Contoh Iklan Produk dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Ingin produk jualan kalian dikenal masyarakat luas? Salah satu caranya adalah dengan beriklan. Ya, iklan menjadi salah satu cara jitu untuk memasarkan sebuah produk. Tidak hanya di wilayah domestik saja, kalian bahkan bisa membuat iklan dalam bahasa Inggris agar bisa “Go Internasional”.

Kedengarannya memang sangat menggiurkan ya, ketika produk yang kita jual bisa tembus ke pasar Nasional atau Internasional. Tapi sayangnya, membuat iklan juga perlu teori yang benar dan tepat, khususnya untuk iklan bahasa Inggris. Yuk, simak dulu penjelasan tentang iklan dalam bahasa Inggris! Baca Juga : Cara Belajar Bahasa Inggris

Pengertian Iklan atau Advertisement Text

Dalam bahasa Inggris, iklan dikenal sebagai advertisement text. Sedangkan advertisement text adalah salah satu jenis short functional text. Iklan produk bahasa Inggris merupakan sebuah teks yang mempunyai tujuan untuk mengumumkan atau memberitahukan sebuah produk kepada publik.

Iklan produk harus dibuat semenarik mungkin agar calon konsumen mau untuk membeli produk yang diiklankan. Tidak hanya itu, iklan produk juga bisa bertujuan untuk meningkatkan “kedekatan” antara konsumen dan usaha yang dimaksud.

Pada saat ini, iklan bisa ditampilkan melalui berbagai media. Misalnya, media elektronik seperti televisi, radio dan internet. Kemudian bisa juga melalui media cetak. Media cetak bisa berbentuk koran, jurnal, majalah, poster dan lain sebagainya.

Keberadaan era digital seperti saat ini secara tidak langsung juga telah mempengaruhi bentuk iklan. Saat ini, iklan bisa ditampilkan dengan lebih modern atau kekinian. Prosesnya pun berbeda dengan iklan konvensional, contohnya saja endorsements.

Kalian bisa mengiklankan produk lewat selebgram atau influencer dengan jumlah follower yang banyak. Biasanya, kalian cukup memberikan produk serta uang kepada si selebgram, dan mereka akan mempromosikannya lewat akun media sosialnya. Cara ini diklaim jauh lebih efektif dan efisien.

Tujuan Advertisement

Sebuah iklan tidak hanya bertujuan menawarkan produk maupun barang saja. Iklan atau advertisement ini memiliki tujuan yang lebih luas. Berikut ini adalah beberapa tujuan penggunaan advertisement lainnya.

1. Mengajak Audiens

Advertisement bertujuan untuk mengajak audiens, baik pendengar maupun pembaca, untuk membeli barang yang telah ditawarkan dalam iklan tersebut. Maka tidak heran jika iklan biasanya dibuat dengan tulisan yang sangat persuasif (mempengaruhi).

2. Memperkenalkan Produk

Bukan sekedar mengajak audiens, iklan juga bisa bertujuan untuk mengumumkan sebuah produk kepada masyarakat luas. Misalnya, memberikan informasi mengenai detail produk baru. Tanpa adanya iklan, masyarakat tentu tidak akan tahu mengenai produk yang baru diluncurkan.

3. Menjalin “Engagement”

Berkaitan dengan poin kedua, selain memperkenalkan produk, iklan juga bisa bertujuan untuk menjalin engagement atau kedekatan. Kedekatan yang dimaksud adalah “hubungan” timbal balik antara audiens dan penjual. Biasanya hal ini berlaku pada platform media sosial.

Sebut saja Instagram, media sosial satu ini mengharuskan sebuah akun memiliki follower. Jika follower sudah cukup interaktif, maka selanjutnya promosi bisa semakin mudah. Bisa jadi audiens awalnya hanya follow, kemudian bisa tertarik dan ikut membeli produk.

4. Meyakinkan Audiens

Sebuah iklan juga menjadi salah bukti bahwa produk atau jasa yang ditawarkan benar adanya. Biasanya, audiens masih kurang percaya jika promosi hanya sebatas tawaran-tawaran saja. Mereka akan lebih percaya jika ada iklan yang menarik, jelas, serta meyakinkan.

Misalnya, sebuah iklan pinjaman online. Layanan jasa ini berhubungan dengan uang, jika tidak dipasarkan dengan jelas, audiens tidak akan percaya. Salah satu yang harus ditampilkan dalam iklan adalah sebuah teks yang menyatakan bahwa layanan tersebut sudah legal dan diawasi OJK.

Jenis-Jenis Iklan dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita membuat contoh iklan dalam bahasa Inggris, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu jenis-jenisnya. Hal ini bertujuan agar kalian dapat membuat sebuah iklan yang paling tepat berdasarkan jenis media yang akan kita gunakan.

1.  Iklan Cetak

Iklan cetak merupakan jenis iklan yang dipublikasikan dengan menggunakan media cetak. Seperti halnya majalah, koran, tabloid, dan media cetak lainnya.

Berdasarkan format yang dapat kita gunakan dalam media surat kabar, tabloid, dan majalah, iklan dikenal dengan dua bentuk yakni iklan baris dan juga iklan kolom.

2. Iklan Advertorial

Jenis iklan advertorial merupakan jenis iklan yang dapat kita buat dalam bentuk seperti berita. Biasanya iklan ini juga dipublikasikan dalam koran atau majalah. Jenis advertorial juga bisa dipublikasikan melalui artikel dalam sebuah web.

3. Iklan Display

Jika kita lihat dari bentuknya, iklan display ini lebih besar dari iklan kolom. Dalam iklan display, terdapat gambar beserta tulisan dengan ukuran lebih besar. Iklan display ini akan terlihat lebih menarik, terutama jika menggunakan desain gambar yang bagus.

4. Iklan Elektronik

Iklan elektronik yaitu iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Jenis iklan ini juga dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Seperti iklan layanan masyarakat, iklan perusahaan, iklan internet, iklan televisi, dan juga iklan radio.

Ciri-Ciri Iklan dalam Bahasa Inggris

Iklan dalam bahasa Inggris, memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan iklan bahasa Indonesia. Berikut ini adalah ciri-ciri yang harus dimiliki:

  1. Pilihan kata yang digunakan mengutamakan dan menonjolkan informasi yang penting.
  2. Kata yang dipilih langsung tertuju pada sasaran atau target market.
  3. Pemilihan kata yang digunakan juga terlihat menarik, logis, tepat, dan sopan.
  4. Kata atau kalimat yang digunakan mempunyai sugesti atau pengaruh bagi audiens.

Struktur Iklan dalam Bahasa Inggris

Struktur iklan sangatlah penting untuk kalian pelajari, terutama sebelum membuat iklan dalam bahasa Inggris untuk produk jualan kalian. Struktur yang wajib ada dalam sebuah iklan diantaranya:

1. Purpose (Tujuan)

Dalam membuat sebuah iklan kalian harus menuliskan tujuan iklan produk tersebut dengan singkat, padat, dan jelas. Sehingga masyarakat dapat menerima iklan produk kalian dengan baik.

2. Name of Product (Nama Produk)

Struktur selanjutnya yaitu nama produk. Kalian jangan sampai lupa untuk mencantumkan nama dan juga merek produknya. Jika berupa layanan tau jasa, tetap harus mencantumkannya dengan jelas.

3. User (Pengguna)

Penting untuk kita perhatikan bersama, dalam membuat sebuah iklan maka kalian harus memastikan dengan tepat siapa yang akan menjadi pengguna atau sasaran produk tersebut.

Misalnya saja, jika produk yang akan kalian jual adalah produk anak-anak, maka tujukan iklan tersebut kepada para orang tua yang memiliki anak-anak.

Contoh Iklan Produk dalam Bahasa Inggris
Contoh Iklan Produk dalam Bahasa Inggris

Tips Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris

Membuat iklan dalam bahasa Inggris bagi sebagian orang mungkin menjadi hal yang sulit. Apalagi jika belum pernah sama sekali membuat iklan, atau kalian adalah seorang pelaku usaha baru. Maka penting untuk menerapkan tips-tips berikut sebelum kalian mulai membuat iklan.

1. Menggunakan Kalimat Pendek tapi Menarik

Menggunakan kalimat yang panjang tidak akan bisa menjual iklan dengan efektif. Perhatian audiens terhadap iklan kalian cenderung berlangsung dengan sangat cepat.

Maka dari itulah, jangan membuat bosan para pembaca maupun pendengar iklan kalian dengan membuat kalimat yang panjang dan bertele-tele.

2. Menggunakan Struktur Kalimat yang Berbeda

Ketika kalian membuat contoh iklan dalam bahasa Inggris, maka gunakanlah struktur kalimat yang berbeda. Kalian harus membuat iklan yang kreatif. Semakin bervariasi kalimat yang kalian gunakan, maka audiens akan semakin tertarik dan bisa langsung memesan produk jualan kalian.

3. Iklan Harus Singkat

Kalian tidak harus menggunakan semua informasi yang kalian miliki dalam iklan tersebut. Iklan kalian juga harus membuat pendengar atau pembaca merasa penasaran. Sehingga, mereka akan menginginkan informasi lebih lanjut mengenai produk kalian.

Sebaiknya iklan dibuat secara singkat tapi tetap harus berkesan. Iklan inilah yang akan membuat audiens penasaran lalu akan mencari informasi lebih jauh. Kalian bisa cantumkan info kontak yang paling spesifik, misalnya nomor telepon atau alamat website.

4. Call to Action

Pada bagian awal, pernyataan pembukaan penting untuk dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian. Sedangkan untuk bagian penutupnya, harus disertai ajakan kepada pembaca atau pendengar untuk segera membeli produk tersebut.

Pada bagian ini, kalian harus menuliskannya dengan kalimat yang kreatif, sehingga audiens akan tertarik untuk melakukan tindakan selanjutnya. Seperti halnya mencari kelengkapan informasi dari produk tersebut dan kemudian membelinya.

Contoh Iklan dalam Bahasa Inggris

Setelah kalian memahami apa itu iklan dalam bahasa Inggris beserta hal penting lainnya, maka saatnya kalian berlatih untuk membuatnya. Sebagai gambaran dan dapat kalian jadikan acuan, berikut ini adalah contoh iklan dengan menggunakan bahasa Inggris.

1. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Makanan

TEMPE CHIPS MAMAMIAAA

TEMPE CHIPS MAMAMIAAA ia a snack made of healthy and delicious tempe with a grade A choice flavored with any savory and sweet Indonesia’s taste united into a heaven for your tongue.

Take TEMPE CHIPS MAMAMIAAA! Feel the sensation of savory and unique taste that will make your day!

Nutrient content:

15% of calories from saturated fat

14% calories from oil

45% protein

10% fat on sugar

Get it now and Feel the dance in your tongue!

 

Jika dialihkan ke bahasa Indonesia, maka artinya menjadi:

TEMPE KERIPIK MAMAMIAAA

TEMPE KERIPIK MAMAMIAAA adalah sebuah makanan ringan yang terbuat dari tempe yang enak dan juga menyehatkan berkualitas A. Dilengkapi dengan rasa gurih dan manis khas Indonesia, paduan 2 rasa tersebut membuat lidah kalian serasa di surga.

Ambil TEMPE KERIPIK MAMAMIAAA! Rasakan sensasi rasa gurih dan juga unik yang akan membuat hati kalian lebih indah!

Nutrisi:

15% kalori

14% kalori dari minyak

45% protein

10% lemak dari gula

Segera dapatkan dan rasakan tarian di lidah kalian!

 

2. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Minuman

Janji Rohani Coffee

Janji Rohani Coffee is an authentic, bold-tasting coffee beverage maker that has provided the moment of uplift and happiness every hour and every second for over around this two years.

