Listening: Pengertian, Fungsi dan Cara Mudah Menguasainya

Seperti yang kita tahu, ketika belajar bahasa Inggris Listening atau mendengarkan dan menyimak adalah hal yang sangat penting. Mendengarkan dan menyimak dalam bahasa Inggris ini adalah bagian dari tiga aspek penting lainnya, seperti, speaking (berbicara), reading (membaca) dan juga menulis (writing).

Sejatinya, kemampuan berbahasa Inggris, juga kita ukur dari kepandaiannya ketika mendengarkan. Jika kita memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, maka komunikasi menggunakan bahasa Inggris, juga akan lebih lancar.

Orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kini menjadi nilai plus tersendiri. Pasalnya, bahasa Inggris, adalah bahasa Internasional yang selalu kita gunakan untuk berbagai kepentingan.

Penggunaan bahasa inggris hingga saat ini semakin meningkat. Sehingga tidak heran bila bahasa Inggris berakar kuat dalam kehidupan setiap masyarakat. Maka dari itulah, agar kita mampu bersaing dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris harus mendapatkan peningkatan.

Aspek Penting Pembelajaran Bahasa Inggris (Listening, Speaking, Writing, dan Reading)

Peran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional semakin meningkat. Karena itulah bahasa Inggris menjadi materi pembelajaran dalam sekolah-sekolah seluruh dunia. Kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini.

Pada dasarnya, terdapat empat aspek penting dalam bahasa Inggris yang harus selalu kita pahami. Antara lain adalah mendengarkan (listening), berbicara (speaking), menulis (writing), dan membaca (reading).

Setiap individu dalam memahami keempat konsep tersebut selalu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Misalnya saja seperti, kesulitan dalam berkomunikasi, masih minim vocabulary, maupun kesulitan dalam memahami grammar.

Ketika kita memutuskan untuk belajar bahasa Inggris secara menyeluruh, maka akan ada banyak sekali materi yang dicapai dan kita kuasai. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, materi-materi tersebut akan mudah dilupakan dalam waktu yang singkat. Kendala yang sering terjadi, seperti pemahaman terhadap tenses yang pernah kita pelajari cepat sekali hilang.

Masalah yang timbul ini sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan kita. Akan tetapi karena pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik.

Atau metode yang kita pilih terlalu monoton dan membosankan sehingga kita tidak mendapatkan esensi belajar bahasa Inggris yang sesungguhnya. Oleh karena itulah, kita membutuhkan metode belajar yang paling efektif.

Pengertian Listening

Mendengarkan dalam bahasa Inggris adalah kemampuan kita untuk memahami apa yang disampaikan oleh orang lain dengan sangat baik. Bukan hanya itu saja akan tetapi juga informasi yang kita dapatkan melalui media lainnya.

Pada dasarnya, mendengar itu tidak sama, ketika kita sedang menyimak. Akan tetapi mendengar dalam bahasa Inggris adalah hear. Sedangkan menyimak dalam bahasa Inggris adalah listen.

Ketika kita mendengar maka telah melakukan aktivitas dalam menangkap bunyi. Baik itu bunyi dalam bahasa maupun non-bahasa. Entah itu kita lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Mendengarkan juga seperti melakukan kegiatan maupun aktivitas menangkap bunyi yang kita lakukan secara cermat. Selain itu, kita juga melakukannya dengan sengaja.

Sementara itu, menyimak merupakan aktivitas maupun kegiatan yang hampir sama, seperti ketika kita mendengar. Akan tetapi kita melakukannya dengan serius dan ada tujuan yang ingin didapatkan , misalnya sebuah informasi penting. Baik itu yang kita dengar secara langsung dari ucapan maupun yang orang lain bacakan kemudian kita mendengarnya.

Listening dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, mendengarkan dan menyimak ini merupakan pemahaman yang sangat penting. Baik itu secara langsung kita dapatkan melalui media seperti film maupun musik.

Mendengarkan dan menyimak dalam bahasa Inggris adalah materi yang sangat penting. Sebab, kita harus bisa mengetahui dan memahami apa yang orang lain sampaikan kepada kita.

Agar kita memiliki kemampuan semacam itu, tentu saja ada beberapa upaya yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan memahami kata-kata yang kita dengar secara seksama.

Pada dasarnya belajar mendengar dan menyimak dalam bahasa Inggris ini bukanlah sebuah hal yang sulit. Kita dapat menggunakan berbagai macam metode yang menarik sebagai cara efektif untuk mempelajarinya.

Belajar mendengarkan dan menyimak dalam bahasa Inggris ini dapat kita lakukan dengan metode-metode yang menyenangkan. Sehingga kemampuan kita dapat meningkat dengan baik dan juga cepat.

Fungsi Listening

Belajar mendengar dan menyimak dalam bahasa Inggris, tentu saja memiliki sejumlah fungsi dan juga manfaat. Dengan melihat dan memahami manfaat dan fungsinya ini itu artinya kita dapat lebih bersemangat lagi untuk belajar menguasainya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari mendengar dan menyimak dalam bahasa Inggris.

  1. Dapat melatih kemampuan pronunciation kita dengan lebih baik
  2. Akan jauh lebih mudah dalam mengerjakan dan menyelesaikan latihan structure. Pasalnya dengan kita sering mendengar dan menyimak bahasa Inggris ini maka akan semakin banyak pula kalimat-kalimat yang dapat kita gunakan.
  3. Selain itu juga dapat memperbanyak vocabulary kita.
  4. Memudahkan kita bercerita, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang-orang sekitar

Cara Mudah Belajar Listening

Setelah kita sudah mengerti dan memahami lebih detail lagi, mengenai apa itu mendengar dan menyimak dalam bahasa Inggris, mulai dari pengertian hingga fungsinya, maka sudah saatnya untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Tak perlu khawatir untuk memulainya, karena kita dapat menggunakan cara yang mudah dan cepat guna mempelajarinya. Mau tahu apa saja cara mudah tersebut? Berikut ini kami jelaskan selengkapnya untuk anda. Pastikan anda memahaminya dengan baik, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Membuat Learning Goals untuk Diri Sendiri

Hal penting yang harus kita pahami bersama, ketika belajar listening maka tentukan terlebih dahulu arah dan tujuan. anda. Cobalah untuk membuat learning goals bagi diri sendiri.

Umumnya, persiapan belajar mendengarkan dan menyimak adalah dengan menggunakan audio maupun video. Akan tetapi terdapat beberapa hal penting yang juga harus kita persiapkan.

Ini menjadi hal yang lebih utama sebelum kita belajar mendengarkan dan menyimak audio atau video bahasa Inggris, yakni arah dan juga tujuan.

Cobalah untuk menentukan arah belajar dan apa saja tujuan yang ingin anda capai. Dengan adanya tujuan dan arah yang jelas maka akan mempermudah anda untuk menentukan pilihan materi sesuai kemampuan dan keinginan.

Dengan adanya tujuan tersebut akan membuat anda semakin termotivasi. Selain itu dengan adanya arah seperti jadwal belajar dan kegiatan yang jelas anda akan semakin mengetahui kapan tujuan atau learning goals tersebut tercapai.

Dengan begitu, persiapan kita akan semakin lebih matang. Belajar listening menjadi kegiatan yang lebih mudah. Kita juga akan mendapatkan pencapaian yang terbaik.

Mengenali Kemampuan Diri Sendiri

Tips jitu untuk belajar mendengar dan menyimak bahasa Inggris berikutnya adalah dengan mengenali kemampuan diri sendiri. Setelah anda berhasil menentukan arah beserta tujuan, maka mulailah untuk mencari materi yang cocok untuk anda.

Materi tersebut ada baiknya sesuai dengan kemampuan anda. Dengan demikian anda juga tidak akan kesulitan dalam memahami setiap materi.

Untuk dapat menentukan materi ini anda tidak perlu merasa bingung. Karena anda dapat melihat poin pertama yakni apa arah dan juga tujuan anda.

Bila anda belum mulai dari kedua hal tersebut, maka mulailah terlebih dahulu. Apabila anda sudah mempersiapkan arah dan tujuan tersebut maka segeralah untuk memilih materi pembelajaran untuk listening.

Dengan demikian anda akan semakin mendapatkan kemudahan dalam memilih materi belajar yang paling tepat. Sebagai gambaran untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan salah satu contohnya untuk anda.

Listening
Listening

Contoh Memilih Materi untuk Belajar

Misalnya saja, anda memiliki tujuan mendapatkan sepuluh teman akrab bule dari Inggris hanya dalam waktu satu bulan. Tentunya anda akan mulai berpikir apa sekiranya materi yang pas untuk dipelajari.

Sebagai salah satu contohnya, materi yang cocok untuk anda adalah video maupun audio percakapan bahasa Inggris. Terutama dengan menggunakan aksen British.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan film maupun acara TV dari Amerika maupun Inggris. Ini juga dapat menjadi materi belajar listening yang tepat.

Sehingga nantinya anda akan lebih nyaman dan nyambung ketika ngobrol dengan teman bule anda tersebut. Akan tetapi jika anda merasa kesulitan karena tidak mengerti dari ucapan mereka, jangan khawatir. Anda tidak perlu terburu-buru dalam memahami semuanya sekaligus.

Tips Jitu Memilih Materi

Pertama, silahkan anda mulai memahaminya mulai dari setiap kata hingga kalimatnya. Apabila cara ini belum memberikan hasil anda bisa mencari metode lainnya. Itu artinya dengan menggunakan metode belajar melalui video tersebut belum sesuai dengan kemampuan kita.

Jangan memilih materi yang advance atau memiliki tingkat kesulitan terlalu tinggi. Jika anda memilih dan menggunakan materi yang terlalu tinggi, bukannya semangat, akan tetapi anda justru akan menjadi down.

Sehingga dapat berakibat menimbulkan rasa malas karena tidak mengerti sama sekali. Itulah mengapa memilih materi listening bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan kita menjadi hal paling penting.

Ternyata cara pertama yaitu dengan mendengarkan video maupun audio percakapan bahasa Inggris menggunakan aksen British.dan kemudian memahami maknanya adalah cara yang sulit. Jangan merasa putus asa carilah materi belajar yang lebih mudah lagi bagi anda.

Misalnya saja dengan mendengarkan video maupun audio seperti cerita anak, biasanya menjadi awal yang sangat bagus. Terutama untuk para pemula.

Apabila anda sudah merasa lebih menguasai materi tersebut, maka segeralah untuk mempersiapkan diri naik ke level yang lebih tinggi. Bisa dengan cara mendengarkan video dari tingkat kesulitan yang lebih rendah ke tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan demikian, anda akan semakin mudah pula untuk mengukur tingkat kemampuan diri sendiri. Belajar mendengarkan dan menyimak bahasa Inggris akan jauh lebih terstruktur.

Akan tetapi jika cara pertama masih terlalu mudah untuk anda, tak ada salahnya untuk meningkatkan tingkat kesulitannya. Itu tandanya kemampuan mendengar dan menyimak dalam bahasa Inggris yang anda miliki sudah memiliki peningkatan yang sangat baik.

Berusaha untuk Fokus, karena Fokus adalah Hal Utama

Mari kita rangkai menjadi satu, tujuan kita sudah memilikinya. Kemudian materi belajar kita sudah menemukannya dengan tepat. Maka sudah saatnya kita memulai apa yang telah kita rencanakan.

Ketika kita belajar listening, maka hal utama yang tak boleh terlewatkan adalah fokus. Bahkan, jadilah anda sebagai seseorang yang seolah-olah seperti berada dalam sebuah goa ketika anda tengah belajar mendengar dan menyimak bahasa Inggris ini.

