Irregular Verb: Pengertian, Contoh dan Artinya

Memahami pelajaran bahasa Inggris tidak akan bisa sempurna tanpa menguasai aspek irregular verb, yakni kata kerja tidak beraturan. Verb 1, 2, 3 bisa saja berubah atau justru tidak ada perubahan sama sekali. Masih bingung? Mari belajar bersama dengan penjelasan di bawah ini.

Pengertian Irregular  Verb

Pada materi bahasa Inggris terdapat dua kata kerja yang digunakan, yakni regular verb dan irregular verb. Jika pada regular perubahannya mudah dipahami, lain halnya dengan irregular verb, kosa katanya lebih baik dihafalkan satu persatu.

Memang terasa melelahkan, namun menjadi mudah jika kalian rutin menghafalnya setiap hari. Penggunaannya juga tidak selalu mengikuti perubahan teratur seperti adanya aturan penambahan –d atau  -ed pada bentuk verb 2 dan verb 3 yang menyertainya.

Klasifikasi Pengelompokkan Irregular Verb

Agar mudah memahami dan mempelajari lebih dalam lagi, mari membuat klasifikasi pengelompokkan contoh kata kerja tidak beraturan. Pertama adalah kata kerja bentuk pertama, verb 2, beserta verb 3 memiliki bentuk sama dan tidak ada penambahan sama sekali.

1. Kelompok Verb 1, 2, 3 yang Tidak Ada Perubahan

Pertama, kalian bisa membedakan dan membuat kolom sendiri dengan mengisikan berbagai kata kerja yang tidak mengalami perubahan pada verb 1, 2, dan verb 3. Setelah itu buatlah contoh penggunaannya dalam kalimat agar bisa tampak mudah untuk dihafalkan. Yuk, coba cari bersama-sama!

TYPEVERB 1

Present/ infinitive

VERB 2

Past

VERB 3

Past Participle

ARTI
Irregular VerbCutCutCutMemotong
—-PutPutPutTaruh/Meletakkan
—-SplitSplitSplitMembagi
—–HitHitHitMemukul
—–ReadReadReadMembaca
—–BurstBurstBurstMeledak

 

Contoh kalimat:

  • Dina cut nails last night. (Menjelaskan past tense)
  • Dina cut nails. (Sedang terjadi atau present tense)

2. Verb 2 dan Verb 3 Sama, Namun Verb 1 Berbeda

Selanjutnya adalah pengelompokkan kata kerja tidak beraturan berdasarkan dengan perbedaan verb 1, namun bentuk kata kerja 2 dan 3 sama.

Ingat! Penggunaan kata kerja tidak beraturan ini tidak bisa dibuatkan rumus berdasarkan tense atau situasinya. Harus dibuat irregular verb list lalu dihafalkan dengan rutin.

TYPEVERB 1

Present/ Infinitive

VERB 2

Past

VERB 3

Past Participle

ARTI
Irregular VerbMakeMadeMadeMembuat
——-ShineShoneShoneBersinar
——–SleepSleptSleptTidur
——-LostLostLostHilang
——SaySaidSaidBerkata
—–BendBentBendMembengkokkan
——BreedBredBredBerkembang biak
—–BringBroughtBroughtMembawa
—–BuildBuiltBuiltMembangun

 

Contoh kalimat:

  • Rina made bread last night. (Menjelaskan past tense)
  • Rina makes bread. (Menjelaskan present atau sedang terjadi)

3. Bentuk Verb1, Verb 2 & Verb 3 Tidak Sama / Berbeda Sepenuhnya

Klasifikasi ketiga yakni, pengelompokkan seluruh verb 1, 2, dan 3 yang tidak ada perbedaannya. Kosa katanya tentu sangat banyak, jadi setiap hari kalian harus terus menambah dengan mengeksplornya. Kemudian dihafalkan dan diaplikasikan dalam kalimat.

TYPEVERB 1

Present/ Infinitive

VERB 2

Past

VERB 3

Past Participle

ARTI
Irregular VerbBeginBeganBegunMulai
——BlowBlewBlownMemukul
—–DrawDrewDrawnMenarik
—–DriveDroveDrivenMenyetir
—–EatAteEatenMakan
——GiveGaveGivenMemberi
—–BreakBrikeBrokenMerusak
—–DrinkDrankDrunkMinum
—-KnowKnewKnownMengetahui
—-LieLayLainMembohongi

 

Contoh irregular verb.

  • I ate last night at home. Menjelaskan past tense (V2).
  • I eat fried rice. Menjelaskan sedang terjadi (V1).

Masih banyak contoh kata kerja tidak beraturan lain. Mengingat kata kerja tidak beraturan ini sangat banyak, maka kalian harus sering mempelajarinya. Cukup masukkan ke dalam list, lalu buatlah contoh kalimat sederhana sesuai dengan situasi sehari-hari kalian.

Pengenalan Tenses Untuk Pemakaian Verb

Banyak yang masih bingung dengan penempatan irregular verb secara benar. Bahkan banyak yang keliru karena belum memahami dengan benar tenses apa yang digunakan.

Jadi, selanjutnya akan dijelaskan mengenai tenses agar pemakaian verb bisa tepat dan benar. Ada 3 macam tenses yakni present, past, dan past participle.

1. Present Atau Infinitive

Pertama, keterangan waktu yang sedang terjadi atau present. Misalnya menunjukkan kebiasaan, fakta, keadaan umum saat ini yang belum berlalu. Jika kalian merangkai kalimat, maka harus selalu menggunakan verb 1. Baik untuk regular verb maupun irregular verb, pemakaiannya sama.

Bisa juga ditambahkan to be, atau tanpa pemakaian to be juga tidak masalah. Tinggal di sesuaikan saja dengan keadaan dan pemaknaannya. Ingat bahasa Inggris merupakan ilmu fleksibel, tidak perlu terlalu baku dan kaku, termasuk pada materi ini.

2. Past Tense

Kedua, irregular verb dalam bentuk past tense. Bentuk ini selalu digunakan untuk membuat kalimat yang menunjukkan suatu kejadian lampau (yang telah terjadi). Jadi, verb yang digunakan adalah verb 2. Karena saking banyaknya, kalian bisa buat klasifikasi pengelompokkan seperti diatas.

Dimana setiap kelompok setidaknya harus terisi sampai 50 kata setiap harinya. Kemudian dihafalkan secara konsisten. Hal ini bertujuan agar nantinya saat ingin mengaplikasikan ke dalam kalimat, kalian tidak mengalami kesusahan yang berarti.

3. Past Participle

Selanjutnya ada juga past participle. Materi ini menjelaskan kejadian atau waktu yang telah selesai dilakukan (complete). Verb 3 biasanya digunakan untuk past future tense, untuk membedakan verb 2 dan verb 3 kalian harus belajar dengan baik perihal tenses.

Berbeda dengan regular verb yang rumusnya lebih teratur, pada irregular verb justru tidak bisa dirumuskan dengan mudah. Kalian harus tetap menghafal setiap hari, mengetahui penambahan akhiran –ed atau -d, serta penempatan verb 1, 2, dan 3 yang selalu sama tanpa perbedaan.

 

Tips Mengaplikasikan Irregular Verb dengan Benar

Agar kalian tidak terlalu bingung, berikut ini adalah pedoman cara pengaplikasian irregular verb dalam kalimat. Jika dirasa sesuai, maka kalian bisa langsung terapkan sendiri saat belajar.

1. Perhatikan Kata Kerja

Irregular verb list mempunyai banyak sekali kosa kata kerja, buatlah kalimat sesuai dengan list yang dibuat. Fokus saja pada kata kerja irregular verb, maupun regular verb yang sedang dipelajari. Jadi setiap hari kalian mempunyai koleksi kalimat-kalimat tersusun dari kata kerja.

2. Lakukan Latihan Soal

Setelah itu lakukan latihan soal mengenai regular dan irregular verbs. Jangan malu jika melakukan kesalahan, karena “bisa” itu tentu karena “terbiasa”. Kalian juga perlu membiasakan, setelah melakukan latihan harus langsung dipraktekkan. Cari teman untuk melakukan percakapan bahasa Inggris.

Pada dasarnya bahasa inggris merupakan ilmu fleksibel. Jika kalian ingin mahir tentu saja harus belajar setiap hari. Menambah kosa katanya, memperbarui grammar, serta berani membuat pelatihan percakapan menggunakan bahasa Inggris. Baca juga Verb atau Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris.

Tinggalkan komentar