Penggunaan Noun dalam Bahasa Inggris

5 min read

Noun Bahasa Inggris

Saat belajar bahasa Inggris, Anda akan menemui bentuk noun, sebab kata ini kerap digunakan dalam kalimat. Tidak hanya mengacu kepada barang saja, tipe tersebut juga boleh dipakai untuk menyebut manusia serta makhluk hidup.

Pengertian Noun dalam Bahasa Inggris

Nouns merupakan salah satu dari 8 part of speech di bahasa Inggris. Topik itu wajib dimengerti terutama oleh pemula yang baru belajar. Kata benda ini sangat penting fungsinya karena mampu melakukan aksi maupun dikenai aksi.

Cambridge Dictionary menyatakan bahwa noun merupakan kata yang mengacu pada benda, orang, kualitas serta zat. Beberapa contoh kata benda antara lain: television, patient, fear, cat, chair, courage, beauty dan halte. Dari definisi di atas terlihat kata benda ini bisa digunakan untuk apa saja.

Hal itu diperjelas oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mendefiniskan bahwa noun adalah benda yang berwujud keberadaannya. Ini boleh berupa barang kekayaan maupun dari alam langsung. Namun, kata benda di sini dijelaskan dalam konsep bisa disentuh.

Dari definisi-definisi dapat dikatakan bahwa kata benda ini dapat berwujud maupun tidak berwujud. Noun tidak hanya barang saja, namun konsepnya bisa mengacu pada hal abstrak yang ditemukan di lingkungan sekitar. Agar lebih memahami akan pengertiannya, ketahuilah akan jenis-jenisnya.

Mengenal Jenis-jenis Noun

Tata bahasa dalam bahasa Inggris juga dibedakan sesuai wujudnya apakah berwujud atau tidaknya suatu benda. Hal ini bisa dijumpai dalam contoh berikut: He is my love. I can”t let him go. “Dia adalah cintaku. Aku tidak dapat membiarkannya pergi”.

Dalam contoh di atas, dapat terlihat bagaimana penggunaan noun yakni pada kata love. Itu bermakna cinta, perasaan seseorang manusia terhadap yang lainnya. Ekspresi tersebut tidak dapat dilihat secara nyata namun dapat dirasakan. Meskipun tidak bisa dilihat, namun ini termasuk abstract noun.

Kata benda dalam bahasa Inggris bervariasi karena dari dilihat dari beberapa sisi antara lain umum/khusus, jumlahnya dan wujudnya. Adanya perbedaan itu dikarenakan banyaknya jumlah noun yang sifatnya bervariasi. Agar pemakaiannya nyaman, dilakukan pembedaan berdasarkan kategorinya.

Mengerti akan jenis-jenis noun ini akan mempermudah Anda dalam lebih memahami teks Inggris serta menggunakannya untuk percakapan sehari-hari. Apabila hal ini dilakukan, pembelajaran bahasa asing pun terasa mudah dan menyenangkan.

Jenis Noun dalam Bahasa Inggris Menurut Wujudnya

Dalam bahasa Inggris, penggunaan noun dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya: abstract dan councreate. Pembedaan jenis kata benda ini berdasarkan wujudnya jadi suatu hal akan dilihat atau dirasakan menggunakan panca indera. Apabila tidak dapat diamati, ini termasuk dalam konsep abstrak.

  • My child has a lot of curiosity. (Anakku memiliki rasa penasaran yang tinggi)
  • President said that people should eliminate poorness. (Presiden mengatakan bahwa orang harus memberantas kemiskinan)
  • My sister shows happiness when they go to Gramedia. (Saudara perempuanku menunjukkan kebahagiaan ketika mereka pergi ke Gramedia)
  • Laughing is the best medicine. (Tertawa adalah obat terbaik)
Baca :  Belajar Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Supaya Mahir

Kata happiness yang ada dalam wacana di atas termasuk dalam abstract noun. Kebahagian tidak bisa dilihat dengan panca indera. Namun, hal tersebut dapat dirasakan sehingga termasuk dalam konsep abstrak. Berbeda dari tipe ini, concreate noun lebih mengedepankan wujudnya. Berikut contohnya:

  • I don”t have a pencil. (Saya tidak memiliki sebuah pensil).
  • I think I need a new bag. (Saya piker saya membutuhkan tas baru)
  • The shop near my house sells many fruits. (Toko dekat rumahku menjual banyak buah).