Terdapat dua pilihan yang dapat anda gunakan. Pertama adalah daydream, kedua nightmare atau bisa kita sebut sebagai successful learning.

Apa Itu Succesful Learning?

Setelah kita selesai memperjelas visi seperti tujuan dan arah belajar, sudah saatnya anda menerapkan segala bentuk rencana. Dalam Succesful learning ini terdapat dua hal penting yang harus kita perhatikan, yaitu vision dan juga action.

Langkah pertama adalah silahkan anda melakukannya sesuai dengan jadwal dan juga materi yang telah anda pilih. Ketika belajar mendengarkan dan menyimak dalam bahasa Inggris, Anda bisa ambil earphone atau headset kemudian mulailah untuk memutar materi belajar listening.

Ketika kita sudah memulai hal tersebut, maka berusahalah untuk fokus dan jangan sampai ada hal-hal mengganggu. Hindari aktivitas yang dapat merusak konsentrasi anda, misalnya membalas chat dan lain sebagainya.

Ketika anda fokus dan dapat berkonsentrasi penuh, maka hasil belajar anda akan jauh lebih banyak dan sesuai dengan target. Jika anda membiarkan diri anda mendapatkan gangguan dari hal-hal yang tidak perlu, maka anda bisa kehabisan banyak waktu.

Tidak terasa waktu sudah sore dan anda tidak mendapatkan hasil pembelajaran tersebut sama sekali. Tentu saja anda justru akan mendapatkan kerugian.

Selain itu, tujuan anda pun juga tidak akan tercapai. Apabila anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka mulailah untuk fokus.

Jangan pernah kehilangan fokus tersebut. Cobalah untuk mematikan atau menonaktifkan media sosial anda ketika sedang belajar listening ini.

Pentingnya fokus dalam mendengarkan dan menyimak bahasa Inggris ini, anda akan lebih menguasai setiap materi yang disampaikan. Sehingga akan mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal lagi.

Mendengarkan dan Memahami Setiap Ide yang Disampaikan

Cara selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah dengan mendengar dan memahami setiap ide yang disampaikan.  Satu hal yang harus anda pahami, ketika kita sudah fokus, tetapi masih saja tidak dapat menyerap informasi dengan baik, berarti ada yang salah.

Bisa jadi anda tidak mendengarkan dan memahami setiap ide dengan baik. Usahakan anda dapat menghindari menerjemahkan kata demi kata ketika belajar mendengar dan menyimak bahasa Inggris.

Mulai dari cara inilah anda dapat belajar mendengar dan memahami dengan baik. Selain itu, ketika kita belajar listening ada baiknya untuk keep on going.

Maksudnya adalah anda harus tetap lanjut meskipun ada beberapa kata yang tidak mengerti. Hal yang paling penting adalah anda dapat memahami setiap idenya dengan baik.

Meskipun ini terbilang cukup sulit maka jangan pernah untuk menjadikannya sebuah kendala. Ketika anda mendengarkan materi tersebut bisa sering-sering menekan pause.

Ketika anda mendengarkan satu audio untuk pertama kalinya, maka harus fokus untuk memahami dan menangkap ide yang disampaikan tersebut. Apabila anda sudah melakukannya maka dengarkan berulang kali apa sebenarnya maksud dari pembicara tersebut. Setelah itu anda dapat menulis dan mencari tahu arti dari setiap katanya.

Dengan demikian belajar listening anda dapat semakin efektif dan maksimal. Belajar secara perlahan dan sedikit demi sedikit serta kita lakukan secara terus menerus, merupakan langkah yang paling tepat.

Dengan memiliki kemampuan listening yang sangat baik, Anda akan mudah menangkap pesan dari pembicara/orang lain yang berinteraksi dengan Anda. Input yang anda dapatkan merupakan informasi yang sangat baik, maka output (speaking) yang anda hasilkan akan semakin baik pula. Belajar juga materi sebelumnya tentang Expressions.

Tinggalkan komentar