Belajar Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Supaya Mahir

7 min read

Belajar bahasa inggris memang cukup rumit bagi pemula. Selain menghafal banyak kosa kata, orang yang belajar bahasa Inggris juga harus memahami beberapa pengelompokan kata. Kemudian mempelajari banyak pola kalimat. Tidak heran jika banyak orang merasa kesulitan ketika belajar bahasa Inggris. Belajar kata sifat bahasa Inggris secara lengkap menjadi salah satu syarat agar kita bisa menguasai bahasa inggris dengan bagus.

Dalam sebuah dialog bahasa Indonesia diperlukan pola kalimat dan pengelompokan kata yang benar. Sama halnya dengan dialog bahasa Inggris yang memiliki pola kalimat dan pengelompokan kata. Salah satunya adalah kata sifat atau yang lebih dikenal dengan Adjective.

Kata sifat bahasa Inggris merupakan bagian penting dari part of speech. Tanpa kata sifat maka pola kalimat tidak memiliki struktur yang baik. Sehingga fungsi dari kata sifat ini adalah untuk memodifikasi kata ganti dan kata benda atau noun. Kata sifat juga memberikan informasi mengenai objek yang dibicarakan.

Mengenal Contoh Kata Sifat Bahasa Inggris dan Artinya

Sebelum mengetahui beberapa contoh kata sifat dalam bahasa Inggris, hal yang perlu diketahui sebagai dasar adalah jenis kata sifat itu sendiri. Kurang lebih ada delapan jenis kata sifat yang ada di dalam bahasa Inggris. Dari kedelapan jenis tersebut sudah pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Seperti Possesive Adjective yang menunjukkan sifat kepunyaan suatu benda. Jenis kata sifat ini memiliki pola kalimat yang menggunakan kata My, its, our, her, his, dan juga their. Berbeda halnya dengan Deemonstrative Adjective yang berkebalikan dengan Possesive Adjective. Demonstrative Adjective lebih kepada kepunyaan orang lain dengan cara menunjuk. Biasanya jenis kata sifat ini menggunakan kata that, those, these. dan this.

Kata sifat dalam bahasa Inggris juga memiliki sifat Adjective of Quantity dan Adjective Quality. Keduanya hanya dibedakan berdasarkan kualitas dan juga kuantitas atau jumlah. Selanjutnya adalah jenis Distributive Adjective yang menunjukkan kata sifat untuk suatu kelompok atau suatu anggota.

Kemudian kata sifat juga memiliki jenis Proper Adjective yang digunakan untuk menunjukkan kata sifat pada keterangan tempat. Lalu Interrogative Adjective yang merujuk pada sebuah kata tanya. Jenis kata sifat yang terakhir adalah Adjective of Numeral. Kata sifat ini hampir sama dengan Adjective of Quantity namun jenis ini menggunakan keterangan angka.

Beberapa jenis kata sifat diatas memang penting dalam kosa kata bahasa Inggris. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa contoh kata sifat dalam bahasa Inggris.

1. This Is Her Lipstick

Artinya adalah Ini adalah lipstiknya. Kata her memberikan makna bahwa lipstik itu milik orang lain (wanita). Kata sifat ini masuk dalam jenis Possesive Adjective.

Jika dilihat secara sekilas maka tidak ada kata sifat yang terdapat pada kalimat tersebut. Namun Possesive Adjective memberikan penjelasan bahwa kata sifat merujuk pada kepemilikan suatu benda.

2. This Doll is Not Mine Those Doll Are Mine

Artinya adalah Boneka ini bukan milikku, boneka ini milik mereka. Berbeda dengan jenis sebelumnya. Kata sifat bahasa Inggris ini masuk dalam kategori Demonstrative Adjective yang menunjuk kepunyaan orang lain. Jadi, kata sifat ini merujuk pada benda yang dimiliki oleh orang lain.

3. Seven Handsome BTS Member

Artinya adalah tujuh anggota BTS tampan. Kata sifat yang ditunjukkan adalah seven. Kata sifat ini dikategorikan sebagai Adjective of Numeral. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jenis kata sifat ini hampir sama dengan Adjective of Quantity. Hal yang membedakan adalah keterangan yang digunakan sebagai kata sifat.

