Cara Pengucapan Bahasa Inggris yang Baik dan Benar, Simak Trik Ini!

Walaupun bahasa Inggris tidak menggunakan aksen secara tertulis untuk memberitahu cara bahasa itu dituturkan. Namun ada beberapa aturan tentang bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris yang bisa diikuti apabila ingin dipahami dengan benar.

Pasalnya memahami gagasan mengenai aksen tonik yang tersembunyi di dalam bahasa Inggris memang cukup menantang. Bagaimana tidak, sebab hal ini akan ada banyak kata yang perlu kita pelajari, baik itu secara secara individu.

Sebut saja seperti kata “Read” yang bisa kita ucapkan dengan 2 cara, sehingga keduanya mempunyai arti yang berbeda pula. Sebab kata ini tidak mempunyai indikasi atau aksen cara membaca kata tersebut maupun pengucapan mana yang benar.

Pengucapan dalam berbahasa Inggris bisa kita mulai dengan cara menggunakan bahasa yang lebih ringan serta tidak terlalu baku. Selain itu kepercayaan diri juga akan menjadi faktor terpenting yang berpengaruh untuk memulainya.

Cara Pengucapan Bahasa Inggris
unsplash.com

Pentingnya Mengetahui Bagaimana Cara Pengucapan Bahasa Inggris

Pada dasarnya membiasakan diri berbicara atau mendengar sesuatu dalam istilah bahasa Inggris bisa membuat otak mencernanya lebih mudah. Sehingga hal ini akan berakibat menjadi tidak asing lagi saat kita mempraktekkannya kelak.

Langkah terpenting sebelum memulainya adalah dengan cara menyesuaikan pengucapan tersebut dengan kultur atau budaya tempat aslinya. Lantas bagaimana cara untuk bisa mengetahuinya?

Nah, sebagai orang Indonesia, maka kita terlahir agar bisa berbicara, setidaknya dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Tentunya ini juga akan memudahkan dalam menguasai bahasa asing lainnya.

Akan tetapi dialek bahasa daerah yang kental, kemungkinan akan membuat cara pengucapan bahasa Inggris terdengar sedikit aneh. Apabila Anda ingin lancar dalam berbahasa Inggris, maka Anda harus tahu bagaimana caranya mengucap yang benar dan tepat.

Tidak akan ada orang yang melakukan sesuatu dengan sia-sia begitu saja, pastinya semua menginginkan apa yang mereka inginkan. Karena jika mengerjakan sesuatu dengan sia-sia, maka maka percuma saja usaha yang sudah ditempuh.

Sementara itu bercakap-cakap dalam bahasa Inggris merupakan salah satu trik untuk melatih kemampuan dalam berbicara. Mengingat bahwa berbicara dengan native atau non-native speaker akan sangat berbeda dari segi pengucapannya.

Apa itu Pronunciation?

Cara pengucapan bahasa Inggris atau Pronunciation merupakan salah satu kemampuan penting dalam menguasai bahasa Inggris. Selain hanya memperbanyak kosakata, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara pengucapan kata-kata tersebut dengan baik dan benar.

Pada dasarnya ada banyak kata di dalam bahasa Inggris yang terkadang sering salah dalam hal pengucapannya. Nah, untuk menghindari masalah tersebut, akan mempelajari serta melatih Pronunciation penting dilakukan supaya saat bercakap-cakap bisa diterima dengan baik.

Pronunciation atau pengucapan merupakan keahlian penting yang sangat penting untuk Anda kuasai khususnya dalam belajar bahasa Inggris. Selain hanya dari penguasaan kosakata, berbicara, menulis hingga mendengar, maka berbicara bahasa Inggris juga bisa mengasah kemampuan pengucapannya.

Sehingga memberikan cukup perhatian mampu untuk meningkatkan kemampuan dalam hal pengucapan. Nah ada banyak tips yang bisa Anda pelajari dalam menguasai pengucapan berbahasa Inggris layaknya native speaker.

Lakukan dengan Pelan-pelan

Cara pengucapan bahasa Inggris untuk tips yang pertama adalah lakukan dengan cara pelan-pelan terlebih dahulu. Mungkin lawan bicara Anda bisa berbicara dengan cepat tanpa masalah, sehingga tidak harus mengikuti ritme maupun cara bicara orang lain tersebut.

Sebaiknya perhatikan pengucapan dengan cara mengatakannya dengan perlahan, sehingga bisa menghindari membuat kesalahan dalam mengucap. Pasalnya jika berbicara dengan ritme perlahan maka bisa lebih memudahkan kita jika membuat kesalahan.

Hal ini lantaran pengucapannya hanya bisa diketahui apabila sedang berbicara saja. Oleh karena itu teruslah untuk berlatih berbicara bahasa Inggris kemudian lakukan dengan cara perlahan-lahan saja.

Gerakan Mulut

Cara pengucapan bahasa Inggris yang benar dan tepat adalah dengan cara memperhatikan bagaimana gerakan mulut dan lidah saat berbicara. Pada dasarnya akan ada gerakan mulut tertentu untuk bisa mengucapkan kata yang benar dan baik.

Oleh karena itu Anda bisa memperhatikan aktor di televisi misalnya saat mereka sedang berbicara bahasa Inggris. Jika ada penutur asli di sekitar Anda, maka dapat sebagai model untuk diperhatikan.

Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga bisa menyewa ahli bahasa guna melatih bagaimana gerakan mulut supaya bisa mengucap bahasa Inggris. Nah dengan latihan baik itu dengan bantuan atau sendiri, maka Anda bisa berlatih dan memastikan bahwa pengucapan itu sudah benar.

Ketahui Pemenggalan Kata

Cara pengucapan bahasa Inggris yang baik adalah Anda wajib mengetahui tentang bagaimana pemenggalan kata-katanya. Sebab kata dalam bahasa Inggris sendiri terdiri dari beberapa pemenggalan kata atau bernama sebagai syllables.

Jika ingin memiliki pengucapan yang lebih jelas, maka bisa menggunakan pemenggalan kata ketika mengatakan kata yang tidak Anda kenal. Caranya dengan mengucapkan ejaan kata-kata yang sulit dengan cara menggunakan pemenggalan katanya.

Sehingga Anda bisa melatih pengucapan sehingga lama-lama bisa terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jangan menghindari penggunaan kata yang sulit hanya karena Anda tidak bisa mengucapkannya. Karena semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin bisa meningkatkan penguasaan dalam hal pengucapan.

Mempelajari Per Kata-nya

Mengetahui bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris itu memang sangat penting dan wajib untuk Anda pelajari. Pada dasarnya memerlukan waktu lama untuk bisa menguasai kosa kata, begitu juga dengan pengucapan atau pronunciation.

Sebaiknya jangan membebani diri Anda dengan hafalan pengucapan kata dalam jumlah yang melampaui batas. Sebaiknya lakukan saja sedikit demi sedikit sesuai dengan kata penggunaan sehari-hari Anda.

Selain itu berlatih mengucapkan kata atau kalimat juga harus Anda lakukan secara konsisten dan benar. Pada dasarnya usia dan latihan juga akan menjadi suatu tantangan tersendiri untuk melakukan hal ini. Sehingga pelajarilah setiap kata sesuai dengan kemampuan Anda sendiri.

Perbanyak Bicara

Cara pengucapan bahasa Inggris agar semakin lancar dan cepat adalah dengan memperbanyak berbicara. Karena kesulitan terbesar dalam memperbaiki pengucapan yaitu hanya terlalu banyak mendengar serta mempelajarinya saja.

Oleh karena itu perbanyaknya latihan, karena dengan cara ini maka kemampuan Anda akan semakin meningkat secara sendirinya. Teruslah berbicara, baik itu berbicara dengan teman, keluarga, sahabat, rekan kerja atau bicara sendirian

Akan ada banyak trik untuk membuat akvitias berbicara bahasa Inggris menjadi tidak menyenangkan dan asyik. Nah dengan cara yang Anda sukai, maka penguasaan dalam berbahasa Inggris semakin lama akan semakin Anda kuasai. Saat Anda mulai mampu berbicara dengan santai, maka kemampuan inilah benar-benar sudah terasah.

Membaca dengan Keras

Cara pengucapan bahasa Inggris yang baik adalah latihan dengan cara membaca yang lebih keras. Seperti yang kita ketahui, bahwa latihan bisa untuk meningkatkan seluruh kemampuan yang akan kita asah nanti.

Selain itu melatih pengucapan dalam berbahasa Inggris bisa Anda lakukan dengan cara membaca atau berbicara dengan menekankan nada. Anda bisa melakukan ini untuk kata baru maupun kata-kata yang menurut Anda itu sangat sulit.

Sehingga sebelum merasa pengucapan kata itu Anda kuasai, maka lakukannya dengan membaca yang keras. Sebab hal ini bisa menjadi pembiasaan diri dan setelah berhasil menguasainya, maka Anda bisa mengucapkan dengan natural.

Mendengarkan Radio

Ternyata siaran radio khususnya bahasa Inggris merupakan salah satu cara efektif dalam pengucapan bahasa Inggris yang baik. Sehingga Anda bisa meniru pengisi acara tersebut untuk terus mengetahui bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar.

Oleh karena itu fokuskan saja hanya untuk pengucapan serta menirunya. Sementara itu podcast sendiri merupakan cara lain yang lebih keren dan kekinian dalam mendengarkan siaran bahasa Inggris.

Baik itu podcast atau radio sama-sama akan memberi banyak keunggulan untuk mengasah kemampuan mendengar dan mengucapkan bahasa Inggris. Sehingga Anda bisa memilih topik yang Anda sukai supaya betah untuk mendengarkannya. Selain hanya mendapat ilmu baru, Anda juga bisa berlatih mendengarkan untuk mengucapkan kata atau kalimat yang benar.

Merekam Suara

Cara pengucapan bahasa Inggris ternyata bisa Anda lakukan dengan cara merekam suara saat Anda mengucapkan kata atau kalimat tersebut. Sehingga setelah Anda berbicara bahasa Inggris, maka Anda bisa langsung mendengarkan ulang bagaimana suara yang Anda ucapkan tersebut.

Sebaiknya dengarkan dengan benar lalu kemudian perbaikilah kata-kata atau kalimat yang tidak atau kurang jelas. Pada dasarnya melakukan hal ini bisa menjadi cara untuk mengevaluasi diri sendiri.

Namun penting untuk Anda ketahui dan ingat, bahwa jika terlalu fokus pada kesalahan justru bisa membuat Anda tidak percaya diri. Jadi pengucapan merupakan kemampuan yang sangat penting untuk memperlancar bahasa, dan jangan jadikan sebagai suatu keharusan. Asalkan Anda sudah percaya diri saat berlatih, maka kemampuan ini bisa Anda kuasai secara natural.

Menggunakan Alat atau Media Pendukung yang Lain

Untuk cara pengucapan bahasa Inggris yang benar, maka Anda bisa menggunakan atau memanfaatkan media pendukung lainnya. Sebab saat ini media sosial sudah semakin beragam jumlahnya dan Anda bisa mengakses Youtube untuk mencari sumber materi tentang hal pengucapan.

Kemudian, mungkin membuat channel khusus untuk berlatih bahasa Inggris serta saling memberi masukkan merupakan cara yang sangat seru. Sebab hal ini bisa untuk mengasah kemampuan pengucapan dengan baik dan benar.

Tidak hanya itu saja, melainkan ada juga Facebook group yang mempunyai minat serupa dalam hal pengucapan kata atau kalimat. Bahkan Instagram dan twitter juga bisa Anda jadikan sebagai media pengasahan kemampuan dalam hal pengucapan berbahasa Inggris. Oleh karenanya, carilah materi dan media yang Anda inginkan untuk melatih kemampuan pengucapan.

Memperbaiki Bagaimana Cara Pengucapan

Mengetahui bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris adalah hal yang penting untuk Anda ketahui. Ketika kita sedang mempelajari bahasa, maka meningkatkan kemampuan dalam hal berbicara adalah hal yang cukup penting.

Pasalnya bahasa sendiri adalah sarana untuk berkomunikasi, baik itu secara tertulis maupun secara verbal sekalipun. Mempelajari cara pengucapan berbahasa yang baik juga menjadi hal yang sangat penting meskipun ini seringkali dilupakan oleh banyak orang.

Selain itu cara pengucapan bahasa yang baik juga merupakan jembatan komunikasi Anda dengan penutur aslinya. Mengingat bahwa tanpa ada cara pengucapan yang tepat, maka dapat menjadi pesan yang akan disampaikan menjadi tidak tersampaikan dengan baik.

Cara pengucapan bahasa Inggris dengan belajar memang tidak dapat dilakukan secara instan begitu saja. Karena ada banyak tips yang perlu Anda perhatikan dan pelajari terlebih dahulu sebelum bisa membacanya.

Terutama dalam bahasa Inggris, maka Anda tidak hanya akan belajar grammar saja, melainkan juga harus bisa memahami intonation, articulation dan pronunciation yang benar. Sebab tidak semua orang juga bisa melakukan pengucapan suatu kata dengan tepat dan benar.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini karena adanya dialek dari setiap daerah masing-masing. Sehingga penting bagi mereka juga untuk mempelajari bahasa Inggris agar gaya bicaranya sesuai dengan kaidah.

Apa Saja Kesulitan dalam English Pronunciation?

Jika cara pengucapan bahasa Inggris belum Anda pahami maka jangan khawatir. Pasalnya ada orang yang terlahir dengan akses yang kental alias tidak berbakat dalam bahasa Inggris.

Jangan jadikan penguasaan dalam hal pengucapan sebagai hal yang wajib untuk dicapai. Asalkan hal pengucapan bisa jelas dan tidak diucapkan dengan cara yang terburu-buru. Pasalnya semua percakapan dalam berbahasa Inggris bisa diberitahukan dengan baik.

Salah satu kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris adalah karena waktu. Sebab batasan kesempatan terekspos dengan bahasa Inggris justru bisa menjadi penghalang pengucapan yang benar.

Beberapa orang mungkin saja bisa meniru aksen daripada orang lain. Sehingga hindarilah rasa tidak percaya diri apabila kesulitan untuk meniru aksen native speaker.

Contoh Pengucapan

Mempelajari bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris memang sangat penting, terutama tentang teknik pengucapan yang benar. Misalnya saja pada saat pengucapan kata “She”, maka teknik pengucapan ini  dengan cara menyatukan gigi bawah dan atas lalu memajukan mulut sambil menyelipkan bunyi.

Sementara itu pada pengucapan kata “He”, maka teknik yang dilakukan adalah dengan cara membuka sedikit mulut. Kemudian gigi bawah dan atas tidak menyatu tanpa adanya penekanan.

Ada juga pengucapan yang unik serta menandai lokasi penutur bernyanyi yakni logat American English. Misalnya dalam kata “dirty”, maka pengucapan bunyi “T” akan berubah jadi “D”. Hal ini karena pengucapannya akan dileburkan dengan menggunakan lidah.

Manfaat Mempelajari Pronunciation

Pada dasarnya mengetahui bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris adalah hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Selain itu memiliki pelafalan yang baik dalam bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Salah satu alasan utamanya adalah guna menghindari kesalahpahaman atau miskomunikasi dalam mengartikan suatu kata. Sebab pengucapan kata dalam bahasa Inggris akan mudah disalahpahami apabila salah dalam melafalkan kata-katanya.

Sehingga dengan belajar serta melatih pronunciation, maka Anda bisa mengetahui dengan mudah untuk melakukan pelafalan. Khususnya untuk hal berkomunikasi.

Apabila Anda memiliki pelafalan yang buruk, kemungkinan besar orang lain juga akan sulit untuk memahami apa yang anda katakan tersebut. Begitu sebaliknya, jika Anda memiliki pelafalan yang bagus, maka orang lain bisa mengerti dan memahami apa maksud dari perkataan Anda tersebut.

Itulah mengapa betapa pentingnya Anda untuk mengidentifikasi serta memperbaiki kesalahan dalam hal pengucapan atau pronunciation. Sebab kepercayaan diri juga akan menjadi lebih meningkat apabila mampu dalam mengucapkan kata-kata yang benar.

Kesimpulannya, bahwa cara pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar akan memudahkan Anda untuk saling berkomunikasi dengan mudah. Orang lain bisa paham apa maksud Anda, dan Anda pun juga bisa memahami apa maksud dari ucapan orang lain saat mengucap bahasa Inggris. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk belajar bahasa Inggris.

 

Rate this post

Tinggalkan komentar