Nama Bentuk-Bentuk dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimatnya

Nama Bentuk-Bentuk dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimatnya

Saat masih menginjak usia kanak-kanak atau sekolah dasar, Anda pasti sudah pernah mempelajari nama bentuk bentuk dalam bahasa Inggris bukan? Atau malah belum pernah? 

Mungkin, dahulu Anda masih diajari nama bentuk bangun datar maupun bangun ruang dalam bahasa versi Indonesia. 

Berhubung Anda sedang belajar bahasa Inggris, Anda juga perlu memahami macam macam bentuk dalam bahasa Inggris melalui artikel berikut ini. Ada contoh kalimatnya juga lho. Jadi, jangan lupa baca sampai tuntas ya!

Nama bentuk-bentuk dalam bahasa Inggris

Macam-Macam Bentuk dalam Bahasa Inggris

Istilah bahasa Inggris dari kata “bentuk” adalah shape. Menurut kamus Oxford, pengertian dari shape adalah bentuk bagian luar atau permukaan suatu benda. Atau dengan kata lain, shape merupakan sesuatu hal yang memiliki bentuk khusus seperti contoh bulat, lonjong, kotak, dan lain-lain.

Apakah mempelajari shape itu penting? Tentu saja penting. Menghafal nama nama bentuk dalam bahasa Inggris juga merupakan salah satu upaya untuk memperkaya kosa kata Anda.

Lagi pula, ilmu ini juga akan berguna kok dalam percakapan sehari-hari. Meski kelihatannya seperti pelajaran anak SD, sebaiknya Anda juga jangan kalah ya sama mereka yang sudah hafal nama bentuk dalam bahasa Inggris di luar kepala. Berikut jenis-jenis shape yang bisa Anda pahami:

1. Macam-Macam Bentuk Bangun Datar Melingkar

Jenis  shape yang akan kita bahas pertama kali adalah bentuk bangun datar yang punya unsur melingkar. Macam-macam shape tersebut antara lain:

a. Circle (Lingkaran)

Lingkaran merupakan bentuk bangun datar yang tidak memiliki sudut. Jenis bentuk ini hanya terdiri dari satu sisi atau garis lengkung dan membentuk suatu kurva tertutup.

Contoh bentuk lingkaran yang mungkin sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah bagian bawah gelas, bulan purnama, jam dinding lingkaran, dan lain-lain.

b. Oval (Lonjong)

Bentuk bentuk dalam bahasa Inggris berikutnya adalah oval. Oval merupakan bentuk melingkar yang memiliki satu sumbu simetris. Telur ayam adalah contoh bentuk oval yang paling mudah Anda temukan.

c. Ellipse (Elips)

Sekilas memang hampir mirip bentuk oval. Namun, elips merupakan bentuk lingkaran yang memanjang baik secara vertikal maupun horizontal. Contoh bentuk elips adalah mulut ember, balon yang sudah ditiup, dan lain-lain.

d. Crescent (Bulan Sabit)

Sama seperti artinya, bentuk crescent sangat mirip dengan bentuk bulan sabit yang memiliki sisi lengkung relatif tipis. Bahkan nama fase bulan sabit awal dan fase bulan sabit akhir juga disebut sebagai waxing crescent dan wanning crescent.

e. Semicircle (Setengah Lingkaran)

Setengah lingkaran adalah potongan dari setengah bagian lingkaran atau separuhnya bentuk lingkaran. Contohnya adalah bentuk bulan separuh, mistar busur derajat, dan lain-lain.

f. Pie (Pai)

Bentuk pai ini mirip dengan satu loyang bundar kue pai yang sudah diambil sepotong. Contoh lainnya adalah satu paket pizza yang sudah diambil seperdelapan, seperenam, atau seperempat bagiannya.

g. Quatrefoil (Quatrefoil)

Sekilas, bentuk quatrefoil berbentuk seperti sepucuk bunga yang memiliki mahkota bunga berbentuk cembung melingkar. 

2. Bentuk Bangun Datar Segi Empat

Adapun, nama bentuk dalam bahasa Inggris yang memiliki 4 sisi dan 4 sudut antara lain:

a. Square (Segi Empat)

Umumnya, bentuk square lebih sering kita kenal dengan sebutan segi empat sama sisi. Contohnya benda yang memiliki bentuk segi empat antara lain bingkai foto, notebook kecil, cushion, dan lain-lain.

b. Rectangle (Persegi Panjang)

Bentuk rectangle hampir sama seperti square, hanya saja kedua sisi yang saling berhadapan cenderung jauh lebih panjang atau lebih lebar. Contoh benda yang berbentuk persegi panjang yakni buku, ponsel, kotak pensil, dan masih banyak lagi.

c. Trapezium (Trapesium)

Bentuk bentuk dalam bahasa Inggris berikutnya adalah trapesium. Jenis bentuk ini umumnya memiliki panjang sisi yang tidak sama antar satu sama lainnya, kecuali untuk jenis trapesium sama kaki. Contoh benda yang berbentuk trapesium adalah cart belanja, mobil, atap rumah, kapal, dan lain-lain.

d. Kite (Layang-Layang)

Sama seperti namanya, jenis shape ini memiliki bentuk yang mirip dengan mainan layang-layang.

e. Rhombus (Wajik atau Belah Ketupat)

Apakah Anda tahu salah satu jenis lambang dalam kartu remi? Ya, bentuk rhombus memang mirip dengan lambang diamond atau wajik dalam kartu remi atau kartu truf.

f. Parallelogram (Jajar Genjang)

Nama bentuk segi empat yang selanjutnya adalah jajar genjang. Bangun jajar genjang memiliki kemiripan dengan bentuk square dengan besar sudut yang berbeda. 

Semua sudut dalam bentuk square adalah siku-siku atau 90 derajat. Sedangkan jenis sudut pada bangun jajaran genjang memiliki dua versi yang berbeda yakni  lebih dari 90 derajat (sudut tumpul) dan kurang dari 90 derajat (sudut lancip).

3. Bentuk Bangun Datar Segitiga

Nama nama bentuk dalam bahasa Inggris versi segitiga antara lain:

a. Triangle (Segitiga)

Segitiga memiliki 3 ruas sisi di mana masing-masing ujung sisinya saling bertemu satu sama lain. Contoh benda yang memiliki bentuk segitiga yakni gunung, nasi kepal onigiri, dan lain-lain.

b. Right Triangle (Segitiga Siku-Siku)

Sama seperti segitiga pada umumnya tetapi ada satu bagian sudut yang membentuk siku-siku.

c. Curvilinear Triangle (Segitiga Melengkung)

Bentuknya sama seperti segitiga pada umumnya. Namun, ketiga sisinya membentuk garis lengkung yang agak cembung.

d. Equilateral Triangle (Segitiga Sama Sisi)

Bentuk bentuk dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah segitiga sama sisi. Ketiga sisi atau garisnya memiliki ukuran yang sama dan seimbang.

e. Isosceles Triangle (Segitiga Sama Kaki)

Segitiga tipe ini memiliki dua sisi yang sama panjang yakni sisi-sisi yang saling berhadapan. Maka dari itu, bentuk segitiga sama kaki cenderung lebih tinggi karena memiliki dua ‘kaki’ yang sama panjang.

4. Bentuk Bangun Datar yang Memiliki Banyak Segi

Berikutnya adalah jenis-jenis bentuk bangun datar yang memiliki jumlah sisi sebanyak lebih dari lima, antara lain:

  • Petagon (segi lima)
  • Hexagon (segi enam)
  • Heptagon (segi tujuh)
  • Octagon (segi delapan)
  • Nonagon (segi sembilan)
  • Decagon (segi sepuluh)
  • Dodecagon (segi dua belas)

5. Macam-Macam Bentuk Bangun Ruang

Bentuk bentuk dalam bahasa Inggris yang tak kalah penting untuk Anda pahami adalah jenis-jenis bangun ruang. Terdiri dari:

  • Cube (kubus)
  • Cylinder (silinder, tabung)
  • Cone (kerucut)
  • Sphere (bola)
  • Tube (tabung)
  • Pyramid (piramida)
  • Prism (prisma)
  • Rectangular prism (balok)
  • dll

Contoh Kalimat Macam-Macam Bentuk dalam Bahasa Inggris

Bagaimana, apakah Anda sudah semakin tahu dengan nama nama bentuk bangun datar dan bangun ruang dalam bahasa Inggris? Agar semakin paham, Anda juga perlu belajar beberapa contoh kalimat menggunakan yang menggunakan macam-macam bentuk di atas, antara lain:

  • I plucked an oval-shaped leaf (aku memetik daun yang berbentuk lonjong)
  • Cut the cucumber in circle (Potong timun dalam bentuk lingkaran)
  • I eat some crescent cookies (aku memakan kue kering berbentuk bulat sabit)
  • I saw a red triangular thing on your desk (Aku melihat benda merah berbentuk segitiga di atas mejamu)

Sudah lebih paham tentang bentuk bentuk dalam bahasa Inggris kan sekarang. Ingin mendapat wawasan menarik seputar bahasa Inggris lainnya? Jangan lupa baca artikel lain di laman ini ya! Selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.