Adjective of Quantity menggunakan keterangan berupa article some, many, dan yang lainnya. Sedangkan Numeral menggunakan angka. Tidak sedikit orang yang tidak bisa membedakan kedua jenis kata sifat ini.

4. What Juice are They Drinking?

Artinya jus apa yang mereka minum? Kata sifat ini sudah pasti mengarah pada Interrogative Adjective. Hal ini dikarenakan susunannya seperti kalimat tanya. Kata sifat bahasa Inggris ini memang berbeda dengan jenis yang lain. Sebab, kata sifat pada kalimat tersebut ditunjukkan dengan kata tanya.

5. Kim Namjoon is Smart Boy

Artinya adalah Kim Namjoon adalah pria yang pintar. Kata smart tersebut menunjukkan sifat seseorang. Sehingga kata sifat ini masuk dalam kategori kualitas atau Adjective of Quality. Jenis kata sifat ini memang mudah untuk dipelajari sebab pola kalimatnya tidak terlalu asing dan sudah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Beberapa contoh diatas bisa memudahkan anda untuk memahami setiap jenis kata sifat dalam bahasa Inggris. Kata sifat memang memiliki banyak jenis. Namun setiap jenis memiliki perbedaan dan kata identik yang sering digunakan.

Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Sifat Bahasa Inggris

Jika dilihat dari persebaran kata, ada banyak kata sifat yang bisa ditemukan. Namun jika sudah dibuat kalimat maka kata sifat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sehingga kata sifat tidak hanya sekedar memberikan keterangan sifat saja. Setelah dijadikan sebagai kalimat, kata sifat memiliki fungsi pada kalimat tersebut.

Kata sifat bahasa Inggris yang telah diikuti dengan kata atau subjek lain akan memiliki arti lain. Misalnya kata sifat tersebut adalah sebuah warna. Setelah diikuti oleh subjek dan keterangan lain maka kata sifat berupa warna tersebut akan memberikan penjelasan lain. Agar lebih jelas maka simak contoh berikut ini.

1. Kata Sifat Menjelaskan Kata Benda

Contoh kalimatnya adalah The Purple Flower. Kalimat ini memiliki arti sebuah bunga berwarna merah. Kata sifat yang terdapat pada kalimat tersebut adalah purple atau warna ungu. Kata sifat bahasa Inggris ini memberikan penjelasan terhadap subjeknya yaitu bunga. Sehingga kalimat ini memiliki arti bahwa ada sebuah bunga yang berwarna ungu.

Dalam hal ini kata sifat atau Adjectives memberikan keterangan ciri-ciri atau karakteristik pada sebuah benda. Hal ini membuat kalimat lebih jelas dan sesuai dengan pola kalimat. Dengan begitu, para pembaca akan mudah mengerti dengan kalimat ini.

Kata sifat atau Adjective yang digunakan untuk menjelaskan kata benda ini biasanya diletakkan di bagian tengah. Sehingga bagian depan digunakan sebagai kata sandang yang menunjukkan sebuah benda. Lalu bagian belakang digunakan untuk kata benda atau objek yang akan dijelaskan. Seperti kata flower pada kalimat yang sebelumnya.

2. Kata Sifat Sebagai Pembentuk Frase Benda

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris juga dikenal dengan singular dan plural. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kata sifat bisa digunakan untuk membentuk frasa. Pola kalimatnya pun menjadi berbeda jika sudah mendapat imbuhan kata sifat atau Adjectives.

Kata benda akan diletakkan pada bagian belakang. Kemudian diberi tambahan kata sandang. Untuk frasa singular, kata benda yang digunakan adalah an, that, dan this.

Sedangkan frasa plural menggunakan kata sandang berupa those, these, the, four, three, many, dan much. Frasa plural dan singular memiliki makna yang berbeda. Plural memiliki arti lebih dari satu sedangkan singular tunggal.

Contoh kalimat untuk frasa singular adalah A Unique Smartphone. Kalimat ini memiliki arti smartphnone yang unik. Kata Unique memberikan penjelasan sifat pada kata benda yaitu smartphone. Sehingga kata sifat bahasa Inggris ini menjadi salah satu pelengkap kalimat singular.