Kata-kata bercetak tebal di atas merupakan contoh kata benda. Kata a pencil yang dalam teks di atas termasuk dalam concreate noun karena berwujud sehingga bisa dilihat menggunakan panca indera. Ciri utama dari kategori ini ialah dapat diamati, dipegang atau dirasakan dengan indera.

Jenis-jenis Noun Menurut Jumlahnya

Selain dibedakan menjadi wujudnya, kata benda dalam bahasa Inggris juga terdiri dari 2 jenis yang dilihat dari jumlahnya yakni countable noun dan uncountable noun. Pembagian kategori ini dikarenakan suatu benda tidak selalu bisa dihitung karena memiliki satuan tersendiri.

Tipe pertama adalah countable noun. Kategori ini dapat dihitung secara kasat mata. Jenis itu terbagi menjadi 2 yakni singular yang dipakai untuk barang tunggal serta plural guna menjelaskan benda jamak. Berikut adalah contohnya:

  • I have apencil. (Saya memiliki sebuah pensil)
  • Do you like these pictures? (Apakah kamu menyukai gambar-gambar ini)
  • Rina has a bananafor breakfast. (Rina memiliki sebuah pisang untuk makan pagi)

Pada kata a pencil, ini digunakan untuk menjelaskan bahwa benda tersebut berjumlah satu. Penggunaan a di atas memperjelas kalimat tersebut. Sementara itu, apabila ingin mengungkapkan kalimat dengan kata benda jamak, maka harus ditambahi -s/-es pada kata dasarnya.

  • Would you like to give me some water? (Maukah Anda memberiku air)
  • I really need some information about that. (Saya sangat membutuhkan informasi tentang itu)

Uncountable noun tersebut digunakan ketika kata benda tidak bisa dihitung. Ketidakmampuan untuk menghitungnya ini salah satu penyebabnya dikarenakan wujudnya terlalu kecil. Hal itu dapat dilihat pada penggunaan kata water dalam kalimat di atas yang ditambahkan some.

Penggunaan Noun Menurut Penamaan

Salah satu kategori noun dalam bahasa Inggris yaitu common dan proper noun. Pembagian dalam jenis ini didasarkan pada penamaan misalkan penggolongan nama, orang maupun kelompok. Dibedakannya kata benda juga disebabkan suatu barang sifatnya khusus atau umum.

Baca :  Simple Present: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimatnya

1. Common Noun

Pada tipe pertama terdapat common noun yang dipakai untuk menjelaskan suatu benda secara umum. Penyebutan barang dilakukan tidak spesifik sehingga penulisannya tidak diawali huruf kapital. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • I have a cat but my brother doesn”t like it. (Saya memiliki seekor kucing tetapi kakakku tidak menyukai)
  • My father buys a table. (Ayahku memiliki sebuah meja)
  • Every day I go the library to borrow a book. (Setiap hari saya pergi ke perpustakan untuk meminjam sebuah buku)

Pada kata book, ini merupakan common noun sebab kata benda dituliskan umum. Penulis tidak menuliskan judul bukunya sehingga maknanya kurang spesifik. Karena penyebutannya general, maka huruf pertama tidak perlu capital.

2. Proper Noun

Kata benda selanjutnya ialah proper yakni noun yang dipakai untuk mengungkapkan penyebutan khusus karena telah diberi nama. Karena memiliki sebutan, ciri utamanya yakni huruf pertamanya ditulis capital Berikut adalah contohnya:

  • I want to go to Malioboro. (Saya ingin pergi ke Malioboro)
  • I prefer Pizza Hut than KFC. (Saya memilih Pizza Hut daripada KFC)

Kata Malioboro dituliskan dengan huruf kapital karena merupakan nama tempat. Pengkapitalisasian itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap proper noun. Di contoh kedua, merk makanannya disebutkan sehingga Pizza Hutt harus capital.

3. Collective Noun

Collective noun adalah kata benda yang dipakai untuk mengungkapkan barang jamak, namun tanpa menggunakan -s/-es. Hal ini dikarenakan istilah tersebut telah mengandung makna bahwa jumlahnya banyak atau lebih dari satu. Berikut adalah contohnya:

  • My family went to the Parangtritis Beach last Thursday. (Keluargaku pergi ke Pantai Parangtritis kemarin Jumat).
  • My team win the basketball championship.(Timku memenangkan perlombaan basket)

Kata family dalam contoh bermakna keluarga. Ini merupakan sekempulan orang yang ada di rumah dan memiliki hubungan darah. Definisi istilah tersebut menjelaskan bahwa sujeknya jamak. Karena terdapat padanan dalam kamus, jadi tidak perlu lagi ditambahkan -s/-es.

noun

Keberadaan Compoun Noun dalam Bahasa Inggris

Compound noun adalah kata benda yang berasal dari 2 kata digabungkan menjadi satu kesatuan hingga menjadi makna baru. Jenis ini unik karena mampu menghasilkan arti unik dari penggabungan 2 hal. Berikut adalah contohnya:

  • I want to see a sunflower. (Saya ingin melihat sebuah bunga matahari)
  • Please, lend me your handgun. (Tolong pinjami pistolmu)
  • Do you like football? (Apakah Anda suka sepak bola?)
Baca :  10 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Kata sunflower berasal dari sun+flower. Penggabungan 2 kata tersebut akhirnya menjadi sebuah makna yakni bunga matahari. Pada bagian itu digabungkan noun dan noun yang akhirnya menciptakan kata benda dengan arti baru.

Selain itu, bahasa Inggris juga mengizinkan penggabungan antara adjective+noun untuk membentuk compound noun. Hasil akhirnya ialah kata benda dengan arti baru. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa dilihat:

  • Rina does not want to clean the blackboard. (Rina tidak ingin membersihkan papan tulis)
  • Let”s see the full moon. (Ayo lihat bulan purnama)

Kata blackboard yang ada pada kalimat pertama bermakna papan tulis berwarna hitam. Penggabungan antara black dengan board menghasilkan makan baru. Selain itu, full moon jga termasuk dalam compound noun. Ini merupakan gabungan antara full (penuh) + moon (bulan).

Penggunaan Singular VS Plural Noun

Di dalam bahasa Inggris, kata benda umumnya terdiri dari singular dan plural. Penggunaan noun ini dibedakan menurut jumlahnya. Tiap variasi memiliki ketentuan sendiri yang harus dianut. Berikut adalah contohnya:

  • I make a toy with my father. (Saya membuat mainan dengan ayahku)
  • I live in a small village. (Saya tinggal di desa yang kecil)
  • My house is not new. (Rumahku tidak baru)
  • She takes the yellow bus. (Dia naik bus berwarna kuning)
  • I like an apple. (Saya suka apel)

Kata toy yang ada di sana merupakan singular noun. Untuk memperjelas bahwa barang jumlahnya satu, ditambahkan kata a (sebuah). Penggunaan determiner ini merupakan ciri saat seseorang menggunakan kata benda tunggal. Apabila diawali huruf vocal, maka harus diawali dengan an.

Sementara itu, plural noun ini dipakai apabila ingin mengungkapkan kata benda jamak. Jika countable, maka hanya perlu menambahkan -s/-es setelah kata dasar tersebut. Agar lebih memahaminya, sebaiknya ketahui contohnya:

  • My big house has twelve rooms. (Rumah besarku memiliki 12 kamar)
  • Our shops sells more than 1000 breads. (Toko kami menjual lebih dari 1000 roti)
  • I want to buy some tomatoes. (Saya ingin membeli beberapa tomat)
  • We only have two dogs in our home. (Kami hanya memiliki 2 anjing di rumah kami)
  • My village is surrounded by four mountains. (Desaku dikelilingi 4 gunung)

Pada contoh di atas rooms bermakna banyak ruang. Kata room ditambah dengan –s sehingga menjadi jamak. Itu termasuk countable karena jumlahnya bisa dihitung. Ciri noun ini adalah sebelumnya terdapat the atau kuantitas dalam bentuk angka.

Itulah penggunan noun yang harus dipahami. Dapat disimpulkan, kata benda memiliki banyak variasi mulai dari wujudnya hingga kuantitasnya. Pelajari topik ini agar pemahaman Inggris Anda makin lancar. Belajar juga materi sebelumnya tentang Adjective.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *