Noun Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Ada banyak materi bahasa Inggris yang harus kita kuasai dengan baik dan benar. Salah satunya adalah noun bahasa Inggris.

Noun merupakan materi bahasa Inggris yang tak asing lagi bagi kita. Pasalnya, penggunaan noun dalam kalimat sudah kita jumpai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Belajar materi noun ini sangatlah mudah, akan tetapi bagi anda yang kini baru belajar bahasa Inggris, pastinya membutuhkan penjelasan secara lengkap agar dapat memahaminya. Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemaparan tentang noun kepada anda. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga contoh kalimatnya.

Pengertian Noun Bahasa Inggris

Pengertian Noun dalam Bahasa Inggris
Pengertian Noun dalam Bahasa Inggris

Noun atau kata benda adalah salah satu dari bagian part of speech. Pada dasarnya, materi ini wajib untuk kita pahami dengan baik sebagai seorang pemula yang baru belajar.

Dalam bahasa Inggris, noun merupakan kata benda yang memiliki fungsi sangat penting dalam sebuah kalimat. Sebab, noun sendiri dapat melakukan aksi maupun menerima aksi.

Berdasarkan Cambridge Dictionary, noun adalah kata yang mengacu pada benda, kualitas, orang, dan juga zat. Kata yang termasuk ke dalam noun seperti halnya, patient, fear, cat, television, courage, chair, halte, dan lain sebagainya.

Kata benda ini memang bisa kita gunakan untuk apa saja. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, noun merupakan benda yang memiliki wujud.

Benda-benda tersebut dapat berupa barang ataupun benda-benda alam lainnya. Konsep benda yang dimaksud di sini adalah benda yang dapat kita sentuh.

Fungsi Noun Bahasa Inggris

Noun mempunyai beberapa fungsi penting. Fungsi-fungsi tersebut seperti, direct dan indirect object, subject of verb, dan masih ada fungsi lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami rangkumkan selengkapnya.

Direct dan Indirect Object

Direct object seringkali memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan. Berupa whom dan what setelah action verb di dalam sebuah kalimat transitif. Berbeda dengan indirect object yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan for what atau to whom.

Penting untuk kita pahami, noun yang berperan sebagai objek dapat menjadi direct object dan juga indirect object. Ketika noun menjadi sebuah objek, biasanya akan didampingi oleh kata ganti (pronouns) seperti determiners (a, an, the) dan lain sebagainya.

Contoh Direct Object:

  • Alex plays piano in his room. (Alex bermain piano di kamarnya.)
  • Tari married a Korean man. (Tari menikah dengan pria Korea.)

Contoh Indirect Object:

  • Endah bought his dad a house. (Endah membelikan ayahnya sebuah rumah.)
  • Endah cooks a spaghetti for Awe. (Endah memasak spageti untuk Awe.)

Subject of Verb

Sebagian besar orang, beranggapan bahwa noun hanya berfungsi sebagai objek saja. Padahal, tidak selalu demikian. Noun juga dapat berfungsi sebagai subjek.

Dalam sebuah kalimat, kata benda atau noun akan berfungsi sebagai subjek jika berada di depan verb. Noun yang berfungsi sebagai subjek dapat didampingi dengan determiners (an, the), akan tetapi bisa juga tidak.

Hal ini menyesuaikan subjek yang kita gunakan. Mungkin ini terdengar sedikit membingungkan bagi anda, tetapi jangan khawatir, karena kami memberikan contoh untuk membantu anda memahaminya.

Contoh Subject of Verb

  • Raka is swimming. (Raka sedang berenang.)
  • A car has stolen yesterday. (Sebuah mobil telah dicuri kemarin.)
  • His restaurant serves tea. (Restorannya menyajikan teh.)

Subject dan Object Complement

Fungsi noun bahasa Inggris berikutnya yakni subject dan object complement. Subject complement merupakan complement yang merujuk pada subjek di dalam sebuah kalimat.

Complement ini biasanya berbentuk noun atau kata benda yang diletakkan setelah linking verb. Sedangkan untuk object complement hampir serupa dengan subject complement.

Jika subject complement menjelaskan subjek, maka object complement akan berfungsi menjelaskan direct object. Direct object biasanya berbentuk noun atau kata benda.

Contoh Subject Complement:

  • Damar became a pianist after his sister passed. (Damar menjadi pianis setelah saudara perempuannya meninggal.)
  • Her uncle was a famous softball player. (Pamannya adalah seorang pemain softball terkenal.)
  • I am the director of this company. (Saya direktur perusahaan ini.)

Contoh Object Complement:

  • Jaka brought Kenanga a cake. (Jaka membawakan Kenanga kue.)
  • Jeni cooks a noodle for Dani. (Jeni memasak mie untuk Dani.)
  • Lisa gives his son a car. (Lisa memberi putranya sebuah mobil.)

Object of Preposition

Salah satu fungsi penting dari noun atau kata benda yakni menyatakan tempat. Biasanya, kita membutuhkan preposisi untuk menjelaskan tempat.

Preposisi sendiri merupakan kata depan seperti on, in, at. Berikut ini adalah contoh dari object of preposition.

Contoh Object of Preposition:

  • My dog loves to sleep in a large box. (Anjing saya suka tidur di dalam kotak besar.)
  • I learned Korean language at proficiency. (Saya belajar bahasa Korea dengan mahir.)
  • The library is on the three floor. (Perpustakaan berada di lantai tiga.)

Jenis-Jenis Noun Bahasa Inggris

Jenis Noun dalam Bahasa Inggris
Jenis Noun dalam Bahasa Inggris

Terdapat berbagai jenis noun yang dapat kita ketahui. Setiap jenis noun ini memiliki fungsinya masing-masing di dalam sebuah kalimat. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah jenis-jenis noun beserta penjelasannya.

Noun Phrase

Noun phrase ialah sebuah frasa. Ini merupakan hasil dari penggabungan noun (kata benda), pronoun (kata ganti benda), atau number. Frasa tersebut kita gunakan ketika sebuah kata benda dirasa kurang spesifik dalam menggambarkan kata benda. Selain itu, frasa ini bisa dibedakan menjadi basic dan juga complex noun phrase. Baca lebih lanjut : Noun Phrase

Noun Clause

Noun clause, adalah dependent clause yang memiliki fungsi sebagai noun atau kata benda. Klausa akan diawali oleh question word yaitu 5w + 1h, that atau if/whether. Baca lebih lanjut : Noun Clause

Proper Noun

Kata benda dalam bahasa Inggris berikutnya yakni proper noun. Proper noun merupakan kata benda yang kita gunakan untuk mengungkapkan penyebutan khusus karena telah mendapatkan nama. Karena mempunyai sebutan, maka ciri utamanya yaitu huruf pertamanya ditulis Kapital. Baca lebih lanjut : Proper Noun

Common Noun

Common noun merupakan kata benda yang kita gunakan untuk menjelaskan sebuah benda secara umum. Penyebutan barang ini kita lakukan tidak spesifik. Sehingga penulisannya tidak diawali dengan menggunakan huruf kapital. Baca lebih lanjut : Common Noun

Plural Noun

Plural noun merupakan kata benda yang kita gunakan untuk menunjukkan bahwa benda tersebut berjumlah lebih dari satu. Plural noun ini biasanya terbentuk dari kata benda tunggal. Lalu memberikan tambahan s/es pada kata bendanya. Misalnya seperti balls, women, they. Baca lebih lanjut : Plural Noun

Compound Noun

Noun bahasa Inggris berikutnya yang tak kalah penting yakni compound noun atau kata benda majemuk). Compound noun merupakan kata benda yang terbentuk dari dua atau lebih kata yang bisa berupa kombinasi antara noun satu dengan noun yang lainnya. Selain itu juga dapat berupa part of speech lain yang mana hasil kombinasi tersebut dapat menghasilkan makna baru. Baca lebih lanjut : Compound Noun

Abstract Noun

Kata benda bahasa Inggris selanjutnya yakni abstract noun. Abstract noun ini merupakan kata benda yang tidak dapat dikenali oleh panca indra kita. Baca lebih lanjut : Abstract Noun

Collective Noun

Collective noun merupakan kata benda yang dapat kita gunakan untuk mengungkapkan barang jamak atau dalam jumlah yang banyak. Namun, dalam pengungkapannya tidak menggunakan -s/es. Hal ini karena istilah tersebut telah memiliki makna bahwa jumlahnya banyak atau lebih dari satu. Baca lebih lanjut : Collective Noun

Uncountable Noun

Uncountable noun merupakan lawan dari countable noun. Salah satu kata benda ini tidak bisa dihitung dan hanya mempunyai satu bentuk yakni singular. Misalnya, love, milk, water, sugar, gas, dan lain sebagainya. Baca lebih lanjut: Uncountable Noun

Noun Adjunct

Noun adjunct merupakan kata benda yang terdiri lebih dari satu kata benda. Namun, hanya menjelaskan satu bentuk kata benda tersebut. Baca lebih lanjut : Noun Adjunct

Singular Noun

Singular noun merupakan kata-kata benda yang jumlahnya hanya satu saja. Dimana kata benda tersebut merujuk pada satu orang, benda, tempat, maupun ide. Baca lebih lanjut : Singular Noun

Mass Noun

Sebenarnya, mass noun ini merupakan kata lain dari noun bahasa Inggris uncountable. Mass noun merupakan kata benda yang jumlahnya tidak bisa kita hitung dengan perhitungan angka.

Kata benda satu ini juga dapat kita sebut sebagai nomina. Secara umum mass noun kita gunakan dalam bentuk singular atau tunggal.

Baca lebih lanjut : Mass Noun

Adjective Noun

Tak jarang ketika kita membuat kalimat bahasa Inggris, kita menemukan dua kata yang mempunyai perbedaan karakter. Misalnya saja seperti red atau merah sebagai kata sifat dan car atau mobil sebagai kata benda. Apabila kedua kata tersebut kita gabungkan maka akan menjadi sebuah frasa sehingga membentuk sebuah objek, yakni “red car”. Baca lebih lanjut : Adjective Noun

Noun Modifier

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, noun dapat berfungsi sebagai objek, subjek, appositive atau keterangan tambahan dan modifer atau kata yang menentukan sifat serta pelengkap. Sedangkan modifier sendiri, merupakan sebuah kata atau kelompok kata yang dapat menggambarkan atau membatasi kata-kata yang lain, seperti klausa dan frase.

Dari penjelasan tersebut, maka dapat kita tarik garis besar bahwa noun modifer merupakan keterangan kata benda untuk menjelaskan kegunaan kata benda yang diterapkan.

Baca lebih lanjut : Noun Modifier

Noun Suffixes

Suffixes merupakan salah satu hal yang mendasar untuk kita ketahui. Terutama jika ingin menambahkan imbuhan di dalam kalimat bahasa Inggris.

Imbuhan tersebut harus sesuai dengan kalimat yang ingin kita sebutkan. Noun suffixes sendiri termasuk ke dalam tipe derivational suffixes.

Berawal dari kata noun yang berarti benda, jika memperoleh imbuhan maka kata benda tersebut akan memiliki arti yang berbeda. Dengan kata lain akan membentuk arti baru.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, lihatlah beberapa contoh imbuhan untuk noun suffixes ini: -ate, -ancy, -ian, -ess, -er, -hood, -al, -an, -ian, -ance, -er, -ship, -th, -y, -ness, -ing dan lain sebagainya.

Baca lebih lanjut : Noun Suffixes

Noun Verb Adjective

Ketiga aspek penting ini yakitu noun, verb, dan adjective dapat kita temukan dalam satu kalimat dengan mudah. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bahasa Inggris, subjek dan verb merupakan syarat mutlak pada sebuah kalimat.

Mungkin ada kalimat tak memiliki unsur tersebut. Tentu dapat kita katakan bahwa susunannya kurang sesuai atau tidak tepat. Selain itu, kalimat tersebut akan menjadi lebih sempurna bila diberikan tambahan noun dan adjective.*

Noun Technique

Nouns technique merupakan identifikasi semua kata benda atau nouns yang dapat kita temukan ketika kalimat dijelaskan. Kemudian kita dapat menentukan bahwa itu merupakan domain class, attribute, atau sesuatu yang tidak perlu kita ingat. *

Singular Countable Noun

Noun bahasa Inggris yang tak boleh kita lupakan yaitu singular countable noun. Singular countable noun merupakan kata benda terhitung yang memiliki bentuk tunggal. Baca lebih lanjut : Singular Countable Noun

Particular Noun

Particular noun merupakan bentuk kata benda yang memiliki poin atau detail tertentu. Dalam bahasa Inggris, particular noun ini dapat merujuk pada satu orang atau benda. *

Phrasal Noun

Phrasal noun merupakan kata benda frasa yang menggabungkan kata benda dengan preposisi. Baik itu sebelum maupun sesudah kata benda. Selain itu kata benda ini sering kali juga merupakan kata kerja frase nominal. *

Predicate Noun

Predicate noun merupakan kata benda yang terhubung ke subjek kalimat dengan menggunakan kata kerja penghubung. Kata kerja penghubung merupakan kata kerja yang dapat menghubungkan kata-kata yang setara satu dengan lainnya. Subjek akan ditautkan ke kata benda lain dan kata benda predikat dengan menggunakan kata kerja penghubung. Baca lebih lanjut : Predicate Noun

Contoh Kalimat Noun Bahasa Inggris

Setelah kita sudah memahami apa itu noun, seperti apa fungsinya beserta jenis-jenisnya, kini saatnya kita berlatih untuk menerapkannya ke dalam bentuk kalimat. Berikut ini kami berikan beberapa contoh kalimatnya untuk anda.

Contoh Kalimat Noun Phrase

  • The Angora kittens is up for adoption. (Anak kucing Angora siap diadopsi.)
  • The Cempaka house was casual decorated for the relax. (Rumah Cempaka didekorasi dengan kasual untuk bersantai.)

Contoh Kalimat Noun Clause

  • What she cooked were healthy? (Apa yang dia masak sehat?)
  • She wants to know how I was in th real. (Dia ingin tahu bagaimana saya sebenarnya.)

Contoh Kalimat Proper Noun

  • I want to go to Paris. (Saya ingin pergi ke Paris.)
  • I prefer KFC than MCDonalds. (Saya lebih suka KFC daripada MCDonalds.)

Contoh Kalimat Common Noun

  • I have a dog but my sister doesn’t like it. (Saya punya anjing tetapi saudara perempuan saya tidak menyukainya.)
  • My grandfather buys a chair. (Kakek saya membeli kursi.)

Contoh Kalimat Plural Noun

  • My villa has thirteen rooms. (Villa saya memiliki tiga belas kamar.)
  • Our family sells more than 500 cars. (Keluarga kami menjual lebih dari 500 mobil.)

Contoh Kalimat Compound Noun

  • We’re building two new malls in town. (Kami sedang membangun dua mal baru di kota.)
  • I have got three brothers-in-law. (Saya punya tiga saudara ipar.)

Contoh Kalimat Abstract Noun

  • Some people can’t feel happiness. (Beberapa orang tidak bisa merasakan kebahagiaan.)
  • I get fright when you leave this house. (Saya ketakutan saat Anda meninggalkan rumah ini.)

Contoh Kalimat Collective Noun

  • My family went to the Krakal Beach last week. (Keluarga saya pergi ke Pantai Krakal minggu lalu.)
  • My team win the softball championship. (Tim saya memenangkan kejuaraan softball.)

Contoh Kalimat Uncountable Noun

  • I take much chocolate for my cake. (Saya mengambil banyak cokelat untuk kue saya.)
  • Mr. Arman bought much table from Bandung. (Pak Arman membeli banyak meja dari Bandung.)

Contoh Kalimat Noun Adjunct

  • All the drink displayed in front of the restaurant look so appetizing. (Semua minuman yang dipajang di depan restoran terlihat begitu menggugah selera.)
  • The talkative woman who lives next door has go away. (Wanita cerewet yang tinggal di sebelah telah pergi.)

Contoh Kalimat Singular Noun

  • She is a doctor. (Dia adalah seorang dokter.)
  • He doesn’t own a bike. (Dia tidak memiliki sepeda.)

Contoh Kalimat Mass Noun

  • I saw, glass was emptied without water. (Kulihat, gelas kosong tanpa air.)
  • My suitcase is very light. (Koper saya sangat ringan.)

Contoh Kalimat Adjective Noun

  • She has a large house. (Dia memiliki rumah yang besar.)
  • They have small room. (Mereka punya ruangan yang kecil.)

Contoh Kalimat Noun Modifier

  • Alan dives off his diving board. (Alan menyelam dari papan loncatnya.)
  • The waiting room is a full of man. (Ruang tunggu penuh dengan laki-laki.)

Contoh Kalimat Noun Suffixes

  • These homeworks needs high accuracy to get a good result. (PR ini membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang baik.)

Contoh Kalimat Noun Verb Adjective

  • I have a bike blue. (Saya memiliki sepeda biru.)
  • My father has a large garden. (Ayah saya memiliki taman yang luas.)

Contoh Kalimat Singular Countable Noun

  • He has two cats. (Dia punya dua kucing.)
  • I own a hotel. (Saya memiliki sebuah hotel.)

Contoh Kalimat Predicate Noun

  • She are my new girlfriend. (Dia adalah pacar baruku.)

Compound Noun dalam Bahasa Inggris

Compound noun adalah kata benda yang berasal dari 2 kata digabungkan menjadi satu kesatuan hingga menjadi makna baru. Jenis ini unik karena mampu menghasilkan arti unik dari penggabungan 2 hal. Berikut adalah contohnya:

  • I want to see a sunflower. (Saya ingin melihat sebuah bunga matahari)
  • Please, lend me your handgun. (Tolong pinjami pistolmu)
  • Do you like football? (Apakah Anda suka sepak bola?)

Kata sunflower berasal dari sun+flower. Penggabungan 2 kata tersebut akhirnya menjadi sebuah makna yakni bunga matahari. Pada bagian itu digabungkan noun dan noun yang akhirnya menciptakan kata benda dengan arti baru.

Selain itu, bahasa Inggris juga mengizinkan penggabungan antara adjective+noun untuk membentuk compound noun. Hasil akhirnya ialah kata benda dengan arti baru. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa dilihat:

  • Rina does not want to clean the blackboard. (Rina tidak ingin membersihkan papan tulis)
  • Let”s see the full moon. (Ayo lihat bulan purnama)

Kata blackboard yang ada pada kalimat pertama bermakna papan tulis berwarna hitam. Penggabungan antara black dengan board menghasilkan makan baru. Selain itu, full moon jga termasuk dalam compound noun. Ini merupakan gabungan antara full (penuh) + moon (bulan).

Penggunaan Singular VS Plural Noun

Penggunaan Singular VS Plural Noun
Penggunaan Singular VS Plural Noun

Di dalam bahasa Inggris, kata benda umumnya terdiri dari singular dan plural. Penggunaan noun ini dibedakan menurut jumlahnya. Tiap variasi memiliki ketentuan sendiri yang harus dianut. Berikut adalah contohnya:

  • I make a toy with my father. (Saya membuat mainan dengan ayahku)
  • I live in a small village. (Saya tinggal di desa yang kecil)
  • My house is not new. (Rumahku tidak baru)
  • She takes the yellow bus. (Dia naik bus berwarna kuning)
  • I like an apple. (Saya suka apel)

Kata toy yang ada di sana merupakan singular noun. Untuk memperjelas bahwa barang jumlahnya satu, ditambahkan kata a (sebuah). Penggunaan determiner ini merupakan ciri saat seseorang menggunakan kata benda tunggal. Apabila diawali huruf vocal, maka harus diawali dengan an.

Sementara itu, plural noun ini dipakai apabila ingin mengungkapkan kata benda jamak. Jika countable, maka hanya perlu menambahkan -s/-es setelah kata dasar tersebut. Agar lebih memahaminya, sebaiknya ketahui contohnya:

  • My big house has twelve rooms. (Rumah besarku memiliki 12 kamar)
  • Our shops sells more than 1000 breads. (Toko kami menjual lebih dari 1000 roti)
  • I want to buy some tomatoes. (Saya ingin membeli beberapa tomat)
  • We only have two dogs in our home. (Kami hanya memiliki 2 anjing di rumah kami)
  • My village is surrounded by four mountains. (Desaku dikelilingi 4 gunung)

Pada contoh di atas rooms bermakna banyak ruang. Kata room ditambah dengan –s sehingga menjadi jamak. Itu termasuk countable karena jumlahnya bisa dihitung. Ciri noun ini adalah sebelumnya terdapat the atau kuantitas dalam bentuk angka.

Itulah tadi materi noun bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Dengan penjelasan ini, kami berharap anda dapat terbantu untuk memahaminya. Belajar juga : Materi Kata Sifat Bahasa InggrisPengertian adjective noun dan verb. Mari mahir berbahasa Inggris dengan terus belajar dan berlatih

Leave a Comment

sixteen − ten =