Regular Verb: Pengertian, Bentuk dan Contoh Penggunaannya

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang wajib dikuasai. Nah, salah satu cara agar kalian bisa cepat memahami sekaligus mempraktekan bahasa Inggris adalah, dengan memperkaya kosa kata regular verb.

Pengertian Regular Verb

Secara sederhana, regular verb merupakan pemakaian kata kerja beraturan sesuai dengan tensesnya. Jika mengalami perubahan, maka hanya perlu menambahkan “ed” atau “d” saja pada akhir kata. Namun, tetap tergantung pada akhiran katanya.

Penggunaan kata kerja beraturan ini terbilang cukup mudah, tidak serumit irregular verbs. Langkah awal yang perlu kalian lakukan yakni, perbanyak dulu  kata kerja beraturan pada suatu kalimat, kemudian padukan. Jika kalian bingung, simak penjelasannya di bawah ini.

Situasi Penggunaan Kata Kerja Beraturan

  1. Simple past tense, yakni bentuk kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian di masa lampau (sudah lewat).
  2. Past participle, adalah ketika menambahkan akhiran –ed atau –d pada base form atau kata dasarnya.

Rumus Kalimat Kata Kerja Beraturan

Penggunaan rumus Regular Verb sebenarnya sama dengan penyusunan pada bahasa Indonesia. Hanya saja, dalam bahasa Inggris ada perubahan di akhir kata kerja untuk membedakan keterangan situasinya (tenses). Berikut ini merupakan aturan yang benar dalam menggunakan kata kerja beraturan.

  1. Jika penggunaannya untuk menjelaskan waktu “sekarang”, maka bisa menggunakan verb 1 saja. kalimat asli tanpa ada imbuhan –ed di akhir kalimat.
  2. Namun untuk penanda kegiatan yang sudah berlalu, jangka waktu lampau bisa menggunakan verb-1 atau verb-2 saja. Kosa kata tersebut tentu sudah mengalami perubahan karena adanya imbuhan -ed. Biasanya pembentukan kalimat ada kata yesterday, last month, second ago, an minute, dan masih banyak lagi.

Contoh Kalimat Kasus 1

Berikut ini adalah beberapa contoh kata kerja beraturan dalam bahasa Inggris yang ditambahkan akhiran –ed pada kata dasarnya, dan bentuk past participle diberikan tambahan ‘ing’.

1. Regular Verb List

Base Form atau Kata DasarBentuk verb-1Bentuk verb-2 dan verb-3-ing / past participle
Collect (mengumpulkan)collectscollectedcollecting
Deliver (mengirimkan)deliversdelivereddelivering
Explain (menjelaskan)explainsexplainedexplaining
Accept (menerima)acceptsacceptedaccepting
Walk (berjalan)walkswalkedwalking

2. Contoh Kalimat

‘Rania attacked her brother yesterday’ = rania menyerang kakaknya kemarin. (past tense)

The teacher explained the lessons earlier’ = guru menjelaskan pelajaran itu sejak tadi. (past tense)

‘My sister and I work at the same place = kakakku dan aku bekerja di tempat yang sama. (present tense)

 

Contoh Kalimat Kasus 2

Berikut ini adalah beberapa contoh kata kerja bahasa Inggris yang berakhiran huruf ‘e’, kemudian mengalami perubahan pada kondisi simple past tense dengan adanya penambahan ‘d’.  Namun kembali berubah di situasi past participle dengan menghilangkan ‘ed’ dan menggantinya menjadi ‘ing’.

1. Daftar Kata Kerja Beraturan

Base form atau kata dasarBentuk verb-1Bentuk verb-2 dan verb-3ing / past participle
Bake (memanggang)bakesbakedBaking
Breathe (bernapas)breathesbreathedbreathing
Introduce (memperkenalkan)introducesIntroducedIntroducing
Move (memindahkan)movesmovedmoving
Advise (menyarankan)advisesadvisedadvising

2. Contoh Kalimat

I introduced myself this morning’ = aku sudah memperkenalkan diri pagi tadi. (past tense)

‘Mother baked pineapple pie last night‘ = ibu memanggang pie nanas semalam. (past tense)

 

