Pengertian Reported Speech, Simak Selengkapnya Pembahasan Berikut!

Pengertian Reported Speech, Simak Selengkapnya Pembahasan Berikut!

Pengertian Reported Speech merupakan ungkapan yang digunakan untuk menyampaikan kembali dari informasi seseorang. Dengan menggunakan kalimat pernyataan yang berisikan informasi tersebut.

Bentuk ungkapan seperti ini memiliki beberapa bentuk yang bisa kita gunakan. Kita pasti sering mendengar atau membaca perubahan kalimat seperti ini dalam beberapa kebutuhan. Biasanya ketika memberikan informasi berupa kejadian teraktual.

Tidak jarang orang akan memberikan pemberitahuan yang berupa penjelasan seperti ini. Maka dari itu, akhirnya orang tersebut akan saling menjelaskan pernyataan untuk menjadi kalimat seperti ini.

Mengingat pentingnya hal tersebut, akan lebih baik jika kita mengetahuinya lebih jauh lagi untuk bisa ikut menggunakannya. Nah berikut ini kami akan menjelaskannya lebih lengkap dan jelas khusus untuk Anda pahami.

Pengertian Reported Speech, Simak Selengkapnya Pembahasan Berikut!
pexels.com

Pengertian Reported Speech Itu Apa Sih?

Merupakan arti dari “pidato yang dilaporkan”, pengertian secara umumnya adalah perubahan sebuah kalimat langsung atau direct speech hingga berubah menjadi kalimat tidak langsung atau indirect speech. Penyampaian ulang dari informasi orang lain tersebut akan berisikan pernyataan.

Dalam pernyataanya kita bisa ubah dalam beberapa bentuk sesuai isi dan maksud yang ditujukan. Bisa jadi merupakan pernyataan saja, perintah, pertanyaan atau yes or no question, fakta dan bahkan pernah juga ajakan tertentu. Ubahan seperti ini jelas bertujuan untuk memudahkan pendengarnya memahami maksud dan isi dari perkataan orang tersebut.

Garis besar dari maksud ubahan seperti ini jelas memudahkan dan efisiensi untuk pembaca. Mengubah tanpa mengganti maksud dan isi dari sebuah pembicaraan. Kita akan memahaminya langsung ketika mempraktekkannya.

Dengan mencoba mengubah beberapa kuncinya seperti pada menghilangkan adanya tanda kutip, mengganti kata kerja, dan semacamnya. Mengubah dengan tujuan menceritakan lebih mudah dan jelas pada para pendengar dan pembacanya. Oleh karena itu, pengertian Reported Speech ini mudah untuk kita ketahui lebih jauh lagi.

Mengapa Perlu Melakukan Ubahan?

Tujuan dari mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung ini cukup penting. Beberapa alasan memerlukan penggunaan kalimat seperti ini untuk membuat susunan tulisan yang lebih padat dan penuh tentu saja. Misalnya ketika Anda menyusun sebuah berita atau teks artikel tertentu.

Informasi atau pernyataan dari orang lain perlu untuk kita lakukan ubahan. Sehingga isi dari penyampaian tersebut akan lebih penuh dan jelas. Beberapa kondisi juga tidak bisa kita jadikan patokan khusus.

Misalnya dengan menggunakan pesan seperti ini maka kita akan lebih dimudahkan. Pendengar juga tidak bisa menggunakan pernyataan secara langsung dan asli, maka kita menggunakan pengubahan dan kalimat yang menceritakan kembali.

Terkait dengan pengertian Reported Speech, kita bisa menjadi tahu bahwa tujuannya mengambil inti dari sebuah pernyataan seseorang. Lalu mengubah menggunakan bahasa yang menceritakan namun tetap menyertakan sumber informasi tersebut. Jika Anda sering melihat berita, nah maka biasanya orang menggunakannya untuk sebagai informasi terpercaya dan merupakan contoh dari penggunaan Reported Speech.

Kalimat yang bisa Diubah Jadi Reported Speech

Beberapa contoh kalimat berikut ini bisa kita ubah menjadi pernyataan tidak langsung. Nah, berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda perhatikan. Apabila Anda ingin mencoba mengubahnya silahkan menggunakan beberapa bentuk kalimatnya berikut ini.

Statement atau Pernyataan

Pertama kita sering mendengar kalimat pernyataan bukan? Nah bentuk dari kalimat ini berisikan laporan atau pengumuman tertentu. Sering juga merupakan isi dari pernyataan seseorang secara pribadi kepada orang lain. Maka berarti isinya merupakan kalimat langsung yang bisa kita ubah menjadi tidak langsung.

Contoh Ubahan :

Direct Speech : I like banana milk.

Reported Speech : He said that he liked banana milk.

Arti dari gubahan tersebut adalah Aku menyukai susu pisang. Dari kalimat seorang pria yang mengatakan bahwa dia menyukai susu pisang tersebut kita bisa mengubah dengan menceritakan. Dengan menggunakan kalimat tidak langsung yang menyatakan bahwa Ia (pria) berkata bahwa dia menyukai susu pisang.

Kita bisa lihat bukan dari dalam pernyataan tersebut menerangkan secara tidak langsung. Bukan menyertakan informasi dari dialog pria tersebut yang menggunakan kalimat langsung. Penerapan ini termasuk dalam pengertian Reported Speech.

Imperative or Command/ Perintah

Selanjutnya yang masuk ke dalam jenis kalimat langsung biasanya tersiratkan perinta tertentu. Kita pasti sering mendengarkan adanya himbauan khusus, bukan?. Seseorang yang berwenang tersebut akan memberikan pernyataan berupa perintah yang langsung pada sebuah wilayah atau kelompok.

Sesuai dengan pengertian Reported Speech maka bentuk dari kalimat langsung seperti ini bisa kita ubah menjadi tidak langsung maka dari itu kita tidak perlu mengkhawatirkannya lagi.

Contoh Ubahan :

Direct Command : Go home on time!

Reported Command : She told the child to go home on time.

Arti gubahan tersebut adalah permintaan untuk segera pulang ke rumah tepat waktu. Wanita tersebut mengatakan bahwa anak kecil lebih baik pulang tepat waktu. Keinginan seperti ini seperti sebuah pesan secara tersirat.

Untuk tetap memberikan keamanan pada anak kecil tersebut. Maka mengungkapkannya dengan menggunakan kalimat tidak langsung akan lebih nyaman daripada memerintah langsung. Apalagi ditunjukan pada anak-anak yang tidak bisa menerima perkataan keras langsung. Pengertian Reported Speech pada situasi seperti ini akan membantu banyak tentu saja.

Invitation atau Undangan

Bentuk yang sejenis ini juga bisa kita ubah menjadi kalimat tidak langsung. Sehingga akan memberitahukan dengan jelas akan keinginan seseorang mengenai suatu hal tertentu secara khusus. Maka dari itu Anda jangan sampai melupakan jenis kalimat seperti ini.

Request atau Permintaan

Masih mirip dengan perintah hanya saja kalimat ini berisikan cara yang lebih halus dalam meminta sebuah sesuatu. Maka dari itu, orang tersebut akan lebih menyadari bahwa merupakan kalimat tidak langsung. Menyusunnya menjadi lebih terarah dan baik akan menjadi solusinya.

Contoh Ubahan :

Direct Request : Please Help Me!

Reported Request : He asked me to help him.

Arti ubahan pada kalimat permintaan ini berarti Pria tersebut meminta padaku untuk menolongnya. Dalam situasi khusus please bisa berarti meminta tolong dengan sangat. Kita bisa mengartikan penggunaan bahasa sesuai konteks.

Pengertian Reported Speech menunjukan bahwa ubahan seperti ini pada dasarnya memudahkan untuk menceritakan atau melaporkan. Maka dari itu Anda bisa mengamati penggunaan kalimat dengan mudah sekali.

Yes or No Question

Pengertian Reported Speech yang kita bahas tersebut juga akan bisa diterapkan pada jenis kalimat ni. Biasanya pertanyaan akan membutuhkan sebuah jawaban baik iya ataupun tidak. Kalimat tidak langsung tersusun tidak nyaman jika langsung masuk dalam sebuah berita.

