Strategi Jitu Meningkatkan Score Tes IELTS dan TOEFL

2 min read

Cara Meningkatkan Score TOEFL IELTS

Cara Meningkatkan Score Tes IELTS dan TOEFL

Bagi kebanyakan orang, mengikuti tes IELTS (English Language Testing System) dan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tantangan yang sulit. Walaupun dalam kedua tes ini tidak ada istilah gagal atau tidak lulus, namun setiap instansi atau lembaga pendidikan menetapkan score atau nilai batas terendah bagi para pelamar. Apabila yang mengikuti tes tersebut masih kurang penguasaannya dalam bahasa inggris, maka diperlukan usaha lebih supaya mendapatkan score yang diinginkan. Sedangkan waktu yang dimiliki seseorang kadang-kadang tidak ada karena sudah diburu oleh persyaratan mendesak dan mau tidak mau harus mencari jalan bagaimana cara meningkatkan score TOEFL atau IELTS dalam waktu yang relatif singkat.

Nah, agar tidak kecewa dan tidak rugi akibat rendahnya score tes Anda, cobalah cermati beberapa strategi jitu cara meningkatkan score tes IELTS dan TOEFL, berikut ini:

  • Mengikuti kursus persiapan IELTS dan TOEFL.

Persiapan kedua tes ini dapat diikuti di lembaga-lembaga kursus yang menawarkan program khusus untuk persiapan IELTS dan TOEFL seperti yang ada di Kampung Inggris Pare, Jawa Timur. Ada lembaga yang menyelenggarakan pelatihan/kursus 2 mingguan, 1 bulan, 2 bulan, hingga 3 bulan. Mengikuti kursus TOEFL – IELTS adalah hal yang tepat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai score yang diinginkan. Program persiapan ini berbeda dengan kursus bahasa Inggris biasa. Kelas-kelas persiapan ini secara intensif melatih peserta kursus untuk terbiasa mengerjakan soal-soal tes yang terbagi menjadi 4 bagian: listening, reading, writing, dan speaking.

  • Berlatih mengerjakan tes-tes IELTS dan TOEFL.

Sembari mengikuti kelas persiapan, Anda dapat mencoba dan berlatih mengerjakan soal-soal tes yang dapat diunduh dengan gratis dari Internet. Cobalah berlatih secara berkala. Kerjakan dengan serius seolah sedang mengerjakan tes sungguhan.

Anda dapat pula membeli buku-buku latihan persiapan tes. Sebaiknya gunakanlah buku-buku yang diterbitkan oleh pengelola IELTS atau TOEFL, karena latihan soal yang dimuat merupakan soal dari tes-tes sebelumnya.

Baca :  Cara Mudah Membuat Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Selain itu, biasanya buku-buku yang mereka terbitkan dilengkapi dengan contoh jawaban serta kisaran nilai yang dibuat oleh penilai resmi tes IELTS atau TOEFL.

Adapun untuk berlatih tes listening, Anda dapat membeli buku yang juga dilengkapi dengan CD percakapan.

  • Perhatikan dengan saksama dan catat saran yang diberikan dan ditekankan oleh para pengajar kursus persiapan.

Misalnya, dalam mengerjakan tes reading, ada suatu teknik yang disebut skimming, yaitu membaca dengan cepat sebuah paragraf secara menyeluruh. Ada pula scanning, yaitu menemukan kata-kata kunci dengan cepat. Kemudian juga ada teknik close reading, untuk mengerti maksud paragraf tersebut setelah melakukan skimming dan scanning.

  • Mintalah saran teman-teman yang sudah pernah mengikuti tes IETLS atau TOEFL dan meraih score yang memuaskan.

Anda bisa juga membaca pengalaman para blogger di Internet yang menuliskan pengalaman mereka dalam mengikuti tes-tes tersebut. Sebagian besar di antara mereka bahkan tidak keberatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin ajukan sehubungan dengan tes IELTS dan TOEFL.

  • Selagi beristirahat dari latihan persiapan tes, Anda dapat menambah kosa kata bahasa Inggris dengan cara yang santai dan menyenangkan.

Anda dapat menonton film atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang Anda minati. sembari melatih pendengaran. Pilihlah film dengan teks bahasa Inggris. Selain menambah perbendaharaan kata, cara ini juga sekaligus membantu Anda membiasakan diri dengan intonasi kalimat-kalimat dalam bahasa tersebut.

  • Pada malam sebelum mengikuti tes, pastikan Anda mempersiapkan segala yang dibutuhkan dengan baik.

Seperti misalnya: alat tulis yang disarankan, kartu identitas yang disyaratkan, dan jangan lupa untuk tidur cukup agar keesokan harinya bisa bangun dengan segar.

Cara meningkatkan score IELTS dan TOEFL membutuhkan waktu yang panjang karena semuanya dipelajari secara bertahap. Jadi, tidak ada gunanya Anda belajar semalam suntuk sebelum melakukan tes. Kurang tidur justru akan membuat Anda tidak konsentrasi saat mengerjakan tes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *