail dan juga akurat. Jadi, maklum saja jika banyak yang menyukai aplikasi Ancestral Quest.

Hanya dengan memasukkan satu nama saja akan muncul semua anggota keluarga. Bahkan, anggota keluarga yang belum dikenal pun akan muncul di dalam aplikasi tersebut. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan di perangkat PC saja. Jadi, tidak bisa digunakan di ponsel.

6. Aplikasi Scion PC

Cara membuat silsilah keluarga juga bisa menggunakan aplikasi Scion PC. Sebuah aplikasi yang hanya bisa kita gunakan di PC saja. Sistem di dalam aplikasi ini terbuat dengan mudah dan juga memiliki desain yang menarik. Pengguna pun pasti akan menyukai dan tidak bosan dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini tepat sekali bagi yang ingin membuat diagram silsilah keluarga dengan sederhana serta simple. Namun, jangan salah karena cara kerjanya sangat detail dan juga memiliki fitur yang memadai. Bahkan, bisa kita gunakan dengan gratis dan leluasa.

7. Aplikasi Family Search Tree

Saran berikutnya datang dari aplikasi Family Search Tree, sebuah aplikasi yang memiliki tampilan yang simple dan juga praktis. Tepat sekali kita gunakan bagi yang tidak menyukai aplikasi dengan tampilan rumit. Fitur yang ada pun cukup lengkap dan mudah.

Pada aplikasi pengguna bisa membuat sebuah silsilah keluarga dengan mudah. Sudah tersedia pula beberapa template diagram yang menarik. Jadi, pengguna cukup memasukkan nama-nama anggota keluarga saja. Selain itu, diagram juga bisa kita desain sesuai keinginan.

8. Aplikasi Canva

Ternyata aplikasi Canva juga bisa kita gunakan untuk membuat silsilah keluarga. Bahkan, sudah tersedia ratusan template bagan yang bisa langsung kamu gunakan. Cara penggunaannya juga mudah dan praktis. Tinggal memasukkan nama dan gambar saja, silsilah keluarga sudah jadi.

Template yang ada pun bisa kita desain ulang, mulai dari warna, jenis tulisan, hingga gambarnya. Pengguna mendapat jaminan puas dengan hasil dari aplikasi Canva ini. Selain itu, formatnya pun bisa kita ubah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

9. Aplikasi DNA Weekly

Untuk yang selanjutnya ada aplikasi bernama DNA Weekly, sebuah aplikasi yang tidak kalah kerennya dengan aplikasi lain sebelumnya. Selain terdapat dalam bentuk aplikasi, tetapi juga ada halaman situs-nya. Jadi, pengguna bisa menggunakan situs tanpa harus mengunduh aplikasinya.

Si pengguna tinggal mengisi beberapa nama dari anggota keluarga yang akan masuk di bagan. Urutkan sesuai dengan generasi dan jabatannya di dalam anggota keluarga. Setelah itu, langsung akan masuk ke dalam sebuah bagan sederhana. Pengguna juga bisa langsung membagikannya.

10. Aplikasi Gramps

Untuk cara membuat silsilah keluarga juga kita sarankan untuk menggunakan aplikasi Gramps. Jika biasanya silsilah keluarga kita buat dengan menggunakan bagan, aplikasi ini justru menggunakan sebuah alur peta. Jadi, modelnya berbeda dan lebih menarik.

Selain bisa kita gunakan untuk membuat silsilah keluarga, bisa juga untuk mencari anggota keluarga yang hilang. Si pengguna cukup memasukkan namanya dan akan muncul informasi mengenai anggota keluarga yang kita cari.

Itulah cara membuat silsilah keluarga dengan menggunakan beberapa aplikasi terbaik. Pengguna bisa menggunakan aplikasi yang mudah. Namun, tentunya semua aplikasi di atas memiliki satu fungsi yang sama.

 Baca Juga: 8 Standar Pendidikan Nasional dan Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *