Cara Membaca (Reading) Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk kita perhatikan. Pasalnya, ini sangat berkaitan dengan pemahaman kita berbahasa Inggris.

Apabila cara membaca yang kita lakukan benar, maka kemampuan berbahasa Inggris kita akan semakin meningkat. Jangan khawatir bagi anda yang belum mengetahui caranya, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkannya untuk anda.

Cara Membaca Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Membaca bahasa Inggris, sering kali menjadi kendala terutama mereka yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris. Membaca bahasa Inggris, tidak bisa hanya sekedar membaca saja, akan tetapi juga harus memperhatikan pelafalan maupun pengucapan yang baik dan benar.

Baca juga : Materi Belajar Bahasa Inggris

Ketika kita membaca bahasa Inggris dengan menggunakan vocab maupun grammar yang benar, akan tetapi lawan bicara atau pendengar tidak paham, itu artinya informasi tidak tersampaikan dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah membaca bahasa Inggris dengan cara dan teknik yang benar.

Mempelajari Pengucapan Alphabet dalam Bahasa Inggris

Mempelajari pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sangat mendasar untuk. Ini sangat kita butuhkan sebagai salah satu cara membaca bahasa Inggris yang baik dan juga benar.

Penting untuk kita perhatikan, pengucapan alphabet pada bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia sangatlah berbeda. Untuk lebih jelasnya anda dapat memperhatikan contoh sebagai berikut.

Dalam bahasa Indonesia, alphabet “a” dibaca “a”. Sedangkan pada bahasa Inggris alphabet “a” dibaca “ei”. Begitu pula dengan alphabet “b”, dalam bahasa Indonesia disebut “b”. Sedangkan dalam bahasa Inggris, “b” dibaca “bi”.

Berdasarkan contoh tersebut, pengucapan alphabet dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris sangatlah berbeda. Maka dari itulah, agar cara membaca yang kita lakukan benar, pengucapan alphabet harus benar benar dipelajari.

Mengetahui Bunyi dan Suara Suatu Kata dalam Bahasa Inggris

Apabila anda ingin belajar cara pengucapan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan pronunciation, maka anda harus belajar untuk mengenali semua suara yang digunakan dalam bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan sumber belajar dari seorang native speakers.

Sebagai contoh, anda dapat menggunakan kamus kamus Inggris yang mempunyai simbol simbol tertentu yang menunjukkan adanya perbedaan bunyi dalam sebuah kalimat. Hal ini dapat kita sebut sebagai phonetic symbol.

Bukan hanya itu saja, anda juga dapat belajar dengan menggunakan audiobook dan juga audio. Dengan demikian, anda dapat mengetahui seperti apa pronunciation yang benar.

Selain itu agar kita dapat mengetahui bunyi dan suara suatu kata dalam bahasa Inggris juga bisa dengan memperhatikan bagaimana suara dan juga kata tersebut diucapkan dari sumber lainnya. Misalnya seperti buku, poadcast, TV, film, dan juga sumber lainnya.

Persiapan Kosakata

Cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar juga berkaitan dengan persiapan kosakata yang kita miliki. Pada dasarnya, perbendaharaan kosakata menjadi salah satu hal paling penting.

Terutama dalam mendukung kita melancarkan bacaan dalam bahasa Inggris secara benar. Sebagai seorang pemula yang kini tengah belajar membaca bahasa Inggris atau ingin meningkatkan kemampuan membaca, maka harus selalu memperhatikan kosakata yang dikuasai.

Semakin banyak kita menguasai kosakata bahasa Inggris atau vocabulary, tentu saja akan semakin cepat dan mahir dalam mengucapkan atau membaca sumber berbahasa Inggris, seperti buku, majalah, artikel, jurnal, maupun sumber informasi lainnya.

Kenyataannya, untuk menghafal satu atau beberapa kosakata terkadang kita merasa sulit. Namun, agar impian kita untuk fasih berbahasa Inggris tercapai, maka jangan pernah menyerah.

Niatkan diri dan jangan pernah berhenti untuk terus berlatih. Apabila kita sudah memiliki tekat dan niat yang kuat, maka belajar cara membaca bahasa Inggris dengan menghafalkan kosakata ini akan terasa semakin mudah.

Pada dasarnya, terdapat beberapa metode pembelajaran bahasa Inggris yang mengutamakan perbendaharaan kosakata. Bahkan menjadi hal yang wajib untuk kita kuasai.

Maka dari itulah, jangan pernah merasa bosan untuk menambah kosakata anda. Agar nantinya kemampuan membaca bahasa Inggris anda menjadi semakin meningkat.

Melatih Pelafalan atau Pengucapan Dasar

Dalam membaca bahasa Inggris, tidak pernah terlepas dari pelafalan maupun pengucapan dasar. Maka dari itulah, anda harus melatih pelafalan kata kata dasar yang berhubungan dengan huruf, angka, kalimat sapaan, maupun hal lainnya.

Anda dapat berlatih di depan cermin maupun merekam ke dalam video. Setelah itu mintalah saran dan masukkan dari orang lain yang lebih ahli berbahasa Inggris. Terutama soal kekurangan yang ada pada pelafalan anda.

Memperhatikan Penekanan dan Intonasi

Untuk mengetahui bagaimana cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar, kita juga harus memperhatikan penekanan dan juga intonasi. Terdapat kata kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai penekanan dan juga intonasi tersendiri.

Misalnya saja ketika mengucapkan kata “present”. Jika anda memberikan penekanan di bagian awal, yakni “PREsent”, maka kata “present” akan memiliki arti “hadiah”, “hadir”, atau “pada saat ini”.

Lain lagi jika anda memberikan penekanan pada bagian akhir seperti “preSENT”, maka kata “present” akan berarti sebagai “mempersembahkan”. Untuk itulah, mana penekanan yang akan anda gunakan, baik itu “PREsent” atau “preSENT” tentunya harus disesuaikan dengan maksud kalimat anda.

Cara Membaca Bahasa Inggris
Cara Membaca Bahasa Inggris (fluentu.com)

Memperhatikan Posisi Lidah

Cara yang tidak kalah pentingnya yakni memperhatikan posisi lidah. Umumnya, seorang non native speakers mempunyai kesulitan tersendiri ketika mengucapkan “R”, “L”, dan juga “TH”.

Jangan khawatir jika anda memiliki kesulitan yang sama, karena kami akan memberikan tipsnya untuk anda, bagaimana cara memposisikan lidah ketika mengucapkan “R”, “L”, maupun “TH”. Dengan tips ini maka kemampuan membaca bahasa Inggris anda akan semakin profesional.

  • Posisi Lidah Ketika Mengucapkan R: “R” pengucapannya yakni “ar”. Lidah kita berada di tengah mulut. Kemudian sedikit menyentuh bagian atas mulut. Anda dapat mencoba berlatih dengan mengucapkan kata “right” dalam beberapa kali pengulangan.
  • Posisi Lidah Ketika Mengucapkan L: Ketika kita mengucapkan “L”, maka lidah harus menyentuh pada bagian belakang gigi dan juga langit langit gusi. Cobalah untuk berlatih mengucapkan “L” dengan menggunakan kata “light” maupun contoh kata yang lainnya. Agar semakin fasih cobalah mengulangi kata tersebut secara berulang kali.
  • Posisi Lidah Ketika Mengucapkan LH: Untuk mengucapkan “LH”, maka pastikan lidah anda keluar sedikit dan terdorong antara gigi atas dan bawah. Anda dapat mencoba mengucapkannya dengan menggunakan kata “think”. Cobalah untuk mengucapkannya secara berulang kali hingga anda terbiasa.

Baca Sajalah Dulu Apa yang Ingin Dibaca

Tidak perlu terlalu banyak berpikir, cobalah untuk sekedar membaca bahasa Inggris terlebih dahulu. Dengan begitu, dapat mengetahui apakah cara membaca bahasa Inggris anda sudah baik atau sebaliknya.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, sering kali kita terlalu fokus dengan kaidah kaidah bahasa Inggris yang terlalu baku. Sehingga, secara tidak langsung membuat kita merasa dituntut untuk memperhatikan kaidah tersebut.

Selain itu, ketika kita terlalu fokus pada kaidah bahasa Inggris, juga akan memberatkan kita untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Ketika kita sudah merasa dituntut dan merasa berat, akan memberikan dampak yang kurang baik.

Salah satunya kita menjadi enggan untuk membaca bahasa Inggris. Maka dari itulah, ada baiknya kita membaca bacaan bahasa Inggris tanpa memperhatikan kaidahnya terlebih dahulu.

Cukup membaca saja dulu tanpa mengikuti aturannya. Hal ini kita lakukan agar memiliki kebiasaan membaca, ketika sudah terbiasa membaca bahasa Inggris, maka akan dengan sendirinya kita tertarik mempelajari kaidah maupun aturan yang diberlakukan.

Tidak ada yang perlu anda khawatirkan saat anda salah dalam membaca. Sebab, kesalahan yang kita alami ini merupakan salah satu dari proses.

Meskipun selalu melakukan kesalahan dalam membaca bacaan bahasa Inggris, jangan pernah menyerah. Berusahalah untuk selalu belajar dan mengasah kemampuan membaca tersebut.

Skimming

Ketika kita membahas cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar, maka akan menemukan istilah satu ini yaitu, skimming. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu skimming, jangan khawatir karena kami akan menjelaskannya.

Skimming merupakan salah satu metode membaca dengan cara cepat untuk mendapatkan intisari atau garis besarnya atas apa yang terdapat pada suatu kalimat tertentu. Seperti yang kita tahu, metode membaca dalam bahasa Inggris, terutama dengan cara yang baik dan benar bukanlah suatu hal mudah bagi seorang newbie atau pemula.

Namun, skimming ini menjadi salah satu metode yang dapat kita gunakan dan terbukti sangat efektif saat kita ingin membaca bacaan bahasa Inggris. Terutama jika hanya untuk mendapatkan sebuah main idea atau inti pokok dari suatu bacaan.

Listening

Penting untuk selalu kita ingat, bahwa listening menjadi salah satu cara membaca bacaan bahasa Inggris yang baik dan benar. Seperti yang kita ketahui bersama, listening merupakan proses mendengarkan.

Dengan kita mendengarkan kata, kalimat atau istilah bahasa Inggris lainnya terlebih dahulu, maka kita bisa memperoleh pencerahan mengenai bagaimana kalimat kalimat dalam bahasa Inggris tersebut diucapkan. Sehingga, nantinya saat kita ingin membaca bacaan bahasa Inggris, kita sudah paham betul tentang pengucapan yang benar dan mana pengucapan yang salah.

Sebenarnya, listening dan reading merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Maka dari itulah, baik listening maupun reading harus kita kuasai secara bersamaan, dan ini menjadi hal yang sangat penting.

Jangan Pernah Malu untuk Bertanya

Pastinya kita sudah sering mendengar istilah “malu bertanya sesat di jalan” bukan? Istilah satu ini juga berlaku bagi kita yang saat ini tengah belajar cara membaca bahasa Inggris.

Ketika kita belajar, maka tidak perlu malu untuk bertanya kepada orang lain yang lebih mahir. Bahkan belajar membaca bahasa Inggris ini bisa kita lakukan dengan siapa pun.

Entah itu, orang tua, guru, saudara, maupun teman terdekat kita. Selain itu bertanya ini juga merupakan salah satu proses untuk berkembang.

Saat kita belajar membaca bahasa Inggris, kita dapat bertanya kepada orang lain terkait bagaimana pengucapan kata maupun kalimat yang benar. Biasanya ketika kita bertanya kepada mereka yang lebih mahir, akan membuat kita lebih paham saat mempraktekkannya.

Selain itu, anda dapat secara langsung memperbaiki pengucapan kata yang salah. Kemampuan membaca bahasa Inggris anda secara perlahan dan sedikit demi sedikit akan bertambah.

