Derivative dalam Bahasa Inggris yang Bagaimana? Ikuti Pembahasannya!

Derivative dalam Bahasa Inggris yang Bagaimana? Ikuti Pembahasannya!

Derivative dalam Bahasa Inggris merupakan istilah yang merujuk kata dasar. Maka ketika menyebutkan kata tersebut masih asli mendapatkan tambahan baik pada awal atau akhirnya menjadi kata dengan makna baru.

Pengenalan materi dalam Bahasa Inggris seperti ini pada dasarnya kita dapatkan ketika mempelajari bahasa manapun. Bahkan ketika menggunakan Bahasa Indonesia sekalipun juga terdapat hal ini. Kita bisa perhatikan dari kata serapan yang sering sudah mendapatkan tambahan ketika menggunakanya.

Anda tidak perlu memikirkannya terlalu jauh dan pada akhirnya akan bingung bagaimana penggunaanya. Padahal tentu saja hal ini cukup sederhana dan mudah untuk kita pahami lebih jauh lagi. Kali ini kita akan mengupasnya secara tuntas khusus untuk Anda yang masih bingung untuk menggunakannya.

Sebelum mempelajari Bahasa Inggris ini terlalu jauh akan lebih baik jika kita mengetahui dasarnya. Jadi langsung saja simak selengkapnya khusus untuk menggunakannya lebih mudah dan tepatnya. Jadi simak untuk bisa menggunakannya dengan lebih jauh lagi selengkapnya berikut ini.

Derivative dalam Bahasa Inggris yang Bagaimana? Ikuti Pembahasannya!
pexels.com

Derivative dalam Bahasa Inggris Itu yang Bagaimana Sih?

Pertama kami akan membahas mengenai pengertiannya terlebih dahulu untuk lebih paham dan menggunakannya dengan tepat. Istilah Derivation ini digunakan untuk menunjukan sebuah kata yang terbentuk dari kata dasar. Biasanya kata seperti ini terbentuk dengan tambahan antara pada bagian depan atau belakangnya untuk membentuk kata dengan arti baru.

Maka dari itulah ketika ada kata dasar yang paling sederhana dan akan dapatkan tambahan pada depan atau akhirnya bisa kita sebut dengan Derivative ini. Kata dasar sering disebut dengan root, lalu untuk imbuhan pada bagian awal kita sebut dengan prefix dan akhirnya kita sebut dengan suffix.

Nantinya ketika root tersebut ditambahkan akan menjadi kata baru yang memiliki arti baru juga. Maka dari itu kata-kata dalam Bahasa Inggris terkadang cukup familiar namun hanya karena tambahan beberapa huruf memiliki arti berbeda. Anda pasti sudah tidak asing bukan dengan tambahan seperti ini?

Kata dasar dengan tambahan kata menjadi pengertian yang sederhananya. Jadi pahami hal ini lebih jauh lagi untuk bisa menggunakan derivative dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Pastikan bahwa Anda tidak akan salah paham dalam memahami dan akhirnya menggunakannya.

Mengenali Kata Root

Nah sebelum mengetahui derivative akan lebih baik kita kenali kata root terlebih dahulu. Istilah dalam Bahasa Inggris ini merujuk pada kata dasar yang belum mendapatkan tambahan sama sekali. Baik pada awalannya atau bahkan akhirnya sama sekali.

Ketika menggunakan kata dasar seperti biasanya juga digunakan untuk merujuk kata yang memiliki arti sama. Beberapa kata dalam bahasa inggris memiliki kata yang sama namun jika penempatannya berbeda jelas akan memiliki arti berbeda pula. Maka dari itu akan lebih baik ketika ingin menggunakannya Anda mengetahuinya terlebih dahulu.

Dalam kata root sendiri juga terdapat beberapa pembagian penting yang perlu Anda pahami. Mulai dari noun, verb, adjective dan adverb. Kita bisa membedakan dari beberapa kata tersebut untuk memilih ketika menyusun kalimat tersebut. Pastikan selalu upgrade kosakata Anda untuk bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan lebih baik lagi dari hari ke hari tentu saja.

Contoh kata root yang bisa Anda jadikan referensi adalah seperti : park, house, read, walk, talk, bad, good, slow, fast and etc. Beberapa contoh tersebut sudah masuk dalam berapa pembagian tersebut. Apakah Anda sudah memahami kata root ini lebih baik daripada sebelum nya?

Mengenali Kata Prefix

Derivative dalam Bahasa Inggris juga akan berkaitan dengan prefix. Oleh sebab itu kita perlu pahaminya lebih jauh lagi untuk tidak salah menempatkannya. Langsung saja simak selengkapnya khusus untuk menambah pengetahuan lebih jauh lagi.

Terhubung dengan kata root, nantinya prefix akan diletakkan pada awalnya. Hal ini sudah bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sama sekali. Maka dari itu ketika menggunakan kata dasar yang menambahkan tambahan awalan tentu saja kita sebut dengan prefix ini.

Beberapa huruf saja sudah bisa kita sebut dengan prefix seperti ini. Pada dasarnya tambahan yang akan mengubah kata dasar tersebut. Tambahan seperti ini akan membuat kata baru dan memahami penggunanya. Dalam penggunaan bahasa inggris secara langsung atau bahkan pada tulisan kita pasti akan menemukan tambahan seperti ini.

Mungkin kita perlu sebutkan contoh untuk membantu Anda bisa dapatkan gambarannya. Contoh kata prefix yang ditambahkan pada root yang cukup familiar : ex-boyfriend tambahan ex pada kata boyfriend ini menjelaskan kata baru. Jelas bahwa nantinya kata baru tersebut menjadi kata lain yang cukup jauh.

Seperti kali ini artinya adalah ex untuk mantan dan boyfriend artinya pacar pria. Jelas bahwa kata root dengan imbuhan prefix tersebut memiliki arti baru. Karena pada intinya adalah mantan pacar pria, dari kata dasar kata pacar pria. Inilah yang kita sebut bahwa prefix bisa membentuk kata baru yang memiliki arti cukup jauh sekali.

Mengenali Kata Suffix

Nah derivative dalam Bahasa Inggris juga akan membutuhkan suffix yang merupakan kebalikan dari prefix yang kita bahas sebelumnya. Sama-sama berartikan imbuhan namun letaknya pada bagian akhir kata. Sehingga ketika menggunakan kata root lalu kita memberikan tambahan pada bagian akhirnya tentu kita bisa menjadikannya dengan root ini.

Maka dari itu akan lebih baik jika Anda memperhatikan penggunanya. Imbuhan pada bagian akhir kata tersebut akan membentuk arti kata yang baru juga. Tidak hanya pada ejaan dan tulisannya saja yang berubah. Maka dari itu untuk beberapa kebutuhan tentu akan membutuhkan perubahan seperti ini.

Penambahan seperti ini bisa digunakan pada semua jenis kata. Mulai dari kata benda, kerja, sifat dan lainnya yang memerlukanya. Jika Anda belum memahaminya maka kami akan memberikan beberapa contoh katanya.

Mulai dari : longer, shorter, beauty, and etc. Beberapa contoh tadi merupakan kata root yang mendapatkan tambahan masing-masing seperti er, ty dan lainnya. Menjelaskan beberapa kata yang lebih dari sebelumnya, seperti misalnya long artinya panjang maka dengan tambahan er artinya lebih. Jadi artinya akan menjadi lebih panjang.

Imbuhan seperti ini membentuk kata baru bukan? Maka dari itu Anda bisa meng aplikasi kan pada kata lainnya yang ingin menjelaskan sebuah kondisi secara lebih atau kurang. Pada intinya tambahan ini berada di bagian belakang untuk membedakan antara prefix dan suffix tersebut. Anda bisa mempertimbangkan penggunaanya lebih jauh lagi tentu saja.

Pembentukan Derivative dalam Bahasa Inggris

Nah setelah Anda memahami penggunaan prefix dan suffix yang akan digunakan dalam derivative ini. Kita bisa lanjut ke bagaimana pembentukannya dalam bahasa ini. Maka dari itu dalam kata root akan ada tambahan antara awal dan akhirnya.

Kami akan membahas mengenai beberapa macam yang akan menjadi bentuk dari pembentukan kata yang satu ini. Anda yang belum mengetahuinya bisa mengetahuinya lebih jauh lagi. Jadi simak berikut ini secara khusus untuk memperkaya ilmu bahasa inggris Anda tentu saja.

Jenis Noun Derivation      

Pertama adalah yang menggunakan kata benda yang merupakan Noun dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu ketika ada kata benda yang merupakan root atau kata dasar memiliki imbuhan akan masuk kedalam Derivation jenis Noun ini. Semua kata benda yang memiliki imbuhan bisa kita sebut dengan Noun Derivation.

Derivative dalam Bahasa Inggris jelas merupakan kata baru yang memiliki arti baru pula. Maka dari itu ketika Anda menemukan kata benda dengan imbuhan dan menjadikannya kata dengan arti baru bisa disebut dengan derivation noun ini. Sebagai contoh berikut ini :

Imagination yang artinya Imajinasi dalam Bahasa Indonesia.

Pada dasarnya kata ini terbentuk dari kata dasar benda yang merupakan Imagine. Lalu diberikan tambahan berupa suffix atau tambahan pada akhiran kata root tersebut berupa “ation”. Ketika kita gabung antara root + suffix maka akan menjadi imagine + ation = imagination. Secara tidak langsung kata yang terbentuk tersebut berasal dari dua kata yang berbeda bukan?

Maka dari itu banyak sekali contoh kata noun derivation seperti ini yang sudah pasti kita temui. Pada berbagai kebutuhan pasti akan menggantinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing tentu saja. Jadi jika Anda ingin memahaminya lebih jauh bisa menggunakannya sekarang juga.

Jenis Verb Derivation

Derivative dalam Bahasa Inggris juga terdapat jenis yang berasal dari kata kerja. Ketika kata dasar atau rot ditambahkan dengan kata kerja yang membentuk kata baru maka bisa masuk ke jenis ini. Maka semua kata kerja yang peroleh imbuhan akan menjadi derivation jenis verb ini.

Misalnya pada active, kata dasarnya menggunakan act dan mendapatkan imbuhan berupa ive. Maka dari itu muncullah kata active yang akan memiliki arti baru yaitu aktif. Perhatikan dari kata dasarnya saja artinya merupakan aksi menjadi kata baru yang memiliki makna baru juga.

Tidak perlu bingung lagi ketika nantinya Anda mendapatkan kosakata baru dengan makna yang berbeda jauh dengan kata dasarnya. Pasalnya dalam bahasa inggris sering terjadi hal seperti ini. Biasanya pembentukan hal seperti ini akan menjadi salah satu hal yang penting tentu saja.

Perbedaan jauh antara kata dasar dengan kata benda tersebut bisa menjadi hal yang utama. Anda bisa mempertimbangkan hal seperti ini sedari awalnya untuk mendapatkan penyusunan kalimat yang baik dan benar. Sehingga nantinya akan saling memberikan pengaruh utama pada penggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar tersebut.

Jenis Adjective Derivation

Selanjutnya derivative dalam Bahasa Inggris yang kali ini akan menjadi pembentukan kata baru yang menggunakan kata dasar sifat. Maka dari itu untuk Anda yang penasaran bisa mengikuti contoh berikut ini.

Misalnya ketika Anda menemukan kata friendly. Pembentukan kata ini berasal dari frend yang merupakan kata dasar dan ly yang merupakan suffix. Maka dari itu kata dasar yang artinya teman akan berubah menjadi ramah yang merupakan kata sifat.

Kita bisa simpulkan bukan ketika menggunakan jenis kata adjective maka akan menjelaskan sebuah kondisi sifat sesuatu yang menjadi objeknya tersebut. Ramah merupakan arti kata yang cukup jauh jika kita bandingkan dengan teman yang menjadi kata dasarnya tersebut.

Namun seperti inilah kata derivation bekerja dengan cukup baik. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda menggunakan kata seperti ini sambil menganalisisnya dengan mudah sekali. Karena pada dasarnya tentu saja hal seperti ini bisa kita sambil pelajari ketika sedang mempraktekkannya secara langsung.

Jenis Adverb Derivation

Derivative dalam Bahasa Inggris yang selanjutnya akan menjadi kata keterangan. Ketika menggunakan kata dasarnya dengan menambahkan imbuhan baik pada awal atau belakang akan menjadi kata keterangan. Makna yang muncul pada kata baru tersebut pasti sudah pernah kita dengar atau baca sebelumnya.

Nah kami akan membahasnya khusus untuk Anda yang belum memahaminya. Mulai dari wherever, kata dasar yang merupakan where diberikan imbuhan ever. Maka hasilnya akan memiliki arti dimanapun, where merupakan dimana dan ever bisa berarti banyak.

Namun kembali lagi ketika kita menyatukan dua kata tersebut tentu saja akan hasilkan arti baru. Anda perlu memahami hal seperti ini untuk bisa menggunakan kata derivation dengan baik dan benar.

Nah beberapa jenis derivative dalam Bahasa Inggris tersebut bisa menjadi tambahan untuk Anda mempelajari bahasa inggris dengan baik. Setelah mengetahui dan memahami nya kita bisa menyusun kalimat dengan lebih baik lagi. Harapan seperti ini tentu menjadi salah satu kunci utama kita untuk menggunakannya dengan lebih baik lagi.

Contoh Penggunaan Derivative dalam Bahasa Inggris

Berikut ini merupakan beberapa contoh yang bisa digunakan dalam penyusunan kalimat. Anda bisa menggunakan contoh berikut ini untuk mempelajarinya lebih baik lagi.

Pada Derivation Verb

Contoh kalimat yang menggunakanya adalah :

Can you retell us about what happened to your class last week?

Penggunaan kata kerja retell pada kalimat tersebut merupakan devertion dari kata dasar tell dengan prefix re. Maka artinya yang berasal dari beritahu + ulang, menjadi menceritakan ulang. Anda bisa paham bukan sampai sini mengenai penggunaan penyusunan kalimat tersebut.

Pada Derivation Noun

Contoh kalimat yang menggunakanya adalah :

It’s all about my imagination, because everything is not real.

Nah penggunaan imagination pada kalimat tersebut menjadi contoh noun yang merupakan kata derivation. Pada kata dasar imagine dan penambahan ion yang membentuk kata baru. Tentu saja artinya ikut berubah seiring penambahan kata seperti ini.

Pada Derivation Adjective

Contoh kalimat yang menggunakannya adalah :

I hope next week will be a sunny day for us.

Penggunaan sunny pada kalimat diatas memiliki arti cerah. Padahal kata dasarnya merupakan sun yang berate matahari dan tambahan ny yang menjadi suffixnya. Maka dari itu artinya masih cukup berhubungan dengan kata sifat dari matahari. Anda bisa menggunakan imbuhan yang menjelaskan kata sifat seperti ini.

Pada Deviation Adverb

Contoh kalimat yang menggunakanya adalah :

He can do work sideways on weekends.

Lanjut ke penggunaan sideways yang menjelaskan kondisi atau keterangan tertentu. Penggunaan seperti ini akan menjelaskan keterangan karena merupakan adverb jenisnya. Maka dari itu penggunaan penyusunan kalimat seperti ini akan terkesan lebih menarik dan tidak biasa.

Beberapa contoh tersebut bisa Anda gunakan dengan mudah bukan? Maka dari itu akan lebih baik jika kita mengetahuinya dengan lebih lengkap dan jauh lagi. Karena pada dasarnya penggunaan kata baru seperti ini sering masih disalahpahami.

Derivative dalam Bahasa Inggris ini menjadi materi yang cukup menarik bukan? Kita bisa dapatkan kosakata baru yang mirip namun memiliki arti yang jauh sekali. Visitpare.com perkaya kosa kata yang akan menjadi salah satu kunci lancar berbahasa inggris.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.