Selanjutnya adalah contoh frasa plural. Contoh kalimatnya adalah These Friendly Neighbour yang memiliki arti beberapa tetangga ramah. Kata Friendly memberikan penjelasan tentang sifat beberapa tetangga tersebut. Dari beberapa contoh tersebut dapat diketahui bahwa kata sifat bisa diletakkan di bagian tengah. Sedangkan kata benda di bagian akhir.

Kata Sifat Bahasa Inggris Dalam Percakapan Sehari-hari

Dalam bahasa Indonesia, kata sifat digunakan untuk menunjukkan karakter suatu objek. Selain karakter, kata sifat juga bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah ciri. Intinya adalah kata sifat merupakan sebuah kata yang memiliki keterkaitan dengan indra pada tubuh.

Kata sifat bahasa Inggris sangat diperlukan dalam sebuah pola kalimat. Secara keseluruhan, kata sifat digunakan sebagai penjelas dan pembentuk frasa pada sebuah kalimat. Hal ini juga sudah dijelaskan sebelumnya. Namun dalam sebuah percakapan atau dialog sehari-hari, kata sifat mengalami perkembangan atau perubahan.

Perubahan ini berkaitan dengan imbuhan di akhir kata berupa -ing dan -ed. Banyak orang yang merasa bingung dengan akhiran tersebut. Sebab, setiap akhiran memiliki arti yang berbeda-beda. Akhiran yang akan digunakan pada kata sifat akan berpengaruh pada arti kalimat itu sendiri. Lalu apa perbedaan kedua akhiran tersebut?

Akhiran -ed pada kata sifat digunakan untuk mendeskripsikan perasaan subjek terhadap objek tersebut. Hal ini berkebalikan dengan akhiran -ing. Akhiran ini memiliki fungsi untuk menunjukkan karakter dari suatu objek yang dijelaskan pada kalimat. Sehingga perbedaan keduanya terdapat pada objek dan subjek.

Kedua akhiran ini memang membuat bingung. Bagi seorang pemula, kata sifat bahasa Inggris yang dikembangkan dengan diberi imbuhan memang cukup sulit. Namun sebenarnya kata sifat yang memiliki akhiran -ed atau -ing sudah digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikut ini beberapa contohnya.

1. I Feel Bored, I Can’t Go Anywhere

Kalimat ini memiliki kata sifat berupa Bored. Kata sifat ini mendapat imbuhan -ed. Sehingga subjek mendiskripsikan perasaannya yang sedang bosan karena tidak bisa pergi kemanapun. Kalimat ini sering digunakan oleh beberapa orang untuk menunjukkan rasa bosan karena tidak ada kegiatan.

2. The Sains Test Was Very Challenging

Berbeda dengan kalimat yang sebelumnya. Kata sifat challenge diikuti dengan akhiran -ing. Sehingga kata sifat ini memiliki arti bahwa objek memiliki sifat yang menantang. Dalam kalimat tersebut yang menjadi objek adalah The Sains Test.

Kalimat tersebut memiliki arti bahwa ujian sains sangat menantang atau sulit. Ujian sains menjadi objek dan kata sifat tersebut menjelaskan bahwa objek memiliki sifat sangat menantang.

3. The New Cartoon Was Very Interesting

Kata sifat bahasa Inggris yang ada di kalimat tersebut adalah interesting atau menarik. Kata sifat ini memberikan penjelasan bahwa film kartun tersebut sangat menarik. Sehingga akhiran yang digunakan adalah -ing.

4. I Was Terrified Beacuse There Was A Dead Mouse

Kalimat ini memiliki kata sifat dengan akhiran -ed. Akhiran ini menunjukkan bahwa subjek merasakan sesuatu pada objek. Kalimat diatas memiliki arti aku merasa takut karena ada tikus mati.

Beberapa kalimat diatas memiliki kata sifat yang sering digunakan oleh banyak orang. Beberapa kata sifat bisa diberi imbuhan -ed dan -ing sesuai dengan pola kalimatnya. Kemudian subjek dan objeknya juga harus sesuai. Sebab, kedua akhiran yang digunakan pada kata sifat tersebut memiliki arti yang berbeda.

Kata Sifat Bahasa Inggris dan Lawan Katanya

Kata dalam bahasa Indonesia memiliki lawan kata atau keterbalikannya. Begitupun dengan kata sifat yang ada di dalam bahasa Inggris. Kata sifat tersebut memiliki lawan kata untuk menunjukkan hal yang berlawanan dengan sifat tersebut. Kata sifat dalam bahasa Inggris ada banyak, begitupun dengan lawan katanya. Berikut ini kata sifat bahasa Inggris dan lawan katanya.

1. Diligent vs. Lazy

Kata sifat yang satu ini memiliki arti rajin. Lawan kata dari kata sifat ini adalah lazy yang berarti malas. Biasanya kata sifat ini ditujukan untuk subjek yang memiliki sifat rajin. Contoh kalimatnya adalah he is diligent boy.  Sedangkan lawan katanya adalah he is lazy boy.

2. Beautiful vs. Ugly

Kata sifat yang selanjutnya cukup familiar dan tidak asing lagi. Beautiful sendiri memiliki arti cantik sedangkan lawan katanya adalah ugly atau jelek. Contoh kalimatnya adalah Alexa is beautiful girl in this school. Sedangkan lawan katanya adalah Alexa is ugly girl in this school.

3. Clever  (Smart) vs. Foolish

Kata sifat bahasa Inggris yang lainnya adalah Clever. Kata sifat ini memiliki arti pandai atau pintar. Lawan kata dari kata sifat ini adalah foolish atau bodoh. Biasanya kalimat yang menggunakan kata ini ditujukan pada seseorang yang lebih unggul dibandingkan yang lain. Seperti murid yang ada di sekolah.

4. Young vs. Old

Young atau muda juga merupakan kata sifat. Kebalikan dari young adalah old atau tua. Kata sifat ini sering digunakan untuk membandingkan usia yang lebih muda dengan yang lebih tua. Kata sifat ini juga sering digunakan pada saat perkenalan diri.

5. Interesting vs. Boring

Interesting sangat familiar dan populer di berbagai kalangan. Kata sifat ini memiliki arti menyenangkan kemudian lawan katanya adalah boring atau membosankan. Kata sifat ini sudah diberi imbuhan berupa akhiran -ing. Sehingga kata sifat ini digunakan untuk menjelaskan suasana objek.

6. Rich vs. Poor

Kata sifat bahasa Inggris yang lainnya adalah rich. Rich ini juga tidak asing lagi. Kata sifat rich memiliki arti kaya. Sedangkan lawan katanya adalah poor atau miskin.

7. Humble vs. Arrogant

Kata yang satu ini sudah begitu populer di berbagai kalangan. Selain sebagai kata sifat, humbe seringkali menjadi sebuah kata pujian. Arti dari humble sendiri adalah rendah hati. Lawan kata dari humble adalah arrogant atau sombong. Kata sifat ini sering digunakan oleh beberapa orang.

8. Confident vs. Shy

Kata sifat yang satu ini memiliki lawan kata yaitu shy. Arti dari confident adalah percaya diri dan shy sebagai lawan katanya memiliki arti pemalu. Kata sifat juga bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah karakter.

9. Obedient vs. Naughty

Arti kata sifat yang satu ini adalah patuh. Kemudian lawan katanya adalah naughty atau nakal. Kata sifat ini juga merujuk ke karakter seseorang. Contoh kalimatnya adalah He is a naughty child. Sedangkan lawan kata positifnya adalah he is a obedient student.

10. Polite vs. Impolite

Kata sifat yang satu ini memiliki arti sopan. Lawan kata dari kata sifat ini adalah impolite atau tidak sopan. Ada beberapa kata sifat yang hampir sama penyebutannya dengan bentuk positifnya.

Kata sifat bahasa Inggris merupakan sesuatu yang harus dipelajari jika ingin mahir berbahasa Inggris. Beberapa jenis dan contoh kata sifat tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk belajar bahasa Inggris.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.