Perbedaan Will dan Going To Dalam Kalimat Beserta Pembahasannya

Perbedaan will dan going to penting Anda ketahui sehingga dapat menempatkan pada kalimat yang tepat. Kata will dan going to ini sering digunakan untuk kalimat yang menunjukkan present future tense atau tense kejadian yang akan datang.

Selain itu will dan going to memberitahukan kegiatan yang belum terjadi. Pada dasarnya will atau going to memiliki arti “akan”. Namun keduanya tidak dapat Anda gunakan sembarangan karena harus menyesuaikan kondisi tertentu. Lalu apa sebenarnya perbedaan keduanya?

Perbedaan Will dan Going To
Perbedaan Will dan Going To: youtube.com

Ketahui Perbedaan Will dan Going To Secara Mendalam

Untuk mengetahui lebih jauh dan detail sehingga Anda bisa membedakan keduanya maka ketahui dahulu pengertian masing-masing kata.

Will merupakan modal auxiliary verb yang berfungsi untuk memberi makna pada kalimat present future tense. Kemudian modal auxiliary verb adalah kata kerja bantu Bahasa Indonesia untuk membantu kata kerja memberi makna lebih jelas baik terkait waktu ataupun fungsinya.

Sedangkan going to atau be going to juga sama. Be adalah auxiliary verb atau kata kerja bantu. Jika Simple Future menggunakan be dalam bentuk present atau Is, am, are tergantung subjeknya. Mungkin Anda tidak menemukan frasa going to dalam bahasa Inggris, namun penggunaannya dalam konteks tertentu. Karena perlu memperhatikan struktur kalimat dengan menambahkan to be yang sesuai dengan subjeknya.

Going to untuk menyatakan rencana masa depan. Umumnya rencana tersebut telah terpikirkan dengan baik. Subjek I dengan pasangan am. Begitu juga subjek she, he, it selalu dengan is. Sedangkan they, we, you selalu berpasangan dengan are.

Hanya saja masih banyak yang tidak dapat membedakan rumus perfect tense, juga present continuous tense maupun perbedaan will dan Going to. Memang dari segi pola lebih mirip dengan continuous. Namun going to ditambah dengan verb 1, sementara continuous dengan verb ing. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Menggunakan Kata Will

Pada dasarnya perbedaan memang tidak begitu terlihat. Ketika menggunakan kata will seringnya pada keputusan yang spontan dan cepat. Umumnya keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya : The phone is ringing, I will answer it (Handphone berdering, saya akan menjawabnya).

Selain itu kata will sering digunakan untuk mengucapkan janji dengan orang lain atau berkencan.Umumnya will ini dalam konteks bentuk pernyataan dan negative. Sebagai contoh : My mother promised to buy me a new laptop if my test scores improved. (Ibuku berjanji akan membelikanku laptop baru jika nilai ujianku meningkat.)

Perbedaan will dan Going to lain, kata will menunjukkan penolakan kepada orang lain atau refusal. Contoh dalam kalimat adalah Elena says she won’t help you with your Physics homework. ( Elena bilang dia tidak akan membantumu mengerjakan PR Fisikamu).

Kata will ini juga sering digunakan untuk mengancam atau thread agar orang mau mengikuti kemauannya.

Contohnya If you don’t pay the rent by Wednesday, I’ll call the police. (Jika Anda tidak membayar sewa pada hari Rabu, saya akan menghubungi polisi).

Untuk beberapa contoh kalimat dengan kata will dapat diikuti verb 1 atau non verb. Sebagai contoh simak kalimat berikut.

– They will come tomorrow at the wedding (Mereka akan datang besok di acara pernikahan).

– They will not come tomorrow at the wedding (Mereka tidak akan datang besok di acara pernikahan).

Menggunakan Be Going To

Perbedaan will dan Going to selanjutnya dari struktur kalimat. Struktur kalimat perlu menambahkan kata to be sesuai dengan subjeknya. Dengan rumus he/she/it +is+going to +verb 1. Rumus lain I + am + going to +verb 1, sedangkan You/we/they+are+going to +verb 1. Perbedaan will dengan going to adalah dari struktur kalimat dalam bentuk pernyataan, pertanyaan dan negative.

Sebagai contoh dalam kalimat adalah sebagai berikut.

(+) He is going to come tomorrow Wednesday

(-) He is not going to come tomorrow Wednesday

(?) Is he going to come tomorrow Wednesday

Kalimat yang terpikirkan dengan baik dan tidak bersifat spontan adalah sebagai berikut.

– I bought some wood because I was going to build a wardrobe for my apartment. (Saya membeli beberapa kayu karena saya akan membangun lemari untuk apartemen saya).

Sehingga kalimat tersebut mengidentifikasikan ‘speaker plans to build wardrobe’. Sedangkan makna lain perbedaan will dan Going to  yang juga menunjukkan tanda-tanda ada dalam contoh kalimat ini.