Maka akhirnya kita perlu mengetahuinya terlebih dahulu untuk menjadi kalimat langsung. Dengan cara seperti inilah kita lebih mudah dalam mencoba menggunakannya.

Contoh Ubahan :

Direct Question : Did you enjoy your lunch in Bali?

Reported Question : She wanted to know if I had enjoyed my lunch in Bali.

Arti gubahan tersebut menjelaskan bahwa wanita tersebut ingin tahu bahwa apakah aku menikmati makan siang di Bali. Daripada mengulang dengan kalimat langsung seperti yang perempuan tersebut tanyakan tentu akan lebih sopan dengan menceritakan ulang saja bukan?

Maka dari itu sesuaikan dengan pengertian Reported Speech kita bisa menggunakannya sebagai salah satu pilihan. Anda bisa saja ceritakan dengan mengulang kalimat tanya, namun menceritakan ulang dengan kalimat seperti ini lebih sopan.

Nah beberapa contoh jenis kalimat yang bisa diubah tersebut akan membantu penyusunan teks tertentu. Sehingga nantinya akan tersampaikan dengan lebih nyaman dan aman. Tidak banyak yang tahu dan paham dengan pasti akan keunggulan menggunakannya seperti ini.

Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan menggunakannya kita bisa menyampaikan pesan dari informasi dengan lebih terstruktur. Baik dan tidak mengganjal dari kalimat biasanya tentu saja.

Kunci Mengubah Direct Speech menjadi Reported Speech

Pengertian Reported Speech tadi adalah kalimat yang sudah diubah dari kalimat langsung menjadi tidak langsung. Jika Anda ingin melakukan ini mudah saja. Ingat untuk beberapa kuncinya berikut ini untuk ubahan yang lebih tepat dan anti meleset.

  1. Tidak lagi menggunakan tanda kutip pada sebuah kalimat tersebut (“bla bla bla”)
  2. Pada kalimat yang terdapat pronoun bisa diubah menjadi orang ketiga seperti penjelasan. Kita menjadikannya sebagai sumber dari penyampai pesan si orang pertama tersebut.
  3. Karena pengertian Reported Speech mengubah ke kalimat tidak langsung maka kita bisa menambahkan kata sambung “that”. Namun semua kembali ke kebutuhan masing-masing saja, bersifat opsional saja. Kata sambung sendiri bukan hanya “that” saja, bisa menggunakan seperti “if” atau “whether”. Anda bisa selesaikan tergantung kebutuhan dan konteks masing-masing saja.
  4. Usahakan untuk menyerahkan waktu untuk keterangan kalimat tidak langsung tersebut. Pengertian Reported Speech sendiri akan membantu penyusunan artikel atau berita. Maka memberikan keterangan factual dari informan atau sumber menjadi hal penting. Time of reference seperti ini akan menjamin pembaca lebih yakin akan kebenaran dari isi tersebut. Misalnya dari ubahan Here jadi There, dari This jadi That, Tonight jadi That Night, dan semacamnya.
  5. Perhatikan penggunaan grammar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda juga selalu cek penggunaan penulisan yang tepat tersebut.
  6. Perubahan Tense juga cukup jadi sorotan untuk kunci uabahan seperti ini.
  • Present Tense menjadi Tense
  • Simple future menjadi past future
  • Simple past menjadi perfect tense
  • Will menjadi would, go to
  • May menjadi might
  • Present continous menjadi past continuous
  • Present good menjadi good perfect

Perubahan seperti ini akan membantu penyusunan pengertian Reported Speech lebih tepat. Maka dari itu, Anda bisa sesuaikan dengan baik dan benar. Kita bisa memahaminya dengan baik dari sana.

Keuntungan Menggunakan Kalimat Reported Speech

Kami akan membahas beberapa keuntungan yang orang jadikan alasan menggunakan kalimat jenis ini. Maka dari itu jika Anda masih bingung kenapa orang banyak yang melakukan ubahan seperti ini silahkan simak berikut ini. Beberapa kelebihan dari menggunakanya, simak selengkapnya.

Menjelaskan Lebih Padat

Ketika menggunakan jenis kalimat yang satu ini kita akan dimudahkan karena memiliki susunan kata yang lebih mudah dipahami. Selain itu juga biasanya dalam penyusunan teks tertentu perlu menggunakan kalimat seperti ini untuk membantu dalam pembaca memahami lebih baik.

Mempelajari Grammar Lebih Baik

Pengertian Reported Speech tadi bisa terlaksana jika kita mengetahui cara penggunaan grammar yang tepat. Maka dari itu kita bisa menggunakan grammar yang baik dan benar untuk membantu dalam pelajaran bahasa inggris lainnya.

Tidak akan ada ruginya kita mempelajari materi yang satu ini. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda selalu memperhatikan dari bagian seperti ini untuk membuat keterampilan meningkat. Jangan sampai grammar yang Anda gunakan tidak membaik sama sekali.

Menyampaikan Ulang

Selanjutnya kita bisa diuntungkan karena akan ada penyampaian ulang sebuah kalimat tak tentu dan pasti kita akan lebih paham ketika menggunakannya. Penyampaian ulang akan lebih baik jika kita gunakan pada kalimat yang seperti ini.

Maka usahakan menggunakan kalimat tidak langsung sering menjadi pilihan yang baik dalam menyampaikan informasi atau perkataan seseorang. Dengan menggunakan susunan atau rumus kalimat yang baru dari sebelumnya.

Arti Tetap Sama

Anda perlu ingat pengertian Reported Speech berarti mengubah susunan dengan kata ganti. Namun kita tidak mengubah arti sama sekali, pastikan bahwa berita atau informasi yang disampaikan merupakan informasi terpercaya. Maka dari itu Anda tidak perlu lagi menggunakan pembahasan yang lebih jauh.

Karena kita hanya sampaikan ulang tanpa mengubah apapun. Isi dari kalimat tetap berisikan fakta dari informasi awalnya, maka dari itu kita perlu memahami hal seperti ini.

Intonasi Datar

Kelebihan dari penggunaan kalimat ini tidak memiliki maksud terselubung apapun. Ketika dibaca akan berisikan informasi, sementara ketika dibacakan akan membuat orang paham. Tanpa ada intonasi mengajak atau hal lainnya.

Maka dari itulah akan lebih baik jika Anda memahami hal seperti ini. Sehingga nantinya akan membantu dalam menghadapi banyak maksud tertentu. Padahal aslinya kalimat seperti ini adalah tujuan untuk menyampaikan kembali saja bukan hal khusus.

Membuat Paham dan Efisiensi

Pengertian Reported Speech adalah ubahan menjadi kalimat tidak langsung. Kebanyakan orang akan lebih mudah paham ketika kita memberitahukan menggunakan kalimat ini. Karena kita sampaikan kembali informasi milik orang lain tersebut pada kita.

Sehingga nantinya akan membantu mereka lebih paham akan maksud dan tujuannya tersebut. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda selalu memperhatikan efisiensi ketika menyajikan berita seperti ini. Tidak hanya secara lisan namun tertulis sekalipun.

Cocok untuk Beberapa Teks Khusus

Penggunaan kalimat ini terkadang diperlukan untuk beberapa kebutuhan khusus. Maka dari itu Anda perlu memahami penggunaan tersebut. Belakangan ini, makin banyak orang yang menggunakan kalimat seperti ini karena memang lebih tepat.

Contohnya ketika meliput berita, artikel, koran bahkan blog yang menceritakan ulang. Terkait dari pengertian Reported Speech yang sudah kita bahas sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya lebih jauh lagi dan memahaminya tentu saja.

Penggunaan sesuai pengertian Reported Speech cukup penting dan bisa kita pelajari dengan mudah sekali. Kita sudah membahasnya dengan lengkap dan memberikan contohnya untuk Anda. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda membaca lalu mencobanya sendiri.

Sekarang ini semua sudah tersedia dan bisa Anda pahami dengan mudah dengan berbagai referensi yang tersedia dengan mudah puda. Jadi silahkan untuk penggunaannya dalam berbagai kebutuhan tertentu.

Pengertian Reported Speech mudah untuk kita praktekkan langsung daripada membahas materinya. Maka dari itu tidak perlu khawatir lagi untuk memakainya. Selagi Anda perhatikan poin pentingnya tentu menggunakan kalimat ubahan seperti ini tidak sulit sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *