Verb Bahasa Inggris: Penjelasan, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Belajar bahasa Inggris memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari sekolah dasar hingga memasuki dunia kerja, bahasa Inggris selalu kita butuhkan. Dalam menerapkan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari terdapat salah satu materi yang wajib kita kuasai dengan baik, yakni verb bahasa Inggris.

Verb merupakan materi yang cukup mendasar untuk kita kuasai. Belajar verb sebenarnya hal yang mudah, akan tetapi bagi sebagian orang menjadi materi yang sulit.

Terutama bagi mereka yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris. Jangan khawatir, kini anda dapat belajar verb dengan cara yang lebih mudah.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda belajar verb mulai dari pengertiannya, fungsi, penggunaan, dan jenis-jenisnya. Tak lupa pula kami memberikan contoh kalimat dengan menggunakan verb ini. Sehingga, anda dapat memahaminya dengan lebih baik.

Pengertian Verb Bahasa Inggris

pengertian verb bahasa inggris
pengertian verb bahasa inggris

Verb merupakan kata yang dapat mendeskripsikan sebuah tindakan, aksi, kondisi maupun pengalaman. Dalam bahasa Indonesia, verb ini kita kenal sebagai kata kerja.

Penggunaan verb dalam kalimat akan menunjukkan aktivitas dari subjek tersebut. Verb sendiri menjadi bagian yang penting dan selalu muncul dalam setiap kalimat.

Kata kerja dalam bahasa Inggris ini memiliki sifat yang cukup unik. Verb tidak harus merupakan sebuah aksi, tetapi verb dapat mendeskripsikan sebuah kondisi yang terjadi.

Fungsi Verb Bahasa Inggris

Dalam sebuah kalimat, verb memiliki fungsi dan kegunaan. Verb kita gunakan untuk mengidentifikasikan maupun menjelaskan perilaku dari si pelaku atau subjek dalam kalimat. Selain itu, verb juga berfungsi untuk menjelaskan keadaan dan juga peristiwa.

Jenis-Jenis Verb Bahasa Inggris

Jenis-jenis Verb atau Kata Kerja
Jenis-jenis Verb atau Kata Kerja Bahasa Inggris

Setiap kata kerja umumnya mempunyai tiga bentuk, yakni verb 1, verb 2, dan juga verb 3. Penting untuk selalu kita ingat, semakin besar angkanya, maka verb tersebut akan semakin lampau.

Verb 1 atau sering kita sebut sebagai present merupakan bentuk kata kerja pertama. Kata kerja yang satu ini merupakan kata kerja bentuk asal atau infinitive yang umumnya kita gunakan dalam kalimat simple present tense.

Sedangkan untuk bentuk kata kerja kedua sering kita sebut sebagai Verb 2 atau past. Biasanya, kata kerja ini kita gunakan dalam kalimat simple past tense.

Verb 3, adalah bentuk kata kerja ketiga yang biasanya kita gunakan dalam kalimat perfect tense dan juga passive voice. Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis verb yang dapat kita gunakan.

Setiap jenis verb ini memiliki fungsi berbeda-beda ketika kita gunakan untuk membuat sebuah kalimat. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis verb beserta dengan penjelasannya untuk anda.

Regular Verb

Verb bahasa Inggris yang pertama kali akan kita bahas yakni regular verb. Regular verb adalah sebuah bentuk kata kerja yang mengalami perubahan secara teratur.

Regular verb terdiri dari berbagai macam. Jenis verb ini ditandai dengan imbuhan -ED dalam sebuah kalimat. Contohnya, played, walked, washed, called, published. Baca Lebih lanjut: Regular Verb

Irregular Verb

Irregular verb adalah kebalikan dari regular verb. Ketika terjadi pergantian, maka irregular verb juga akan ikut berubah. Sebagai contoh, come – came – come. Baca Lebih lanjut: Irreguler Verb

Singular Verb

Jenis verb berikutnya yakni singular verb. Singular verb ini merupakan sebuah kata kerja dasar atau dapat kita sebut sebagai kata kerja tunggal.

Singular verb ini juga dapat kita artikan sebagai bentuk dasar dari verb. Selain itu, terdapat pula plural verb yang menjadi bentuk jamaknya. Berikut ini adalah contoh dari singular verb: the moon, the sun, my brother, the earth dan lain sebagainya. Baca Lebih lanjut: Singular Verb

Verb Ing

Berbicara mengenai verb bahasa Inggris, maka tidak akan lepas dari keberadaan verb -ing ini. Dalam penggunaan verb yang mendapatkan akhiran -ing, maka grammar yang kita gunakan adalah continous tense atau sedang berlangsung saat itu.

Membuat sebuah kalimat dengan menggunakan verb -ing, maka bentuk kerja ini akan didahului oleh auxiliary verb atau kata kerja bantu. Contoh dari auxiliary antara lain seperti be (is, am, are, was, were).

Untuk memberikan pemahaman yang lebih mudah, berikut ini adalah contoh dari verb -ing:

  1. Walk – Walking
  2. Sing – Singing
  3. Talk – Talking
  4. Write – Writing
  5. Play – Playing
  6. Run – Running
  7. Smoke – Smoking
  8. Take – Taking
  9. Wait – Waiting

Baca Lebih lanjut: Verb-Ing

Auxiliary Verb

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa auxiliary verb merupakan kata kerja bantu. Auxiliary verb ini berfungsi untuk menghubungkan kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Seperti, is, am, are, was, were. Baca Lebih lanjut: Auxiliary Verb

Modal Verb

Pada dasarnya, modal verb ini tergolong ke dalam auxiliary verb. Namun, modal verb mempunyai fungsi yang terbilang lebih luas.

Jenis kata kerja yang satu ini biasanya kita gunakan untuk menyatakan kesanggupan, rasa mampu, kemungkinan, dan memberi izin. Contoh dari modal verb antara lain: have to, would, will, must, should, might, shall, could, can, may, dan be able to. Baca Lebih lanjut: Modal Verb

Phrasal Verb

Biasanya, verb tidak selalu berbentuk simple dengan hanya terdiri dari satu kata saja. Namun, kemungkinan juga berupa frasa yang kita sebut sebagai phrasal verb.

Frasa ini adalah hasil dari kombinasi antara adverb atau kata keterangan dengan preposition atau kata depan. Umumnya phrasal verb memiliki makna yang dapat ditebak dari setiap kata penyusunnya.

Sedangkan untuk sebagian yang lainnya tidak, karena bermakna ungkapan. Berikut ini adalah contoh dari phrasal verb:

  1. Call on
  2. Carry out
  3. Get in
  4. Give away
  5. Make up
  6. Read Over
  7. Run Out
  8.  Turn Off
  9.  Take Off
  10.  Wake up

Baca Lebih lanjut: Phrasal Verb

Verb Phrase

Salah satu jenis verb bahasa Inggris yang satu ini memiliki beberapa penjelasan. Dalam traditional grammar, verb phrase dapat kita kenal sebagai kelompok kata kerja utama atau main verb. Selain itu juga sebagai kata kerja bantu atau auxiliary verb atau berupa linking verb.

Sedangkan dalam penjelasan generative grammar, verb phrase merupakan predikat dalam sebuah kalimat. Verb phrase mencakup main verb, auxiliary verb, complement dan/atau modifer bila ada, akan tetapi tidak termasuk subjek kalimat. Contoh dari verb phrase antara lain, eats, will go, are. Baca Lebih lanjut: Verb Phrase

Linking Verb

Linking verb adalah sebuah bentuk kata kerja yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan subjek dengan predikat dalam kalimat. Contoh linking verb antara lain:

  1. Feel
  2. Look
  3. Smell
  4. Sound
  5. Taste
  6. Become
  7. Continue
  8. Grow
  9. Seem
  10. Be (am, is, was, are, be, were, been, being)

Baca Lebih lanjut: Linking Verb

Action Verb

Action verb adalah kata kerja untuk memberitahukan bahwa terdapat sebuah subjek atau seseorang yang tengah melakukan suatu tindakan maupun aksi. Selain itu, kata kerja ini juga dapat menjelaskan mengenai suatu peristiwa ataupun kejadian tertentu.

Action verb ini memiliki tahapan proses antara lain, aktivitas, proses, dan sifatnya yang sementara. Contoh dari action verb yakni, eat, listen, play, study, walk. Baca Lebih lanjut: Action Verb

Transitive Verb

Transitive verb merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang mengambil satu atau lebih sebuah objek. Verb bahasa Inggris ini membutuhkan objek untuk melengkapi pengertiannya.

Dengan kata lain, transitive verb tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) sebagai objeknya. Transitive verb memang berkebalikan dengan verba intransitif yang tidak mempunyai objek. Contoh dari kata kerja transitive antara lain, clean, buy, bring, ask. learn, paint, sell, explain. Baca Lebih lanjut: Transitive Verb

Invinitive Verb

Invinitive verb adalah salah satu jenis verb yang terbilang unik. Karena keunikannya inilah invinitive verb tidak hanya berupa verb 1 saja.

Dalam sebuah kalimat, invinitive verb ini akan berfungsi sebagai noun, yang mana menjadi pengganti subjek. Bukan hanya itu saja, kata kerja dalam bahasa Inggris ini juga berperan sebagai pelengkap subjek atau direk objek di tengah-tengah kalimat.

Kata kerja invinitive verb juga bisa berfungsi sebagai pengganti adjective atau adverb di dalam sebuah kalimat. Bahkan, terkadang, invinitive verb ini bisa kita gunakan setelah verb tertentu yang lainnya. Seperti halnya dream, appear, need, decide, dan lain sebagainya.

Stative Verb

Dalam bahasa Inggris, stative verb ini merupakan kata kerja yang menggambarkan suatu keadaan dari tindakan atau perbuatan. Terkadang, stative verb ini juga disebut sebagai state verb.

Pada dasarnya, stative verb adalah kata kerja yang menggambarkan suatu situasi, kondisi, maupun keadaan. Contoh dari stative verb antara lain, agree, dislike, hate like, love, want, seem, own, becom dan sebagainya. Baca Lebih lanjut: Stative Verb

Subjective Verb Agreement

Dalam sebuah kalimat, subjek dapat berubah noun atau kata benda, pronoun atau kata ganti, ataupun yang lainnya yang berperan sebagai noun dalam kalimat tersebut.  Pengganti yang berupa kata benda atau noun ini bisa berupa gerund ataupun invinitive.

Dalam penggunaannya, subject verb agreement tentu saja mempunyai beberapa aturan. Aturan tersebut, umumnya dapat kita sebut dengan subject verb agreement rules. Aturan-aturan itu akan membahas tentang kegunaan subjek sebagai kata kerja dalam sebuah kalimat. Baca Lebih lanjut: Subjective Verb Agreement

Intransitive Verb

Verb bahasa Inggris yang tak kalah pentingnya untuk kita pahami yakni intransitive verb. Intransitive verb ini merupakan kata kerja yang tidak membutuhkan objek.

Selain itu, intransitive verb ini juga merupakan kata kerja yang selalu berbentuk kata kerja aktif. Pasalnya mempunyai pengertian yang lengkap.

Kalimat yang menggunakan intransitive verb ini maka sudah dapat kita pahami dengan sempurna. Sehingga, dalam penggunaannya, kata kerja ini terbilang lebih mudah. Kata-kata kerja yang tergolong dalam intransitive verb antara lain, cry, fall, sleep, sit, come, shine, dan kata kerja lainnya. Baca Lebih lanjut: Intransitive Verb

Main Verb

Main verb adalah jenis kata kerja yang bisa secara langsung menceritakan sesuatu yang diperbuat oleh subjek. Misalnya saja seperti do, undergo, cook, eat, catch, climb, dan lain sebagainya. Baca Lebih lanjut: Main Verb

Causative Verb

Causative verb merupakan kata kerja yang dapat kita gunakan untuk menunjukkan sebuah subjek yang tidak bertanggung jawab secara langsung pada aksi yang terjadi, melainkan  pada seseorang atau sesuatu lain yang melakukan aksi tersebut. Umumnya, kata kerja causative yang paling sering kita gunakan ada empat, yakni make, let, get, dan have. Baca Lebih lanjut: Causative Verb

Finite Verb

Jenis verb yang berikutnya yakni finite verb. Finite verb merupakan kata kerja yang dipengaruhi oleh tense seperti past atau present.

Sementara itu, kata kerja finite ini juga dipengaruhi oleh persesuaian atau agreement dan juga singular/plural atau number. Kelompok kata kerja yang termasuk ke dalam finitie verb antara lain, linking verb, auxiliary verb, action dan stative verb, transitive dan intransitive verb. Baca Lebih lanjut: Finite Verb

Passive Verb

Ketika berbicara mengenai verb bahasa Inggris, maka kita akan menemukan passive verb. Subjek kalimat yang menerima tindakan atau aksi dari kata kerja, maka kata kerja tersebut kita sebut sebagai passive.

Subjek yang menjadi kata kerja passive ini maka tidak melakukan apa-apa. Dengan kata lain tidak melakukan tindakan dan hanya menerima tindakan tersebut.

Noun, Verb, Adjective, Adverb

Saat kita belajar bahasa Inggris, pastinya tidak asing lagi dengan part of speech. Part of speech adalah bagian-bagian yang sangat mendasar dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris.

Secara umum, part of speech merupakan jenis kata ataupun kategori kata dalam bahasa Inggris. Memiliki 10 bagian, akan tetapi yang lebih sering kita gunakan yakni noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan).

Sebelumnya, kita telah mengulas tentang apa itu verb dan juga fungsi beserta jenis-jenisnya. Namun, dalam penggunaannya, keempat part of speech ini masih sedikit membingungkan, terutama bagi mereka yang kini baru belajar bahasa Inggris.

Berikut ini adalah perbedaan verb dengan kata part of speech lainnya. Sehingga anda dapat menggunakannya di dalam kalimat secara tepat.

Noun

Dalam bahasa Inggris, noun atau kata benda, adalah suatu kata ganti dari orang, binatang, hewan, ide, dan lain sebagainya. Dalam part of speech, jenis kata benda satu ini memiliki dua jenis utama, yakni abstract noun dan juga concrete noun.

Contoh kata yang termasuk ke dalam concrete nouns antara lain, chair, table, tree, dan sebagainya. Sedangkan kelompok kata yang termasuk ke dalam abstract nouns seperti, courage, wisdom, happines, dan lain sebagainya.

Verb

Verb merupakan bagian dari part of speech yang merupakan suatu kata yang dapat kita gunakan untuk menyatakan suatu tindakan maupun suatu aksi yang dilakukan oleh subjek. Namun, ada kalanya, verb ini juga bisa menggambarkan keadaan maupun kondisi.

Adjective

Dalam bahasa Inggris, adjective atau kata sifat merupakan kata yang menerangkan kata ganti atau pronoun maupun kata benda.

Adverb

Jika adjective adalah kata yang menerangkan kata sifat maka adverb ini akan menjadi kata yang memberikan keterangan. Dengan kata lain, adverb ini merupakan kata yang menjelaskan kata kerja, kata depan, kata sifat, kata sambung dan juga seluruh isi dari kalimat tersebut.

Contoh Kalimat Verb Bahasa Inggris

Setelah kita sudah mengenal apa itu verb, bagaimana fungsinya dalam sebuah kalimat dan jenis-jenisnya, kini mari berlatih untuk menerapkannya ke dalam bentuk kalimat. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contohnya untuk anda, sehingga anda bisa lebih mudah mempelajarinya.

Regular Verb

Contoh Kalimat:

  1. He published a novel. (Dia menerbitkan novel.)
  2. She called me last night. (Dia menelepon saya tadi malam.)

Irregular Verb

Contoh Kalimat:

  1. He ate a delicious cake. (Dia makan kue yang enak.)
  2. I drank a cup of tea a last night. (Saya minum secangkir teh tadi malam.)
  3. They wrote a message to me. (Mereka menulis pesan untuk saya.)

Modal Verb

Contoh Kalimat:

  1. I can help Mr. Alex if her ask, me right now. (Saya dapat membantu Pak Alex jika dia bertanya kepada saya sekarang.)

Auxiliary Verb

Contoh Kalimat:

  1. You should call my mother this night. (Anda harus menelepon ibu saya malam ini.)
  2. He can write a message. (Dia bisa menulis pesan.)
  3. I must believe Andre. (Saya harus percaya Andre.)

Phrasal Verb

Contoh Kalimat:

  1. The bread has run out. (Roti sudah habis.)
  2. Turn off the television before leaving the room. (Matikan televisi sebelum meninggalkan ruangan.)

Verb Phrase

Contoh Kalimat:

  1. She eats my noodles. (Dia makan mie saya.)
  2. He will go to a hospital at seven. (Dia akan pergi ke rumah sakit pukul tujuh.)

Linking Verb

Contoh Kalimat:

  1. He is young and handsome. (Dia muda dan tampan.)
  2. You look gorgeous. (Dia muda dan tampan. Kau terlihat cantik.)

Action Verb

Contoh Kalimat:

  1. We walked a hand in a hand. (Kami berjalan bergandengan tangan.)
  2. They played together. (Mereka bermain bersama.)

Transitive Verb

Contoh Kalimat:

  1. I open a door because I feel so crowded. (Saya membuka pintu karena saya merasa sangat sesak.)
  2. He gives flowers to me. (Dia memberi saya bunga.)

Stative Verb

Contoh Kalimat:

  1. I prefer coffee to tea. (Saya lebih suka kopi daripada teh.)

Intransitive Verb

Contoh Kalimat:

  1. I can a swimming so fast. (Saya bisa berenang begitu cepat.)
  2. My sister is cooking in the kitchen. (Adikku sedang memasak di dapur.)

Causative Verb

Contoh Kalimat:

  1. She had my nose pierced. (Dia menindik hidungku.)

Finite Verb

Contoh Kalimat:

  1. You are developing up so fast. (Anda berkembang sangat cepat.)

Itulah tadi materi verb bahasa Inggris yang dapat anda pelajari dengan mudah. Belajar juga Noun Bahasa Inggris dan Pengertian adjective noun serta verb. Ayo belajar dan berlatih berbahasa Inggris dengan menggunakan verb yang baik dan benar. Good luck!!!

Tinggalkan komentar