Menggunakan Software atau Aplikasi

Agar kita dapat membaca bahasa Inggris dengan cara yang baik dan benar, maka tidak terlepas dengan kemajuan teknologi saat ini. Sekarang ini sudah banyak software maupun aplikasi yang dapat membantu keseharian kita.

Terutama software maupun aplikasi yang khusus untuk pronunciation. Salah satu software maupun aplikasi yang kami rekomendasikan untuk anda coba adalah ELSA Speak.

ELSA Speak merupakan aplikasi yang akan membantu anda untuk belajar cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar. Aplikasi yang satu ini dapat menjadi guru atau pengajar virtual anda dalam mempelajari pengucapan bahasa Inggris secara online.

Dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelegence) yang aplikasi ini miliki, anda bisa mendapatkan feedback yang spesifik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris. Bagi anda yang mungkin malu untuk bertanya, maka aplikasi ELSA Speak ini menjadi salah satu pilihan paling tepat.

Tak perlu khawatir, menggunakan aplikasi ini pun juga memberikan hasil yang efektif. Aplikasi ini juga mudah untuk anda dapatkan, yakni hanya dengan mengunduh dan melakukan penginstalan di smartphone anda.

Bacalah Bacaan Bahasa Inggris Secara Perlahan

Ketika kita membaca bahasa Inggris, tentu saja semua tidak kita lakukan secara instan dan juga cepat. Dari sinilah kita mencoba dan berlatih untuk fokus pada kebenaran pengucapan setiap katanya.

Tidak perlu untuk terlalu terburu buru, anda dapat membaca bacaan tersebut secara bertahap dan perlahan lahan. Dengan membaca secara perlahan bukan berarti anda akan lebih lama untuk mahir.

Membaca bahasa Inggris dengan perlahan, kita akan semakin memaknai apa yang kita baca dengan sesuai. Selain itu juga akan memberikan kita pemahaman terkait artinya.

Orang orang yang membaca secara terburu buru justru akan terlihat terlalu berbelit belit dalam pengucapannya. Sehingga tidak jarang arti dari kata maupun kalimat yang dimaksud tidak sesuai dengan apa yang kita ucapkan. Maka dari itulah, tidak akan menjadi masalah ketika kita membaca sebuah bacaan bahasa Inggris dengan cara perlahan lahan.

Fokus

Cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar berikutnya dan tak kalah penting untuk kita lakukan adalah dengan berusaha fokus. Cobalah untuk fokus dalam membaca apa yang kita baca.

Dengan kita fokus, maka pemahaman kita terkait bacaan tersebut akan semakin baik. Saat kita fokus, maka pemikiran kita akan penuh dengan kalimat yang tertulis pada sebuah bacaan.

Setelah itu dapat kita ucapkan secara lisan dengan baik. Sehingga kalimat yang kita ucapkan, arti kata dan ucapannya terdengar sinkron dan juga sesuai.

Ketika kita dalam tahap belajar, agar dapat fokus dan berkonsentrasi ada baiknya untuk mencari tempat yang tenang dan terhindar dari banyak gangguan. Anda dapat memilih tempat tempat yang terhindar dari kebisingan seperti kamar tidur, ruang belajar, perpustakaan maupun tempat lainnya.

Membaca bahasa Inggris ini akan terasa ringan apabila kita membiasakannya. Tidak perlu setiap hari untuk melakukannya.

Anda dapat menggunakan waktu luang. Apabila anda ingin segera mahir, maka tak ada salahnya untuk membuat jadwal tersendiri, kapan anda akan belajar membaca bahasa Inggris. Anda juga dapat memulainya dengan bacaan yang tidak terlalu berat.

Itulah tadi beberapa cara membaca bahasa Inggris yang baik dan benar untuk anda lakukan. Lakukanlah cara cara tersebut dengan sabar, tekun dan penuh semangat. Ingat, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, maka dari itulah mari kita belajar membaca bahasa Inggris secara bersungguh sungguh agar kemampuan berbahasa Inggris kita semakin jago.

Tinggalkan komentar