Macam-macam Kata Sifat yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris

Macam-macam Kata Sifat yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris

Macam-macam kata sifat yang sering digunakan dalam bahasa Inggris penting sekali untuk diketahui. Apalagi bila anda merupakan seorang pemula yang sedang belajar bahasa Inggris. Namun sebelum mengetahui apa saja kata sifat tersebut, akan lebih baik bila anda tahu dan mengerti terlebih dahulu tentang apa kata sifat atau adjective itu.

Kata sifat merupakan frasa atau kata yang sering digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan sebuah kata ganti atau kata benda. Adjective sendiri bisa mendeskripsikan sifat atau keadaan seseorang, usia, bentuk, ukuran dan juga warna dari suatu benda.

Mengapa Harus Mempelajari Kata Sifat dalam Materi Bahasa Inggris?

kata sifat sering digunakan
kata sifat sering digunakan

Tidak ubahnya ketika Anda akan memperlajari bahasa Indonesia dimana dibutuhkan banyak materi, terbukti dari pertama kali sekolah hingga perguruan tinggi penggunaannya masih diatur. Oleh sebab itulah, hal itu juga berlaku ketika mempelajari lebih dalam tentang penggunaan bahasa Inggris. Bahkan penggunaan kata sifat juga harus dipelajari lebih mendalam.

Dua Alasan Mengapa Harus Mempelajari Kata Sifat dalam Materi Bahasa Inggris

Dengan mengetahui tentang dua alasan mengapa harus mempelajari (lagi) kata sifat dalam bahasa Inggris, membuktikan bahwa penggunaannya tidak semudah itu. Hal tersebut dibuktikan masih banyaknya masyarakat salah menentukan mana adverb, adjective dan noun karena memang mirip. Berikut alasannya agar lebih bisa memahaminya.

1. Membedakan dengan Verbs Lainnya dalam Membuat Kalimat

Seperti sudah disinggung sebelumnya, meskipun penggunaan kata-kata sifat terlihat mudah ternyata masih saja ada yang sulit membedakannya dengan kata lainnya. Hal tersebut karena “sifat” dalam penggunaan bahasa Inggris tidak hanya dalam lingkup “pemarah, pendendam, bijaksana”. Bahkan untuk menjelaskan warna masuk kedalam adjective.

Oleh sebab itulah alasan pertamanya agar tahu untuk apa dan bagaimana yang tepat menggunakan kata-kata sifat dalam bahasa Inggris. Terkadang dalam sebuah kalimat akan digunakan untuk menjelaskan nouns atau kata benda. Seperti sudah dijelaskan, memberikan keterangan warna tentunya menjadi contoh penggunaan adjective for another verbs.

2. Mengetahui Contoh-contoh Adjective yang Umum Digunakan

Dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa contoh kata sifat yang sering digunakan secara umum. Oleh sebab itulah alasan kedua dimana ketika mempelajarinya tahu akan menggunakan adjective seperti apa, terlebih beberapa orang pemula dalam penggunaan bahasa Inggris.

Pada dasarnya pembelajaran tentang kata sifat ini seharusnya dipelajari ketika awal mempelajari bahasa Inggris karena penggunaannya akan dibutuhkan ketika masuk ke materi tenses. Dimana dalam sebuah kalimat diharuskan menggunakannya untuk menjelaskan keberadaan verbs lainnya agar lebih menonjol serta menyempurnakan kalimatnya.

Kata-kata sifat dalam bahasa Inggris tidak bisa disamakan dengan bahasa lainnya termasuk Indonesia. Oleh sebab itulah mengapa ketika Anda mendalami penggunaannya juga harus mengetahui beberapa dari banyaknya adjective dan sering digunakan pada sebuah kalimat.

Macam-Macam Kata Sifat yang Sering Digunakan

Mempelajari bahasa Inggris memang sebuah hal yang sangat menantang dan juga mengasyikkan. Di dalam bahasa Inggris, terdapat banyak sekali unsur dan elemen yang dapat dipelajari, salah satunya yaitu kata sifat.

Belajar kata sifat itu artinya anda akan belajar segala hal mengenai jenis dan juga penempatannya di dalam sebuah kalimat. Karena kata sifat sendiri memiliki berbagai macam jenis, maka seringkali membuat anda merasa bingung untuk mempelajarinya.

Anda harus bisa mempelajari dan menguasai macam-macam kata sifat yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Sebab, selain adjective atau kata sifat, ada 2 kata sifat yang dikombinasikan menjadi sebuah frasa yang disebut compound adjective, seperti part time dan lain sebagainya.

Bila anda berhadapan dengan compound adjective atau dua kata sifat di dalam sebuah kalimat, maka anda tidak perlu bingung. Anda tinggal menggunakan urutan pembentukan adjective. Seperti size, opinion, shape, age, origin, color, purpose dan material.