-The wind was blowing hard and the sky was very dark, it was going to rain soon. (Angin berhembus kencang dan langit sangat gelap, akan segera turun hujan).

Struktur kalimat memang hampir sama hanya saja bedanya di penambahan verb 1 dan continuous dengan verb ing. Jika dalam kalimat present continuous yaitu I am going to Missy’s house. Sedangkan dalam be going to dengan contoh kalimat I am going to study Biology there.

Melihat Perbedaan dari Contoh Kalimat

Perbedaan will dan Going to terlihat secara jelas. Misalkan kalimat He will chase you ( Dia akan mengejarmu). Kalimat tersebut hanyalah perkiraan.

Bisa saja terjadi atau tidak, namun jika kalimatnya adalah He is going to chase you, maka benar-benar akan terjadi karena sesuatu akan mengejarnya karena binatang tersebut menunjukkan kemarahan.

Pada dasarnya penggunaan will lebih kepada hal yang belum pasti dan baru dibuat saat berbicara. Semisal saja saat Anda ditanya seorang teman apakah mau malam mingguan kemana dan Anda belum memiliki rencana apa-apa dan memutuskan untuk tidak pergi, maka kalimatnya adalah “I don’t know. I think will probably stay at home.”

Sedangkan pada penggunaan be going to lebih kepada menyatakan rencana yang memang telah terencana pasti. Saat Anda ditanya akan kemana saat weekend nanti dan Anda menjawabnya memiliki rencana mengunjungi nenek maka kalimatnya adalah I am going to visit my grandmother.

1. Contoh Kalimat Dengan Will

Untuk mengetahui perbedaan will dan Going to lebih banyak pelajari contoh berikut.

– My Sister has come, so I think I will go home now.( Kakak saya telah datang, jadi saya pikir saya akan pulang sekarang.)

– I’m so hungry, I think I’ll buy some tarts. (Saya sangat lapar, saya pikir saya akan membeli beberapa kue tart.)

– Thank you for the invitation, sure I will come to your birthday. (Terima kasih atas undangannya, tentu saja saya akan datang ke hari ulang tahun Anda.)

– I will buy you a motorcycle, right on your graduation day ( Saya akan membelikan Anda sepeda motor, tepat di hari kelulusan Anda)

– If you don’t take physics class today, I will call your parents. (Jika Anda tidak mengambil kelas fisika hari ini, saya akan menelepon orang tua Anda).

-Don’t disturb me again, or I will block your number (Jangan ganggu saya lagi, atau saya akan memblokir nomor Anda).

-I won’t come to your appartement tonight, I’m very busy (Aku tidak akan datang ke apartemenmu malam ini, aku sangat sibuk).

– She will not attend this party. (Dia tidak akan menghadiri pesta ini).

– I will cook some seafood, so you can have dinner here. (Saya akan memasak beberapa makanan laut, sehingga Anda dapat makan malam di sini).

-I will go to the market and buy the foods you want (Saya akan pergi ke pasar dan membeli makanan yang Anda inginkan).

2. Contoh Kalimat dengan Going To

Sebenarnya ketika Anda telah memahami perbedaan will dan Going to maka Anda lebih cermat dan mengerti setiap kalimat yang ada. Selanjutnya Anda akan lebih memahami konteks maupun situasi dalam memberlakukan going to. Untuk itu pelajari kembali contoh kalimat dengan going to berikut.

Contoh yang menyatakan ide masa depan. Tidak peduli apakah rencana realistik atau tidak.

– I am going to have Holidays in Singapore (Saya akan berlibur di Singapura).

-She is going to buy a house in Semarang. (Dia akan membeli rumah di Semarang).

– It’s already the second half and the score is 2-0, I’m sure they are going to win (Ini sudah babak kedua dan skor 2-0, saya yakin mereka akan menang).

-I’m going to watch TV in a minute, because my favourite film is on. ( Saya akan menonton TV sebentar lagi, karena film favorit saya sedang tayang).

-Sisca, look at the sky. It’s going to rain soon. (Sisca, lihat langit. Akan segera turun hujan.)

-We are going to have a trip to Japan next year (Kami akan melakukan perjalanan ke Jepang tahun depan).

-She isn’t going to meet the director commissioner today.(Dia tidak akan bertemu direktur komisaris hari ini).

-I am going to eat the beefstick tonight.(Saya akan makan beef steak malam ini).

-Look, his right blinker is on. He is going to turn right. (Lihat, penutup mata kanannya menyala. Dia akan berbelok ke kanan).

-I am sure that Susi Susanti is going to win. The score is 8-2 now. (Saya yakin Susi Susanti akan menang. Skor menjadi 8-2 sekarang).

-It’s going to rain. The sky is so dark and the air blows. (Ini akan hujan. Langit begitu gelap dan udara berhembus).

Perbedaan Will dan Going To Dalam Singkatan

Sisi lainnya dalam penggunaan kata dalam bahasa Inggris juga dapat disingkat. Pada dasarnya kata pengganti berupa They, we, I, He, She, It dan will dapat Anda singkat. Sementara penggunaan will di kalimat negative dengan singkatan will not menjadi won’t. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

I will/shall : I’ll

They will : They’ll

We will/shall : we’ll

He will : He’ll

She will : She’ll

dan lainnya.

Sedangkan pada kata Going To dapat Anda singkat menjadi Gonna. Hanya saja penggunaan Gonna untuk situasi tidak formal baik saat berbicara atau saat melakukan percakapan. Sebagai contohnya simak kalimat berikut.

-I am going to learn Biology = I’m gonna learn Biology ( Saya akan belajar Biologi = Saya akan belajar Biologi).

-She is going to clean her kitchen = She’s gonna clean her kitchen (Dia akan membersihkan dapurnya = Dia akan membersihkan dapurnya).

-They are going to buy some fruits = They’re gonna buy some fruits (Mereka akan membeli beberapa buah = Mereka akan membeli beberapa buah).

Kalimat Simple Future Tense Dengan Will

Untuk memperdalam dalam pemahaman Anda terkait apa perbedaan will dan going to maka simak kalimat simple future tense berikut ini.

1. Contoh kalimat dengan will + verb1

(+) He will help you to hose this plant. (Dia akan membantumu menyiram tanaman ini).

(-) They won’t help you to hose this plant. (Mereka tidak akan membantu Anda menyiram tanaman ini).

(?) Who will help me to hose this plant? (Siapa yang akan membantu saya menyiram tanaman ini?).

(+) They’ll probably invite lots of people to the wedding. (Mereka mungkin akan mengundang banyak orang ke pesta pernikahan).

(-) I think they won’t invite Niky to the wedding (Saya pikir mereka tidak akan mengundang Niky ke pernikahan).

(?) Will they invite Niky to the wedding? (Apakah mereka akan mengundang Niky ke pernikahan?).

(+) My family and I will go out when it stops raining. (Saya dan keluarga akan pergi keluar saat hujan berhenti).

(-) My family and I will not go out if it keeps raining. (Saya dan keluarga tidak akan keluar jika hujan terus).

(?) Will you and your family go out when it stops raining? (Apakah Anda dan keluarga akan pergi keluar saat hujan berhenti?).

2. Contoh kalimat dengan will be +noun/adj/adv

Selain mempelajari perbedaan will dan Going to secara pengertian, untuk memahaminya, pelajari contoh dengan will be+noun berikut.

(+) I’ll be at home this afternoon. (Saya akan berada di rumah sore ini).

(-) I’ll not be at home tomorrow afternoon. (Saya tidak akan berada di rumah besok sore).

(?) Will you be at home this afternoon? (Apakah Anda akan berada di rumah sore ini?)

(+) He’ll be worried if I don’t news her. (Dia akan khawatir jika saya tidak mengabarinya).

(-) He won’t be happy if I come home late. (Dia tidak akan senang jika aku pulang larut)

(?) Will he be happy if you come home late? (Apakah dia akan senang jika kamu pulang terlambat?).

Kalimat Simple Future Tense Dengan Be Going To

Perbedaan will dan Going to mungkin sudah Anda mengerti. Penggunaan kata going to dalam contoh kalimat bahasa Inggris dengan menambahkan kata be dengan tambahan verb 1 dan juga noun verb.

  1. Be Going To + verb 1

(+) We are going to visit her at Friday. (Kami akan mengunjunginya pada hari Jumat).

(-) We are not going to visit her at Friday. (Kami tidak akan mengunjunginya pada hari Jumat).

(?) Are we going to visit her at Friday? ( Apakah kita akan mengunjunginya pada hari Jumat?).

(+) I’m gonna watch my favourite news. (Saya akan menonton berita favorit saya).

(-) I’m not gonna watch the movie. (Saya tidak akan menonton film).

(?) Am I gonna watch the movie?(Apakah saya akan menonton filmnya?)

  1. Be Going To be + noun/ADJ/ADV

Perbedaan will dan Going to semakin dapat Anda pahami. Simak contoh berikut.

(+) Maura is going to be my roommate. (Maura akan menjadi teman sekamarku).

(-) Dania isn’t going to be my roommate. (Dania tidak akan menjadi teman sekamarku).

(?) Who is going to be my roommate now? (Siapa yang akan menjadi teman sekamar saya sekarang?).

(+) I am gonna be an employee at the end of this month. (Saya akan menjadi karyawan di akhir bulan ini)

(-) I am not gonna be jobless at the end of this month. (Saya tidak akan menganggur di akhir bulan ini).

(?) Am I gonna be jobless at the end of this month? (Apakah saya akan menganggur pada akhir bulan ini?).

Setelah mempelajari baik kata will maupun going to, Anda semakin paham dan mengerti perbedaan will dan Going to secara spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.