Noun Verb Adjective Adverb: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata

Kalimat dalam bahasa Inggris memiliki bagian-bagian yang paling mendasar. Setidaknya ada 8 bagian dari kalimat bahasa Inggris. Namun dalam artikel ini, akan memfokuskan pembahasan pada 4 bagian, yaitu noun verb adjective adverb.

Pada susunan bahasa, satu kalimat terbentuk dari rangkaian beberapa kata. Di sisi lain kata merupakan bagian paling dasar yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing dalam kalimat. Penjabaran pengertian, jenis dan contoh pada bagian-bagian tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Fungsi Mempelajari Noun, Verb, Adjective and Adverb dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

noun verb adjective adverb
noun verb adjective adverb

Sama seperti conjunction atau kata penghubung, pada dasarnya untuk membuat kalimat dalam bahasa Inggris juga akan dibutuhkan noun, verb, adjective dan adverb agar lebih sempurna. Tidak hanya dalam ranah writing saja, tetapi ketika Anda melakukan percakapan atau speaking tentu akan membutuhkannya. Oleh sebab itu fungsinya sangat krusial.

Beberapa Fungsi Mempelajari Noun, Verb, Adjective and Adverb

Bagaikan sayur asam tanpa asam, kurang sempurna. Begitulah gambaran ibarat sebuah kalimat bahasa Inggris jika tidak menggunakan noun, verb, adjective and adverb, karena mereka memberikan arti dari subjek. Oleh sebab itulah berikut dua fungsi keempat pelengkap kalimat-kalimat bahasa Inggris agar sempurna.

1. Menjelaskan Pemakaian Objek agar Lebih Spesifik dalam Bahasa Inggris

Biasanya sebuah aturan sebuah kalimat bisa dikatakan sempurna adalah mempunyai subjek sebagai pelaku utamanya, predikat bertugas menjelaskan subjeknya. Lalu objek merupakan sesutau yang dikenai tindakan oleh subjeknya. Dalam pelajaran bahasa Indonesia minimal kalimat-kalimat sempurna mengandung ketiga hal tersebut.

Sama dengan bahasa Inggris, dimana sebuah kalimat sempurna akan meletakkan objek sebagai penyempurna. Oleh sebab itulah fungsi pertama dari noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat) dan adverd (kata keterangan) adalah menjelaskan pemakaian objeknya tersebut agar lebih spesifik di sebuah kalimatnya.

Baca Juga :
Infinitive Verb : Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

2. Menyempurnakan Kalimat yang Dibangun Menjadi Paragraf

Fungsi kedua, kalimat bahasa Inggris tidak akan lebih berwarna jika tidak diciptakan menjadi sebuah paragraf. Oleh sebab itu keberadaan noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat) dan adverd (kata keterangan) akan sangat berfungsi sebagai penyempurna sehingga paragrafnya jelas saat dibaca oleh pembaca.

Sebuah paragraf tanpa keempat kata tersebut tentunya tidak akan terlihat jelas maknanya, karena pada dasarnya membangun sebuah cerita dalam bahasa Inggris membutuhkan subjek sebagai pelaku utama dan kata-kata tersebut dijadikan pelengkap menjelaskan objek selanjutnya seperti pada fungsi pertamanya.

Dengan mengetahui fungsi dari noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat) dan adverd (kata keterangan), tentunya Anda akan semakin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. Baik speaking, listening, bahkan paling utama writing.

Pengertian Noun Verb Adjective Adverb

Sebelum memahami lebih jauh, ada baiknya kalian pahami dulu pengertian atau definisi dasarnya.

1. Noun (Kata Benda)

Noun adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut benda, baik itu benda yang tampak secara fisik seperti orang, tumbuhan, binatang, benda tak hidup atau tempat. Bisa juga untuk benda abstrak seperti judul, nama dan sebagainya.

2. Verb (Kata Kerja)

Verb adalah kata yang mendeskripsikan aksi, tindakan, atau kondisi sesuatu. Verb sering disebut kata kerja karena verb menunjukan aktivitas dari subject dalam kalimat. Kata kerja biasanya memiliki beberapa bentuk, yakni verb 1, verb 2, verb 3 dan verb-ing.

3. Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan, membatasi dan menerangkan kata benda atau kata ganti alias pronoun. Untuk satu kata benda atau kata ganti, bisa menggunakan lebih dari satu kata sifat (adjective).

Kata sifat dapat menerangkan kualitas, kuantitas, urutan, kecukupan maupun penekanan suatu kata. Selain itu, kata sifat (adjective) juga dapat digunakan untuk membatasi kata benda dan kata ganti yang bersifat umum.

4. Adverb (Kata Keterangan)

Adverb adalah kata yang digunakan untuk menerangkan verb, adjective, maupun adverb lain kecuali noun dan pronoun.

Jenis-Jenis Noun Verb Adjective Adverb

Setelah kalian paham tentang pengertiannya, sekarang mari pelajari jenis-jenis dari noun, verb, adjective dan adverb.

1. Noun (kata benda)

a.  Subject of verb

Fungsi pertama dari noun adalah sebagai subject of verb. Noun berada di awal sebuah kalimat, tepatnya di depan verb ketika menjadi subject. Ketika menjadi peran ini, kata benda bisa didampingi dengan a-, an-, the-, namun jika tidak pakai pun tidak apa-apa.

Baca Juga :
Perbedaan No dan Not Berdasarkan Penggunaannya

Contohnya: The glass is fulfilled with tea.

b.  Subject atau Object Complement

Selain itu, kata benda juga bisa berperan sebagai subject atau object complement. Artinya adalah, jika kata benda berada di belakang linking verb maka dinamai subject complement. Namun, jika kata benda ada di belakang direct object, maka dinamai object complement.

Contoh :

  • Subject complement: He has been a doctor for 15 years, and now He’s retired.
  • Object complement: He asked us to call her Sarah.

c. Direct / Indirect Object

Selain menjadi subject, noun bisa menjadi object dalam sebuah kalimat. Selain itu, juga menjadi object langsung dari subject (direct object) atau menjadi object tidak langsung (indirect object).

Contoh :

  • Direct object: Don’t put the plate on everywhere.
  • Indirect object: Don’t call me thin.

d. Object of Preposition

Pada poin ini, kata kerja berguna menerangkan terkait waktu atau tempat pada sebuah kalimat panjang. Biasanya noun bisa ditemukan setelah preposition.

Contoh: I am running on a street.

e.  Modifier of Noun

Modifier artinya kata yang bertugas memberi tambahan arti untuk kata yang lainnya. Bahkan bisa juga merubah kata kerja lain menjadi noun phrase dan juga compound noun.

2. Verb (Kata Kerja)

a.  Regular atau Irregular Verb

Regular verb yaitu V.2 (past tense) dan V.3 (past participle) ditulis dengan ketentuan yang bersifat teratur, salah satu cirinya yakni ada akhiran –ed atau -d. Sedangkan untuk irregular verb, V.2 dan V.3 hadir dengan lebih bervariasi atau tidak teratur (tidak selalu berakhiran -ed).

b. Action atau Stative

Action verb menerangkan bahwa pelaku (subjek) sedang melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan stative verb, menerangkan situasi yang cenderung stabil atau tidak berubah.

c. Auxiliary Verb

Auxiliary verb adalah kata kerja yang muncul sebelum main verb yang berfungsi untuk menguatkan makna kata kerja.

d. Finite atau Non-Finite

Finite verb bisa berdiri namun dengan pengaruh tense dan agreement. Subjeknya berupa person (orang) dan number (angka). Sedangkan non-finite verb, terjadi sebaliknya.

e. Linking Verb

Linking verb adalah gabungan subjek dengan deskripsinya.

f.  Causative Verb

Causative verb bisa diartikan sebagai sebuah kata dengan fungsi utamanya yakni untuk membuat subjek (pelaku) mempengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu baginya.

3. Adjective (Kata Sifat)

a. Descriptive Adjective

Descriptive adjective adalah penggambaran atau penjelasan. keadaan noun atau pronoun yang meliputi, warna, ukuran, bentuk, rasa, bau dan sebagainya.

Baca Juga :
Causative Verb: Pengertian, Jenis, Contoh Kalimat dan Latihan Soal

b. Limiting Adjectives

Limiting adjective adalah kata sifat yang membatasi noun atau pronoun tanpa memberi informasi tentang keadaan, jenis dan sebagainya.

Limiting adjective terdiri dari 8 bagian yaitu, possessive adjective, possessive proper adjective, demonstrative adjective, article adjective, exclamatory adjective,interrogative adjective, numeral adjective, adjective of indefinite quantity.

4. Adverb (Kata Keterangan)

1.  Untuk menjabarkan kata sifat. Contohnya:

It’s now too hot to swim. (sekarang udara terlalu panas untuk berenang)

2. Untuk menjelaskan kata kerja. Contohnya:

Ari speak Arabic fluently. (Ari berbicara bahasa Arab dengan fasih)

3. Menerangkan sebuah Contohnya:

Linda was here. (Linda ada di sini)

4. Untuk menjelaskan kata sambung. Misalnya:

My Mom want to know precisely about how to the flood happened. (Ibu saya ingin mengetahui secara pasti tentang bagaimana banjir itu terjadi)

5. Untuk menerangkan kata depan. Contohnya

The dog as sitting almost on the wall. (Anjing itu sedang duduk hampir di atas tembok)

Kumpulan Noun, Verb, Adjective, Adverb

No Noun Verb Adjective Adverb
1. action act active actively
2. adjustment adjust adjustable
3. attention attend attentive
4. belief believe believable
5. blood bleed bloody
6. burial bury buried
7. care care careful carefully
8. clarity clear clear clearly
9. collection collect collective collectively
10. craze craze crazy crazily
11. creation create creative creatively
12. delight delight delightful delightfully
13. development develop developing
14. dust dust dusty
15. education educate educative
16. emptiness empty empty
17. power empower powerful powerfully
18. envy envy envious enviously
19. expectation expect expected expectedly
20. exploration explore exploring
21. flight fly flying
22. force force forceful forcefully
23. glory glorify glorious gloriously
24. growth grow growing growingly
25. hatred hate hateful hatefully
26. hope hope hopeful hopefully
27. identification identify identified
28. indication indicate indicative indicatively
29. information inform informative
30. injury injure injurious injuriously
31. intention intent intentional intentionally
32. life live lively livingly
33. liveliness live lively livingly
34. loss lose lost
35. madness madden mad madly
36. modernity modernise modern
37. speed speed speedy speedily
38. security secure secured securely
39. quickness quicken quick quickly
40. nationality nationalise national nationwide

Jadi begitulah penjelasan singkat tentang noun verb adjective adverb, ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan grammar. Jika kalian masih kesulitan, sebaiknya pelajari secara bertahap, kemudian langsung praktekkan sesering mungkin. Baca juga : Subjective Verb Agreement

Menarik Untuk Anda

3 Cara Mudah Belajar Vocab Bahasa Inggris Dijamin Tidak Bikin Bosan!

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy Link“Nggak bisa bahasa inggris?” Tahun lalu …