Apa itu Tes Toefl? Dan Langkah yang Harus Di Ikuti

tes toeflTes TOEFL merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan skor Anda digunakan sebagai suatu persyaratan untuk memperoleh gelar akademik, membuat bursa luar negeri, dan bahkan mendapatkan visa untuk mengunjungi beberapa negara penting.

Di dalam Tes TOEFL ini sangat diperlukan dalam persyaratan ketika masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat serta Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang ingin mendaftar ke universitas Eropa dan Australia. Dalam Tes ini program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

Di sini kami akan menjelaskan apa teknik tes TOEFL yang harus Anda ketahui tentang modalitas yang berbeda, dan kami akan memberi tahu Anda langkah apa saja yang harus Anda ikuti untuk memiliki skor luar biasa.

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang tes TOEFL ini

Ada 2 jenis:

Internasional: Ini adalah yang resmi dan memiliki validitas internasional. Apakah Anda ingin mendapatkan visa tinggal atau belajar di luar negeri, itu merupakan prasyarat. Ini dapat disajikan dalam dua cara; iBT dan PBT (kami akan jelaskan nanti).

Pada Kelembagaan (juga dikenal sebagai ITP): Ini menggunakan pensil dan kertas, validitasnya hanya di tingkat nasional (kadang-kadang hanya berlaku untuk lembaga yang melaksanakannya).

Ada 2 cara untuk mempresentasikannya:

PBT (Berbasis Kertas): Ini adalah bentuk tradisional dan disajikan di atas kertas.

iBT (Berbasis Internet): Ini terdiri dari ujian online , dan untuk beberapa waktu ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengikuti ujian ini.

Periksa 5 keterampilan:

Pemahaman Membaca : Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat kompresi Anda saat membaca.

Pemahaman Mendengarkan: Ini mengukur seberapa baik Anda memahami bahasa Inggris lisan.

Berbicara: Mengevaluasi kemampuan Anda untuk mengekspresikan diri secara lisan dalam bahasa Inggris. Modalitas PBT tidak termasuk bagian ini.

Menulis: Tentukan seberapa mahir keterampilan menulis Anda.

Struktur: Periksa tata bahasa Anda, cara Anda menyusun kalimat dan menggunakan kosakata tergantung pada konteksnya. Bagian ini sangat penting dalam iBT.

6 Tips Persiapan untuk Tes TOEFL

1. Dapatkan guru yang baik

Penilaian ini memiliki logikanya sendiri, caranya menyusun hal-hal, oleh karena itu, untuk mencapai nilai tinggi, Anda memerlukan lebih dari sekadar menguasai bahasa Inggris, Anda perlu memahami strukturnya, dan cara terbaik untuk mencapai ini adalah memiliki guru bahasa Inggris yang ahli untuk memberi tahu Anda.

Mintalah guru Anda untuk memberi Anda daftar semua kegiatan yang harus Anda lakukan, serta buku pedoman belajar.

Idealnya, Anda harus berlatih sendiri dan mengambil kelas privat dalam bahasa Inggris, mempelajari rincian teknis tes dan menunjukkan poin-poin yang perlu Anda tingkatkan.

2. Tahu bagaimana ujian bekerja

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, evaluasi memiliki logikanya sendiri, setiap pertanyaan memiliki maksud tertentu, mengikuti alur tertentu. Memahami seluruh proses ini dengan baik akan meningkatkan skor Anda secara signifikan.

Ambil panduan belajar Anda, pilih 3 pertanyaan dari setiap bagian, sekarang analisis alasan di balik masing-masing jawaban. Keterampilan apa yang Anda coba nilai? Bagaimana Anda melakukannya?

Beberapa hal akan mudah ditemukan sendiri, di lain hal Anda akan membutuhkan bantuan guru Anda.

Setelah Anda memahami struktur evaluasi ini, selesaikan beberapa latihan dengan mengikuti logika yang Anda pelajari. Dengan cara ini Anda akan menguasainya dengan baik dan Anda dapat menerapkannya tanpa masalah, bahkan di saat tekanan.

3. Tetapkan tujuan

Di awal persiapan Anda, tetapkan jadwal belajar yang akan Anda ikuti setiap minggu, serta kalender kegiatan yang harus Anda lakukan.

Ini bukan ujian yang bisa Anda lewati hanya dengan menghafal jawaban, karena tes ini benar-benar mengukur tingkat penerapan keterampilan bahasa Anda. Karena itu diperlukan upaya nyata, dan disiplin Anda akan sangat penting bagi Anda untuk lulus ujian ini.

Ketika Anda belajar untuk penilaian ini, Anda memisahkan seluruh isi persiapan Anda menjadi tugas-tugas kecil dan mudah. Anda memiliki buku catatan eksklusif untuk mencantumkan keraguan Anda, yang Anda konsultasikan setiap minggu dengan guru Anda. Secara total, ia menghabiskan 8 jam seminggu belajar.

Tujuan ini adalah untuk siap lulus evaluasi dalam 3 bulan, ini berarti Anda melakukan persiapan 96 jam. Tanpa disiplin atau waktu belajar tertentu, Anda tidak akan pernah mencapai tingkat persiapan seperti itu.

4. Ambil Ujian Mock

Mock adalah ujian  yang akan memberi tahu Anda nilai perkiraan yang akan Anda dapatkan jika Anda mengikuti ujian saat ini.

Kami sarankan Anda melakukan satu sebelum Anda memulai persiapan Anda, yang lain di tengah, dan Ujian Mock terakhir 2 minggu sebelum evaluasi Anda.

Tujuannya adalah agar Anda mengenali bidang-bidang di mana Anda paling perlu berlatih, dan memfokuskan rencana studi Anda  pada poin-poin itu. Ini membantu Anda mengoptimalkan waktu dan kemajuan Anda lebih cepat.

Sesuatu yang sangat menarik adalah bahwa Ujian Mock juga cara yang baik untuk mengukur kemajuan Anda. Dan, jika Anda benar-benar mengikuti program studi Anda, Anda akan melihat hasil yang mengejutkan. Poin ini jauh lebih penting ketika Anda akan mempresentasikan TOEFL iBT.

5. Jangan percaya pada diri sendiri

Memiliki tingkat bahasa Inggris yang tinggi tidak cukup untuk mendapatkan nilai yang bagus, Anda harus benar-benar siap.

Ingat, ujian ini adalah alat pengukuran, oleh karena itu tidak ada nilai standar untuk memutuskan yang Anda lewati, melainkan untuk mematuhi apa yang diminta lembaga dari Anda. Sebagai contoh, beberapa universitas meminta Anda untuk mendapatkan 500 poin dalam modalitas PBT.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui persyaratan yang harus Anda penuhi dan mengikuti ujian tepat waktu, jadi jika Anda tidak mendapatkan poin yang cukup, Anda akan memiliki kesempatan untuk hadir lagi tanpa menekan diri sendiri.

6. Berlatih, berlatih, berlatih

Kami tahu, saran ini agak jelas, tapi …. Apakah Anda menyebutkan bahwa Anda perlu berlatih? Dalam hal ini tidak ada solusi ajaib, jalan pintas, atau apa pun untuk menyelamatkan Anda dari kerja keras.

Anda harus menjadikan bahasa Inggris bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris setiap hari. Anda dapat memasukkan ini dalam kegiatan sehari-hari Anda. Sebagai contoh,  menonton TV dalam bahasa Inggris dan merangkum program yang Anda tonton.

Buat jurnal dalam bahasa Inggris, catat kemajuan yang Anda buat saat belajar, tulis pemikiran dan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk melatih tulisan Anda dan melacak kemajuan Anda pada saat yang sama.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak sumber daya yang Anda inginkan yang dapat membantu Anda. Anda harus menganalisis apa yang Anda miliki dan menggunakannya dengan bijak. Demikian artikel Apa itu Tes Toefl ? Dan Langkah yang Harus Di Ikuti semoga bermanfaat bagi Anda.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.