Contoh Kalimat Kasus 3

Selanjutnya adalah, kata dasar yang berakhiran huruf konsonan dan huruf -y. Perubahan akan terjadi pada past tense sekaligus past participle. Huruf akhir berupa -y diganti dengan -eid. Namun tetap memakai -y pada present participlenya. Contoh kosa katanya adalah sebagai berikut:

1. Daftar Kata Kerja yang Beraturan

Base FormBentuk verb-1Bentuk verb-2 dan verb-3Ing atau / past participle
Marry (menikahi)marriesmarriedmarrying
Study (belajar)studiesstudiedstudying
Worry (khawatir)worriesworriedworrying
Dry (mengeringkan)driesdrieddrying
Cry (menangis)criescriedcrying

2. Contoh Kalimat

‘I studied hard all night’ = aku belajar keras semalaman. (past tense)

She was crying, because of a breakup with her boy friend’ = dia sedang menangis karena putus cinta dengan pacarnya. (past participle)

I dried the pants yesterday’ = aku sudah mengeringkan celanaku kemarin. (past tense)

 

Contoh Kalimat Kasus 4

Selanjutnya jika menemukan kalimat base form atau kata dasar berakhiran huruf vokal kemudian +l, maka pada past tense, past participle, dan present participle akan menjadi dobel L.

1. Daftar Kata Kerja Beraturan

Base FormBentuk Verb-1Bentuk verb-2 dan verb-3Ing atau / past participle
Travel (bepergian)travelstravelledtravelling
Control (mengatur)controlscontrolledcontrolling

2. Contoh Kalimat

‘I travelled around Jogja 2 days ago‘= aku bepergian mengelilingi Jogja 2 hari yang lalu. (past tense)

Masih banyak lagi berbagai macam jenis kosakata yang beraturan. Agar kalian bisa cepat menguasai, kalian bisa menghafal setidaknya 10 sampai 50 kosa kata setiap harinya. Kemudian, praktekkan kosakata tersebut dalam pembicaraan sehari-hari. Cara ini terbukti efektif membuat cepat paham di luar kepala sekalipun.

Memahami Tentang Irregular Verb

Selain kata kerja beraturan, dalam bahasa Inggris juga harus menggunakan irregular verb. Irregular verb merupakan kata kerja yang tidak beraturan. Jadi tanda-tandanya memang tidak mudah diprediksi selayaknya kata kerja beraturan. Agar kalian bisa leluasa menggunakannya, cara paling efektif adalah dengan dipelajari dan dihafalkan.

Aturan pemakaiannya pun sedikit lebih rumit. Pemakaiannya tidak bisa berdiri sendiri, biasanya akan dibantu dengan kata kerja bantu dan akhirnya membentuk beragam tenses. Irregular verbs memang sedikit sulit dideteksi kalau kalian benar-benar tidak jeli.

Perbedaan regular dan irregular verb bisa kalian simak dalam aturan berikut:

  1. Bila kata benda adalah tunggal, maka kata kerja irregular verb pada bentuk present tense dan kata dasarnya perlu ditambah dengan -es dan -s. Pemakaian subjek juga berupa orang ketiga tunggal, yakni bisa ‘dia’ atau ‘itu’.
  2. Bila subjek atau kata benda adalah jamak, maka kata kerja pada irregular verb tidak beraturan, tidak perlu ditambahi -s lagi maupun -es pada bentuk dasar dan juga present tensenya.

 

Berbagai Macam Jenis Kata Irregular Verb

Di bawah ini ada beberapa kata-kata dasar dan bentukan dari irregular verb. Walaupun begitu dalam prakteknya, tetap harus mempelajari dan menghafalnya dengan konsisten. Tidak bisa diamati begitu saja selayaknya regular verb.

Bentuk DasarSimple Past tense atau bentuk sudah lampau verb-2Past participle atau bentuk verb-3
becomebecamebecame
bringbroughtbrought
taketooktaken
saysaidsaid
drinkdrunkdrank
seesawseen
keepkeptkept
givegavegiven
speakspokespoken

Jadi bagaimana, kalian sudah paham? Penjelasan di atas hanyalah sedikit contoh dari bentuk kata kerja beraturan dan tidak beraturan dalam bahasa Inggris. Agar lebih mudah, kalian bisa pakai metode fifty-fifty (50:50). Artinya, selain menghafalkan, kalian juga harus mempraktekkan secara langsung baik dalam kegiatan sehari-hari.

Tinggalkan komentar