Jenis Kata Sifat

Jenis Kata Sifat
Jenis Kata Sifat

Adjective atau kata sifat dapat dibagi dalam berbagai macam jenis sesuai dengan arti dan juga sifatnya. Berikut adalah informasi selengkapnya untuk anda yang ingin belajar bahasa Inggris khususnya mengenai kata sifat :

1. Descriptive Adjective

Ini merupakan jenis kata sifat yang mendeskripsikan kata benda. Kata sifat ini bisa kita lihat pada beberapa kata dalam bahasa Inggris seperti: beautiful, big, handsome dan lain sebagainya.

2. Quantitative Adjective

Selanjutnya ada kata sifat yang bernama quantitative adjective. Ini merupakan kata sifat yang digunakan untuk bisa menerangkan mengenai jumlah benda yang ada. Misalnya: I have much money.

3. Possessive Adjective

Ada pula jenis kata sifat possessive adjective. Kata sifat yang satu ini berguna untuk menunjukkan kepemilikan atau kepunyaan sesuatu. Contoh possessive adjective diantaranya adalah: your, his, my dan lainnya.

4. Demonstrative Adjective

Selanjutnya ada pula jenis kata sifat yang menunjukkan suatu benda. Dalam istilah bahasa Inggris ini sering disebut dengan demonstrative adjective. Adapun contoh dari kata sifat ini adalah: This is my bicycle.

5. Distributive Adjective

Salah satu diantara macam-macam kata sifat yang sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah jenis distributive adjective. Ini merupakan kata sifat yang menyatakan sifat yang dimiliki oleh benda yang terbagi-bagi. Misalnya: You have to bathe every morning and afternoon.

6. Interrogative adjective

Terakhir adalah kata sifat yang digunakan untuk menanyakan suatu benda. Berikut adalah contoh interrogative adjective: What color your shoes is?

Penggunaan Kata Sifat atau Adjective

Penggunaan Kata Sifat atau Adjective
Penggunaan Kata Sifat atau Adjective

Kata sifat atau adjective sering digunakan untuk menerangkan kata benda, baik tunggal maupun jamak di dalam sebuah kalimat. Penyisipan kata sifat sendiri untuk dua kata tersebut sebenarnya tidak mengubah bentuk kata bendanya.

Dalam hal ini, yang berubah hanyalah to-be saja. Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa membantu anda untuk mempelajari penggunaan kata sifat dalam bahasa Inggris dengan mudah.

  • Tracy is a beautiful girl (Ini merupakan kata benda tunggal)
  • Tracy and Lily are beautiful girl’s (Ini adalah kata benda jamak)

Dari beberapa contoh tersebut, anda bisa mengerti dan paham dengan penjelasan kalimat adjective untuk kata benda tunggal dan juga jamak.

Selanjutnya untuk dua kata sifat atau lebih yang terdapat di dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata warna harus dipisahkan menggunakan kata sambung. Misalnya:

  • She is beautiful smart girl (kata benda tunggal)
  • Naomi and Sissy are beautiful smart girls (kata benda jamak)

Selain itu, kata sifat juga bisa diletakkan berurutan. Hal ini akan menunjukkan kata benda tersebut memiliki dua sifat. Berikut ini adalah contoh yang mewakili penjelasan tersebut.

  • He was playing white and blue marbles (Dia sedang bermain kelereng berwarna putih dan biru).

Daftar Kata Sifat yang Sering Digunakan

Daftar Kata Sifat yang Sering Digunakan
Daftar Kata Sifat yang Sering Digunakan

Seperti halnya bahasa Indonesia, di dalam bahasa Inggris juga terdapat ribuan kata sifat. Dari jumlah tersebut, ada macam-macam kata sifat yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Kata sifat ini bisa memberikan informasi yang menggambarkan keadaan atau sifat seseorang.

  • Adorable artinya Menarik
  • Amazing yang artinya Menakjubkan
  • Beautiful berarti Cantik / Indah
  • Big yang artinya Besar
  • Calm artinya Tenang
  • Cute berarti Imut
  • Delicious artinya Lezat
  • Dirty artinya Kotor
  • Easy berarti Mudah
  • Expensive yang berarti Mahal
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mengetahui banyak kata sifat, memahami kata sifat dan lawan kata anda tentu akan lebih mudah mengungkapkan keadaan diri sendiri atau mendeskripsikan keadaan dari suatu benda. Seiring berjalannya waktu, peningkatan pengetahuan anda tentang kata sifat bisa meningkatkan kemampuan anda dalam bahasa Inggris. Sehingga saat sedang bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, anda bisa semakin fasih dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.