The Janji Rohani Coffee is now the world’s leading coffee beverage maker and suddenly became number one coffee brewer ini this country.

    • It has natural flavor
    • Great Acidity
    • Wonderful Body
    • Heart Warming Aroma
    • Using Best Beans from Local Farmers

Janji Rohani Coffee feels the indie vibe with us!

 

Jika diubah ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah sebagai berikut:

Janji Rohani Coffee

Janji Rohani Coffee adalah penghasil minuman kopi dengan rasa autentik dan kuat yang akan membuat momen tiap jam dan tiap detik menjadi lebih baik dan menyenangkan selama dua tahun belakang ini.

Janji Rohani Coffee sekarang menjadi pembuat minuman kopi nomor satu di dunia, dan pada tahun selanjutnya akan menjadi pengolah biji kopi terbaik di negara ini.

  • Kopi kami mempunyai rasa yang natural
  • Keasaman yang pas
  • Body atau kekentalan yang mantap
  • Aroma yang menghangatkan jiwa
  • Dan menggunakan biji kopi dari petani lokal

Janji Rohani Coffee, rasakan getaran indie bersama kami!

 

3. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Kecantikan

Warlah Micellar Water

    • Clear any annoying dirt and a good make-up remover.
    • Enriched with Spirulina Extract, Vitamin E, and A to maintain your skin smooth and silky.
    • Apply to a cotton pad and gently wipe the face and neck until thoroughly clean and beautiful.
    • Use regularly everyday for the best results.

“Please don’t apply on irritated skin and also brunt skin”

Warlah Micellar Water with Spirulina made your skin so silky and ageless!

 

Di dalam iklan produk kecantikan tersebut menampilkan manfaat penggunaan dan juga pantangan, mengingat sifat produk kecantikan yang memang seperti obat. Berikut ini artinya secara lengkap:

 

Warlah Micellar Water

  • Membersihkan segala kotoran yang mengganggu dan juga penghapus make-up yang baik.
  • Diperkaya dengan ekstrak Spirulina, vitamin E dan juga Akan untuk membuat kulit Kalian lebih lembut dan juga halus.
  • Aplikasikan dengan kapas dan usap dengan lembut pada bagian wajah dan leher hingga terlihat bersih dan cantik.
  • Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

“Jangan gunakan produk ini pada kulit yang tengah mengalami iritasi dan terbakar”

Warlah Micellar Water with Spirulina membuat kulit kalian halus dan terlihat lebih muda!

 

4. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Ponsel

Sumsang Meteorid S12

Sumsang, your number one gadget developer is releasing the newest smartphone. In this series, you can get low price smartphone but on the Highly Quality

Spesification:

    • GHz Quad-Core SnapMonster
    • 6,4-inch screen
    • 8GB RAM with 256GB Memory Internal
    • Triple Camera, 32MP, 12MP, 8MP and one Selfie Camera 16MP
    • SIM card

Only Rp 1.599.999

Sumsang, the future on your fingers!

 

Contoh iklan di atas menceritakan tentang penawaran produk ponsel pintar atau smartphone. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh produsen ponsel tersebut. Di dalamnya juga tertera keterangan harga yang jelas. Berikut ini adalah arti lengkap dari contoh iklan dalam bahasa Inggris di atas.

 

Sumsang Meteorid S12

Sumsang, pengembang ponsel pintar nomor satu melepaskan ponsel pintar terbarunya. Dalam seri yang kali ini, Kalian dapat membelinya dengan harga murah namun dengan kualitas yang terbaik.

Spesifikasi:

  • GHz Quad-Core SnapMonster
  • 6,4-inch screen
  • 8GB RAM with 256GB Memory Internal
  • Triple Camera, 32MP, 12MP, 8MP and one Selfie Camera 16MP
  • SIM card

Hanya Rp 1.599.999

Sumsang, masa depan ada di jari Kalian!

 

5. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Tas Ransel Anak

Okidog [Wildpack Junior Backpack Tiger]

Okidog is a 3D bag specially designed to accompany children to school. Bags with animal designs make children more excited about going to school.

Advantages:

    • Waterproof
    • The zipper is bigger
    • 3D design
    • Size 25 cm × 12,5 cm × 28 cm
    • Pvc material, Azo, BPA, atc.
    • Nickel and cadmium free

Price: Rp 380.000,00

Cool and friendly school backpacks for children, hurry up and get them at the nearest store!

Available at online stores.

 

Contoh iklan di atas merupakan contoh iklan pada produk tas yang sering digemari oleh anak-anak, biasanya anak-anak lebih suka pada tas yang berbentuk bermacam-macam, terkhusus gambar binatang, di atas disebutkan beberapa kelebihan dari produk tas tersebut yang tahan air, maka sangat cocok dengan anak-anak yang suka main air, orang tua pun tak perlu khawatir lagi. Berikut arti bahasa Indonesia dari iklan diatas.

 

Okidog [Wildpack Junior backpack tiger]

Okidog adalah tas 3D yang didesain khusus untuk menemani anak-anak ke sekolah. Tas dengan desain gambar hewan membuat anak-anak lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah.

Kelebihan:

  • Tahan air
  • Ritsleting lebih besar
  • Desain 3D
  • Ukuran 25 cm × 12,5 cm × 28 cm
  • Bahan pvc, Azo, BPA, dll
  • Bebas nikel dan cadmium

Harga: Rp 380.000,00

Tas ransel sekolah untuk anak yang keren dan friendly, buruan dapatkan di toko terdekat!

Tersedia juga di toko online.

 

6. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Sprei

Bonita

Bonita bed linen is a quality and reliable bed linen. Bonita bed linen comes with a butterfly themed Viviane motif, making it more elegant and beautiful, microtence material making it softer, comfortable, and smooth. And colors that do not fade easily.

Advantages:

    • Attractive colours and motifs
    • Microtencel material
    • Softer and smoother
    • Elegant and beautiful
    • Image print technology
    • Affordable price
    • Size 120 × 200 cm

Price: Rp 95.000,00

Get more comfortable sleep with bonita!

 

Salah satu contoh iklan sprei yang sangat terkenal, yaitu sprei Bonita, tak diragukan lagi, pasti Anda semua mengenalnya dengan kelembutan dan kehalusan bahan yang digunakan, sprei ini tersebar di berbagai took baik itu toko busana maupun peralatan rumah tangga, berikut terjemahan dari contoh iklan dalam bahasa Inggris diatas.

 

Bonita

Sprei bonita adalah sprei berkualitas dan terpercaya, kini sprei bonita hadir dengan motif Viviane yang bertema kupu-kupu. Menjadikannya lebih elegan, dan cantik, dengan bahan microtencel membuatnya lebih lembut nyaman dan halus, serta warna yang tidak mudah luntur.

Kelebihan:

  • Warna dan motif yang menarik
  • Bahan microtencel
  • Lebih lembut dan halus
  • Elegan dan cantik
  • Terknologi print image
  • Harga terjangkau
  • Ukuran 120 × 200 cm

Harga: Rp 95.000,00

Raih kenyamanan tidur lebih nyenyak dengan bonita!

 

7. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Busana Muslim Syar’i

Muslim Fashion Si.Se.Sa

Muslim fashion Si.Se.Sa is a syar’I muslim fashion tahat was founded by three brothers. They are Siriz Tentani, Senaz Nasansia, and Sansa Enandera. Si.Se.Sa clothes are sold at quite fantastic and expensive prices. Don’t be surprised because this dress is decorated with crystals from Austria.

Advantages:

    • Made by famous designers
    • Luxurious and elegant
    • Quality

Price: Rp 3.000.000,00

Even though this outfit is expensive in a matter of minutes, get the outfit right away Si.Se.Sa at the nearest shop, and available in online shops.

Berikut arti dari contoh iklan dalam bahasa Inggris di atas.

 

Busana Muslim Si.Se.Sa

Busana muslim Si.Se.Sa adalah busana muslim syar’I yang didirikan oleh tiga kakak beradik, mereka adalah Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera. Busana Si.Se.Sa dijual dengan harga yang cukup fantastis dan mahal. Jangan heran karena busana ini dihiasi dengan Kristal dari Austria.

Kelebihan:

  • Dibuat oleh desainer terkenal
  • Mewah dan elegan
  • Berkualitas

Harga: Rp 3.000.000,00

Meskipun mahal busana ini laris dalam hitungan menit, segera dapatkan busana Si.Se.Sa di toko terdekat, tersedia juga di toko online.

 

8. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Sepatu

Fiila Clip

 

Fila clip is a sports shoe with a trendy and sporty design. This shoe is very suitable for sports, with a cool design, and is very suitable for traveling. Shoes made of synthetic leather have slits on the sides, make your feet breathe, reduce sweat, and smell bad.

Advantages:

    • Comfortable to wear
    • Sporty and friendly
    • Can be used in all activities
    • Made of synthetic leather
    • Elegant and high quality
    • All sizes available

Price: Rp 546.000,00

Immediately enjoy the comfort while exercising with Fila shoes!

 

Contoh iklan dalam bahasa inggris di atas adalah contoh dari salah satu produk sepatu yang paling tren dipasaran, bukan karena kualitasnya saja, namun juga sporty. Berikut arti dari contoh iklan di atas.

 

Fiila Clip

Fila clip adalah sepatu olahraga dengan desain yang trendy dan sporty. Sepatu ini sangat cocok dipakai untuk olahraga, dengan desain yang keren juga cocok untuk jalan-jalan. Sepatu yang terbuat dari kulit sintetis ini mempunyai celah di bagian samping. membuat kaki Anda dapat bernafas, mengurangi keringat dan bau tak sedap.

Kelebihan:

  • Nyaman dipakai
  • Sporty dan friendly
  • Dapat digunakan di semua aktifitas
  • Terbuat dari kulit sintetis
  • Elegan dan berkualitas
  • Tersedia semua ukuran

Harga: Rp 546.000,00

Segera nikmati kenyamanan saat berolahraga dengan sepatu fila!

 

9. Iklan dalam Bahasa Inggris tentang Produk Kosmetik

Sariayu Martha Tilaar

Sariayu Martha Tilaar is a cosmetic product halal and safe. Made from natural herbs with BPOM, Sariayu ia a local product, made by the nation’s children, which suits the skin of Asian women. Product sariayu is skincare, make up base, herbal, hair care, and body care.

Advantages:

    • Halal
    • Naturally
    • Safe with BPOM
    • Suits tropical woman’s skin
    • Local product

Immediately get Sariayu Martha Tilaar. Sold online and offline.

 

Contoh iklan dalam bahasa Inggris di atas adalah Salah satu produk kosmetik yang laris dipasaran, tak hanya digemari oleh para orang tua, produk kosmetik ini juga laris di kalangan millennial. Berikut terjemah dari iklan produk di atas.

 

Sariayu Martha Tilaar

Sariayu Martha tilaar adalah produk kosmetik yang halal dan aman, terbuat dari herbal alami ber-BPOM, Sariayu adalah produk lokal, buatan anak bangsa yang sesuai dengan kulit wanita Asia. Diantara produk sariayu adalah skin care, make up base, herbal, hair care, dan body care.

Kelebihan:

  • Halal
  • Alami
  • Aman ber-BPOM
  • Cocok dengan kulit wanita tropis
  • Produk lokal

Segera dapatkan kulit sehat alami dengan Sariayu Martha Tilaar, dijual secara online dan offline.

 

Itulah tadi contoh iklan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar untuk kalian pelajari dan pahami. Dengan informasi tersebut, kini kalian bisa membuat iklan produk bahasa Inggris dengan semakin mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus berlatih! Baca juga : Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris,

4.8/5 - (438 votes)

Tinggalkan komentar