10 Fakta Penting Tentang IELTS

3 min read

tentang IELTS

 

Tentang IELTS. Jika Anda berpikir untuk mengambil ujian bahasa Inggris resmi, tetapi ragu tentang yang mana untuk diambil, disarankan agar Anda segera memberi tahu diri sendiri tentang semua opsi yang tersedia. Jika IELTS adalah salah satu pilihan Anda, berikut adalah 10 hal yang harus Anda ketahui tentang ujian ini:

Fakta Penting Tentang IELTS

1. Apa itu IELTS

Tentang IELTS (International English Language Testing System) adalah ujian resmi bahasa Inggris dengan pengakuan tinggi di seluruh dunia. IELTS dikelola oleh British Council, IDP: IELTS Australia dan Cambridge English Language Assessment.

Tujuannya: untuk menilai tingkat bahasa Inggris dari orang-orang yang mengambilnya. Ini adalah salah satu ujian bahasa Inggris yang paling diterima oleh lembaga pendidikan tinggi asing untuk mendukung pengetahuan bahasa ini.

2. Jenis-jenis IELTS

Ada dua jenis tentang IELTS. IELTS Umum dan IELTS Akademik. General IELTS adalah salah satu yang dapat Anda ambil jika tujuan Anda adalah bermigrasi ke negara berbahasa Inggris karena alasan pekerjaan, pendidikan atau pelatihan kerja.

Sedangkan untuk Academic IELTS, ini akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda jika minat Anda untuk belajar di negara berbahasa Inggris, terutama jika Anda ingin memasuki program sarjana atau pascasarjana.

Bagian Mendengarkan dan Berbicara identik pada kedua ujian, tetapi bagian Ekspresi Tertulis dan Pemahaman Membaca berbeda karena teks yang harus Anda baca dan esai yang harus Anda tulis di General IELTS lebih terkait dengan topik. Dari hari ke hari, sementara di Academic IELTS mereka terkait dengan topik yang lebih analitis.

3. Jenis Bahasa Inggris IELTS

Anda mungkin pernah mendengar bahwa IELTS adalah tes bahasa Inggris. Namun, jika Anda mengambil keputusan untuk mengikuti ujian ini, Anda harus tahu bahwa IELTS adalah ujian internasional, jadi selama bagian yang berbeda, Anda akan menemukan berbagai aksen dari seluruh dunia seperti Bahasa Inggris Amerika, Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Baca :  ELFAST Pare

Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan dengan IELTS, pertimbangkan kursus-kursus ini untuk bekerja dengan baik pada ujian.

4. Bagian IELTS

IELTS mengukur kemahiran dan tingkat bahasa Inggris dalam empat keterampilan: Mendengarkan, Membaca, Menulis dan Berbicara.

Bagian Pemahaman Mendengarkan terdiri dari empat bagian dan total 40 pertanyaan. Dalam hal ini Anda harus mendengarkan empat rekaman percakapan, dan setelah setiap rekaman selesai, Anda harus menjawab pertanyaan tentang apa yang telah Anda dengar.

Selama bagian Pemahaman Membaca Anda harus menjawab 40 pertanyaan. Bergantung pada jenis ujian yang Anda ikuti, Anda harus membaca antara 3 dan 5 bagian; Di Academic IELTS Anda akan membaca 3 teks panjang yang diambil dari buku dan majalah akademik, sedangkan di General IELTS Anda akan membaca hingga 5 teks pendek yang diambil dari surat kabar dan berita.

Di bagian Ekspresi Tertulis, Anda akan memiliki 60 menit untuk melakukan dua tulisan. Dalam Academic IELTS Anda harus melakukan penulisan pertama di mana Anda harus meringkas informasi dari grafik, diagram atau tabel yang disajikan kepada Anda, dan kemudian Anda harus melakukan esai. Di IELTS General, Anda harus terlebih dahulu menulis surat yang menjelaskan situasi atau meminta informasi, dan kemudian melakukan esai.

Bagian Ekspresi Lisan terdiri dari tiga bagian. Pada bagian pertama, Anda harus berbicara tentang diri Anda dan topik yang Anda kenal. Kemudian, di bagian kedua, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan tentang topik tertentu yang akan ditanyakan.

Akhirnya, di bagian ketiga Anda akan memiliki diskusi tentang topik yang dibahas di bagian dua. Penting untuk digarisbawahi bahwa bagian IELTS ini, tidak seperti ujian lainnya, dilakukan secara individual dan secara langsung dengan penguji.

Baca :  Perbedaan TOEFL IBT dan PBT Beserta Keunggulannya Masing-Masing

5. Durasi IELTS

Secara total, IELTS berlangsung 2 jam dan 44 menit, dibagi menjadi 30 menit untuk bagian Mendengarkan, 60 menit untuk bagian Pemahaman Membaca, 60 menit lagi untuk menulis Bagian Ekspresi Tertulis. dan antara 11-14 menit untuk menjawab tiga bagian dari Bagian Ekspresi Lisan. Penting untuk mengetahui bahwa Bagian Ekspresi Lisan dilakukan pada hari yang berbeda dari tiga bagian lainnya.

6. Skor IELTS

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa IELTS tidak memiliki format lulus atau gagal. Hasil yang Anda terima akan menunjukkan tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda. Tes ini menggunakan sembilan pita untuk mengukur hasil, dengan 1 sebagai pita terendah dan 9 pita tertinggi.

Hasilnya dapat disajikan dalam bentuk pita lengkap (mis. 6.0) atau setengah pita (mis. 6.5). Menurut Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa, pita antara 1 dan 3.5 sesuai dengan level A1 dan A2 yang merupakan orang yang memiliki pengetahuan dasar bahasa, pita antara 4 dan 5 setara dengan level B1, yang merupakan level menengah, pita antara 5,5 dan 6,5 sesuai dengan tingkat B2 dari tingkat menengah lanjutan, pita antara 7 dan 8.

Hasilnya membawa skor untuk setiap bagian dan skor keseluruhan. Skor di setiap bagian diberikan berdasarkan empat kriteria: seberapa baik pertanyaan dipecahkan, koherensi dan kohesi mereka, seberapa luas kosakata kandidat dan tingkat tata bahasa. Masing-masing dari empat kriteria ini memiliki bobot yang sama dalam skor akhir yang diperoleh oleh kandidat di setiap bagian.

Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan dengan IELTS, pertimbangkan kursus-kursus bahasa inggris ini untuk bekerja dengan baik pada ujian.

7. Institusi mana yang menerima IELTS

Banyak orang memiliki keyakinan bahwa IELTS adalah tes yang hanya berlaku di Inggris atau Australia, dan itu misalnya, tidak diterima oleh di Amerika Serikat dan Kanada. IELTS adalah ujian global yang diakui secara internasional yang diterima oleh lebih dari 8.000 lembaga di 135 negara, termasuk Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Inggris, dan lebih dari 1.100 universitas dan perguruan tinggi Amerika Utara.

Baca :  GLOBAL ENGLISH PARE

8. Hasil Validitas IELTS:

Setelah Anda menyelesaikan IELTS, Anda akan menerima salinan hasil 13 hari kalender setelah tanggal presentasi ujian tertulis. Selama pendaftaran Anda ke ujian Anda dapat meminta salinan hasil Anda dikirim ke maksimal lima lembaga pendidikan.

Ingatlah bahwa hasil yang Anda dapatkan akan bertahan selama dua tahun. Jika Anda mendapatkan skor lebih rendah dari yang Anda butuhkan, Anda dapat mengikuti ujian kembali kapan saja.

9. Cara Mendaftar untuk IELTS

Anda dapat memberikan IELTS Akademik selama tahun tersebut dan IELTS Umum pada 24 tanggal. Mereka diadakan empat kali sebulan, biasanya pada hari Kamis dan Sabtu, dengan tanggal yang tetap. Dimungkinkan untuk mendaftar ujian secara langsung atau melakukannya secara online, tetapi itu akan tergantung pada pusat di mana Anda akan mempresentasikannya.

IELTS dapat diambil di lebih dari 900 pusat di seluruh dunia. Untuk mendaftar ujian, Anda harus mengisi formulir aplikasi dan melampirkan salinan dokumen identitas Anda dan dua foto ukuran paspor.

10. Harga IELTS

Meskipun IELTS Akademik dan IELTS Umum memiliki harga yang sama, itu bervariasi sesuai dengan negara dan pusat di mana Anda akan mengikuti ujian.

 

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang IELTS. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris atau bahasa asing, dapat hubungi kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *